Sponsors Link

11 Komputer Paling Canggih di Dunia

Komputer merupakan piranti yang sangat vital bagi masyarakat modern saat ini. Segala macam pekerjaan membutuhkan bantuan dari komputer. Dengan adanya komputer, pekerjaan yang semula dikerjaan secara manual dan membutuhkan waktu lama dapat teratasi dengan cepat. Kinerja komputer itu sendiri ditentukan dari spesifikasi serta kecanggihan yang terdapat pada fungsi setiap komponen suatu komputer.

ads

Beragam merk serta spesifikasi yang beredar dipasar internasional kini menawarkan kelebihannya masing-masing. Tak ayal jika terjadi persaingan antar perusahaan dalam menggunakan komputer paling canggih tersebut. Hal ini karena produsen skala internasional selalu bersaing untuk membuat bahkan melakukan inovasi guna terciptanya komputer paling canggih didunia.

Mengapa Komputer dapat Dikatakan Canggih?

Suatu komputer dapat dikatakan canggih apabila mempunyai spesifikasi yang besar dan mempunyai kecepatan yang tinggi dalam kinerjanya. Semua perusahaan bisnis dalam skala global saling berlomba  mempunyai komputer paling canggih guna meningkatkan produksi produk dengan mutu tinggi. Teknologi semakin berkembang dengan munculnya beragam komputer canggih dari berbagai merek yang menawarkan spesifikasi masing-masing. Termasuk juga pada perkembangan jaringan komputer dari waktu ke waktu yang semakin luas dan hampir dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Lalu apa yang menyebabkan suatu komponen yang tersusun pada komputer menjadikan komputer tersebut sebagai produk paling canggih? Ketika suatu komputer dapat mengerjakan suatu pekerjaan yang tidak mampu dilakukan oleh komputer pada umumnya maka komputer tersebut dapat dikatakan sebagai komputer paling canggih.

Jenis – Jenis Komputer Paling Canggih di Dunia

Komputer yang canggih tentu dapat melakukan suatu pekerjaan yang belum bahkan tidak bisa dilakukan oleh komputer biasa. Selain itu, komputer paling canggih sudah dipastikan mempunyai kinerja yang lebih cepat dengan performa yang lebih bagus. Berikut beragam jenis komputer paling canggih saat ini:

  1. Komputer Kuantum

komputer kuantumKomputer kuantum merupakan super komputer yang dapat menyelesaikan perintah atau tugas dari user dalam waktu yang sangat singkat yakni sepersekian detik. Permasalahan yang bersifat matematik juga dapat diselesaikan dengan waktu serupa.

Hal ini karena komputer kuantum mempunyai tingkat kecepatan tinggi dimana tingkat kecepatannya mencapai 3.600 kali lebih cepat dibandingkan kinerja komputer biasa.

Selain itu prosesor yang terdapat pada komputer kuantum menggunakan prosesor D-Wafe Two yang dapat menunjukan pemanfaatan efek. Pemanfaatan efek ini lebih dikenal dengan julukan terowongan kuantum. Berikut kelebihan dari komputer kuantum:

  • Komputer kuantum merupakan jenis super komputer yang menerapkan prinsip fisika kuantum
  • Komputer Kuantum di install fasilitas NASA atau Badan Antariksa Amerika Serikat
  • Google NASA mengggunakan komputer kuantum bersamaan dengan diinstallnya fasilitas NASA sebelumnya.
  • Komputer ini menggunakan GuBits atau lebih dikenal dengan Quantum Bits
  • Komputer ini menggunakan D-Wafe Two pada pemakaian prosesornya
  1. Komputer Sequoia

Komputer SequoiaJenis komputer ini merupakan super komputer yang mempunyai kecepatan dalam mengkalkulasi data. Bahkan setelah komputer sequoia ini berhasil mencapai kecepatan prosesing hingga 16,32 petaflop/s.

Jenis komputer ini dianggap sebagai komputer paling cepat didunia. Sequoia ini merupakan salah satu super komputer yang pengembangannya berada dibawah naungan IBM.

Selain itu, platform sequoia ini adalah BlueGene/Q termasuk kedalam kategori super computer paling canggih di dunia saat ini. Berikut spesifikasi dari komputer sequoia ini:

  • Komputer sequoia mempunyai 1.6 juta 16 inti prosesor
  • Komputer sequoia mempunyai kecepatan yang sangat tinggi mencapai 17.2 petaflop/s
  • Komputer sequoia merupakan salah satu super komputer yang dimiliki oleh IBM dengan platform BlueGene/Q
  1. K Komputer

K komputerK komputer ini merupakan super komputer yang dikembangkan oleh perusahaan Teknologi Fujitsu dibawah naungan REKEN Advanced Institute for Computational Science, Kobe Jepang. Segala komponen dan perangkat K komputer juga dibuat di jepang.

K Komputer ini bahkan sempat dinobatkan sebagai komputer tercepat sebelum rilisnya komputer sequoia. Berikut spesifikasi dari K Komputer:

  • K Komputer menggunakan prosesor dengan tipe SPARC64 VIIIfx 2.0 GHz 8-core sebanyak 68.544 unit dimana penempatannya berada di 672 lemari penyimpan.
  • Terdapat 96 titik komputasi serta tambahan titik IO sejumlah 6 buah pada tiap lemari penyimpanan
  • K Komputer mempunyai jumlah memori pada tiap titik komputasi mencapai 16 GB
  • K Komputer mempunyai keseluruhan prosesor yang berjumlah 548.352 inti.
  • Dalam hal kecepatan, K Komputer dapat melakukan pemprosesan data dengan tingkat kecepatan 8,162 petaflops atau 8,162 kalkulasi quadrilion tiap detiknya dengan tingkat efisiensi mencapai 93 persen.
  • Jumlah daya listrk yang diperlukan untuk mengoperasikan K Komputer ini mencapai 9,89 Mega Watt dengan kalkulasi rata- rata mencapai 4,3 Mega Watt.

  1. Tianhe 1 A

Komputer Tianhe 1 AJenis komputer ini merupakan super computer yang lisensinya berada di negara China. Tianhe 1 A adalah super komputer yang diletakkan pada Pusat Super Komputer Nasional di bagian Tianjin China. Segala macam perangkat atau komponen super computer jenis ini merupakan buatan China dimana pembangunan proyeknya memakan biaya hingga 88 juta dollar amerika.

Meskipun pernah dinobatkan sebagai super computer tercepat didunia namun pada bulan Juni 2011 reputasi ini diambil alih oleh K Computer buatan jepang. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai super computer Tianhe 1 A berikut spesifikasinya:

  • Tianhe 1 A mempunyai tingkat kecepatan mencapai dua ribu triliun dengan kalkulasi tiap detiknya.
  • Komputer Tianhe 1 A mempunyai kecepatan dalam mencatat dengan kalkulasi 2,6 petaflop/s.
  • Tianhe 1 A menggunakan prosesor yang dilengkapi dengan 14.336 unit prosesor Xeon X5670 dan 7.168 Nvidia Tela M2050 pemproses grafis.
  • Terdapat 112 lemari komputer, 12 lemari penyimpanan, 6 lemari komunikasi, serta 8 lemari I/O sebagai media penyimpanan sistem komputernya.
  • Terdapat 4 frame pada setiap tiap satu lemari dimana didalamnya masing-masing mempunyai 8 kipas serta 16 por papan pengalih.
  • Komputer Tianhe 1 A mempunyai memori penyimpanan untuk sistemnya sebesar 2 petabytes dengan total memori secara keseluruhan mencapai 262 Terabyte.
  1. Titan Computer

Titan ComputerKomputer jenis ini merupakan super komputer yang dirancang dibawah naungan pihak USA. Seperti yang kita ketahui bahwa kemampuan supercimputer dalam hal kecepatan yakni bisa diukur dari satuan petaflops didalam sistem kerjanya.

Satuan petaflops ini merupakan sebuah kemampuan CPU (Central Processing Unit) untuk melakukan pemprosesan data sebanyak seribu triliun floating point tiap detiknya.

Untuk desain dan ukuran dari super computer ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan komputer yang didesain pada era 1960 an. Yang membedakan yakni kecepatan kineja serta kemampuan yang tidak bisa dilakukan oleh komputer generasi sebelumnya. Berikut spesifikasi Titan Computer:

  • Titan Computer menggunakan prosesor dengan total 561.000 processor Opteron 6274 16-core 2.2 GHz
  • Selain penggunaan prosesor yang canggih, Titan computer juga dilengkapi dengan NVIDIA GPU
  • Kecepatan kerja dari titan computer ini dapat menyelesaikan pekerjaannya hingga 17.6 petaflops per detik
  1. Mira Computer

Mira ComputerMira ini merupakan jenis super komputer yang dirakit sendiri oleh pihak IBM dalam keseluruhan proses penyelesaian produksinya. Komputer Mira diletakkan pada Laboratorium Nasional Argine, Amerika Serikat. Mira merupakan salah satu produk besutan IBM yang dengan versi dari super kompter berbasis Blue Gene.

Dalam hal kecepatan, Mira adalah salah satu produk IBM yang mempunyai kecepatan lebih baik dibandingkan dengan merek yang diciptakan sebelumnya. Berikut adalah spesifikasinya:

  • Mira computer mempunyai kecepatan dari CPU (Central Processing Unit) mencapai 8,6 petaflops.
  • Mira computer menggunakan platform Blue Gene/Q milik IBM.
  • Mira computer mempunyai inti prosesor sebanyak 786.000 core
  1. Jaguar Computer

Jaguar ComputerJaguar merupakan salah satu super komputer yang diciptakan oleh Cray diperusahaan super komputer ternama di Amerika Serikat. Tempat pembuatan atau produksinya berada di labaratorium Oak Ridge di Oak Ridge, Tennessee, Amerika Serikat.

Kecepatan super komputer ini tidak tidak diragukan lagi, bahkan pada bulan November sampai bulan Juni 2010, Jaguar Komputer ini dinobatkan sebagai super komputer tercepat di dunia. Untuk mengetahui lebih dalam lagi mengenai Jaguar komputer, beikut spesifikasinya:

  • Jaguar komputer mempunyai kecepatan dalam memproses penyelesaian kerja dengan kecepatan mencapai 1,75 petaflops
  • Sistem operasi (OS) yang digunakan pada super komputer ini yaitu Cray Linux Environment
  • Prosesor yang tedapat pada Jaguar Computer yakni X860-Base AMD Opteron yang berjumlah 224.256 unit
  • Jaguar komputer mempunyai memory sebesar 8 GB dengan besaran penyimpanan mencapai 10 petabytes
  • Besaran dari keseluruhan memory yang digunakan pada jagur computer secara keseluruhan mencapai 360 TB.
  1. IBM Roadrunner

IBM RoadrunnerIBM Roadrunner merupakan salah satu jenis super komputer yang dikembangkan dibawah lisensi IBM di Laboratorium Nasional Los Alamos, New Meksiko, Amerika Serikat. Pengembangan super komputer dengan label IBM Roadrunner ini menelan biaya produksi mencapai 133 juta Dollar Amerika.

Kecepatan dari super komputer ini berhasil mencapai pada tingkat kecepatan tertinggi pada November 2008 yakni 1.456 petaflops. Selain itu, rancangan super komputer ini tergolong unik karena menggunakan rancangan processor hybrid yang melibatkan 2 prosesor sekaligus.

Dua prosesor tersebut yakni IBM Power X Cell 8i sejumlah 12.960 unit dan AMD Opteron dual-core sejumlah 6.480 unit. Untuk lebih mengetahui mengenai IBM Roadrunner lebih dalam, berikut spesifikasinya :

  • Sistem Operasi atau OS yang digunakan oleh IBM Roadrunner adalah Red Hat Entreprise Linux.
  • IBM Roadrunner dirancang dengan unik, dibuktikan dengan adanya processor hybrid didalamnya.
  • Terdapat dua macam prosesor dengan jumlah unit yang banyak pada masing – masing prosesor.
  1. Blue Gene Computer

Blue Gene ComputerBlue Gene computer merupakan suatu proyek arsitektu teknologi yang memproduksi beragam super computer canggih didunia. Dalam pengembangan produksinya, Blue Gene ini melibatkan pihak IBM.

Super computer ini dikembangkan di Laboratorium Nasional Lawrence Livermore, Departemen Energi Amerika Serikat dan Akademi. Dalam proses pengembangannya, super computer ini terbagi menjadi 4 proyek pengembangan:

  • Pengembangan pertama yakni Blue Gene/L yang dikembangkan di Labolatorium Nasional Lawrence Livermore
  • Pengembangan kedua yakni Blue Gene/C yang merupakan proyek turunan dari pengembangan proyek pertama
  • Pengembangan ke tiga yakni Blue Gene/P yang pengembangannya dilakukan secara berkerja sama dengan pihak IBM di Laboratorium Nasional Lawrence Livermore dan Laboratorium Argonne
  • Pengembangan ke empat yakni Blue Gene/Q yang pengembangannya dilakukan dari hasil proyek sebelumnya.

Blue Gene merupakan super computer yang pengembangannya melibatkan IBM serta pengembangannya dilakukan pada beberapa bagian dalam per proyeknya. Meskipun keunggulan dari Blue Gene tidak bisa diremehkan namun terdapat satu fakta juga yang perlu dipertibangkan sebelum mengklaim super computer ini paling canggih dari segi kecepatan. Hal ini karena Blue Gene hanya dapat melaju mencapai kecepatan maksimal pada 500 teraflops saja.

  1. Super MUC

Super MUCSuper MUC ini merupakan jenis super computer yang diproduksi di Jerman dimana proses pengembangan produksinya dilakukan di Leibniz Rechentrum, Munich, Jerman. Super MUC merupakan produk teknologi yang menerapkan beberapa program unggulan bahkan di klaim sebagai super komputer yang mempunyai kecepatan paling tinggi di Eropa.

Dalam  proses pembuatannnya, Suer Computer MUC ini juga menggunakan teknologi terbaru yang diciptakan oleh pihak IBM. Untuk mengetahui lebih detail mengenai Super MUC ini, berikut spesifikasinya:

  • Prosesor yang digunakan pada Super MUC adalah Intel Xeon Sandy Bridge-EP yang berjumlah 18.432 unit
  • Super MUC akan dijalankan menggunakan server IBM System x iDataPlex
  • Super MUC menggunakan teknologi terbaru yang dibuat oleh IBM yakni Aquasar, dimana alat tersebut akan mendinginkan prosesor hanya dengan menggunakan air sebagai medianya.
  • Kecepatan yang dimiliki oleh Super MUC dapat mencapai 3 petaflops
  1. Dawning Nebulae Computer

Dawning Nebulae ComputerDawning Nebulai merupakan salah satu jenis dari super computer yang pengembangannya dilakukan di China. Bahkan Dawning Nebulai juga sudah dioperasikan oleh National Supercomputing Centre in Shenzhen atau yang lebih dikenall dengan julukan NSCS.

Sedangkan proses produksi dari Dawning Nebulai Computer ini dilakukan pada tahun 2010. Berikut spesifikasi dari Dawning Nebulai :

  • Prosesor yang digunakan pada Dawning Nebulai yakni Dawning TC3600 Blade System, Xeon X5650 6C 2.66GHz, Infiniband QDR, NVIDIA 2050 dengan jumlah inti prosesor mencapai 120640 unit.
  • Untuk mengoperasikan super komputer ini membutuhkan daya mencapai 2,6 juta watt.
  • OS atau sistem operasi yang digunakan oleh Dawning Nebulai adalah Linux

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 17th, October 2015 / 05:17 Oleh :
Kategori : Komputer Dasar