Home » Tutorial » 7 Cara Membuat & Scan QR Kode di HP Android dan iOS

7 Cara Membuat & Scan QR Kode di HP Android dan iOS

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Dahulu untuk memberikan kode label sebuah produk biasanya perusahaan akan menempelkan sebuah Bar Code pada kemasan atau fisik barang tersebut sehingga data barang tersebut bisa di simpan dengan baik di database komputer perusahaan.

Selain itu dengan menggunakan Bar Code maka memudahkan pihak perusahaan retail dan distributor seperti pasar swalayan saat melakukan pemeriksaan dan pemindaian barang yang baru masuk dari produsen ke gudang retail. Dan selanjutnya memudahkan kasir minimarket saat memindai jenis dan harga barang yang ingin di beli konsumen.

Seiring dengan kemajuan teknologi penggunaan kode label pada sebuah produk berevolusi dari yang semula berupa Bar Code berbentuk vertikal 1 dimensi dan berkembang menjadi QR Kode berbentuk dua di mensi.

Salah satu kelebihan QR kode adalah pelabelan QR code mampu menyimpan data yang lebih besar dari sebuah item yang di miliki perusahaan di bandingkan dengan Bar Code. Baik itu data numeric (7.089 karakter), alphanumeric (4.296 karakter), binary (2.884 byte) dan huruf kanji (1.817 katakter).

Selain itu QR kode juga memiliki tampilan yang lebih kecil di banding Bar Code dan bisa di pindai menggunakan aplikasi pada smarphone pengguna, selain menggunakan alat pemindai (label scanner) seperti pada umumnya.

Dengan QR kode pengguna bisa melakukan beberapa hal seperti memasukan alamat website, app store, email & sms ke kode QR sebagai media promosi. Membuat kartu nama elektronik dalam bentuk QR Code. Membuat kode QR untuk akses jaringan Wifi di sebuah tempat dan kegunaan lainnya.

Namun untuk membuat QR kode di butuhkan cara khusus yang tidak semua pengguna smartphone mengetahui cara membuatnya. Untuk itu di sini kami akan menjelaskan caranya hingga QR kode berhasil di buat, baik melalui layanan website maupun menggunakan aplikasi. Namun sebelum itu pada kali ini kami akan membahas apa itu QR Code.

Lalu Apa itu QR Code?

QR (Quick Response) Code adalah sebuah kode matriks atau kode batang dua dimensi yang di kembangkan oleh Denso Wave, sebuah divisi Denso Corporation yang merupakan sebuah perusahaan Jepang dan di publikasikan pada tahun 1994 dengan tujuan menyampaikan informasi yang cepat pada sebuah barang yang telah di pindai.

Berbeda dengan Bar Code (kode batang) yang menyimpan data informasi item secara horizontal, QR Code (kode QR) mampu menyimpan data informasi secara horizontal dan vertical sehingga secara otomatis QR Code mampu menyimpan data informasi lebih banyak di banding Bar Code.

Jenis QR Code

  1. Static QR Code. Kode QR jenis ini adalah kode QR yang berisi link (tautan) ke sebuah situs web yang bersifat tetap (statis) sehingga konten QR code tidak akan bisa di ubah karena berasal dari sumber media yang asli. Contohnya seperti penggunaan QR Code pada Wifi Password, Bitcoin, VCard, Email, dll
  2. Dynamic QR Code. Kode QR jenis ini merupakan kode QR yang berisi tautan (link) url pendek yang nantinya akan di alihkan ke wesite lain (Asli). Contohnya saat pengguna menggunakan layanan bitly. Dengan demikian QR jenis ini dapat d gunakan secara berulang dan terus menerus. Contohnya seperti pada mode pembayaran elektronik, dokumen pdf, media sosial, situs web bisnis, kupon berhadiah dll

Cara Kerja QR Code

Kode QR bekerja dengan cara membaca beberapa komponen pada kotak kode. Tiga kotak besar di setiap sudutnya berguna untuk pembatas kode dan kotak yang lebih kecil berguna untuk mengukur kotak. Selain itu terdapat beberapa komponen yang berada di tengah kode dan merupakan data informasi, pola waktu dan nomor versi.

Nantinya semua area yang terdapat pada QR Code di baca oleh alat scanner seperti yang ada di supermarket atau bisa juga menggunakan smartphone yang telah terinstal aplikasi QR Scanner. Nantinya kode QR di dekatkan ke alat scanner atau kamera ponsel dan selanjutnya melakukan proses pemindaian data.

Selain menggunakan kamera ponsel, pengguna juga bisa memindai kode QR melalui situs yang memiliki layanan QR scanner yang selanjutnya pengguna mengupload foto QR code tersebut dan konten pada QR Code pun di tampilkan oleh website tersebut.

Fungsi dan Manfaat QR Code

  1. Hyperlink Fisik. Dengan QR Code maka pengguna bisa menyimpan alamat URL, teks, nomor telepon, sms yang dapat di gunakan pada majalah, iklan, kartu nama dan media lainnya
  2. Kepentingan Komersil. Dengan kode QR maka pengguna bisa memasukan klip video, logo perusahaan, atau foto ke kode QR tanpa menghilangkan informasi apapun dari sumber yang di masukan. Tentunya hal ini berguna saat sebuah perusahaan musik dan film ingin mempromosikan karya yang mereka buat
  3. Dunia Pendidikan. Dengan kode QR maka institusi pendidikan mampu menerapkan pendataan yang akurat pada system yang sedang di jalankan. Contohnya seperti penggunaan kode QR untuk validasi ijazah dan transkrip nilai, absensi siswa pada kartu pelajat, pembayaran denda dan layanan perpustakaan, dan kegiatan lainnya
  4. Kepentingan Umum. QR Code juga bisa di gunakan untuk beberapa kepentingan umum seperti penggunaan kode QR untuk keamanan makanan, sebagai bukti pembayaran, dan fungsi umum lainnya

7 Cara Mudah Membuat dan Scan QR Code Sendiri di Hp Android dan iOS

Melalui Situs QR-Code-Generator.com

Cara pertama yang akan kami jelaskan untuk membuat QR Code sendiri di HP Android adalah melalui situs QR Code Generator. Dengan situs ini pengguna bisa membuat QR Code dari berbagai jenis file seperti file mp3, gambar, PDF, URL website, halaman facebook, teks, koneksi Wifi, sms, email, bitcoin, kartu nama virtual dll.

Adapun beberapa fitur yang dimiliki situs web ini seperti pembuatan QR Code, melacak statistik pemindaian pada QR Code yang kita buat, membuat QR Code dinamis, mencetak gambar QR Code dengan kualitas tinggi, berbagi akun dan lainnya. Adapun cara membuat QR Code Alamat Website melalui situs QR Code Generator akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Membuat QR Code Alamat Website melalui situs QR-Code-Generator.com

  1. Pertama Buka Browser di Hp Android kita (Chrome)
  2. Kemudian Pada Kolom URL kita Ketikan Alamat https://id.qr-code-generator.com dan Tekan Enter
  3. Setelah berhasil masuk halaman situs. Lalu Tentukan jenis file yang ingin kita buat menjadi kode QR. Seperti URL (Alamat Website), Email, SMS, Halaman Facebook, App Store dll
  4. Beberapa jenis QR Code yang tersedia bisa langsung di buat kode QR nya. Contohnya seperti pembuatan Kode QR pada jenis URL. Dimana kita Cukup Masukan Alamat Website yang kita miliki pada Kolom yang tersedia
  5. Namun bila kita di haruskan Mendaftar, maka daftarlah terlebih dahulu dengan cara Klik Tombol DAFTAR GRATIS. Kemudian Isi semua data yang di perlukan seperti Work Email, Password, Select Your Industry, SelectYour Print Material. Lalu selanjutnya Ceklis “I Agree Term Service” dan Klik Tombol Signup
  6. Setelah Pendaftaran selesai. Lalu Klik Tombol Buat Kode QR
  7. Selanjutnya kita di Arahkan Ke Halaman pembuatan bingkai, shape & color dan logo pada kode QR yang kita buat. Namun bila kita ingin kode QR yang original maka kita bisa langsung Klik Tombol Unduh (jpg) atau Tombol Vector (svg/eps)
  8. Selesai. Gambar QR Kode kita pun berhasil di buat dan siap di share atau di cetak ke berbagai media promosi

Melalui Situs QRCode Unitag.io

Cara ke dua yang akan kami jelaskan untuk membuat QR Code sendiri di HP Android adalah melalui situs bernama QR Code Unitag.io. Situs ini di kembangkan oleh perusahaan internet asal Prancis bernama Unitag.

Dengan menggunakan situs ini pengguna bisa membuat QR Code pada file yang di miliki seperti alamat situs, kartu nama, email dll. Adapun fitur yang di miliki situs ini seperti pembuatan QR Code, pemesanan NFC, iBeacon, SMS Mobile Messaging dan Pengenalan Gambar (Scan QR). Adapun cara membuat QR Code lokasi melalui situs ini akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Membuat QR Code Google Map Melalui Situs QRCode Unitag.io

  1. Pertama-tama Buka Browser di Smartphone Android kita (Google Chrome)
  2. Kemudian Ketikan Alamat Situs https://www.unitag.io/qrcodedan Tekan Enter
  3. Setelah berhasil masuk ke Homepage situs. Lalu Tentukan Tipe QR Code yang ingin di buat apakah type Web & Social Network atau Other Types (calendar, text, phone, email, geolocation, wireless dll)
  4. Bila kita ingin membuat QR Code Google Map, maka Pilih Menu Other Types. Lalu Klik Tombol Geolocation. Dan Masukan letak Koordinat Latitude dan Longitude lokasi yang ingin kita buat kode QRnya. Untuk menentukan nilai Latitude dan Longitude dengan akurat bisa melihatnya di Google Map
  5. Selanjutnya Klik Tombol Confirm yang ada di bawahnya untuk konfirmasi
  6. Kemudian Munculah Kode QR yang kita buat
  7. Lalu Klik Tombol Download The QR Code yang ada di bawahnya untuk mengunduh gambar kode QR yang kita buat
  8. Selanjutnya Klik Tombol twitter atau facebook untuk share link QR Code
  9. Kemudian kita Klik Tombol Download QR Code
  10. Proses Pengunduhan QR Code pun berjalan hingga selesai
  11. Selesai. Gambar Kode QR Google Map yang di buat sudah berada di galeri ponsel kita yang selanjutnya bisa kita bagikan atau cetak sebagai media penunjuk arah dan lokasi atau kepentingan lainnya

Melalui Situs QRCode-Monkey.com

Cara ke tiga yang akan kami jelaskan untuk membuat kode QR sendiri di Hp Android adalah melalui situs QRCode-Monkey.com. Dengan situs ini kita bisa membuat berbagai tipe kode QR seperti URL, Text, Phone, SMS, Email, VCard, MeCard, Location, Facebook, Youtube, Wifi, dll. Adapun cara membuat QR Code Wifi akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Membuat QR Code Wifi Melalui Situs QRCode-Monkey.com

  1. Pertama-tama Buka Browser di Perangkat Android kita (chrome)
  2. Kemudian pada kolom URL kita Ketikan Alamat website berikut ini https://www.qrcode-monkey.com dan Tekan Enter
  3. Setelah berhasil masuk halaman situs. Lalu Pilih Type QR Code yang ingin di buat seperti URL, Email, Phone, Wifi dll
  4. Setelah tipe QR Code dipilih (contoh : Wifi). Lalu Klik Menu Enter Content. Selanjutnya kitaMasukan Wireless SSID, Password dan Encryption pada kolom yang tersedia
  5. Kita juga bisa memilih menu di bawahnya seperti Menu Set Color (untuk merubah warna kode QR), menu Customize Design (untuk memilih bentuk dan bingkai kode QR) dan Quality (untuk menentukan qualitas gambar QR Code apakah low atau High)
  6. Setelah semua pengaturan QR Code di pilih. Lalu kita Klik Tombol Create QR Code
  7. Setelah QR Code yang kita buat Muncul. Maka kita Klik Tombol Download PNG untuk mengunduh gambar QR Code. Atau kita juga bisa menyimpannya dengan format lain seperti SVG, PDF dan EPS dengan mengklik tombol yang ada
  8. Selesai. QR Code password Wifi kita pun berhasil di buat dan siap di bagikan kepada pelanggan setia café atau restoran yang kita miliki sebagai layanan tambahan

Melalui Situs QRCode Goqr.me

Cara ke empat yang akan kami jelaskan untuk membuat QR Code sendiri di Hp Android adalah dengan menggunakan tool yang ada pada situs QR Code Goqr.me. Sama seperti situs di atas. Situs ini juga memiliki beberapa fitur pembuatan QR Code dengan berbagai type seperti alamat situs, email, kontak telepon dll. Adapun cara membuat QR Code Teks akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Membuat QR Code Teks Melalui Situs Goqr.me

  1. Pertama-tama kita Buka Browser di Hp Android kita
  2. Kemudian Ketikan alamat situs web http://goqr.me/# pada kolom URL yang tersedia
  3. Setelah berhasil masuk ke halaman situs. Lalu Pilih Tipe file yang ingin di buat QR Codenya. Seperti Type URL, Text, Vcard, Geolocation dll
  4. Setelah type QR Code di pilih (Contoh : Teks). Masukan Teks yang ingin di buat kode QR pada Menu Contents
  5. Selanjutnya Scroll ke bawah dan pada Menu Live Preview kita Klik Kotak Bertuliskan “Data?Daten?Donnes?”
  6. Setelah itu Munculah Kode QR yang kita buat
  7. Kemudian Kita Klik Tombol Download
  8. Selanjutnya Munculah Halaman Download QR Code. Di sini kita bisa mengubah warna background dan forground sekaligus menentukan jumlah border QR Code kita
  9. Setelah semua pengaturan QR Code di tentukan. Lalu Scroll layar ke paling bawah dan Klik Tombol JPG untuk menyimpan gambar QR Kode dengan format JPG. Atau kita juga bisa memilih format lain seperti SVG, EPS & PNG
  10. Proses pengunduhan QR Code pun berjalan hingga selesai
  11. Selesai. Kini QR Code Teks yang kita buat bisa kita Print atau share ke media sosial sebagai media promosi

Aplikasi Barcode Generator

Cara ke lima yang akan kami jelaskan untuk membuat QR Code sendiri di Hp Android adalah dengan cara menggunakan aplikasi Barcode Generator. Dengan aplikasi ini pengguna bisa membuat Bar Code dan QR Code sesuai dengan yang di inginkan. Adapun caranya akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Membuat QR Code Menggunakan Aplikasi Barcode Generator

  1. Pertama-tama Download dan Instal Aplikasi Barcode Generator melalui link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.blogspot.aeioulabs.barcode
  2. Setelah berhasil di install. Lalu Buka Aplikasi Barcode Generator
  3. Setelah Aplikasi terbuka dan kita berada di Homepage. Lalu Klik Tombol Plus (+) berwarna merah yang berada di kanan bawah layar
  4. Selanjutnya Muncul dua Menu yang harus di Pilih yaitu Scan Code dan Add Code. Lalu kita Pilih Menu Add Code untuk membuat kode baru
  5. Kemudian Munculah Beberapa Code Type yang harus kita Pilih seperti QR Code, DataMatrix, Aztec Code, Codabar, Code39 dan Code128. Lalu kita Pilih Opsi QR Code untuk membuat kode QR
  6. Selanjutnya Pilih tipe QR Code yang ingin kita buat apakah bertipe email, url, text, nomor telepon, sms, wifi dan lainnya. Contoh saat kita ingin membuat kode QR dengan type email maka Pilih Opsi Email dan Isi Alamat Email yang tersedia dan Klik icon Centang yang berada di pojok kanan atas layar
  7. Setelah semua data di Isi. Lalu Klik Tombol Next
  8. Kemudian Kode QR yang kita buat pun muncul di layar
  9. Selanjutnya kita Klik Tombol Save dan Export untuk menyimpan kode QR yang kita buat dalam bentuk gambar. Selain itu kita juga bisa membagikan gambar QR Code yang kita buat dengan cara mengklik tombol Share

Aplikasi Barcode Generator memiliki nilai rating sebesar 4.5 di layanan Google Playstore. Untuk menggunakan aplikasi ini pengguna di haruskan memiliki smartphone android versi 4.0 ke atas. Aplikasi Barcode Generator memiliki ukuran file sebesar 1.2 MB dan telah di unduh oleh lebih 1 juta pengguna playstore.

Cara Membuat QR Code di iOS

Bila 5 cara di atas merupakan cara membuat QR Code sendiri di Hp Android. Pada kali ini kami akan menjelaskan cara membuat QR Code melalui perangkat iOS. Hal ini tentunya sangat berguna terlebih semakin banyaknya pengguna iPhone di Indonesia.

Adapun untuk membuat kode QR di perangkat iPhone, pengguna harus mendownload aplikasi nya terlebih dahulu di Appstore. Adapun salah satu aplikasi yang bisa membuat kode QR di iOS adalah aplikasi bernama QR Reader. Selain bisa membuat kode QR, aplikasi ini juga bisa di gunakan untuk memindai dan membaca kode QR. Adapun caranya akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Membuat QR Code di iOS Menggunakan Aplikasi QR Reader

  1. Pertama-tama Download dan Instal terlebih dahulu aplikasi QR Reader melalui link berikut ini https://apps.apple.com/us/app/qr-reader-for-iphone/id368494609
  2. Selesai di Instal Buka Aplikasi QR Reader
  3. Setelah Aplikasi terbuka. Lalu kita Klik icon berbentuk Panah ke bawah yang berada di pojok kanan atas layar
  4. Kemudian kita Klik icon QR Code yang ada di bawah layar
  5. Selanjutnya Klik Tombol Plus (+) yang ada di pojok kiri atas layar untuk memulai proses pembuatan QR Code
  6. Kemudian kita Pilih Tipe QR Qode yang ingin kita buat. Contoh QR Code jenis media sosial facebook. Maka kita bisa Memilih Opsi Profil Facebook
  7. Selanjutnya kita Klik Tombol Create
  8. Proses Pembuatan QR Code pun berjalan hingga selesai
  9. Setelah QR Code Muncul kita bisa langsung membagikannya ke berbagai aplikasi dengan cara Klik Tombol Share atau menyimpannya sebagai gambar dengan cara Klik Simpan Gambar
  10. Selesai. Kode QR buatan kita pun sudah jadi melalui perangkat iPhone

Scan QR Code di Hp Android & iOS

Bila 6 cara di atas merupakan cara membuat Scan QR Code. Pada kali ini kami akan menjelaskan cara membaca dan Scan QR Code di Hp Android. Hal ini tentunya penting sebagai alat uji pada Scan QR Code yang baru saja kita buat.

Selain itu kita juga bisa memindai dan melacak status barang yang sedang dalam proses pengiriman, memudahkan pendataan item saat menjalankan sebuah usaha dan kegunaan lainnya. Adapun cara membaca scan QR Code di Hp Android dan iOS akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Memindai QR Code di Hp Android

  1. Pertama-tama Foto Kode QR yang ingin kita pindai atau scan hingga foto tersebut muncul di galeri ponsel kita
  2. Selanjutnya kita Buka Browser Hp Android kita (Chrome)
  3. Lalu Ketikan Alamat website https://webqr.com pada kolom URL dan tekan Enter
  4. Setelah Halaman website terbuka. Lalu Muncul 2 icon Camera, yang di sebelah kanan untuk memindai QR Code dengan cara memotretnya secara langsung dengan kamera ponsel, sedangkan sebelah kiri untuk scan QR Kode menggunakan foto yang sudah ada di galeri ponsel
  5. Selanjutnya kita Klik icon Kamera di sebelah kanan layar
  6. Kemudian kita Klik Tombol Pilih File
  7. Lalu Website akan Menelusuri file gambar QR Kode yang sebelumnya telah kita Foto
  8. Setelah File Gambar QR Kode di temukan, kita Klik Gambar tersebut agar bisa di upload dan gambar QR code tampil di dalam website
  9. Selesai. Setelah Gambar masuk ke halaman situs, maka website menampilkan data informasi gambar, sehingga pengguna mengetahui isi QR Code tersebut yang selanjutnya bisa mengklik link yang ada untuk menuju link website tujuan

Cara Memindai QR Kode di Perangkat iPhone

  1. Pertama-tama Buka Aplikasi Kamera pada perangkat iPhone kita
  2. Kemudian Arahkan Kamera pada Kode QR yang hendak di pindai. Baik yang tertempel di barang, kemasan, kertas maupun media lainnya
  3. Bila Kamera depan masih aktif harap langsung di matikan dan cukup menggunakan kamera depan saja agar gambar lebih jernih
  4. Pastikan Pula Kode QR di posisikan berada di tengah layar kamera sehingga ke empat sudut kode QR tertangkap kamera
  5. Setelah QR Code berhasil di foto. Lalu Tunggu hingga kode QR di pindai dan muncul notifikasi di atas layar dari aplikasi safari untuk membuka halaman web atau informasi data penting lainnya yang terdapat pada QR Code
  6. Selesai. Setelah notif di buka maka kita pun sukses memindai kode QR dan jadi mengetahui apa isi dari kode QR tersebut

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan kami mengenai apa itu kode QR, Jenis QR Code, Cara Kerja QR Kode, Fungsi dan Manfaat QR Code. Selain itu di jelaskan pula cara membuat dan memindai QR kode. Seperti melalui situs QR Code Generator.com, QR Code Unitag.io, QR Code-Monkey.com, QRCode Goqr.me, Aplikasi Barcode Generator, Membuat QR Code di iOs dengan QR Reader, dan Memindai QR Code di HP Android dan iOS.

Dengan membaca penjelasan di atas tentu kini kita jadi lebih tahu apa itu Kode QR beserta fungsinya pada kehidupan kita sehari-sehari, baik yang bersifat komersil maupun yang bersifat pribadi. Selain itu dengan membaca penjelasan di atas kini kita jadi tahu bagaimana caranya membuat dan memindai kode QR menggunakan perangkat smartphone.

Sehingga mampu menghemat biaya bila di bandingkan kita harus membeli alat pindai scanner dan software pembuat QR Kode seperti di toko swalayan dengan harga yang cukup mahal mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

You may also like