Sponsors Link

3 Cara Menjaga Keamanan Jaringan Komputer

Sponsors Link

Jaringan komputer merupakan salah satu bentuk penerapan dari perkembangan teknologi komputer. Jaringan komputer memungkinkan dua atau lebih komputer saling terhubung satu sama lain, sehingga mereka bisa saling berbagai sumber daya data file dan juga informasi yang penting. Tentu saja ada banyak hal yang bisa kita pelajari mengenai jaringan komputer. (Baca juga mengenai sejarah jaringan komputer dan perkembangan jaringan komputer.)

Hal yang paling penting untuk dipelajari dalam jaringan komputer adalah mengenai bagaimana dapat membangun dan juga mengimplementasikan sebuah jaringan komputer yang tepat sasaran, tepat guna dan juga pastinya sesuai dengan kebutuhan dari user. Tidak hanya itu, dari sekian banyak jaringan komputer yang ada pastinya user harus memilih perangkat keras jaringan komputer apa saja yang digunakan sesuai dengan kebutuhannya.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para teknisi jaringan dan juga pengelola dalam membangun dan mengimplementasikan sebuah jaringan komputer:

  1. Sesuaikan penyusunan jaringan komputer dengan kebutuhan utama dari user.
  2. Sesuaikan juga dengan budget yang dimilki oleh user.
  3. Selalu menggunakan perangkat pendukung yang memiliki kualitas baik, agar proses transmisi data dapat berjalan dengan lancar.
  4. Pastikan desain dari topologi jaringan komputer, dengan menganalisa lokasi jaringan secara fisik.
  5. Jangan lupakan faktor keamanan dari sebuah jaringan komputer.
  6. Gunakan spesifikasi komputer server dan juga komputer client sesuai degnan kebutuhan.

Kemanan Jaringan Komputer

Hal terpenting dalam membuat dan mengimplementasikan sebuah jaringan komputer, selain beberapa hal di atas adalah dengan cara menjaga keamanan dari jaringan komputer tersebut. Kemanan jaingan komputer apabila diartikan secara harafiah berarti merupakan suatu upaya dari ahli atau teknisi jaringan untuk menjaga agar jaringna komputer yang sudah dibuat tidak disalahgunakan, dirusak dan juga diretas oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dengan menggunakan jaringan komputer yang aman dapat membuat data menjadi lebih aman dari serangan hacker. Manfaat jaringan komputer ini salah satunya adalah mempermudah proses men-share dokumen ke berbagai user dalam area yang sama dengan lebih efisien. Oleh sebab itu, menggunakan jaringan komputer yang sesuai sangat dianjurkan salah satunya menekan biaya maintenance pada perangkat keras jaringan yang digunakan. Salah satunya dengan memilih jenis kabel jaringan komputer yang sesuai pemakaian.

Bagaimana Menjaga Keamanan Jaringan Komputer?

Untuk dapat menjaga kemanaan jaringan komputer dari tangan-tangan tidak bertanggung jawab, dan juga untuk menghindari pembajakan dan juga pencurian data, maka ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam menjaga keamanan jaringan komputer, yaitu :

1. Keamanan Secara Fisik

Kemanan secara fisik meliputi faktor pencegah dan juga faktor kemanan yang mampu menjaga agar bentuk fisik dari sebuah jaringan, alias perangkat keras jaringan komputer aman secara fisik. Berikut ini adalah bbeberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kemanan fisik dari jaringna komputer:

  • Letakkan komputer server pada lokasi yang aman, dengan kunci yang hanya bisa diakses oleh otoritas yang berwenang saja.
  • Sebisa mungkin letakkan komputer server pada tempat yang sulit untuk di lihat orang.
  • Pastikan CCTV juga ikut mengawasi seluruh perangkat fisik jaringan komputer selama 24 penuh.
  • BIsa juga dengan cara meletakkan server di dalam sebuah jeruji besi yang memiliki gembok, agar benar-benar aman.
  • Kabel-kabel jaringan juga harus diperhatikan, agar jauh dari gangguan binatang pengerat yang biasa merusak.

Sponsors Link

2. Keamanan pada BIOS

Apabila kemanan secara fisik cukup sulit untuk dilakukan, karena keterbatasan ruang dan juga biaya, mka adari itu salah satu hal yang bisa dilakukan adalah menerapkan BIOS security. BIOS security dapat dilakukan dengan cara :

  • Membuat kode password tertentu pada sistem BIOS.
  • Melakukan disable booting dari floppy.
  • Gunakan password yang unik dalam setiap folder, user account, dan juga data serta file penting.

Cara menjaga keamanan jaringna komputer berikutnya adalah dengan cara membuat kombinasi password yang unik pada setiap bagian penting di komputer server, seperti user account, file, folder, dan juga drive yang menyimpan informasi penting. Dalam mengaplikasikan sebuah password, ada beberapa hal yang bisa diperhatikan, seperti:

  • Gunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka dan tanda baca dalam satu buah rangkaian kombinasi password
  • Minimal karakter dari sebuah password adalah 7, makin banyak makin baik
  • Selalu lakukan maintenance dengan cara mengganti kombinasi password secara rutin
  • Hanya memberikan kombinasi pada password pada ototritas yang berwenang, seperti programmer, teknisi jaringan, dan mungkin juga beberapa orang yang berasal dari jajaran manajemen
  • Usahakan jangan menuliskan password di kertas atau notepad secara gamblang
  • jangan pernah membocorkan mengenai kerahasiaan password dari server

Gunakan antivirus untuk mencegah komputer server dan juga client terinfeksi malicious code

Malicious code adalah salah satu gangguan yang dapat menyebabkan kinerja dari sebuah komputer menjadi melambat. BIasanya malicious code ini terjadi akibat serangan virus (Baca juga mengenai ciri komputer terkena virus). Maka dari itu, untuk menghindari hal ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti :

  • Selalu gunakan antivirus pada setiap server dan juga client
  • Lakukan update antivirus secara berkala
  • Ada baiknya komputer server tidak digunakan untuk melakukan browsing dan juga download file dari internet
  • Selalu gunakan antivirus yang berkualitas, dan genuine atau asli

3. Keamanan software

Teknisi jaringan komputer juga harus peka terhadap kondisi keamanan software jaringan komputer. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para teknisis jaringan agar mampu menganalisa software apa saja yang dibutuhkan pada sebuah jaringan komputer.

Kesalahan ataupun terlalu banyak software yang diinstal atau bahkan terinstallnya software yang tidak diperlukan, akan menyebabakan banyak cracker dan juga hacker mampu melakukan proses cracking. Melalui software tersebut, yang menyebabkan data dari server dapat diakses dengan mudah.

sponsored links

Pada dasarnya manajemen keamanan sistem jaringan komputer yang baik akan membantu mencegah terjadinya gangguan pada jaringan komputer yang tentu saja dapat berakibat fatal, seperti peretasan terhadap informasi penting yang ada di dalam server. Dengan adanya sistem keamanan jaringan komputer yang baik, maka hal ini dapat mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Mengapa Keamanan Jaringan Komputer Perlu dan Penting?

Sama seperti layaknya proteksi dan juga keamanan komputer kita dari virus, maka keamanan jaringna komputer pun sangat penting. Terkadang, ketika kita memiliki jaringan yang sudah cukup luas, muncul beberapa resiko yang bisa terjadi, seperti :

  • Peretasan atau hacking terhadap jaringan.
  • Pencurian data dan file serta informasi penting.
  • Penyalahgunaan sumber daya pada sebuah jaringan.
  • Kegagalan pada jaringan, akibat ulah tangan tidak bertanggung jawab.
  • Jaringan komputer yang tidak bisa bekerja dengan sempurna.
  • Performa dari komputer server yang menurun, sehingga berpengaruh pada melambatnya proses transmisi data.

Maka dari itu, itu mencegah terjadinya hal-hal di atas, kita harus mampu untuk membentuk dan menyusun kemanan jaringna komputer sedemikian rupa, agar tidak mudah mengalami hal tersebut.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 23rd, September 2015 / 23:56 Oleh :
Kategori : Security Jaringan