Home » Software » Sistem Operasi » Andoid » Cara Daftar Google Playstore Developers di HP Android

Cara Daftar Google Playstore Developers di HP Android

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Setelah google merilis android untuk ponsel tahun 2007. Sistem operasi ini semakin diminati karena kemudahan dalam pengoperasiannya. Selain itu OS ini lebih canggih dari sistem operasi pendahulunya java.

Bersamaan dengan itu game dan aplikasi dengan sistem operasi android mulai bermunculan dan semakin populer dengan jutaan jumlah download oleh pengguna. Selain itu mulai banyak pula para pengembang aplikasi dan game.

Hal itu memungkinkan karena sistem operasi android bersifat open source. Artinya semua orang bisa menjadi developers game atau aplikasi dan bisa mendapatkan sumbernya secara sah dan legal

Untuk memasarkan game buatan para developers ada beberapa situs layanan yang menyediakan market atau toko digital aplikasi untuk sistem operasi android salah satunya adalah Google Playstore.

Apa itu Google Playstore?

Google plasytore adalah situs layanan yang dikembangkan dan dioperasikan oleh google yang berfungsi sebagai toko aplikasi resmi sistem operasi android. Di mana di layanan ini terjadi proses distribusi digital antara pihak pengembang aplikasi (developers) dengan pengguna aplikasi.

Sejarah Google Playstore

  1. Pada 28 agustus 2008 Android market dirilis google
  2. Pada desember 2010 filter konten di tambahkan ke android market. Pada halaman aplikasi mulai menampilkan grafik promosi di bagian atas. Dan batas ukuran maksimal aplikasi di naikan dari 25 Mb menjadi 50 Mb.
  3. Pada 6 desember 2010 Google ebook diluncurkan dengan jumlah ebook sebanyak 3 juta buku menjadikannya koleksi ebook terbesar dunia.
  4. Pada November 2011 google musik menjadi bagian google playstore
  5. Pada maret 2012 Android market berubah nama menjadi google play, dengan pembaruan batasan maksimum ukuran aplikasi menjadi 2 Gb.
  6. Pada mei 2016 Google playstore dan semua aplikasi android akan hadir di sistem operasi chrome.
  7. Pada 2016 google playstore memiliki jumlah unduhan sebanyak 8.2 miliar
  8. Pada 2017 Google telah memiliki 3.5 Juta aplikasi
  9. Pada tahun 2017 Google merilis fitur baru bernama Google play instant dimana pengguna bisa mencoba memainkan aplikasi terbaru tanpa harus mengunduh (download) terlebih dahulu.

Setelah kita mengetahui sejarah google playstore lalu apa kelebihan google play dibanding store aplikasi lain

Kelebihan Google Playstore

1. Memilki aplikasi yang bervariasi
Di banding app store lain, karena kepopulerannya google playstore memiliki lebih banyak jenis aplikasi yang bervariasi baik itu dalam hal game maupun aplikasi sehingga pengguna memiliki banyak pilihan
2. History pemasangan game
Bila kita pernah menghubungkan game dengan google play maka history penggunaan dan pemasangan masih tetap ada walau sebelumnya telah di uninstall (dilepas) sekalipun.
3. Memiliki sistem keamanan google play protect
Google memiliki sistem kemanan bernama google play protect sehingga saat game sudah di unggah ke google playstore maka google akan melakukan filter pada game untuh mencegah penyusupan malware (spyware & trojan) pada aplikasi oleh hacker sehingga pengguna yang akan mendownload aplikasi atau game akan merasa aman.

Lalu bagaimana metode pembayaran di aplikasi ini baik untuk pengguna maupun pengembang aplikasi developers

Metode Pembayaran Google Playstore

Bagi pengguna yang ingin membeli sebuah aplikasi atau game di google playstore bisa menggunakan kartu debit, kartu kredit, tagihan operator, kartu hadiah giftcard atau dengan paypal. Sedangkan keuntungan aplikasi langganan di bagi dengan metode bagi hasil 82 persen untuk pengembang dan 15 persen untuk pihak google.

Lalu bagaimana cara kita mendaftar akun di google playstore developers agar bisa mengupload aplikasi atau game hasil karya kita sendiri? Berikut ini akan kami jelaskan.

Cara Mendaftar Google Playstore di HP Android

  1. Buka situs https://play.google.com/console/about/
  2. Login ke google play console dengan akun google kita
  3. Setujui peraturan perjanjian pengembang developers
  4. Klik lanjutkan
  5. Pilih metode pembayaran
  6. Isi informasi tentang metode pembayaran kartu kredit atau debit
  7. Harga pembayaran mata uang dollar langsung di konversikan ke mata uang negara si pengembang contohnya Indonesia rupiah.
  8. Klik bayar
  9. Muncul tampilan baru
  10. Isi semua informasi yang di butuhkan
  11. Pendaftaran selesai dan kita telah memiliki akses ke google play developers

Demikianlah penjelasan tentang pengertian, sejarah, kelebihan, metode pembayaran dan cara mendaftar akun google playstore di HP Android. Dengan kepopuleran yang dimiliki tentu layanan dari google ini menjadi incaran para pengembang developers untuk mempromosikan aplikasi buatannya sekaligus menambah peluang mendapatkan pundi pundi uang bila aplikasinya banyak diunduh oleh pengguna.

You may also like