Sponsors Link

Cara Mengatasi Komputer Sering Mati Sendiri

Sponsors Link

Saat ini, penggunaan komputer, baik dalam bentuk laptop, PC, maupun smartphone sudah merupakan hal yang umum terjadi di kalangan masyarakat luas. Biasanya, banyak hal yang bisa dilakukan oleh orang – orang ketika sedang berada di depan komputer. Hal ini kemudian dapat meningkatkan penggunaan komputer menjadi sangat tinggi, yang menyebabkan kemungkinan terjadi beberapa error yang bisa menghampiri perangkat komputer anda.

ads

Penggunaan komputer sebagai salah satu teknologi memang tak terlepas dari gangguan berupa error, yang bisa saja terjadi karena kesalahan penggunaan oleh usernya, atau pun karena memang terjadi kerusakan pada komputer itu sendiri, baik dari segi hardware maupun software nya. Kondisi ini kemudian menimbulkan beberapa macam gangguan yang biasa ditemui oleh para pengguna komputer, yaitu komputer sering mati sendiri.

Komputer sering mati sendiri

Untuk mematikan sistem komputer, secara normal maka diperlukan proses shut down dengan tepat. Proses shutdown ini dilakukan untuk memastikan bahwa suatu komputer, beserta seluruh hardware dan juga software memang benar – benar sudah sia untuk berhenti bekerja. Biasanya proses shutdown yang terburu – buru, ataupun kondisi dimana komputer mati secara mendadak bisa menimbulkan malfungsi pada software dan juga hardware. Biasanya komputer yang mati mendadak bisa terjadi karena dua hal, yaitu :

  • Mati karena sumber listrik yang hilang
  • Mati mendadak secara tiba – tiba dan cara mengatasinya

Khusus untuk komputer yang mati mendadak secara tiba – tiba, padahal sumber listrik masih menyala (seperti listrik PLN dan juga baterai) mungkin bisa disebabkan oleh banyak hal. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan komputer sering mati sendiri dan juga cara mengatasinya :

1. CPU Terlalu Panas

Penyebab umum dari komputer yang sering mati sendiri adalah karena cpu yang terlalu panas. CPU yang terlalu panas bisa terjadi ketika anda terlalu banyak menjalankan program yang memiliki spesifikasi tinggi, sedangkan CPU anda hanya kuat untuk menjalankan software dengan spesifikasi sedang.

Hal ini akan menyebabkan Fungsi CPU bekerja terlalu berat dan juga keras, yang ujung – ujungnya malahan akan membuat CPU anda menjadi cepat panas. CPU yang menjadi cepat panas ini kemudian akan secara otomatis mengalami kegagalan fungsi, sehingga menyebabkan komputer anda mati sendiri (Baca : Dampak CPU Usage 100%).

Selain itu, kondisi kipas atau fan di dalam komputer yang tidak baik juga dapat menyebabkan CPU menjadi mudah panas. Kondisi ini menyebabkan CPU tidak memperoleh sistem pendinginan yang pas dan sesuai, sehingga menyebabkan panasnya berlebihan, dan komputer mengalami mati sendiri.

Cara Mengatasi Karena CPU Terlalu Panas

Untuk mengatasi hal ini, maka yang wajib anda lakukan adalah mengurangi beban kerja komputer anda ketika sudah mencapai suhu yang tinggi. Hal ini bisa anda lakukan dengan cara menutup aplikasi yang dapat memberatkan kerja dari komputer anda.

Cara kedua adalah anda dapat menggunakan kipas atau fan extra untuk membantu mengoptimalkan proses pendinginan pada sistem komputer anda. Anda dapat menggunakan notebook cooler, ataupun memberikan tambahan kipas di dalam komputer, apabila anda memiliki sebuah PC.

Sponsors Link

2. Kelebihan atau kekurangan tegangan listrik

Hal lainnya yang dapat menyebabkan komputer sering mati sendiri adalah kelebihan atau pun kekurangan tegangan listrik. Hal ini dapat ditemui pada PC, yang mana terkadang membutuhkan daya yang besar. Hal ini seringkali disebabkan karena power supply pada PC tidak memperoleh daya dan juga tegangan yang cukup, sehingga hal ini sangat memungkinkan untuk menyebabkan komputer mati sendiri secara tiba – tiba.

Cara mengatasi

Untuk mengatasi hal ini, maka ada baiknya anda menggunakan stablizer eksterna untuk menyalakan PC anda. Stabilizer dapat membantu menstabilkan arus listrik dan juga jumlah daya yang masuk ke dalam power supply suatu komputer, sehingga dapat mencegah dan mengatasi permasalahan komputer sering mati sendiri akibat kelebihan atau kekurangan tegangan dan juga daya listrik.

3. Kerusakan pada hardware

Merupakan penyebab yang cukup banyak terjadi, namun terkadang sulit untuk di deteksi. Kerusakan hardware seperti Ram komputer, merupakan penyebab lainnya dari komputer yang sering mati sendiri . Kerusakan hardware bisa terjadi karena hardware yang tidak kompatibel, atau pun proses penginstallan hardware yang salah prosedur, sehingga menyebabkan hardware menjadi malfungsi.

Cara mengatasi :

Gunakanlah hardware yang kompatibel dan juga sesuai dengan spesifikasi umum dari komputer anda. Apabila mungkin, selalu cek pemasangan socket – socket dari hardware, agar tidak terjadi error pada saat komputer dijalankan dan mengalami gejala mati sendiri.

Sponsors Link

4. Kerusakan pada sistem operasi

Selain hardware, kerusakan pada software juga seringkali menyebabkan komputer mati sendiri. Hal ini bisa terjadi karena kemungkinan software, terutama sistem operasi mengalami corrupt. Corrupt ini dapat terjadi karena banyak hal, salah satunya adalah karena proses install dari software tesebut yang tidak benar, atau tidak kompatibel dengan komputer anda. Hal ini dapat anda cegah dengan cara :

  • Melakukan proses install dengan tepat dan juga benar
  • Menggunakan software yang kompatibel
  • Gunakan fitur troubleshooting untuk mengecek permasalahan pada software
  • Melakukan proses install ulang pada sistem operasi (baca : Kelebihan dan kekurangan Microsoft Windows)

5. Penyebab dari virus

Virus juga memiliki perang yang ternyata sangat penting dalam menyebabkan komputer yang sering mati sendiri. Biasanya, virus sudah menyebar dengan tingkatan yang parah, sehingga selain dapat menyebabkan komputer menjadi panas dan lemot, juga dapat menyebabkan komputer menjadi mudah mengalami gangguan, seperti sering mati sendiri. Ciri ciri komputer terkena virus salah satunya tiba tiba lemot (baca juga : Cara agar laptop tidak lemot).

Untuk mengatasinya, tentu saja kita sebagai user harus aware terhadap kondisi ini. Selalu gunakan antivirus yang baik dan berkualitas, dan selalu lakukan update antivirus secara berkala untuk mencegah infeksi lebih lanjut dari virus.

Itulah beberapa penyebab komputer sering hang dan mati sendiri dan juga cara mengatasinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan anda semua,

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 09th, September 2015 / 16:15 Oleh :
Kategori : Troubleshooting