Home » Tutorial » Cara Menghubungkan Kamera Canon ke Laptop Via Wifi

Cara Menghubungkan Kamera Canon ke Laptop Via Wifi

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Saat kita sedang mengalami momen-momen tertentu yang cukup berkesan seperti saat sedang liburan, wisuda, acara kelulusan dan momen lainnya. Biasanya agar moment itu bisa di kenang, kita mengabadikannya lewat jepretan kamera dengan hasil berupa foto atau video.

Di zaman sekarang untuk melakukan pemotretan bisa menggunakan kamera di ponsel yang hasilnya pun sangat jernih. Dengan ukuran resolusi kamera depan dan belakang sebesar belasan megapixel. Walau begitu masih tetap ada orang yang hobi fotografi menggunakan kamera digital dibandingkan dengan kamera ponsel karena kelebihan fitur dan efek foto yang dimiliki layaknya foto profesional seperti fitur autofocus (blur).

Saat Selesai melakukan pemotretan menggunakan kamera digital, biasanya kita memindahkan data dari kamera ke perangkat lain seperti laptop menggunakan kabel data atau kartu SD yang terpasang di slot kamera dengan cara lepas pasang.

Padahal ada cara lain yang lebih praktis yaitu dengan cara menggunakan jaringan Wifi. Sebelum kita membahas caranya, kami akan menjelaskan terlebih dahulu kamera yang akan di sambung dengan jaringan Wifi. Kamera nya sendiri bernama kamera Canon.

Lalu Apa itu Canon Inc?
Canon Inc adalah perusahaan optik yang didirikan oleh Takeshi Mitarai, Goro Yoshida, Saburo Uchida dan Takeo Maeda pada 10 Agustus 1937. Perusahaan ini menghususkan diri dalam pembuatan produk-produk imaging dan Optik seperti Kamera, Printer dan Mesin Fotocopy.

Setelah kita mengetahui apa itu Canon Inc. Lalu produk apa saja yang di buat oleh perusahaan Canon Inc?

Produk Perusahaan Canon Inc

  1. Kamera Digital. Perusahaan Canon telah memproduksi dan memasarkan kamera digital sejak tahun 1984. Dimulai dengan kamera model pertama  RC-701. Hingga kamera model sekarang yang banyak di gunakan oleh pengguna yakni camera DSLR ( Digital Single Lens Reflex)
  2. Mesin Cetak (Printer). Canon Inc pertama kali memproduksi dan memasarkan Printer pada tahun 2002 dengan nama produk Canon Pixma. Yang sudah tidak lagi menggunakan jenis tinta seri BC tetapi sudah menggunakan seri Cli, Bci dan lainnya. Ada tiga jenis penamaan dari seri printer Canon Pixma yaitu Seri iP yang dikuti 4 digit angka untuk kertas jenis A4, Seri iP yang diikuti 2 digit angka untuk kertas R4 dan mobile printer dan Seri iX untuk ukuran kertas A3
  3. Lasser. Produk canon yang satu ini biasa di gunakan untuk bidang-bidang tertentu di Rumah Sakit atau Perusahaan. Seperti Bidang Medis yang menggunakan laser X-Ray dan Bidang penyiaran yang menggunakan lensa siaran dari Canon.
  4. Scanner. Canon Inc juga memproduksi mesin pemindai kertas (Scanner) dengan berbagai model seperti R40, DR-C225, hingga model DR-S150 yang mampu terhubung dengan jaringan Wifi

Setelah kita mengetahui produk utama yang di pasarkan oleh Perusahaan Canon Inc. Pada kali ini kami akan menjelaskan salah satu produk dari Canon yaitu Kamera Digital Canon.

Apa itu Kamera Canon?
Kamera Canon adalah Kamera yang di produksi oleh perusahaan Canon Inc sejak tahun 1937. Yang memiliki nama awal Kwanon. Namun untuk mempermudah pengucapan saat akan di pasarkan secara internasional maka di gantilah namanya menjadi Canon Camera.

Sebelum menjadi penguasa pasar kamera digital di dunia dengan fitur unggulan Kamera DLSR nya. Canon pun mengalami beberapa fase dalam sejarah perkembangannya. Yang akan kami jelaskan secara singkat di bawah ini.

Sejarah Kamera Canon

  1. Pada tahun 1933 Perusahaan Canon Inc membuat prototype kamera pertamanya bernama kwanon yang merupakan pengembangan dari kamera terdahulu bernama Leica II 35 mm dengan sistem pencari tampilan ( 3 jendela) dan pengintai terpisah
  2. Pada tahun 1946 Canon Inc memperkenalkan seri kamera SII dengan menawarkan fitur unggulan berupa sistem Viewfinder (jendela bidik kecil pada kamera untuk melihat objek)
  3. Pada tahun 1956 Canon Inc mengembangkan desain kamera kontemporer dengan level timer dan self timer yang ada di sebelah kiri Mount lensa
  4. Pada tahun 1959 Perusahaan Canon memproduksi lensa Canon R untuk kamera SLR film
  5. Kemudian Pada tahun 1964 lensa FL lens Mount menggantikan lensa R mount
  6. Pada tahun 1969 Canon memperkenalkan lensa ekonomi dimana tiga elemen belakang terpasang ke kamera
  7. Pada tahun 1971 Perusahaan Canon memproduksi kamera Canon FD lens mount untuk menggantikan Standard Fl lens mount. Dimana dudukan FD memiliki dua varian yakni lensa asli menggunakan kerah breechlock sedangkan versi terbaru menggunakan kunci putar bayonet standard
  8. Pada tahun 1987 perusahaan canon memperkenalkan sistem kamera lensa EOS tunggal dibarengi dengan standar lensa EF mount untuk mengggantikan pemasangan lensa FD mount yang telah hadir selama 16 tahun. Sistem Kamera EOS Autofocus ini masih di gunakan hingga saat ini

Setelah kita mengetahui Sejarah Kamera Canon. Pada kali ini kami akan membahas tentang cara penggunaannya. Terutama saat melakukan transfer data dari kamera ke perangkat lain.

Biasanya setelah seorang pengguna selesai melakukan sesi pemotretan. Data yang tersimpan di memori kamera akan di kirim ke perangkat lain seperti PC/laptop menggunakan kabel data atau card reader. Padahal ada cara lain yang lebih praktis dengan menggunakan jaringan wifi yang akan kami jelaskan dibawah ini.

Sebelum menghubungkan Laptop dengan Kamera Canon. Persiapkan dulu alat-alatnya seperti yang ada di bawah ini

Alat-alat yang Harus Disiapkan

  1. Kamera Canon (Contoh Kamera Canon EOS 200D)
  2. Laptop atau PC yang terhubung internet (Modem /Wifi)
  3. Software Canon EOS Utility 3.11.0 for windows yang bisa kalian download di situs resmi Canon https://id.canon/id/support/0200596102/2

Setelah Semua peralatan sudah di siapkan. Langkah pertama adalah melakukan penginstalan software Canon EOS Utility yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Cara Instal Software Canon EOS Utility 3.11.0 For Windows

  1. Pertama-tama kita Download Software Canon EOS Utility 3.11.0 for Windows di situs Resmi Canon https://id.canon/id/support/0200596102/2
  2. Setelah selesai di download Buka Software Canon EOS utility 3.11.0 for windows yang telah di download
  3. Setelah terbuka kita pilih Negara dan Area kita
  4. Lalu muncul keterangan tentang Syarat dan ketentuan yang berlaku kita pilih Yes
  5. Kemudian muncul daftar pilihan aplikasi dan fitur yang harus di instal. Kita pilih instal semua Aplikasi
  6. Kemudian kita tunggu proses penginstalan hingga selesai
  7. Setelah proses instalasi selesai kita klik Finish
  8. Selesai. Kini Software Canon EOS Utility 3.11.0 for windows sudah terpasang pada laptop/komputer kita

Setelah software Canon EOS Utility sudah terpasang di laptop kita. Langkah selanjutnya adalah menghubungkan Laptop dengan Kamera Canon kita.

Pertama-tama kita setting terlebih dahulu pengaturan Wifi pada kamera dengan cara di bawah ini.

Cara Setting Wifi di Kamera Canon

  1. Pertama-tama kita Pilih tombol Menu
  2. Lalu Pilih Wireless Communication Setting
  3. Selanjutnya kita Pilih Wifi Function
  4. Jika sebelumnya sudah ada jaringan tekan arah kanan
  5. Kemudian kita Pilih Remote Control (EOS Utility)
  6. Lalu kita Pilih Register a Device For Connection
  7. Setelah itu kita akan mendapatkan nama jaringan dan password untuk bisa terhubung (connect) ke laptop kita

Setelah selesai melakukan pengaturan Wifi pada kamera. Langkah selanjutnya adalah melakukan pengaturan Wifi pada Laptop atau komputer kita seperti dibawah ini.

Cara Setting Wifi di Laptop

  1. Pertama-tama kita Buka Laptop/Komputer kita dan hubungkan dengan internet melalui Modem/LAN
  2. Setelah itu kita Buka Software EOS Utility
  3. Kemudian kita Klik tombol Pairing over Wi-Fi/LAN
  4. Kemudian bila muncul peringatan tentang Firewall kita klik pilihan yes
  5. Lalu muncullah daftar nama kamera yang akan di hubungkan (pairing)
  6. Setelah ketemu kamera milik kita Klik tombol Connect
  7. Selesai. Kini Laptop kita pun telah terhubung dengan kamera Canon

Setelah Kamera Canon terhubung dengan laptop/komputer kita. Kita pun bisa menggunakan beberapa fitur yang ada pada Software Canon EOS Utility seperti memindahkan data (foto/video) di kamera melalui Wifi, melakukan remote shooting kamera melalui komputer atau laptop, melakukan pengaturan kamera melalui komputer/laptop kita.

Sehingga dengan cara itu kita tak perlu repot-repot lagi lepas pasang memori kartu SD pada kamera yang bisa menyebabkan rusaknya kartu SD karena sering tergesek. Yang mana bila kita membeli kartu SD baru biayanya mahal antara puluhan hingga ratusan ribu rupiah.

You may also like