Sponsors Link

11 Bahaya Main Komputer Terlalu Lama

Sponsors Link

Penggunaan komputer saat ini memang sudah marak sekali digunakan. Salah satu keperluan yang seringkali digunakan dengan menggunakan komputer adalah bermain game. Ya, game komputer saat ini sudah berkembang dengan sangat pesat. MUlai dari game yang hanya berbasis gambar resolusi rendah, hingga game dengan basis gambar 3D yang saat ini sedang populer di kalangan pecinta games dan komputer.

Sebenarnya, bermain game dapat meredakan stress dan dapat memberikan hiburan yang baik bagi siapapun yang memainkannya. Namun demikian, bermain game secara berlebihan, alias terlalu lama tidaklah baik. Berikut ini adalah beberapa bahaya main komputer terlalu lama :

  1. Dapat menimbulkan gangguan pada kesehatan mata

Hal pertama yang dapat terjadi ketika terlalu lama main komputer adalah dapat menyebabkan munculnya gangguan kesehatan pada mata. BIasanya, hal yang paling umum terjadi apabila seseorang terlalu lama dan juga sering bermain komputer adalah munculnya gejala mata minus, sehingga mengharuskan mereka untuk menggunakan kacamata minus. Hal ini banyak terjadi, terutama pada anak – anak yang memang terlalu sering bermain komputer, sehingga lama kelamaan mereka akan mengalami gangguan pada mata dan menyebabkan mata mereka menjadi minus.

  1. Tugas – tugas menjadi terlantar

Bahaya lainnya dari bermain komputer terlalu lama adalah pengabaian terhadap tugas – tugas, baik tugas di dalam rumah, ataupun tugas tugas yang berhubungan dengan pekerjaan kantor ataupun pekerjaan sekolah. Bermain komputer terlalu lama akan membuat tugas tersebut terbengkalai, dan pada akhirnya anda akan membuat tugas tersebut secara asal – asalah karena waktu yang semakin menipis, dan juga kondisi fisik anda yang sudah semakin lelah.

  1. Mata menjadi lelah

Selain meningkatkan resiko mata menjadi minus, bermain komputer terlalu lama juga dapat menyebabkan mata kita menjadi lebih lelah dan juga sakit. Biasanya hal ini terjadi karena kondisi layar komputer yang terlalu terang dan menyebabkan mata menjadi pedih. Apabila hal ini dilakukan terus menerus dan tidak dicari solusinya, maka mata akan menjadi cepat lelah, dan akan berpengaruh terhadap kondisi fisik anda.

  1. Kepala menjadi cepat pusing

Mereka yang terlalu lama bermain komputer juga dapat mengalami rasa sakit dan juga pusing pada kepala mereka. Hal ini disebabkan karena faktor kelelahan yang dialami, sehingga dapat membuat peredaran daarah menjadi tidak terkontrol dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan otak menjadi kekurangan pasokan oksigen, sehingga menyebabkan kepala menjadi terasa pusing dan tidak nyaman, apalagi setelah terlalu lama bermain komputer.

  1. Kurang melakukan sosialisasi dengan lingkungan nyata

Bahaya lainnya dari terlalu lama bermain komputer adalah dari segi sosial. Ya, mereka yang terlalu lama bermain komputer akan selalu terfokus pada apa yang dikerjakan di komputer, sehingga hal ini akan menyita waktu mereka dalam melakukan proses sosialisasi yang terjadi di dunia nyata. Mereka akan melewatkan obrolan ringan dan santai bersama keluarga, berolahraga dengan kerebat, dan juga berjalan – jalan di taman akibat terlalu lama bermain komputer.

Sponsors Link

  1. Seringkali tidak memperhatikan kesehatan

Kesehatan juga merupakan salah satu dampak bahaya bermain komputer terlalu lama. Biasanya, mereka yang terlalu lama bermain komputer, jarang memperhatikan kesehatannya. CIri – cirinya adalah mereka menjadi jarang membersihkan badan alias mandi, ataupun jadwal dan juga pola makan yang kacau. Selain itu, terlalu lama bermain komputer juga meningkatkan asupan camilan, yang apabila dilakukan secara berlebihan dapat berabahaya bagi kesehatan.

  1. Menjadi acuh

Walaupun manfaat mempelajari ilmu komputer sangat banyak, kita harus hati hati memaknainya. Acuh atau juga sering dikenal dengan istilah tidak peduli dengan lingungan sekitar juga merupakan salah satu bahyaa dari bermain komputer terlalu lama. Hal ini disebabkan karena seseoranga yan gbermain komputer hanya akan fokus pada apa yang mereka kerjakan di dean komputer, dan tidak mempedulikan apa yang terjadi di sekitarnya. Hal ini tentu saja juga akan berpengaruh ke dalam kehidupan sosial mereka di dunia nyata.

  1. Lebih mementingkan komputer daripada kepentingan orang lain

Hal ini juga merupakan salah satu bahaya dari bermain komputer terlalu lama. Mereka akan lebih mementingkan komputer dibandingkan kepentingan orang lain. Mirip seperti kondisi acuh yang muncul, mereka yang terlalu lama bermain komputer akan lebih care terhadap apa yang mereka kerjakan di komputer, dibandingkan dengan orang lain.

  1. Mengurangi performa dari komputer

Walaupun ram komputer anda sudah besar, Komputer yang digunakan terlalu lama, terutama untuk kepentingan bermain lama kelamaan akan menurun performanya. Hal ini disebabkan karena komputer sendiri memiliki batasan operasional, yang apabila dinyalakan dan diforsir terus menerus akan menjadi sangat panas, dan juga berisiko merusak serta menurunkan performa dari komputer itu sendiri. Selain itu, komputer yang menjadi terlalu panas juga akan menjadi sangat lemot dan juga lambat dalam merespon, apalagi ketika digunakan untuk bermain game terlalu lama.

sponsored links

  1. Menambah biaya operasional

Biaya operasional dari listrik juga pastinya akan bertambah apabila kita bermain komputer terlalu lama. Mengingat daya besar yang dibutuhkan oleh komputer, maka sudah pasti hal ini akan menyebabkan biaya dan juga tagihan listrik menjadi lebih besar dan juga membengkak. Hal ini tentu saja akan menambah beban pengeluaran anda setiap bulannya, terutama apabila anda memang tipe orang yang sering bermain komputer terlalu lama.

  1. Radiasi panas dari komputer

Selain itu, masalah kesehatan lainnya juga dapat muncul dari radiasi. Komputer merupakan rangkaian sistem yang bekerja dengan listrik dan akan menimbulkan panas. Apabila digunakan secara terus menerus, maka komputer bisa saja mengalami overheat, dan panas dari komputer tersebut bisa menyebabkan radiasi apabila kita berdekatan dengan komputer.

Itulah beberapa bahaya main komputer terlalu lama. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan juga bermanfaat bagi anda semua yang terlalu sering bermain komputer dalam waktu yang lama.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 24th, August 2015 / 12:01 Oleh :
Kategori : Komputer Dasar