Home » Tutorial » 8 Cara Mengembalikan Foto & Video Terhapus di Android

8 Cara Mengembalikan Foto & Video Terhapus di Android

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Dahulu untuk merekam sebuah objek biasanya pengguna akan menggunakan sebuah kamera analog / digital. Sehingga hasilnya akan tersimpan pada sebuah memory kamera baik berupa foto maupun video. Dan selanjutnya pengguna bisa melakukan tindakan lanjutan baik dengan mencetaknya di mesin cetak foto atau cukup di simpan saja.

Seiring dengan kemajuan teknologi kini kita juga bisa mengambil foto dan video cukup menggunakan perangkat android kita. Dengan kualitas gambar hingga belasan mega pixel pada kamera masa kini, tentunya foto dan video yang di hasilkan tak kalah bagusnya dengan kamera digital professional.

Selain itu dengan menggunakan kamera di ponsel pengguna bisa langsung melihat hasil foto dan video yang berhasil di rekam. Dan selanjutnya bisa langsung melakukan tindakan lanjutan, baik itu melakukan proses editing, membagikannya ke media sosial atau langsung mencetaknya, di mana Hp sebelumnya telah terhubung dengan mesin printer via Wifi.

Namun karena kemudahan dalam penggunaan foto di ponsel membuat pengguna terkadang tak sengaja menghapus foto di galeri Hp. Tentunya hal itu membuat pengguna panik, terlebih bila foto yang terhapus adalah foto yang penting dan akan di gunakan lagi di kemudian hari atau bahkan foto & video lawas yang berisi kenangan satu-satunya.

Untuk itu di sini kami akan menjelaskan cara mengatasinya, yakni dengan cara merecovery (mengembalikan) foto yang terhapus baik menggunakan fitur bawaan di ponsel maupun menggunakan aplikasi tambahan. Sebelum kami menjelaskan caranya, pada kali ini kami akan membahas apa itu recovery foto beserta kegunaannya.

Lalu Apa itu Recovery Foto?

Recovery Foto adalah sebuah upaya proses pemulihan dan mengembalikan foto yang telah terhapus di galeri ponsel, entah itu karena tak sengaja terhapus atau karena serangan virus. Dalam proses pemulihan foto yang hilang pengguna bisa menggunakan fitur bawaan di ponsel maupun menggunakan aplikasi tambahan bila di perlukan.

Di mana pada aplikasi recovery pengguna bisa melakukan proses scanning pada file foto dan video yang terhapus dan selanjutnya meninjau foto mana saja yang ingin di kembalikan dan bisa melihat status kualitas terkini foto tersebut apakah masih dalam keadaan bagus (good) atau sudah rusak (corrupt). Selanjutnya pengguna bisa langsung mengembalikan foto tersebut ke galeri ponsel atau ke penyimpanan online berbasis cloud seperti Google Drive.

Setelah kita mengetahui apa itu Recovery Foto, pada kali ini kami akan menjelaskan cara mengembalikan foto yang terhapus di hp android. Baik menggunakan fitur bawaan maupun menggunakan aplikasi tambahan yang bisa di download secara gratis di Google Playstore. Adapun beberapa caranya akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

8 Cara Mengembalikan Foto dan Video yang terhapus di Hp Android

Recovery Foto & Video di Galeri Hp Xiaomi

Cara pertama yang akan kami jelaskan untuk mengembalikan foto & video yang terhapus adalah melalui menu galeri pada Hp Xiaomi kita. Menu galeri sendiri adalah sebuah fitur bawaan pada Hp android yang berfungsi untuk menampilkan foto dan video dari berbagai lokasi folder.

Nantinya kita juga harus masuk ke akun cloud pengembang (Mi Cloud) dan pastikan sebelumnya kita telah melakukan sinkronisasi Mi Cloud dan mengaktifkan cadangan otomatis galeri. Sehingga nantinya kita bisa melihat daftar foto dan video yang terhapus dalam waktu 30 hari. Adapun caranya akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Sinkronisasi Otomatis Mi Cloud dan Menu Galeri

  1. Pertama – tama Buka Menu Galeri di Hp android kita
  2. Selanjutnya kita Klik Tiga titik vertikal di pojok kanan atas layar
  3. Kemudian kita Pilih Opsi Setelan
  4. Setelah berada di halaman Setelan. Lalu kita Klik Opsi Otomatis Cadangkan
  5. Kemudian kita di arahkan ke halaman Mi Cloud. Lalu Klik tombol Berikut
  6. Selanjutnya Munculah daftar album foto & video di galeri ponsel kita. Lalu kita Pilih Album mana saja yang hendak di cadangkan otomatis dengan cara mengklik tombol panel di kanan nama album hingga berwarna biru
  7. Kemudian Klik tombol Masuk dengan Akun Mi
  8. Selesai. Kini Akun Mi Cloud kita berhasil tersinkronisasi dengan menu galeri di ponsel android. Sehingga foto dan video yang terhapus masih bisa di backup & tersimpan selama 30 hari

Setelah Akun Mi Cloud telah terhubung dengan menu galeri. Barulah kita bisa mengembalikan foto yang terhapus di hp android. Adapun caranya akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Mengembalikan Foto & Video Terhapus via Galeri

  1. Buka Menu Galeri Ponsel di Hp android kita
  2. Kemudian Klik tiga garis vertical di pojok kanan atas layar
  3. Selanjutnya muncul 4 Opsi (Gabung, Klip, Bebaskan Ruang & Setelan). Lalu kita Pilih Opsi Setelan
  4. Setelah berada di halaman Setelan Galeri. Lalu kita Pilih Opsi Tempat Sampah
  5. Selanjutnya kita diharuskan Login Menggunakan Mi Account kita
  6. Selesai Login Munculah beberapa foto dan video yang telah terhapus dalam 30 hari terakhir
  7. Setelah itu Klik Foto dan Video yang hendak di pulihkan kembali. Lalu Pilih Opsi Recover untuk mengembalikan foto yang terhapus atau pilih Opsi Delete Permanently untuk menghapus permanent (selamanya)
  8. Selesai. Kini Foto & Video yang terhapus di hp android kita pun berhasil di pulihkan melalui menu galeri

Recovery Foto & Video via Google Foto

Cara ke dua yang akan kami jelaskan untuk mengembalikan foto yang terhapus adalah melalui menu google foto. Sama dengan menu galeri, Google Foto juga merupakan fitur bawaan yang terpasang pada setiap ponsel android. Hal ini tak lain karena android sendiri di kembangkan oleh perusahaan Google. Google Foto memiliki tampilan icon berbentuk kincir kertas 4 warna (merah, kuning, hijau dan biru).

Sama dengan Mi cloud, Untuk mengembalikan foto yang terhapus melalui Google Photo kita juga sebelumnya harus mengaktifkan Backup & Sinkronisasi Otomatis dengan Galeri ponsel sehingga foto yang terhapus tetap tersimpan. Adapun cara mengembalikan foto dan video yang terhapus via Google Foto akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Backup & Sinkronisasi Google Foto

  1. Pertama –tama Buka Aplikasi Google Photo di Hp android kita
  2. Setelah terbuka Login menggunakan akun Gmail kita
  3. Setelah di halaman beranda aplikasi. Lalu Klik tombol Tiga Garis di pojok kiri atas layar
  4. Selanjutnya kita Pilih Menu Setelan
  5. Setelah berada di halaman Setelan. Lalu Klik Menu Backup & Sinkronisasi
  6. Pada Halaman Backup lalu kita Klik tombol Backup & Sinkronisasi hingga berwarna biru
  7. Selesai. Kini Galeri foto dan video di Hp android kita telah tersinkronisasi dengan akun Google sehingga file yang terhapus akan tetap tersimpan di penyimpanan cloud google hingga kapasitas 15 GB

Setelah Galeri Foto di Hp android berhasil tersinkronisasi, barulah kita bisa merecovery (mengembalikan) file saat di kemudian hari foto dan video terhapus dari galeri ponsel. Adapun caranya akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Mengembalikan Foto yang terhapus melalui Google Foto

  1. Pertama – tama Pastikan kita telah Login ke Akun Google (gmail) kita
  2. Selanjutnya Buka Aplikasi Google Foto di Hp android kita
  3. Kemudian Klik tiga garis di Pojok kiri atas layar
  4. Lalu kita Pilih Menu Sampah
  5. Setelah berada di Halaman Sampah, maka kita akan melihat Daftar foto dan video yang sebelumnya telah terhapus dari galeri ponsel sebelum 60 hari
  6. Setelah itu Klik Foto yang di Pilih. Lalu Klik tombol Pulihkan.
  7. Selesai. Kini Foto yang telah terhapus berhasil di kembalikan lewat fitur bawaan Google Foto

Menggunakan Aplikasi DiskDigger Photo Recovery

Cara ke tiga yang akan kami jelaskan untuk mengembalikan foto dan video yang terhapus dari galeri ponsel adalah menggunakan aplikasi bernama Disk Digger Photo Recovery. Aplikasi DiskDigger Photo Recovery di kembangkan oleh perusahaan asal Hampshire Inggris bernama Defiant Technologies LLC.

Selain untuk mengembalikan foto yang terhapus dari galeri, aplikasi ini juga bisa merecovery file multimedia lain seperti audio, video, & dokumen. Pada aplikasi ini juga kita bisa memilih format output file yang telah di recovery. Contohnya seperti JPG & PNG (gambar), MP3 (musik), PDF & DOC (dokumen), 3gp & Mp4 (video) dll. Adapun cara menggunakan aplikasi ini akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Recovery Foto & Video Menggunakan Aplikasi DiskDigger

  1. Pertama – tama Download dan Instal Aplikasi DiskDigger Recovery Photo di Playstore atau bisa juga melalui link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.defianttech.diskdigger
  2. Setelah terinstal, lalu Buka Aplikasi DiskDigger di Hp android kita
  3. Selanjutnya kita Pilih Drive Memory lokasi foto yang terhapus, apakah di memori internal atau eksternal. Bila daftar partisi drive tidak muncul maka kita Klik tombol Refresh di pojok kanan atas layar
  4. Selanjutnya kita Pilih dan Ceklis Format Output pada file yang telah terhapus. Contohnya seperti .mp3 (audio), .mp4 (video), .doc (dokumen) dan .jpg (gambar)
  5. Kemudian Klik tombol OK
  6. Proses Scanning File yang telah hilang pun berjalan hingga selesai
  7. Setelah proses Scanning complete maka pada layar Munculah beberapa file yang sebelumnya telah terhapus dari galeri
  8. Kemudian kita Tandai dan Ceklis file yang di inginkan, lalu Klik tombol Save di atas layar dan Klik Menu Save Selected files locally untuk menyimpan file yang telah terhapus ke galeri ponsel kita
  9. Selain itu kita juga bisa mengirim file yang telah terhapus tersebut ke layanan penyimpanan online berbasis clouding seperti Dropbox, Drive dan Gmail dengan cara Klik Opsi “Upload selected files to FTP
  10. Selesai. Kini file foto dan video yang sebelumnya terhapus berhasil muncul lagi di galeri ponsel kita

Aplikasi DiskDigger Photo Recovery memiliki nilai rating sebesar 3.8 di layanan Google Playstore. Untuk menggunakan aplikasi ini pengguna di haruskan memiliki smartphone android versi 4.0 ke atas. Aplikasi DiskDigger Photo Recovery memiliki ukuran file yang kecil hanya 1.7 MB dan telah di unduh oleh lebih 100 juta pengguna playstore.

Menggunakan Software Data Recovery Wizard

Cara ke empat yang akan kami jelaskan untuk mengembalikan foto dan video yang terhapus di hp android adalah menggunakan software bernama Data Recovery Wizard. Aplikasi Data Recovery Wizard di kembangkan oleh perusahaan asal China bernama EaseUS.

Nantinya kita harus menginstal software ini di laptop kita dan menghubungkan laptop dengan handphone android kita melalui sambungan kabel data (usb) agar bisa di lakukan proses scanning. Adapun cara menggunakan software Data Recovery Wizard akan kami jeaskan seperti di bawah ini.

Cara Mengembalikan Foto Terhapus dengan Software Recovery Wizard

  1. Pertama Hubungkan Hp android dengan laptop menggunakan kabel data (usb) hingga memori ponsel terdeteksi di laptop
  2. Selanjutnya Hubungkan Laptop kita dengan Jaringan Internet (Modem / Wifi)
  3. Kemudian Download Software Recovery Wizard di situs resminya atau melalui link berikut ini https://easeus-data-recovery-wizard-free-edition.id.uptodown.com/windows/download
  4. Selesai di Download. Instal software Recovery Wizard di laptop kita
  5. Setelah terinstal Buka software Recovery Wizard di laptop kita
  6. Setelah Aplikasi terbuka lalu kita Pilih Drive memory ponsel kita yang terdeteksi. Contohnya Drive memory (F)
  7. Kemudian kita Klik tombol Scan (Pindai) di pojok kanan bawah layar
  8. Proses Scanning pun berjalan hingga selesai, di mana persentasi dan waktu yang di perlukan di tampilkan di atas layar. Kita juga bisa menghentikan proses scan sementara dengan klik tombol pause
  9. Setelah proses scanning selesai maka kita bisa Melihat Daftar File (foto, video, dokumen dll) yang terhapus dari galeri ponsel kita
  10. Kemudian kita Klik dan Tandai file yang ingin di kembalikan. Lalu Klik tombol Recovery (Pulihkan) di pojok kanan bawah layar
  11. Setelah itu muncul Jendela browse for folder. Di sini kita harus Menentukan Lokasi Folder tempat menyimpan file yang telah di pulihkan. Contoh di folder local disc (D:\) pada laptop. (Jangan simpan file hasil recovery di tempat file yang sama saat terhapus)
  12. Setelah itu barulah Pindahkan file recovery yang tersimpan di local disk (D:) laptop ke memori penyimpanan ponsel (F:)
  13. Selesai. Kini file (foto & video) yang sebelumnya terhapus berhasil di kembalikan dan bisa kita buka lagi di galeri ponsel kita

Selain di gunakan untuk mengembalikan file (foto & video) yang hilang, aplikasi ini juga bisa di gunakan untuk memperbaiki partisi drive yang rusak dan recovery data dari berbagai media storage. Seperti USB Drive (flashdisk), SD Card, Digital Camera, Video Player dll. Untuk mendapatkan fitur premium pengguna bisa membeli lisensinya di situs resminya dengan biaya sebesar $69.95 (versi Pro) dan $99.90 (versi Pro+Bootable Media)

Menggunakan Aplikasi Deleted Photo Recovery

Cara ke lima yang akan kami jelaskan untuk mengembalikan foto & video yang terhapus adalah menggunakan aplikasi bernama Deleted Photo Recovery. Aplikasi Deleted Photo Recovery di kembangkan oleh perusahaan asal Hongkong bernama Smin Photo Recovery. Adapun cara menggunakan aplikasi ini akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Recovery Foto Menggunakan Aplikasi Deleted Photo Recovery

  1. Pertama – tama Download dan Instal Aplikasi Deleted Photo Recovery melalui link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.photo.recovery.deleted.image.recovery.restoredeletedpictures
  2. Setelah terinstal Buka aplikasi Delete Photo Recovery di hp android kita
  3. Setelah aplikasi terbuka lalu kita Klik tombol Restore Delete Photos
  4. Proses Scanning foto yang terhapus pun berjalan hingga selesai
  5. Setelah Scanning selesai. Lalu kita Klik tombol Show Deleted Files
  6. Kemudian Munculah beberapa folder yang berisi foto yang terhapus. Lalu kita Klik salah satu folder tersebut
  7. Selanjutnya Munculah beberapa foto yang terhapus. Lalu Klik dan Tandai foto yang ingin di kembalikan dan Klik tombol Restore Now (warna orange) yang ada di bawah layar
  8. Selesai. Kini foto yang sebelumnya terhapus kembali bisa kita buka di galeri ponsel kita

Aplikasi Deleted Photo Recovery memiliki nilai rating sebesar 4.1 di layanan Google Playstore. Untuk menggunakan aplikasi ini pengguna di haruskan memiliki smartphone android versi 4.0 ke atas. Aplikasi Delete Photo Recovery memiliki ukuran file sebesar 2.9 MB dan telah di unduh oleh lebih 10 juta pengguna. Adapun bagi pengguna yang ingin recovery video bisa mendownload aplikasi Delete Video Recovery yang juga di kembangkan oleh perusahaan yang sama (Smin Photo Recovery).

Menggunakan Aplikasi Dumpster Recovery

Cara ke enam yang akan kami jelaskan untuk mengembalikan foto & video yang terhapus adalah menggunakan aplikasi bernama Dumpster Recovery. Aplikasi Dumpster Recovery di kembangkan oleh perusahaan asal Tel Aviv Israel bernama Baloota.

Aplikasi ini berfungsi layaknya aplikasi bawaan Google Foto di Hp android. Hal ini di karenakan aplikasi akan menyimpan file sampah saat aplikasi Dumpster telah terinstal. Sehingga file yang terhapus hanya bisa di kembalikan setelah aplikasi terinstal sedangkan file sebelumnya tidak bisa. Adapun cara menggunakan aplikasi Dumster Recovery akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Menggunakan Aplikasi Dumpster Recovery

  1. Pertama – tama Download dan Instal Aplikasi Dumpster Recovery di Hp android kita melalui link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.baloota.dumpster
  2. Selesai di install. Lalu kita Buka Aplikasi Dumpster di Hp android kita
  3. Setelah aplikasi terbuka. Lalu Munculah Keterangan tentang Izin dan Privasi Aplikasi. Lalu kita Klik tombol Setuju
  4. Selanjutnya Klik Dropdown Menu Dumpster yang ada di atas layar
  5. Kemudian Pilih Jenis File yang akan di kembalikan. Contoh Jenis Image (gambar), Videos, Audio, Documents, Folder, Apps (aplikasi), atau All (Semua Jenis File)
  6. Proses Scanning file pun berjalan hingga selesai
  7. Setelah scanning selesai. Munculah beberapa foto dan video yang sebelumnya terhapus. Lalu kita Klik foto tersebut hingga file terbuka
  8. Setelah file terbuka lalu kita Klik tombol Pulihkan Galeri yang ada di bawah layar
  9. Selesai. Kini foto dan video yang terhapus kembali bisa di buka di galeri ponsel kita

Mengembalikan Foto Terhapus di Hp Samsung

Cara ke tujuh yang akan kami jelaskan adalah cara mengembalikan foto dan video yang terhapus di Hp Samsung. Untuk mengembalikan foto yang terhapus di HP Samsung, kita bisa menggunakan 2 cara yaitu menggunakan fitur bawaan bernama Samsung Cloud Backup atau menggunakan software tambahan bernama Samsung Data Recovery. Adapun ke dua caranya akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Mengembalikan Foto Terhapus via Samsung Cloud Backup

  1. Pertama – tama Pastikan Hp Samsung kita sebelumnya telah melakukan pencadangan dan syncronisasi data dari galeri ponsel ke Samsung Cloud
  2. Kemudian Buka Menu Setting di Hp Samsung kita
  3. Selanjutnya kita Pilih Menu Account & Backup
  4. Kemudian kita Klik Opsi Backup & Restore
  5. Setelah itu Pilih Opsi Recover
  6. Selanjutnya Munculah beberapa file foto dan video yang sebelumnya terhapus. Lalu kita Klik foto dan video yang ingin di kembalikan dan Klik tombol Recover Now
  7. Selesai. Kini foto yang sebelumnya terhapus kembali tampil di galeri ponsel kita

Cara Mengembalikan Foto Terhapus via Samsung Data Recovery

  1. Pertama – tama Download Software Samsung Data Recovery melalui link berikut ini https://samsung-data-recovery.id.softonic.com
  2. Selesai di download. Lalu kita Instal Software Samsung Data Recovery di laptop kita
  3. Selanjutnya Hubungkan Hp Samsung kita dengan laptop menggunakan kabel data (usb) dan lakukan debugging pada hp Samsung agar bisa terdeteksi di laptop
  4. Selanjutnya Buka Software Samsung Data Recovery di laptop kita
  5. Setelah itu Muncul 2 Pilihan tombol Quick Recovery dan Deep Recovery. Lalu kita Klik tombol Quick Recovery bila ingin proses scanning yang cepat. Namun bila ingin melakukan proses scanning full dan detail kita Klik tombol Deep Recovery
  6. Setelah di halaman Recovery Pilih Jenis File yang hendak di kembalikan. Contoh Photo, Video, Audio, Document, Contact, Call History, Message dll. Lalu Klik tombol Scan (warna orange) di Pojok kanan atas layar
  7. Proses Scanning file pun berjalan hingga selesai yang di tampilkan di atas layar. Bila kita ingin menunda proses scanning klik tombol Pause di atas layar
  8. Setelah Proses Scanning selesai. Lalu Munculah daftar file yang telah terhapus baik itu foto, video, dokumen dll
  9. Kemudian kita Klik dan Tandai foto dan video tersebut. Lalu Klik tombol Recover yang ada di pojok kanan bawah layar
  10. Selesai. Kini foto dan video yang sebelumnya terhapus kembali bisa di buka pada galeri ponsel hp Samsung kita

Mengembalikan Foto Terhapus di Hp Oppo

Cara ke delapan yang akan kami jelaskan untuk mengembalikan foto yang terhapus di Hp android adalah cara recovery foto di Hp Oppo. Untuk menggunakan cara ini nantinya kita di haruskan membuka fitur Local Backup di Hp Oppo kita. Adapun caranya akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Mengembalikan Foto Terhapus di Hp Oppo

  1. Pertama – tama Pastikan Hp kita sebelumnya telah melakukan local Backup di Hp Oppo kita. Caranya adalah Buka Menu Setting -> More Setting -> Backup & Reset -> Backup & Restort – New Backup -> Ceklis Semua Jenis Data -> Start Backup
  2. Selanjutnya barulah kita bisa mengembalikan foto terhapus di Hp Oppo kita. Caranya adalah Buka Menu Setting -> Additional Setting -> Backup & Reset -> Local Backup
  3. Setelah itu kita harus Memilih Jenis Data yang ingin di pulihkan. Contohnya seperti foto, pesan, kontak, video, recorder dll
  4. Proses Recovery (pemulihan) file pun berjalan hingga selesai
  5. Setelah proses recovery selesai Klik tombol Done di bawah layar
  6. Selesai. Kini foto yang sebelumnya terhapus kembali tampil di galeri ponsel Oppo kita

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan kami mengenai apa itu recovery foto beserta kegunaanya. Selain itu di jelaskan pula beberapa cara untuk mengembalikan foto dan video yang terhapus di Hp android. Contohnya seperti recovery foto dan video melalui Galeri Hp Xiaomi, Google Foto, Aplikasi DiskDigger Photo Recovery, Software Data Recovery Wizard, Aplikasi Deleted Photo Recovery, Aplikasi Dumpster Recovery, Mengembalikan Foto Terhapus di Hp Samsung, dan Mengembalikan Foto Terhapus di Hp Oppo.

Dengan membaca beberapa penjelasan di atas tentu kini kita jadi lebih tahu apa itu recovery foto beserta cara melakukannya. Selain itu dengan membaca penjelasan di atas kini kita tidak bingung lagi bila suatu waktu foto dan video yang bersifat penting atau kenangan terhapus dari galeri ponsel android kita. Cukup dengan menerapkan beberapa cara di atas maka foto dan video yang terhapus berhasil kita tampilkan kembali di galeri hp android kita.

You may also like