Home » Tekno » Cara Meningkatkan Karir UX Design Anda Pada Tahun 2021

Cara Meningkatkan Karir UX Design Anda Pada Tahun 2021

by syifaul fuadi
by syifaul fuadi

Dari tahun ke tahun hingga tahun 2021 banyak sekali orang yang ingin memiliki karir dibidang UI/UX Design, ada yang berfokus pada UI ada yang hanya UX semua sama saja yang penting niat dari anda sendiri. Jaminan karir yang bagus membuat banyak orang yang beralih profesi ke UX Design dengan kata lain banyak sekali yang minat dengan pekerjaan tersebut.

Sebagai seorang pemula, saya memiliki banyak percakapan yang sama dan telah memperhatikan banyak masalah yang sama dengan desainer pemula lainnya.⁠

Saya akan memukul Anda dengan beberapa kejujuran dalam artikel ini, jadi yang saya minta hanyalah Anda melihat ke dalam dan jujur ​​dengan diri sendiri jika Anda tahu Anda perlu mengerjakan ini.⁠ ⠀

Ini adalah keterampilan dasar yang perlu Anda miliki sebagai desainer UX dan semakin cepat Anda menguasainya, semakin cepat Anda naik level dalam karier Anda.

Mari menjadi nyata
Jika Anda ingin dipekerjakan pada tahun 2021, Anda perlu melatih 6 keterampilan ini dan melepaskan pola pikir yang membatasi yang menghalangi Anda.

1. Pelajari bagaimana berkomunikasi

Cara yang pertama adalah Anda harus mampu menjual diri Anda sendiri dan keputusan desain Anda secara efektif, baik dalam hal berburu pekerjaan dan di tempat kerja saat Anda mendapatkan pekerjaan. Anda juga harus dapat menetapkan kerangka waktu yang realistis untuk berapa lama tugas desain akan membawa Anda dan memiliki percakapan terbuka tentang hal ini.

User Experience sangat berpacu pada interview dan wawancara, karena pekerjaan seorang UX Designer adalah mengolah data dan sebuah riset. Komunikasi harus jelas, tepat sasaran bahkan tidak boleh sampai kita terdiam karena kita tidak tahu akan berbicara apa .

Komunikasi sangatlah penting karena kita akan lebih dekat dengan klien atau pengguna dari aplikasi tersebut. Kita harus tahu apa yang mereka inginkan, butuhkan dan juga kita harus berkomunikasi lagi dengan tim kita . Jika komunikasi kurang maka akan ada kesenjangan dalam membuat sebuah aplikasi pada sebuah tim. Sebisa mungkin anda harus berani dalam berbicara, bertindak dan mengambil keputusan.

Jika kalian seorang pemula, maka persiapkanlah beberapa catatan yang nantinya akan kalian komunikasikan, jangan malu membawa catatan karena itu hal kecil yang akan sangat berguna dan bermanfaat. Apalagi nanti kita akan berhadapan dengan klien, tetap percaya diri dan anggap klien adalah seseorang yang sangat membutuhkan bantuan anda. Dan anda adalah orang yang senang dimintai bantuan hingga anda bisa menjelaskan semuanya secara detail.

Tidak hanya ke klien, akan tetapi mempresentasikannya ke tim dan ke bagian developer. Karena penjelasan dari andalah yang menjadi kiblat bagi mereka yang akan membuat sebuah aplikasi tersebut. Jadi pelajari komunikasi anda, kalau ingin belajar silahkan anda menghadap cermin dan berbicaralah di depan cermin.

2. Jadilah Pelajar Yang Aktif

Cara yang kedua adalah menjadi pelajar yang aktif. Palajar yang aktif yang dimaksud adalah menjadi pendengar dan belajar yang aktif. Aktif dalam membaca buku, mendengarkan senior ketika menjelaskan suatu masalah atau solusi, dan aktif dalam mencari tahu ketika tidak tahu.

Karena bagaimanapun mi mempelajari hal baru sangatlah penting. Karena mungkin kedepannya kita membutuhkan hal tersebut. Jadi ketika kita sudah bekerja jangan berpikir kita harus santai santai dan tinggal menjalankan apa yang sudah diberikan, itu salah. Kita harus banyak menambah wawasan kita ketika ada waktu luang di jam kosong.

Anda perlu mengembangkan keterampilan yang Anda miliki dan juga mempelajari keterampilan baru. Cara terbaik untuk belajar adalah dengan melakukan, ditambah Anda dapat menambahkan beberapa proyek baru ke portofolio Anda yang tidak sama dengan setiap Perancang UX junior lainnya di sini. Tetap mengikuti tren industri.

3. Jadilah Bergairah Tentang Kreativitas Anda

Cara yang ketiga adalah jadilah lebih bergairah tentang kreativitas anda sendiri. Jangan minder ataupun tidak percaya diri dengan hasil desain yang dibuat. Tidak semua mata itu sama, dan apa yang kita lihat buruk belum tentu sama dengan apa yang dilihat orang lain.

Jika anda lebih semangat dan bergairan tentang apa yang akan anda tuangkan itu akan menjadikan anda lebih percaya diri lagi. Apapun yang dikerjakan dengan percaya diri maka akan menghasilkan sesuatu ide kreativitas yang luar biasa keren.

Jika Anda hanya masuk ke desain karena Anda pikir ini akan menjadi cara yang cepat untuk menghasilkan lebih banyak uang, maka Anda mungkin tidak akan banyak sukses dalam karir Anda. Gairah akan memberi Anda pekerjaan! Calon pemberi kerja ingin tahu bahwa Anda peduli dengan kerajinan Anda dan menjadi desainer hebat.

4. Jadilah Pemecah Masalah

Cara yang ke empat adalah menjadi pemecah masalah. Menjadi pemecah masalah adalah sebuah tugas utama seorang UX Designer. Kita harus tahu solusi apa yang didapat ketika mengetahui permasalahan yang sudah ditemukan. Ketika disebuah tim tidak ada yang bisa memecahkan masalah tersebut, anda sebisa mungkin harus mempunyai ide untuk memberikan solusi, tidak harus yang luar biasa, anda bisa menyarankan beberapa nanti di tim anda akan mengembangkan semua ide dari pemecahan solusi yang sudah anda miliki.

Perusahaan tidak peduli dengan UI Anda yang mencolok, atau proyek batu penjuru Anda yang memiliki semua langkah “sempurna” dari proses desain, mereka peduli dengan hasil. Bagaimana Anda mendekati pemecahan masalah? Bagaimana menurut Anda? Bagaimana Anda akan membantu pengguna dan keuntungan mereka? Tunjukkan bagaimana Anda bisa memecahkan masalah.

5. Ambil Responsibility

Cara yang terakhir adalah ambil responsibility. Responsibility merupakan sebuah tanggung jawab yang harus kita ambil sebagai UX Designer. Bertanggung jawab atas hal apapun kita harus ambil, entah itu kesalahan tim atau kesalahan diri anda sendiri tetap anda harus bertanggung jawab.

Bertanggung jawab untuk diri sendiri dan perburuan pekerjaan Anda. Pada akhirnya, bootcamp Anda, sekolah, orang tua atau teman-teman Anda tidak bertanggung jawab, itu terserah anda. Berhentilah membuat alasan mengapa hal-hal tidak berjalan dengan baik dan keluar dari jalan Anda sendiri. Ada yang tidak berfungsi? Ubahlah.

Mengapa Karir UX Design Ini Akan Tumbuh Dengan Cepat Pada Tahun 2021 ?

IDC memprediksi bahwa 500 juta aplikasi perangkat lunak baru akan dibuat dalam 2 tahun ke depan termasuk tahun ini, sama dengan jumlah yang dibangun selama 40 tahun terakhir.

Ini menunjukkan bahwa User Experience tidak akan kekurangan peluang dalam waktu dekat. SAtu rangkaian keterampilan desain pengalaman khusus disiapkan untuk menjadi peran UX yang tumbuh paling cepat pada tahun 2020.

Aplikasi percakapan bukanlah teknologi baru, tetapi mereka merupakan bagian yang berkembang pesat dari semua aplikasi yang sedang dibuat saat ini. Desain percakapan semakin banyak muncul dalam diskusi bisnis, teknologi, dan desain.

Pada tahun 2017 TD Ameritrade menerapkan aplikasi percakapan berbasis suara dan teks untuk klien dan tidak perlu mempekerjakan agen manusia baru sejak saat itu. Progressive Corp. memproyeksikan penghematan sekitar $ 5 juta pada 2019 hanya dari aplikasi percakapan yang dihadapi pelanggan, tidak termasuk aplikasi internal dan operasional mereka.

Capgemini mensurvei lebih dari 1.000 eksekutif dan 12.000 konsumen. Banyak dari 100 perusahaan teratas di setiap sektor telah menerapkan aplikasi suara percakapan: 48% perusahaan di sektor otomotif, 23% produk konsumen dan perusahaan ritel, dan 17% perbankan ritel dan perusahaan asuransi.

Sebagai gambaran, hari ini Anda akan menemukan setidaknya 40 alat pembuat situs web, lebih dari 35 platform meja bantuan, dan lebih dari 350 opsi CRM. Sementara itu, Gartner mengidentifikasi sedikitnya 1.000 platform percakapan di pasar. Itu hanya platform untuk membangun aplikasi percakapan; jumlah aplikasi percakapan aktual secara eksponensial lebih besar.

Pada 2018 ada lebih dari 300.000 aplikasi percakapan hanya di Facebook Messenger. Alexa sekarang memiliki lebih dari 100.000 keterampilan. Direktori aplikasi Slack mencantumkan lebih dari 1.500 aplikasi (tidak termasuk semua aplikasi percakapan pribadi yang dibuat perusahaan). Itu belum termasuk aplikasi percakapan yang beroperasi melalui sistem telepon dan IVR, di situs web (webchat), dan sistem perpesanan internal / intranet, WhatApp, email, dan lain-lain. Gartner Research memperkirakan bahwa 50% bisnis akan membelanjakan lebih banyak untuk aplikasi percakapan daripada aplikasi seluler pada tahun 2021.

Seperti adopsi utama situs web, aplikasi seluler, dan sebagian besar aplikasi front-end, keberhasilan aplikasi percakapan apa pun ditentukan oleh pengalaman yang ditawarkannya.

Sebagian besar riwayat UI ditentukan oleh orang-orang yang harus belajar dan beradaptasi dengan cara kerja mesin dan UI. Desain pengalaman (khususnya, desain percakapan) sedang ditingkatkan lebih jauh hari ini karena semakin banyak pengalaman perangkat lunak yang mewujudkan pergeseran teknologi ke arah pemahaman mesin dan operasi dengan istilah manusia (dan dalam bahasa kita; percakapan).

Untuk karir sendiri sudah jelas akan sangat terbuka lebar untuk anda walaupun masih terhidung pemula. Jangan khawatir, asah terus kemampuan anda dan jangan lupa tuangkan ide kreatif kalian kedalam portofolio kalian agar bisa membangun portofolio UX dengan baik.

Demikiran cara meningkatkan karir UX Design anda pada tahun 2021. Semoga karir anda akan bagus untuk masa depan anda.

You may also like

Leave a Comment