Sponsors Link

7 Perbedaan Modem dan Router

Sponsors Link

Masih banyak yang ambigu mengenai perbedaan modem dengan router, namun ternyata keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) semakin mudah di jangkau oleh semua lapisan masyarakat dengan berbagai komponen seperti modem dan router bukanlah menjadi barang mewah lagi saat ini. Sudah dapat dipastikan semua orang mampu membeli modem, karena hanya dengan modem seseorang dapat terhubung secara langsung ke Internet dengan biaya yang murah. Tidak seperti dulu ketika hanya orang orang tertentu saja yang bisa menikmati layanan internet, kini anak kecil pun sudah mahir mencari berbagai informasi di dunia maya.

Pada dasarnya Teknologi Informasi dan Komunikasi mencakup dua aspek yaitu Informasi dan Komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala sesuatu yang menyangkut proses, proses menggunakan alat bantu, mengelola berserta manipulasi informasi. Sedangkan Teknologi komunikasi meliputi proses penggunaan alat bantu untuk mengirim data antar perangkat satu dengan yang lain.  Jadi antara informasi dan komunikasi tidak dapat dipisahkan karena merupakan suatu kesatuan.

Teknologi informasi dan komunikasi tidak dapat berdiri sendiri, harus ada media atau perangkat yang mendukungnya. Melalui berbagai perangkat tersebut orang baru dapat mengakses sebuah informasi dari sebuah jaringan atau dapat mengirim informasi dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Beberapa perangkat seperti modem dan router sudah mutlak diperlukan jika ingin terhubung ke layanan internet.

Pengertian Modem Dan Router

Modem merupakan sebuah perangkat yang bisa digunakan sebagai perantara bagi seseorang ketika ingin terhubung ke Internet baik melalui sinyal nirkabel ataupun melalui kabel telepon. Kata Modem berasal dari gabungan dua kata yaitu Modulator dan Demodulator dimana fungsi modulator untuk mengubah sinyal informasi menjadi sinyal carrier (pembawa) yang siap untuk dikirimkan, sedangkan fungsi demodulator untuk memisahkan sinyal yang berisi informasi dari sinyal carrier yang diterima sehingga pengguna dapat menerima informasi dengan baik atau tanpa kendala.

Router merupakan sebuah komponen yang bertugas untuk menyaring lalu lintas data berdasarkan jenis protocol tertentu, router tercipta karena perlunya membagi jaringan secara logikal dengan cara membagi menjadi beberapa subnet sehingga hanya lalu lintas dengan alamat IP tertentu yang dapat mengalir antar segmen satu dengan yang lain. Jadi intinya router digunakan untuk menghubungkan sebuah komputer dengan berbagai jaringan.

Jenis Jenis Modem Dan Router

Modem dan router dapat terbagi menjadi beberapa jenis lagi yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Kita mulai dari pembahasan jenis modem kemudian jenis router, berikut penjelasan lengkapnya.

  • Modem GSM. Merupakan tipe modem yang menggunakan jaringan telepon seluler sebagai sistem untuk proses transfer data antara perangkat. Berbentuk seperti USB sehingga sangat praktis dan bisa dibawa kemana mana. Modem GSM masih menjadi pilihan banyak orang karena harga yang relatif terjangkau dan kemudahan dalam mengoperasikan-nya.
  • Modem Analog. Merupakan jenis modem yang sistem kerjanya mengubah data yang telah diterima menjadi bentuk digital ke komputer melalui sebuah jaringan transmisi atau bisa juga sebaliknya. Modem analog sering digunakan untuk koneksi dial-up atau melalui jaringan telepon sehingga pada akhirnya disebut sebagai modem dial up.
  • Modem DSL (Digital Subscriber Line). Merupakan jenis modem yang biasa digunakan untuk menghubungkan Personal Computer ke Internet dengan kecepatan tinggi dan kualitas yang lebih baik. Kelebihan modem DSL yaitu memungkinkan pengguna mengakses internet sekaligus berbicara di telepon. Koneksi modem DSL stabil dan cepat jika dibandingkan dengan modem dial up. (Baca : Perangkat untuk mengakses internet – fungsi modem ADSL)
  • Modem Kabel. Merupakan sebuah perangkat keras jaringan komputer yang menghubungkan komputer dengan internet melalui sambungan TV kabel. Memiliki kecepatan download hingga 27 Mbps dan kecepatan upload hingga 2.5 Mbps. Jika ingin menggunakan modem kabel maka sebuah komputer harus memiliki kartu ethernet.
  • Modem CDMA (Code Division Multiple Access). Merupakan jenis modem nirkabel yang bentuknya sama dengan modem GSM hanya saja beda frekuensi. CDMA mengacu kepada sekian banyak protocol komunikasi baik generasi kedua ataupun generasi ketiga. Saat ini modem CDMA sudah banyak ditinggalkan pengguna yang lebih menyukai jenis modem lainnya.
  • Router Statis. Merupakan sebuah router yang memiliki tabel routing yang bersifat statis dan disetting secara manual oleh administrator jaringan. Router jenis ini memiliki pengaturan sederhana dengan mengisi setiap entry dalam sebuah tabel pada setiap router yang ada dalam suatu jaringan.
  • Router Dinamis. Merupakan jenis route yang bisa menyesuaikan sendiri rute paling efektif yang akan ditempuhnya dalam meneruskan paket antara jaringan satu dengan yang lain. Itu artinya administrator tidak menentukan rute mana yang harus ditempuh, melainkan hanya menentukan bagaimana cara router mengenali sebuah paket data setelah itu mempelajarinya sendiri.

sponsored links

Perbedaan Modem Dan Router

Harus diakui hingga saat ini masih ada beberapa orang yang bingung dengan perbedaan modem dan router. Perkembangan internet yang semakin maju turut serta membuat berbagai perangkat keras juga mengalami kemajuan khususnya kecepatan transmisi. Berikut beberapa perbedaan berserta penjelasan antara modem dan router.

  1. Untuk urusan Layer antara modem dan router jelas berbeda, modem memiliki Data link layer (2 layer) sedangkan pada router sering disebut dengan Networking layer atau yang dikenal dengan layer 3.
  2. Jika mengacu kepada tipe perangkat maka modem merupakan perangkat inter networking yang mana menghubungkan jaringan komputer dengan jaringan lainnya sedangkan router merupakan perangkat networking.
  3. Modem memiliki port sebanyak dua buah yang mana satu port berfungsi untuk melakukan koneksi ke ISP dan port lainnya untuk konekasi ke router, sedangkan router sendiri memiliki jumlah port yang bervariasi mulai dari 2, 4 atau 8 buah port.(baca : fungsi port – jenis jenis port)
  4. Modem dapat menghubungkan koneksi satu komputer atau beberapa komputer dengan perantara software dan sistem operasi, sedangkan router dapat menghubungkan beberapa perangkat jaringan dengan menggunakan kartu ethernet (baca :fungsi ethernet card).
  5. Untuk mengoperasikan modem harus menggunakan koneksi internet sedangkan router tidak harus karena dapat menyediakan keamanan tambahan sehingga memungkinkan untuk melakukan koneksi yang bersifat internal.
  6. Modem dapat bekerja sendiri tanpa memerlukan router, sedangkan router memang dapat melakukan transmisi data antar perangkat namun tidak bisa berjalan atau terhubung ke jaringan internet tanpa bantuan modem.
  7. Fungsi modem sebagai media koneksi ke internet dengan mengirimkan dan menerima paket data melalui jaringan telepon, sedangkan fungsi router hanya mengarahkan data dalam suatu jaringan baik itu antara komputer atau pun komputer dengan modem.

Sponsors Link

Perbedaan Modem dan router dalam tabel

Item PerbedaanModemRouter
OSI ModelLayer 2 : data link layerLayer 3 : Networking Layer
Tipe PerangkatPerangkat Inter NetworkingPerangkat Networking
Jumlah Port2 PortBervariasi tergantung routernya
Media koneksiSoftware & Sistem OperasiKartu Ethernet
PengoperasianMembutuhkan internetBisa tanpa internet
Cara keraModem dapat bekerja sendiritRouter membutuhkan modem untuk koneksi ke internet
MediaModem dapat menerima paket data melalui jaringan telponRouter mentransmisikan data ke komputer atau dengan modem

Kesimpulan

Modem dan router jelas memiliki fungsi yang sangat berbeda, namun antara kedua perangkat keras ini dapat saling mendukung satu sama lain. Namun secara keseluruhan modem terlihat lebih simple dan independen jika dibandingkan dengan router karena router sangat tergantung dengan modem untuk terhubung ke internet. Namun dibalik kelebihan dan kekurangan keduanya memiliki peranan yang besar bagi setiap orang yang ingin terhubung ke dunia maya.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Monday 23rd, November 2015 / 07:36 Oleh :
Kategori : Hardware Jaringan