Home » Software » Sistem Operasi » Andoid » Cara Memblokir SMS Spam di HP Android

Cara Memblokir SMS Spam di HP Android

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Sejak pertama kali diperkenalkannya layanan pesan singkat berbasis seluler (SMS) di eropa tahun 90’an dan mulai populer di indonesia tahun 2000an awal. Layanan ini diminati oleh banyak orang karena kemudahan dan murahnya biaya mengirim pesan.

Layanan ini mampu menjadi pendamping layanan komunikasi lain sebelumnya yakni panggilan telepon (Telephone Call). Namun Telephone Call memiliki kekurangan yakni biaya yang lebih mahal terlebih bila panggilan teleponnya ke luar negeri.

Hingga ke zaman sekarang peran sms di gantikan direck message online sehingga untuk mengirim pesan cukup menggunakan kuota aplikasi contohnya adalah whatsapp. Dan bila anak zaman sekarang belum pernah memakai dan tak tahu apa itu sms. Berikut akan kami jelaskan di bawah ini.

Apa itu SMS?
SMS (Short Message Services) adalah layanan pesan singkat pada telepon seluler yang di berikan oleh perusahaan operator seluler untuk mengirim dan menerima pesan singkat menggunakan jaringan gsm dan umts dengan sistem pembayaran pulsa.

Meski kini jarang orang yang menggunakan sms, namun layanan sms masih tetap eksis. Contohnya seperti layanan sms operator seluler, sms banking, sms promo dan sms penipuan yang biasanya muncul di notifikasi hp android kita sehingga terkadang mengganggu.

Untuk itu ada langkah pencegahan agar kita tidak menjadi korban penipuan sms seperti :

  1. Tidak tergiur dengan sms penipuan
  2. Tidak menindak lanjuti atau menelepon nomor si pengirim sms penipuan
  3. Tidak asal klik link url yang di kirim oleh penipu
  4. Langkah terakhir kita bisa memblokir nomor si pengirim sms bila terasa mengganggu

Pada langkah pencegahan dengan memblokir nomor sms penipuan, HP Android sebenarnya memiliki fitur bawaan sms untuk melakukan itu. Namun jarang orang mengetahuinya. Untuk itu disini kami akan menjelaskan cara memblokir nomor dari pengirim sms penipuan, sms promo dan sms spam lainnya yang cukup mengganggu.

Cara Memblokir SMS Spam di HP Android

  1. Buka aplikasi bawaan sms (messages) pada hp android kita
  2. Cari sms yang sering melakukan spam di kotak masuk
  3. Buka sms spam tersebut
  4. Klik tiga titik vertikal di pojok kanan atas sms
  5. Muncul beberapa pilihan. Pilih orang dan opsi
  6. Kemudian pilih blokir nomor pengirim sms
  7. Muncul informasi peringatan bahwa bila kita memblokir nomor tersebut sms tidak ditampilkan di notifikasi hp kita
  8. Klik tombol ok
  9. Selesai. Kini kita pun tak akan lagi menerima sms dari nomor tersebut

Demikianlah penjelasan cara memblokir nomor sms spam yang mengganggu di HP Android. Dengan melakukan langkah di atas tentunya kita lebih tenang terutama bila pengaturan sms kita menggunakan nada dering dan kita pun terhindar dari penipuan.

You may also like