13 Cara Mempercepat Startup Komputer Super Cepat

Sponsors Link

Pernahkah anda merasa kesal dengan komputer anda yang lama sekali ketika akan melakukan startup? Startup merupakan proses yang harus dilalui oleh sebuah komputer, mulai dari pertama kali tombol power ditekan, lalu proses booting hingga akhirnya muncul ke tampilan sistem operasi komputer. Terkadang, proses startup akan menjadi sangat lama, da menyebalkan, apalagi ketika kita sedang membutuhkan komputer dalam waktu yang cepat. Rata – rata waktu startup bisa berkisar antar 1 hingga 5 menit bagi yang normal, namun terkadang ada komputer yang membutuhkan waktu lebih dari 5 menit untuk melakukan startup.

Apa yang menyebabkan startup menjadi lambat?

Pada dasarnya, hal paling umum yang menyebabkan sebuah komputer lambat dalam melakukan startup adalah karena banyaknya program yang harus dijalankan pada saat startup. Selain hal tersebut, ada beberapa hal lainnya yang menyebabkan komputer menjadi lambat dalam melakukan startup, seperti :

  • Virus yang membuat kinerja komputer melambat ()
  • Gangguan pada komponen internal komputer, seperti fan, processor, harddisk (Penyebab kerusakan harddisk), dan juga ram komputer (baca : Ciri-ciri ram rusak )
  • Sistem operasi yang mengalami error dan juga corrupt
  • Adanya files atau system dan juga software yang terlalu berat, sehingga membutuhkan waktu lama untuk di jalankan
  • Penggunaan aplikasi – aplikasi yang tidak penting yang tidak sengaja masuk ke dalam folder startup, seperti PC Suite, winamp, aplikasi tambahan, dan semacamnya.

Bagaimana mempercepat startup komputer?

Nah, untuk mengatasi masalah lambatnya komputer saat startup, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mempercepat startup. Apa saja? Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mempercepat startup komputer anda :

  1. Hapus program dan juga file tidak penting pada startup anda

Cara pertama yang paling efektif untuk mempercepat startup komputer anda adalah menghapus dan mematikan program – program yang berjalan pada saat startup. Hal ini akan menghemat kapasitas memory yang akan digunakan, sehinga akan membantu mempercepat startup pada komputer anda.

Pada windows, anda dapat mematikan fitur startup yang ada pada windows anda dengan cara :

  • Masuk ke menu RUN, bisa dengan menggunakan tombol windows + R, atau klik start, lalu search, tulis Run, lalu enter
  • Setelah menu RUN muncul, ketik msconfig pada menu RUN, kemudian tekan enter.
  • Setelah itu anda kemudian akan dihadapkan pada window msconfig. Pilih tab startup.
  • Pada tab startup ada banyak pilihan software dan juga program yang akan berjalan pada saat windows melakukan startup.
  • Hilangkan tanda centang pada aplikasi dan juga software yang tidak penting, seperti winamp, dropbox, dan program – program lainnya yang mencurigakan
  • Setelah itu, restar komputer anda, dan rasakan perbedaannya.
  1. Tingkatkan kapasitas RAM anda

Pengaruh ram pada kinerja komputer sangat besar, Cara paling praktis yang bisa anda lakukan adalah dengan cara meningkatkan kapasitas RAM komputer anda. Apabila komputer anda memiliki RAM dengan kapasitas hanya 1 GB, maka wajib melakukan upgrade, untuk kelancaran startup komputer anda. Namun apabila anda memiliki komputer dengan kapasitas RAM lebih dari 2 GB, dan tetap lambat dalam melakukan startup, berarti komponen hardware di dalam computer anda mengalami masalah, dan harus dicek. (Baca juga : Kapasitas ram terbesar saat ini)

  1. Gunakan harddisk jenis SSD

SSD atau solid state drive merupakan teknologi baru yang merupakan pengembangan dari harddisk biasa pada umumnya. Solid state drive menggunakan chip untuk memaksimalkan fitur penyimpanan data komputer anda. Salah satu keuntungan menggunakan SSD adalah dapat mempercepat proses booting dan juga start up, karena SSD memiliki kecepatan membaca yang jauh lebih tinggi apabila dibandingkan dengan harddisk biasa pada umumnya.

Hal ini akan membantu mempercepat startup pada komputer anda menjadi lebih cepat, antara 1 hingga 3 menit saja. Namun demikian, SSD memiliki harga yang cukup mahal, sehingga mungkin hanya bisa anda jadikan pilihan alternative saja.

sponsored links
  1. Menonaktifkan fitur search index

Search index merupakan fitur yang dimiliki oleh kompter, terutama dengan sistem operasi windows yang ditujukkan untuk memudahkan usernya dalam melakukan pencarian file dan juga folder yang ada di dalam sebuah drive harddisk. Ternyat, fitur search index ini juga memberikan kontribusi dalam startup komputer yang lambat. Karena itu, melakukan penonaktifan fitur search index ini merupakan salah satu pilihan yang bisa anda gunakan utnuk membantu mempercepat startup. Berikut ini adalah beberapa langkah untuk menonaktifkan fitur search index pada windows anda :

  • Buka windows explorer
  • Pada bagian my computer, klik kanan, lalu pilih manage
  • Pilih services and application dan pilih sevices
  • Pilih option Windows Search, klik dua kali untuk memunculkan jendela baru
  • Pilih tab general, lalu pada bagian startup type pilih disabled
  • OK
  1. Menonaktifkan Aero Theme pada Windows Theme

Pada windows 7, salah satu keunggulan yang diberikan oleh sistem operasi ini adalah aero theme, yang membuat setiap themes windows memiliki animation sendiri ketika terbuak. Meskipun menarik, namun hal ini tentu saja dapat memakan RAM, sehingga dapat menyebabkan proses startup menjadi lambat. Karena itu, anda dapat mencoba untuk menonaktifkan fitur ini di dalam windows anda. Berikut ini adalah langkah – langkahnya :

  • Masuk ke desktop, lalu klik kanan pada desktop
  • Pilih personalization
  • Pada bagian bawah, klik Color
  • Pada jendela color, hilangkan tanda centang pada bagian enable window transparency.
  1. Menyesuaikan performa komputer dengan spesifikasi hardware

Terkadang kita seringkali mnyetel performa komputer kita tidak sesuai dengan kondisi hardware yang ditanam pada komputer. Karena itu, salah satu cara yang tepat untuk mempercepat startup komputer kita adalah dengan cara menyesuaikan performance sesuai dengan spesifikasi hardware yang dimiliki. Caranya mudah sekali, windows pada dasarnya sudah mensetting segala performance sesuai dengan kemampuan hardware komputer kita. anda hanya perlu memastikan semua performance dan juga sistem berada pada level recommendation.

  1. Mematikan suara pada saat startup

Ternyata, penggunaan suara pada saat melakukan startup, sedikit banyak juga dapat mempengaruhi cepat atau lambatnya startup dari sebuah komputer. Jadi, untuk mempercepat startup pada komputer anda, anda mungkin bisa mencoba menonaktifkan fitur suara pada saat startup. Bagaimana caranya? Berikut ini adalah langkah – langkah untuk mematikan fitur suara pada saat melakukan startup :

  • Klik start, lalu pilih control panel
  • Pada bagian control panel, pilih bagian sounds
  • Setelah muncul windows Sounds, pilih tab bagian sound
  • Setelah itu pada bagian bawah, hilangkan centeng pada option enable system startup sound
  • Setelah itu klik OK
  1. Menonaktifkan User Account Control

Cara lainnya yang dapat anda lakukan untuk membantu mempercepat startup komputer anda adalah dengan cara mematikan atau menonaktifkan fitur user account control pada windows anda. Untuk melakukan proses ini, terlebih dahulu anda harus login sebagai administrator dan melakukan set permissions pada mode off.

Berikut ini adalah langkah – langkah menonaktifkan user account control :

  • Klik start
  • Lakukan search User account Control, lalu klik enter
  • Akan muncul jendela User account control
  • Pada jendela tesebut, pilihlah User Account Control Settings
  • Setelah muncul jendela User Account control Setting, anda akan mendapati sebuah slider pada bagian kiri. Turunkan slider hingga posisi paling bawah, yaitu Never Notify
  • Klik OK

Ini akan mematikan fitur user account control pada komputer anda, namun demikian, hal ini akan meningkatkan resiko berjalannya program – program yang tidak diinginkan tanpa sepengetahuan anda, jadi cukup berisiko apabila anda tidak teliti.

  1. Defragmentasi harddisk

Defragmentasi harddisk merupakan cara lainnya yang dapat membantu mempercepat startup pada komputer anda. cara menggunakannya pun cukup mudah. Anda bisa mempelajari mengenai defragmentasi harddisk pada artikel mengenai defragmenter.

Fungsi dari defragmenter ini adalah untuk mengurutkan sistem file dan juga folder yang ada di dalam harddisk, sehingga file menjadi lebih rapi, yang membuat harddisk dapat membaca lebih cepat dan juga lebih baik.

Apabila harddisk dapat melakukan proses membaca lebih cepat, maka tentu saja hal ini akan menyebabkan proses startup komputer menjadi lebih cepat dan juga tidak lelet. Selain itu, hal ini juga akan meningkatkan efisiensi saat anda akan melakukan pencarian pada drive – drive di dalam komputer anda.

  1. Mengurangi fitur – fitur yang ada pada sistem operasi

Sebuah sistem operasi seperti windows, memiliki banyak sekali fitur – fitur tambahan yang menarik dan berguna. Namun sayangnya, fitur – fitur tersebut terkadang malah menyebabkan komputer menjadi lambat dalam melakukan startup. Karena itu, anda bisa mematikan fitur – fitur tersebut. Seperti contoh diatas, anda sudah mematikan fitur aero theme. Masih banyak lagi fitur – fitur pada windows yang bisa anda non aktifkan untuk mempercepat startup komputer anda.

sponsored links

  1. Melakukan cleaning pada laptop dan juga komputer anda

Faktor lainnya yang mungkin menyebabkan komputer anda menjadi lambat dalam melakukan startp adalah komputer yang menjadi kotor, sehingga banyak perangkat keras yang tidak bekerja secara optimal. Untuk mempercepat, anda bisa melakukan cleaning komputer dan juga laptop anda untuk performa dan juga startup yang lebih optimal, secara rutin.

  1. Gunakan hanya 1 antivirus

Antivirus yang berjalan pada komputer anda dapat mempengaruhi kinerja ram, karena biasanya ketika komputer dinyalakan biasanya antivirus juga akan ikut running yang dapat menyebabkan kinerja komputer pada saat di buka sangat lama. Cara satu satunya adalah dengan memilih 1 antivirus saja, dan mendisable antivirus tersebut ketika akan menyalakan windows/ startup.

  1. Cek Kapasitas Harddisk

Cek Kapasitas harddisk anda, jika sudah penuh sebaiknya anda menambahkannya karena ia juga dapat menjadi penyebab komputer sering hang hingga kesulitan dalam startup. Harddisk yang full juga memperlambat dalam indexing serta kinerja laptop.

Itulah beberapa cara mempercepat startup pada komputer yang dapat anda lakukan, namun 2 paling favorit adalah menambahkan ram, dan menggunakan SSD atau menggunakan komputer paling canggih di dunia, sangat ampuh. Semoga bermanfaat.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Sunday 18th, October 2015 / 15:08 Oleh :