4 Fungsi LCD Proyektor Komputer

Sponsors Link

Di zaman modern seperti ini, LCD proyektor merupakan sebuah alat media yang bisa ditemukan di mana-mana dan untuk kepentingan apapun. Dari rumah hingga lembaga, orang lebih senang menggunakan alat ini baik untuk sekadar hiburan hingga untuk pendidikan. LCD proyektor adalah alat di mana sebuah data atau sebuah gambar dari DVD player, laptop dan komputer dapat diproyeksi di bidang luas yaitu berupa layar besar.

Proyektor yang merupakan salah satu perangkat input dan output komputer ini menjadi pilihan tepat bagi hampir seluruh pengguna komputer untuk menampilkan layar dengan ukuran besar agar dapat dinikmati oleh banyak orang. Bahkan saat inipun tak hanya dapat dihubungkan ke komputer saja, kini sudah bisa disambungka pada tv dan alat visual lainnya.

Biasanya ada banyak orang yang menyaksikan data atau gambar di layar melalui penggunaan LCD proyektor ini. Penggunaan LCD proyektor juga terbilang mudah dan tidak memakan waktu lama sehingga banyak orang yang memilih menggunakan alat penting ini. Karena dapat di bawa-bawa ke manapun secara lebih fleksibel, orang semakin jatuh hati terhadap alat media ini.

Berikut ini adalah beberapa fungsi LCD proyektor yang bisa disimak.

Sebagai Sarana Pendidikan

LCD proyektor paling sering kita temukan di banyak sekolah dan kampus. Zaman sekarang, banyak guru maupun dosen mengandalkan alat elektronik yang cara kerjanya adalah dengan membuat sumber cahaya, display, elektronik dan sistem optik terintegrasi supaya gambar dan video dapat diproyeksikan ke layar maupun dinding ini.

Masa sekarang, tampaknya kurang lengkap jika sebuah proses belajar-mengajar tidak menggunakan sebuah LCD proyektor. Alat ini bisa digunakan untuk:

  1. Telekonferensi langsung tepat di depan kelas.
  2. Menampilkan segala materi pelajaran yang sudah disiapkan dalam bentuk Microsoft Power Point (untuk dosen menjelaskan ke murid-muridnya dan untuk murid yang berpresentasi).
  3. Menampilkan film DVD baik yang ada kaitannya dengan materi pelajaran maupun untuk sekadar intermezzo.

Untuk mengoneksikan proyektor ke komputernya sendiri kini lebih mudah untuk dipelajari sehingga tidak heran bila para guru dan dosen bisa dengan gampang mengoperasikannya. Bahkan saat muncul masalah teknis, mereka bisa mengatasi semuanya secara sempurna.

Kelebihan lainnya yang bisa didapat dengan menggunakan LCD proyektor adalah bahwa cara penyampaian materi lebih praktis dan langsung mengena ke para murid. Para murid pun pasti setuju bahwa mereka lebih mengerti apabila guru/dosen mereka memanfaatkan media elektronik ini daripada memberi penjelasaan secara lisan dan manual.

Ada beragam presentasi yang bisa ditampilkan melalui LCD proyektor, mulai dari video, grafis, audio dan teks. Dengan persiapan yang kreatif juga oleh para guru/dosen, murid menjadi lebih jelas akan materi pelajaran yang disampaikan. Cara ini lebih baik daripada guru/dosen bicara di depan kelas dari awal sampai akhir kelas. Selain itu, menyediakan gambar maupun video tentunya lebih menarik perhatian para murid agar tidak merasa bosan selama pelajaran. LCD proyektor membantu guru/dosen untuk memberikan sedikit hiburan dengan tidak melupakan fokus dari inti materi pelajaran tersebut.

Sponsors Link

Sebagai Sarana Meeting di Kantor

Bila pada zaman dulu, orang lebih sering menggunakan flipboard demi membuat segala data bisnis dapat terpaparkan secara jelas, kini zaman sudah maju dan modern. Lazimnya, orang-orang masa kini akan memanfaatkan komputer atau laptop dalam pembuatan presentasi bisnis mereka. Aplikasi Microsoft Power Point adalah yang paling banyak digunakan dalam membuat presentasi.

Setelah materi jadi, pada hari meeting dan saatnya presentasi, LCD proyektor bisa disambungkan ke laptop untuk menampilkan data presentasi. Data-data yang tersimpan di dalam laptop dapat dibuka dan diproyeksikan ke layar melalui LCD proyektor tersebut. LCD proyektor dapat menjadi pendukung penting untuk memberi penjelasan presentasi yang sudah dibuat secara lebih interaktif dan menarikdengan softwareMicrosoft Power Point.

Sebagai Sarana Hiburan di Rumah

LCD proyektor tidak hanya lazim dipakai di sekolah, kampus atau kantor saja. Banyak orang yang memiliki alat ini di rumah mereka untuk menonton film seperti layaknya di bioskop. Pada umumnya, orang-orang menggunakan LCD proyektor sebagai pemutar video atau home theater. Dengan proyeksi inilah orang pun dapat menonton film atau video tanpa harus pergi ke bioskop karena hanya dengan tampilan dari LCD proyektor sudah sangat menyerupai layar yang ada di bioskop.

Bahkan tidak perlu ada layar putih besar bila memang tidak memilikinya. Asalkan ada dinding putih yang lebar dan rata, hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk proses proyeksi gambar video atau film yang ingin ditampilkan dan ditonton di rumah. Hanya saja, untuk menonton secara puas dengan tingkat pencahayaan atau brightness lebih tinggi, maka memang lebih baik agar menggunakan ruangan yang lebih terang dan besar. Khusus untuk proyektor short throw, gambar atau video yang dapat terproyeksi hanya memiliki jarak yang tidak lebih dari 1 meter.

sponsored links

Sebagai Sarana Event Spesial

LCD proyektor tanpa kita sadari pun sebenarnya kerap ada di acara-acara spesial, misalnya pada sebuah perayaan pesta (misalnya pesta pernikahan atau ulang tahun) maupun pada acara pemakaman. Fungsi dari LCD proyektor pada acara-acara tersebut adalah biasanya untuk menampilkan film, slideshow, atau video yang ada kaitannya dengan acara tersebut.

Banyak pesta pernikahan yang menggunakan LCD proyektor untuk menampilkan video sang pengantin, entah itu berupa film pendek atau kumpulan foto pasangan yang dibuat slideshow untuk dipertunjukkan kepada para tamu.

Tips Memilih LCD Proyektor

  1. Tingkat Kecerahan atau Pencahayaan. Makin besarnya Lumens (satuan ukuran), sudah bisa dipastikan bahwa gambar pun hasilnya akan makin terang setelah diproyeksikan ke permukaan datar. Apabila menggunakan ruang yang terang, tingkat Lumens yang diperlukan juga akan semakin tinggi.
  2. Bobot. Jika berencana membeli sebuah LCD proyektor dan akan sering membawanya ke mana-mana, pilih proyektor yang bobotnya ringan sehingga praktis dan tidak membebani Anda. 2 kilogram untuk sebuah proyektor saja sudah cukup. Bila memang hanya untuk disimpan di kantor atau rumah, tidak perlu memilih yang ringan karena yang berat pun juga tidak masalah.
  3. Resolusi. Resolusi proyektor ukurannya sama dengan monitor laptop, jadi makin banyak yang ditampilkan jika makin besar ukuran layar. Pada kasus pemantulan gambar atau animasi, resolusi yang dibutuhkan lebih tinggi dari 800×600.
  4. Fitur. Bila kabel sudah tidak digunakan oleh jaringan laptop di kantor, sekolah atau rumah Anda, memilih yang berfasilitas wireless lebih direkomendasikan karena tanpa kabel akan mengurangi tingkat keruwetan. Hanya saja, kabel listrik masih perlu digunakan untuk power supply.
  5. Contrast Ratio. Untuk pengukuran bagian hitam dan paling gelap dengan bagian putih dan paling terang yang terproyeksi, maka contrast ratio ini diperlukan. Contrast ratio yang makin besar akan membuat proyeksi warna terang dan gelap lebih kuat.

artikel terkait lainnya:

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 20th, February 2016 / 07:20 Oleh :
Kategori : Komputer Dasar