Home » Tutorial » 5 Cara Mengatasi Gyroscope di Hp Tidak Berfungsi & Delay

5 Cara Mengatasi Gyroscope di Hp Tidak Berfungsi & Delay

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Dahulu bila kita ingin bermain game di perangkat smartphone, maka kita cukup menggunakan tombol yang ada di layar saja untuk mengatur gerak, kamera, recoil dan melakukan aksi pada permainan seperti untuk menembak, menendang bola dan aksi lainnya.

Namun kini dengan semakin berkembangnya dunia game terutama game online membuat pengguna menggunakan beberapa fitur tambahan agar permainan jadi lebih seru. Salah satu fitur yang banyak di gunakan pengguna di dunia game saat ini adalah fitur gyroscope.

Fitur Gyroscope biasanya banyak di gunakan pada permainan PUBG Mobile. Hal itu di karenakan dengan fitur gyroscope maka pengguna dapat dengan mudah mengontrol gerakan pada hero yang di miliki. Selain itu dengan menggunakan gyroscope pemain pun dapat mengontrol arah bidikan dengan tepat sasaran.

Hal itu dikarenakan fitur gyroscope menggunakan sensor yang terdapat pada smartphone untuk mengukur dan mempertahankan orientasi arah & sudut. Namun terkadang pengguna justru tidak bisa menggunakan fitur gyroscope karena beberapa sebab, entah itu karena masalah hardware maupun software.

Untuk itu di butuhkan cara khusus agar kita bisa mengatasinya dan fitur gyroscope kembali berfungsi. Namun sebelum menjelaskan cara mengatasinya, pada kali ini kami akan membahas apa itu gyroscope, fungsi gyroscope dan cara kerjanya pada perangkat smartphone dan dunia game.

Lalu Apa itu Gyroscope di HP?

Gyroscope pada HP adalah Sebuah sensor yang mendeteksi gerakan pengguna pada smartphonenya untuk mengukur dan mempertahankan orientasi dengan prinsip mempertahankan momentum sudut sehingga jadi stabil yang bekerja sama dengan alat accelerometer. Contohnya seperti pada penggunaan game Virtual Reality (VR) 3 dimensi dimana kita harus menggerakan ponsel agar bisa mamainkan game tersebut.

Setelah kita mengetahui apa itu Gyroscope pada HP. Lalu pada kali ini kami akan menjelaskan secara singkat sejarah ditemukannya Gyroscope hingga banyak di gunakan dan populer seperti sekarang.

Sejarah Gyroscope

  1. Pada Tahun 1817 Instrumen Gyroscope di temukan ilmuan asal jerman bernama Johan Bohhnenberger
  2. Pada Tahun 1832 Ilmuan Asal Amerika Serikat Walter R Johnson mengembangkan instrumen gyroscope pada alat berupa disk yang berputar
  3. Pada Tahun 1852 Alat Gyroscope akhirnya di temukan dan di patenkan namanya oleh Leon Foucault saat sedang melakukan eksperimen yang melibatkan rotasi bumi
  4. Pada tahun 1860 munculnya motor listrik membuat gyroscope bisa berputar selamanya yang menjadi cikal bakal terciptanya alat bernama gyrocompasses
  5. Pada tahun 1917 Perusahaan chandler menciptakan gyroscope untuk mainan bernama gyroscope chandler dengan menggunakan string menarik yang memiliki alas
  6. Pada perang dunia ke II Gyroscope terpasang pada pesawat-pesawat anti rudal balistik
  7. Dan dimasa kini Gyroscope sudah terpasang pada perangkat elektronik portable seperti Apple iPad dan iPhone

Setelah kita mengetahui sejarah terciptanya Gyroscope. Pada kali ini kami akan menjelaskan fungsi Gyroscope pada perangkat smartphone android kita.

Fungsi Gyroscope Pada Smartphone

  1. Melihat Objek 3D. Dengan menggunakan gyroscope maka pengguna bisa melihat objek 3D di sekelilingnya dengan cara berputar bahkan hingga putaran 360 derajat
  2. Virtual Reality. Dengan menggunakan gyroscope maka pengguna bisa memainkan game virtual reality dengan bantuan kacamata VR
  3. Metion-Sensing GUI. Dengan menggunakan gyroscope maka pengguna bisa memilih daftar menu pada smartphone dengan cara menggerakan smartphone ke atas dan kebawah
  4. Menerima Panggilan dan Situs Tertentu. Dengan menggunakan gyroscope maka pengguna bisa menerima panggilan dan mengakses ke situs tertentu dengan cara menggerakan smartphone
  5. Image Stabilization. Dengan menggunakan gyroscope maka pengguna bisa mengambil foto dengan keadaan stabil sehingga hasil jepretan akan bagus dan tidak blur
  6. Navigasi GPS. Dengan Gyroscope maka pengguna bisa memantau posisi saat ini dan arah hingga bisa sampai ke tujuan memanfaatkan sinyal GPS (Global Positioning System)
  7. Mengontrol Game. Dengan Gyroscope maka pengguna bisa mengontrol gerak, kamera dan recoil pada game dengan mudah
  8. Menerapkan Perintah Tertentu. Dengan menggunakan gyroscope maka pengguna bisa menerapkan perintah tertentu pada smartphone. Contohnya saat kita ingin melakukan perintah undo dengan cara menggoyangkan (shake) smartphone kita

Setelah kita mengetahui beberapa fungsi dari fitur yang di miliki gyroscope. Pada kali ini kami akan membahas cara kerja gyroscope pada smartphone kita.

Cara Kerja Gyrsocope

Pada prinsipnya sensor yang terdapat pada gyroscope akan mendeteksi sebuah gerakan perpindahan rotasi hingga 360 derajat. Gerakan tersebut bisa berasal dari gerakan gravitasi maupun gerakan pengguna pada smartphonenya. Kemudian gerakan yang bertumpu pada cakram gyroscope akan di stabilkan dan terdeteksi dengan baik pada sumbu yang ada.

Adanya Gyroscope Akan Menghasilkan 3 Sumbu yang Berbeda Yaitu :

  1. Sudut Y. Sumbu Y ini merupakan sudut theta yang menunjukan arah atas dan bawah
  2. Sumbu X. Sumbu X ini merupakan sudut phi yang berada di kanan dan kiri
  3. Sumbu S dan Z. Sumbu S dan Z merupakan Sudut psi yang berada di depan dan belakang

Pada dasarnya Sensor Gyroscope akan berkerja dengan baik bila di Bantu dengan alat bernama accelerator. Gyroscope mampu mendeteksi dari semua arah dan gambar yang di hasilkan dari sebuah gerakan akan lebih halus bila dibandingkan menggunakan alat accelerometer.

Setelah kita mengetahui cara kerja gyroscope pada smartphone kita. Terkadang fitur gyroscope tidak berfungsi saat ingin kita gunakan, seperti saat kita ingin bermain game PUBG. Tentunya hal itu tidak menyenangkan padahal fitur gyroscope sangat vital untuk mengatur gerakan dalam permainan Game PUBG.

Namun sebelum kita mengatasi gyroscope yang tidak berfungsi, maka terlebih dahulu kenali penyebabnya. Penyebabnya sendiri biasanya ada dua yaitu terkait smartphone yang tidak support dan juga sistem yang error yang akan kami jelaskan seperti di bawah ini

Penyebab Gyroscope Tidak Berfungsi Pada Smartphone

1.Smartphone Tidak Mendukung

Penyebab pertama fitur gyroscope tidak berfungsi pada smartphone kita adalah karena memang smartphone android kita tidak mendukung sensor gyroscope. Adapun cara mengetahui apakah smartphone kita mendukung sensor gyroscope atau tidak akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Cek HP Apakah Mendukung Sensor Gyroscope atau Tidak

  1. Pertama-tama kita Download dan Instal Aplikasi CPU-Z di Playstore
  2. Setelah Aplikasi Terpasang. Buka Aplikasi CPU-Z di Smartphone Android kita
  3. Kemudian kita Pilih Menu Sensor
  4. Selanjutnya kita Lihat apakah Ada Kolom Gyroscope atau tidak. Bila Ada maka Hp kita mendukung Gyrsocope dan bila tidak ada maka Smartphone kita tidak mendukung fitur Gyroscope

Melalui Aplikasi CPU-Z kita juga bisa mengetahui apakah sensor gyroscope kita berjalan normal atau tidak. Caranya silahkan Gerakan Perangkat smartphone android kita ke segala arah. Bila angka pada kolom gyroscope berubah, maka sensor gyroscope pada smartphone android kita masih berfungsi dengan baik.

 2.Karena Bug dan Sistem Android Error

Penyebab ke dua mengapa fitur gyroscope kita tak berfungsi adalah karena terjadi bug pada aplikasi maupun karena sistem android kita telah eror. Sehingga sensor gyroscope tidak bisa berjalan dengan baik dan tidak terdeteksi pada smartphone android kita.

Bila tidak berfungsinya sensor gyroscope di sebabkan karena sistem android kita eror maka dibutuhkan cara khusus untuk mengatasinya. Yang semua caranya akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

5 Cara Mengatasi Gyroscope di HP Tidak Berfungsi dan Delay

Restart HP

Cara Pertama yang akan kami jelaskan untuk mengatasi Gyroscope tidak berfungsi adalah dengan cara restart HP. Hal ini dikarenakan saat kita menyalakan smartphone android kita maka sistem akan menjalankan banyak aplikasi yang membuat sistem android jadi tak stabil.

Tentuya hal itu menyebabkan beberapa aplikasi dan fitur yang terpasang pada smartphone android tidak bisa berjalan dengan optimal dan salah satunya fitur gyroscope kita. Untuk itu lakukan restart Hp terlebih dahulu. Apakah setelah Hp kembali menyala fitur gyroscope bisa kembali aktif atau tidak.

2. Lakukan Kalibrasi Gyroscope

Cara kedua yang akan kami jelaskan untuk mengatasi gyroscope tidak berfungsi adalah dengan cara kalibrasi gyroscope. Walaupun pengaturan pada gyroscope tidak bisa di temukan, namun kita tetap bisa melakukan pengaturan kalibrasi gyroscope melalui halaman tes hardware.

Halaman test hardware tersebut bisa kita akses melalui kolom versi kernel di menu pengaturan HP. Adapun cara membuka menu gyroscope dan melakukan kalibrasi gyroscope akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Membuka dan Mengaktifkan Fitur Gyroscope

  1. Pertama-tama kita Buka Menu Pengaturan/Setting/Setelan di Smartphone Android kita
  2. Kemudian kita Scroll ke Bawah dan Klik Menu Tentang Ponsel
  3. Setelah itu kita Cari Opsi Versi Kernel
  4. Kemudian kita Klik Tombol Versi Kernel tersebut sebanyak 5x hingga muncul Jendela Baru
  5. Setelah Muncul Jendela Baru. Lalu kita Cari Dan Pilih Opsi Gyroscope
  6. Selesai. Kini Fitur Gyroscope telah aktif dan terpasang pada smartphone android kita

Cara Kalibrasi Gyroscope

  1. Pertama-tama kita Letakan Smartphone kita di Tempat yang Datar. Bisa di Lantai maupun di atas Meja
  2. Selanjutnya pada Halaman Gyrscope kita Klik Tombol Calibration
  3. Setelah itu Muncul Tulisan Calibration Succes
  4. Selesai. Proses Kalibrasi Gyroscope di smartphone kita telah berhasil. Dan untuk Menutup Halaman kita Klik Tombol Back

Namun cara kalibrasi diatas terkadang tidak bisa di lakukan karena mode tes tidak tersedia di semua merk HP. Hal itu dikarenakan beberapa merk HP memerlukan kode rahasia untuk menjalankan mode test. Contohnya seperti kode rahasia Hp Samsung (*#0*#), kode rahasia Hp Asus (*#800#) dan kode rahasia Hp Oppo (.12345+=).

Adapun kode lainnya bisa kita cari di google yang bisa di sesuaikan dengan merek Hp atau smartphone yang kita gunakan. Selain menggunakan kode rahasia, kita juga bisa menggunakan aplikasi untuk melakukan test seperti aplikasi bernama Anutu Tester dan Phone Tester dimana kedua aplikasi tersebut bisa kita Download di Playstore secara gratis.

Lakukan Reset Factory

Cara ke tiga yang akan kami jelaskan untuk mengatasi gyroscope tidak berfungsi adalah dengan melakukan reset factory. Hal ini bisa kita lakukan bila kesalahan terjadi pada pengaturan sistem smartphone kita dan fitur gyroscope sebelumnya masih berjalan normal.

Nantinya dengan kita melakukan reset factory maka segala bug yang membuat fitur gyroscope tidak berfungsi dapat segera di atasi dan semua pengaturan pada HP kita akan kembali ke setelan pabrik seperti pertama kali kita membelinya.

Namun untuk menggunakan cara ini di harapkan kita membackup data yang ada pada smartphone kita. Karena setelah proses reset factory selesai, maka otomatis semua data dan aplikasi yang ada pada smartphone android kita akan terhapus. Adapun cara reset Hp android akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Reset Factory Pada Smartphone Android

  1. Pertama-tama kita Buka Menu Setting / Pengaturan di Smartphone Android kita
  2. Kemudian kita Pilih Menu Backup & Reset
  3. Setelah itu kita Pilih Opsi Factory Data Reset
  4. Lalu kita Baca Informasi di Layar “Bahwa dengan melakukan reset factory maka semua data dan pengaturan pada smarthpone akan terhapus”
  5. Bila Setuju kita Klik Tombol Reset Phone
  6. Setelah itu Proses Reset Factory berjalan hingga selesai
  7. Setelah proses reset selesai. Lalu kita Restart Smartphone Android kita
  8. Selesai. Setelah Hp kembali menyala maka semua data di Hp kita telah terhapus dan semua pengaturan kembali ke awal

Setelah Proses Reset Factory selesai coba kembali nyalakan fitur gyroscope di smartphone android kita apakah kembali berfungsi atau tidak. Bila masih belum aktif maka bisa gunakan cara lain.

Lakukan Flash Ulang Smartphone Android

Cara ke empat yang akan kami jelaskan untuk mengatasi fitur gyroscope tidak berfungsi adalah dengan melakukan flash ulang pada smartphone android kita. Hal ini dilakukan bila bug yang terjadi pada gyroscope berasal dari sistem android yang tidak bisa di hilangkan.

Dengan melakukan flash ulang pada smartphone maka sistem android lama yang mengalami bug akan di ganti dengan sistem yang baru. Untuk menggunakan cara ini kita di haruskan menyiapkan beberapa bahan flashing yaitu Perangkat Laptop/PC, Aplikasi Odin, Firmware/Rom yang sesuai dengan smartphone kita, dan juga aplikasi USB Driver.

Selain itu kelamahan dari cara flash ulang ini adalah bisa menghilangkan garansi smartphone android kita terutama bila hp masih baru. Adapun cara flash ulang pada smartphone android akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Flash Ulang Smartphone Android

  1. Pertama-tama kita Siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti Laptop, Smartphone Android, Kabel USB, Aplikasi Odin, Rom/Firmware, dan Aplikasi USB Driver
  2. Setelah semua bahan ada. Lalu kita Instal USB Driver di Laptop/PC kita
  3. Kemudian Pastikan Baterai Smartphone Android kita lebih dari 80%
  4. Lalu kita Matikan Smartphone Android kita
  5. Kemudian Tekan Tombol Power+Home+Volume Down secara bersamaan agar bisa masuk ke Download Mode
  6. Setelah Smartphone bergetar. Lalu Lepaskan tombol power namun tetap Tekan Tombol Home dan Volume Down
  7. Setelah berhasil masuk ke Download Mode. Lakukan perintah selanjutnya sesuai instruksi dengan menekan tombol volume dan Home hingga download mode berhasil dilakukan
  8. Setelah itu Instal dan Buka Aplikasi Odin di Laptop kita
  9. Kemudian kita Sambungkan Smartphone Android kita dengan Laptop menggunakan Kabel USB
  10. Lalu Aplikasi Odin secara otomatis akan mendeteksi perangkat smartphone android kita
  11. Selanjutnya kita Klik Menu PDA pada aplikasi Odin
  12. Lalu Cari dan Pilih Firmware/ROM yang telah di download sebelumnya
  13. Setelah itu kita Tunggu hinggga File ROM berhasil masuk ke Aplikasi Odin
  14. Setelah File ROM berhasil masuk. Lalu kita Klik Tombol Start
  15. Proses Flashing Smartphone Android pun berjalan hingga selesai.
  16. Selesai. Setelah Muncul Tanda Hijau di Pojok kiri atas layar maka Smartphone Android kita telah berhasil dilakukan flash ulang

Setelah selesai dilakukan flash ulang lalu kita cek kembali apakah fitur gyroscope kita sudah bisa berfungsi atau belum saat ingin digunakan (contoh main game). Bila belum maka kita bisa menggunakan cara lain.

Update Sistem Android

Cara terakhir yang akan kami jelaskan untuk mengatasi gyroscope tidak berfungsi adalah dengan cara melakukan update sistem android. Hal ini dikarenakan dengan kita melakukan update sistem android, maka sistem secara otomatis akan melakukan beberapa pembaruan.

Seperti pembaruan dalam hal tampilan android hingga melakukan beberapa perbaikan bug yang sedang terjadi pada smartphone android kita termasuk perbaikan bug pada fitur gyroscope. Adapun cara mengatasi gyroscope tidak berfungsi dengan melakukan update sistem android akan kami jelaskan seperti dibawah ini.

Cara Update Sistem Android

  1. Pertama-tama kita Buka Menu Setelan/Pengaturan di Smartphone Android kita
  2. Kemudian kita Scroll ke bawah dan Klik Menu Sistem
  3. Lalu kita Pilih Opsi Lanjutan
  4. Kemudian kita Pilih Opsi Update Sistem
  5. Setelah itu kita akan Melihat Status Update dan Ikuti Semua Langkah-langkah di layar hingga Proses Update Sistem Android berhasil di lakukan
  6. Selesai. Kini Sistem Android kita berhasil di Upadate dan langkah selanjutnya adalah melihat fitur gyroscope yang kita miliki apakah sudah berfungsi atau belum

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan kami mengenai apa itu gyroscope, sejarah gyroscope, fungsi gyroscope dan cara kerja gyroscope pada smartphone android kita. Selain itu di jelaskan pula cara mengatasi gyroscope yang tidak berfungsi pada smartphone android kita seperti dengan cara Restart HP, Kalibrasi Gyrsocope, Reset Factory Smartphone Android, Flash Ulang Smartphone Android dan juga dengan melakukan Update Sistem Android.

Dengan membaca penjelasan di atas tentunya kini kita jadi lebih paham tentang sensor gyroscope dan manfaatnya di smartphone kita pada saat digunakan untuk bermain game PUBG. Selain itu dengan membaca penjelasan di atas kita jadi mengetahui cara mengatasi sensor gyroscope yang tak berfungsi pada smartphone android kita sehingga dapat menghemat biaya dan juga fitur gyrsocope kembali bisa digunakan untuk bermain game PUBG.

You may also like