53 Macam – Macam Bahasa Pemrograman dan Fungsinya

Sponsors Link

Bahasa secara harafiah merupakan suatu alat yang merupakan hasil kebudayaan yang dimanfaatkan agar setiap makhluk bisa berkomunikasi satu sama lain. dengan adanya bahasa, maka baik itu manusia, hewan, tumbuhan, dan bahkan makhluk lain bisa saling berkomunikasi satu sama lain.

Pada era perkembangan komputer dan juga mesin, muncul sebuah masalah, dimana banyak para teknisi yang mungkin tidak mengerti bagaimana cara memberi perintah ke dalam sebuah mesin. Maka dari itu, tercetuslah sebuah ide untuk menciptakan sebuah bahasa yang bisa digunakan oleh manusia utnuk mengontrol sebuah mesin. Bahasa pemrograman atau bahasa mesin ini kemudian digunakan secara umum. Pada awalnya, bahasa pemrograman yang diciptakan hanyalah bermodalkan kode biner, satu – satunya kode yang dimengerti oleh mesin pada saat itu. Namun, berkat pengembangan teknologi dan juga ilmu pengetahuan, saat ini bahasa pemrgraman sudah mencapai level bahasa pemrograman tingkat tinggi, yang mana lebih mudah dimengerti oleh manusia, dan juga dimengerti oleh mesin.

Fungsi bahasa pemrograman

Secara umum ada beberapa fungsi utama dari sebuah bahasa pemrograman, yaitu :

  • Sebagai media komunikasi antara operator dengan mesin
  • Sebagai media mengoperasikan sebah mesin
  • Sebagai media bagi programmer dalam mengembangkan sebuah aplikasi
  • Memberikan perintah kepada mesin dan komputer

Jenis bahasa pemrograman

Saat ini, ada banyak sekali jenis – jenis dan juga macam – macam bahasa pemrograman yang umum digunakan oleh para programmer. Berikut ini adalah 15 bahasa pemrograman yang umum dan banyak digunakan oleh para programmer :

1. Java

Bahasa pemrograman yang pertama adalah bahasa pemrograman Java. Bahasa pemrograman ini merupakan salah satu jenis bahasa pemrograman yang banyak kita temukan pada aplikasi – aplikasi, baik di dalam sebuah komputer, ataupun sebuah handphone dan juga smartphone. Dengan keunggulan ini, maka java memang benar – benar menjadi sebuah bahasa pemrograman yang sangat populer dan juga banyak dipahami dan mudah untuk dipelajari.

Uniknya, nama bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh SUN microsystem pada era 1991 ini, merupakan bahasa pemrograman yang namanya terinspirasi dari kopi buatan Indonesia, tepatnya dari dataran Jawa. Maka jadilah hingga saat ini, bahasa pemrograman ini memiliki lambang berupa kopi yang sedang diseduh.

Saat ini, hak paten dari penggunaan bahasa pemrograman Java sendiri dipegang oleh Oracle. Banyak sekali palikasi dan juga software – software yang sangat berguna dan juga bermanfaat bagi user, yang dibuat dan jga dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman Java.

Contoh aplikasi yang menggunakan bahasa pemrograman java adalah :

  • Aplikasi bawaan oracle
  • Aplikasi pada handphone non-OS, seperti pada seri – seri handphone era 2000-an
  • Aplikasi dan juga games pada handphone ber-OS, seperti Symbian, Android, dan juga Windows Phone
  • Beberapa aplikasi pada komputer dan PC desktop.

Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang memiliki banyak keunggulan. Salah satu keunggulan yang utama dari bahasa pemrograman Java ini adalah karena Java merupakan bahasa pemrograman yang sifatnya multi platform, yang artinya bisa digunakan dalam berbagai macam sistem operasi dan juga basis software lainnya. Selain itu, ada beberapa keunggulan lainnya dari Java, yaitu :

  • Mudah untuk dikembangkan
  • Memiliki library yang lebih lengkap
  • Kemudahan dalam menyusun script
  • Memiliki pasar yang luas, karena smartphone sedang booming dan banyak digunakan
  • Merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi objek atau OOP

2. Bahasa C

Kalu di dalam Bahasa manusia, terdapat beberapa bahasa yang menjadi bahasa Induk, seperti Bahasa Yunani, Bahasa Latin dan juga Bahasa Arab, maka dalam bahasa pemrograman, hal ini juga berlaku. Ya, ada satu bahasa pemrograman yang tertua, dan merupakan bahasa induk dari berbagai macam bahasa pemrograman yang ada hingga saat ini. Dialah bahasa pemrograman C.

Bahasa pemrograman C ini merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan pada era 70-an, yang mana merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer yang tertua. Saat ini, bahasa C mungkin sudah jarang digunakan, namun demikian, Bahasa C ternyata mendalangi pembentukan bahasa pemrograman lainnya, seperti Bahasa C ++, C #, Java dan berbagai macam bahasa pemrograman lainnya.

Penggunaan bahasa C

Bahasa C saat ini banyak digunakan hanya sebagai media pembelajaran, dimana setiap siswa yang akan mempelajari tentang pengembangan sebuah software, biasa akan diajarkan bahasa C terlebih dahulu, karena bahasa C merupakan dasar dari beberapa bahasa pemrograman yang abnyak digunakan saat ini. dengan memahami dasar – dasar yang digunakan dalam bahasa C, maka nantinya para programmer akan menjadi lebih mdah dalam memahami bahasa – bahasa pemrograman lainnya.

Sama seperti bahasa pemrograman Java, bahasa C ini banyak digunakan untuk membuat aplikasi – aplikasi berbasis sistem operasi.

3. PHP

Merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sangat populer di kalangan pengembang dan juga developer dari situs – situs internet. PHP, yang merupakan kependekan dari PHP Hypertext Pre – Processor merupakan salah satu bahasa pemrogaman yang dimanfaatkan untuk pengembangan sebuah situs di dalam jaringan internet.

Ketika anda akan membuat sebuah website ata situs, maka sudah pasti anda membutuhkan sebuah bahasa pemrograman yang dapat mengintegrasikan manajemen bass data yang anda miliki, serta berbagai macam resource yang akan digunakan. Maka dari itu, digunakanlah bahasa pemrograman PHP ini untuk mengembangkan website tersebut.

Keunggulan dari bahasa pemrograman PHP

Ada beberapa keungulan yang bisa diperoleh dari penggunaan bahasa pemrograman PHP, yaitu:

  • Merupakan bahasa pemrograman yang sifatnya gratis dan juga free to edit
  • Memiliki kemampuan untuk membuat sebuah website dinamis, berkat fitur server side scripting

Bahasa pemrograman PHP ini tentu saja sudah terbukti kehandalannya, karena banyak digunakan pada situs dan juga website terkenal, seperti facebook dan jga wordpress.

4. Visual Basic

Visual Basic, atau yang juga dikenal dengan nama Microsoft Visual Basic merupakan salah satu bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh raksasa teknologi dunia, yaitu Microsoft. Visual basic, yang juga emrupakan paket bundling dengan Microsoft Vsual Studio, merupakan salah satu bahasa pemrograman yang digunakan dalam membuat sebuah aplikasi yang berjalan di dalam platform sistem operasi windows. Berbeda dengan Java yang sifatnya multi platform, memang visual basic ini terbatas pada windows saja.

Namun demikian, fitur – fitur bahasa pemrogaman yang terdapat di dalam visual basic ini sangatlah beragam, sehingga visual basic juga menrupakan salah satu bahasa pemrograman yang banyak dan juga populer digunakan di dunia, termasuk di Indonesia. Visual basic menawarkan bahasa pemrograman basic, yang dipadukan dengan ide – ide visual dalam pembuatan sebuah aplikasi ataupun software. Jadi, hanya dengan menggunakan bahasa pemrograman basic saja, sudah bisa memperoleh sebuah aplikasi yang memiliki visualisasi yang menarik.

sponsored links

Penggunaan bahasa pemrograman Visual Basic

Saat ini, kebanyakan visual basic digunakan dalam pengembangan software – software sederhana, seperti :

  • Kalkulator
  • Program absensi
  • Program akuntansi
  • Bahkan beberapa pengembang sanggup membuat sebuah permainan, alias game dengan menggunaan bahasa pemrograman Visual Basic.

5. Python

Bahasa pemrograman yang namanya sama seperti nama dari salah satu ular predator terganas ini merupakan bahasa pemrograman yang cenderung sederhana dan juga mudah untuk dipahami. Python mampu menawarkan pengembangan dari sebuah aplikasi dan juga software, baik yang berbasai web ataupun berbasis platform dan sistem operasi. Hal ini membuat Python merupakan sebuah bahasa pemrograman yang multifungsi, karena dapat membuat berbagai macam aplikasi di berbagai macam platform dan juga web based.

Python sediri mrupakan salah satu bahasa pemrograman yang masuk ke dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi, yang berarti komunikasi antara manusia dan juga mesin dapat berjalan dengan baik dan lebih lancar apabila dibandingkan dengan bahasa mesin.

Penggunaan dari bahasa pemrograman Python

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, bahasa pemrograman python merupakan bahasa pemrograman yang banyak digunaka dalam pemuatan berbagai macam aplikasi dan software, baik itu web – base software ataupun platform – based software. Beberapa pemain besar dalam teknologi komputer yang menggunakan bahasa pemograman python ini adalah Instagram, Pinterest, pengembang dari Google, Yahoo, dan juga banyak digunakan oleh pengembang dari NASA (Divisi antariksa dan juga luar angkasa milik pemerintah Amerika Serikat). Hal ini menunjukkan bahwa bahasa pemrograman python adalah salah satu bahasa pemrograman yang pas untuk digunakan dalam pembuatan berbagai macam aplikasi.

6. Bahasa Pemrograman C++

Nah, seperti sudah disinggng pada bahasa pemrograman nomor dua, bahasa pemrograman C ++ ini merupakan “anak” dari bahasa pemrograman C. C ++ dibuat dan dikembangkan untuk menyempurnakan kemampuan bahasa C dalam membuat sebuah program dan juga aplikasi. C ++ memilii sintaks penulisan scipt code yang hampir sama, karena memang berasal dari bahsa yang sama. Namun demikian, yang membedakan antara bahasa pemrograman C ++ dengan bahasa pemrograman C adalah dari segi penyelesaian masalah.

Bahasa pemrograman C ++ menggunakan endekatan pemecahan masalah, dimana masalah – masalah yang muncul tersebut akan terbagi – bagi ke dalam kelas (class) tertentu, berbeda dengan bahasa pemrograman C yang menyelesaikan masalah dengan cara membaginya ke dalam sub – sub masalah yang lebih kecil lagi.

Penggunaan bahasa pemrograman C ++

Bahasa pemrograman C ++ juga merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sangat populer dan banyak digunakan dalam mengembangkan dan membuat sebuah program ataupun software. Adobe, yang merupakan pengembang software besar dengan banyak aplikasinya, menggunakan bahasa perograman C ++ dalam mengembangkan berbagai macam aplikasi yang mereka buat. Selain itu, browser yang banyak kita gunakan sehari – hari untuk melakukan surfing di internet, yaitu Mozilla Firefox, juga merupakan salah satu software yang menggunakan bahasa pemrograman C ++ dalam pengembangannya.

7. JavaScript

Berbeda dengan bahasa pemrograman Java yang focus pada pengembangan aplikasi dan juga software berbasis OS dan juga Non – OS, maka JavaScript memfokuskan dirinya pada bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan sebuah website. Banyak sekali website – website yang menggunakan JavaScript sebagai bahasa pemrograman utama mereka.

Wajar saja apabila Javascript didaulat menjadi sebuah bahasa pemrograman yang ditugaskan dalam mengembangkan website dan juga situs – situs di dalam internet. Hal ini disebabkan oleh pengembang dari bahasa pemrograman JavaScript ini sendiri adalah Netscape. Netscape merupakan sebuah perusahaan, yang pada sejarah perkembangan jaringan komputer dan juga internet mengembangkan sistem browser pertama kali, dengan nama Netscape Navigator.

Keunggulan dari menggunakan JavaScript

Keunggulan utama dari penggunaan JavaSript sebagai sebuah bahasa pemrograman adalah kemampuannya dalam mengembangkan sebuah situs dan juga website dengan tampilan visual yang menarik dan juga interaktif, sehingga mudah untuk dikreasikan.

8. C#

Apabila mendengar namanya, maka anda pasti sudah paham bahwa bahasa pemrograman ini merupakan bahas pemrograman yang merupakan pengemangan dari bahasa pemrograman C. ya, anda benar sekali. Bahasa pemrograman C# atau yang bisa diucapkan sebagai C Sharp ini merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft. Pada dasarnya, Microsoft mengembangkan bahasa pemrograman C# ini adalah bertujuan untuk menggabungkan fungsi dan juga keunggulan masing – masing dari kedua bahasa pemrograman yang sudah ada sebeleumnya, yaitu bahasa pemrograman C dan bahasa pemrograman C ++.

Penggunaan Bahasa pemrograman C#

Secara umum, bahasa pemrograman C# ini merupakan bahasa pemrograman yang banyak digunakan pada pengembangan sistem dan juga aplikasi serta software berbasi Microsoft. Jadi, secara alamiah,, bahasa pemrograman ini tidak seperti bahasa pemrograman C ++ dan juga Java yang sifatnya multi platfor, karena hanya dapat digunakan dan juga dikembangkan menjadi aplikasi yang berbasis sistem operasi dan juga segala benuk sistem besutan Microsoft.

9. Objective – C

Bahasa pemrograman berikutnya yang akan kita bahas adalah bahasa pemrograman Objective – C. sebenarnya bahasa pemrograman ini tidak terlalu terkait dengan bahasa pemrograman C, C ++ ataupun bahasa pemrograman C#. Namun demikian, bahasa pemrograman Objective – C ini menggunakan dasar – dasar bahasa pemrograman C juga untuk mengembangkan sebuah aplikasi dan juga software.

Penggunana dari bahasa pemrograman Objective – C

Secara umum, bahasa pemrograman Objective – C ini banyak digunakan pada seluruh aplikasi yang berbasi iOS dan juga Apple software. Sedikit tambahan, sistem operasi iOS yang digunakan pada perangkat mobile phone miliki Apple sendiri merupakan salah satu produk unggulan dari pengembangan software yang dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman Objective – C ini. Jadi, bisa dibilang, bahasa pemrograman Objective – C ini merupakan salah satu bahasa pemrograman yang luar biasa, namun tidak besifat multi platform seperti beberapa bahasa pemrograman populer lainnya.

10. ActionScript

Bahasa pemrograman yang termasuk populer berikutnya adalah bahasa pemrograman ActionScript. ActionScript ini merupakan bahasa pemrograman yang banyak dimanfaatkan untuk pengembangan website dan juga situs di dalam internet. Merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh macromedia, yang mana kemudian diakuisisi oleh perusahaan teknologi terkenal, yaitu Adobe.

Secara umum, penggunaan actionscript juga merupakan salah satu bahasa pemrograman yang dibuat dengan basis flash dan juga produk dari adobe, sehingga hal ini turut meningkatkan popularitas dari bahasa pemrograman ActionScript tersebut.

Penggunaan dari bahasa pemrograman ActionScript

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, bahasa pemrograman ActionScript merupakan bahasa pemroraman yang dibuat dengan basis adobe dan juga flash. Selain digunakan untuk mengembangkan aplikasi dan juga software berbasi adobe dan juga flash, ctionScript juga banyak dimanfaatkan sebagai bahasa pemrograman yang digunakan pada beberapa aplikasi basis data, untuk melakukan proses manajemen basis data, contohnya adalah penggunaan sistem Alpha Five dalam basis data.

Hingga saat ini, ActionScript sudah mencapai versi, alias generasi ketiga dari awal mula dikembangkan oleh macromedia, dan banyak dimanfaatkan oleh para programmer yang berbasi flash.

11. HTML / CSS

HTML atau CSS merupakan bahasa pemrograman yang paling dasar digunakan pada pengembangan sebuah situs ataupun website. HTML atau CSS ini banyak digunakan pada berbagai macam situs web terkemukan, seperti pada era 2000-an digunakan oleh situs jejaring sosial Friendster, dan beberapa website hingga saat ini, seperti Blogspot.

Dengan menggunakan bahasa pemrograman HTML dan CSS ini, maka setiap programmer dapat mengembangkan sebuah website yang menarik dan juga interaktif. Pada dasarnya, HTML atau CSS ini merupakan dasar dari berbaagi macam bahasa pemrograman yang berbasi web, sehingga agar bisa memahami berbagai macam bahasa pemrograman berbasis web, anda juga perlu untuk mempelajari bahasa pemrograman HTML / CSS ini.

12. Ruby

Merupakan bahasa pemrograman berjeni OOP atau Object Oriented Program yang berasal dari jepang. Mirip seperti Java, Ruby bisa digunakan untuk membangun sebuah aplikasi dan juga software yang sifatnya multiplatform, alias bisa digunakan di mana saja.

Sponsors Link

13. Bahasa pemrograman HTML

HTML atau yang merupakan kependekan dari Hypertext Markup Language merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis web yang saat ini juga banyak digunakan, selain HTTP, CSS, dan juga PHP. Keunikan dari HTML ini adalah, dalam pengaplikasiannya, bahsa pemrograman ini menggunakan format ASCII, sehingga dapat menghasilkan sebuah tampilan situs website yang terintegrasi dan dapat digunakan dengan baik, serta user friendly. Secara umum, HTML merupakan standar dari pembuatan sebuah website. Dimana penggunaan dai bahasa pemrograman HTML ini sendiri diawasi langsung oleh world wide web.

HTML sendiri pada awalnya berasal dai bahasa SGML atau standard Generalized Markup Language, yang merupakan bahasa yang banyak digunakan di dalam dunia percetakan dan juga penerbitan.

Penggunaan dari bahasa pemrograman HTML

Saat ini, dalam pengaplikasiannya, sebuah bahasa pemrograman HTML banyak digunakan sebagai sebuah bahasa pemrograman dalam membangun sebuah situs web, alias website yang user friendly dan juga terintegrasi dengan databse. Dengan perintah – perintah yang sederhana pada HTML ini, maka siapapun akan dapat dengan mudah mempelajari bahasa pemrograman yang sudah digunakan secara luas di dunia ini.

14. Bahasa pemrograman XML

Bahasa pemrograman berikutnya yang juga banyak digunakan adalah bahasa pemrograman XML. XML sendiri merupakan kependekan dari extensible markup language, yang pada dasarnya merupakan salah satu pengembangan dari bahasa pemrograman HTML. XML sendiri saat ini dikembangkan dengan memiliki beberapa kelebihan. Kelebihan utama daari bahasa pemrograman xml ini adalah kemampuan dari bahasa pemrograman ini untuk meringkas dan juga menyimpan sebuah data, sehingga menjadi mudah diatur. Penggunaan dari XML ini memang sangat sederhana, dan mirip seperti penggunaan HTML.

Seain itu, XML juga memiliki beberapa keunggulan lainnya, seperti merupakan salah satu bahasa pemrograman yang termasuk ke dalam golongan pintar, dapat beradaptasi, memiliki pemeliharaan dan juga maintenance yang cenderung mudah dan juga murah, serta jauh lebih sederhana apabila dibandingkan dengan jenis bahasa pemrograman lainnya.

15. Bahasa pemrograman Pascal

Jenis bahasa pemrograman berikutnya adalah bahasa pemrograman Pascal. Pascal merupakan jenis bahasa pemrograman yang masuk ke dalam bahasa pemrograman generasi ke III, dan merupakan bentuk bahasa pemrograman tingkat tinggi. bahasa pemrograman ini dikembangkan di Prancis oleh seorang professor, bernama Niklaus Writh.

Program pertama yng menggunakan bahasa pemrograman Pascal ini adalah sebuah mesin hitung, maka dari itu, nama dari bahasa pemrograman ini mengacu pada nama dari seorang ahli matematika, yaitu Pascal.

Bahasa pemrograman Pascal ini merupakan bahasa pemrograman yang memiliki tipe data yang standar, sehingga dapat dipelajari oleh siapapun, serta memiliki tipe bahasa pemrograman yang terstruktur, sehingga membuatnya jauh lebih efisien apabila dibandingkan dengan bahasa pemrograman tingkat rendah dan jga tingkat menengah.

16. Switch Apple

Bahasa pemrograman terbaru yang paling muktahir adalah bahasa SWITCH dari apple yang digunakan untuk melakukan pemrograman di device mereka. Swift adalah bahasa pemrograman baru untuk iOS, OS X, watchOS, dan aplikasi tvOS yang dibangun lebih baik dari C dan Objective-C, tanpa kendala kompatibilitas C. Swift mengadopsi pola pemrograman aman dan menambahkan fitur modern untuk membuat program lebih mudah, lebih fleksibel, dan lebih menyenangkan.Swift, yang didukung oleh kerangka Kakao dan Kakao Touch, adalah kesempatan untuk menata kembali bagaimana pengembangan perangkat lunak bekerja.

Sejarah

Swift sudah bertahun-tahun dikembangkan dan dibuat. Apel meletakkan dasar untuk Swift dengan memajukan compiler, debugger, dan infrastruktur dari kerangka yang ada. Switch menyederhanakan manajemen memori dengan Automatic Reference Counting (ARC). Switch menggunakan kerangka stack, dibangun di atas dasar yang solid Foundation dan Kakao, telah dimodernisasi dan standarisasi diseluruhnya. Objective-C itu sendiri telah berkembang untuk mendukung blok, koleksi literal, dan modul, memungkinkan kerangka adopsi teknologi bahasa modern tanpa gangguan. Berkat dasar ini, kita sekarang dapat memperkenalkan bahasa baru bagi masa depan pengembangan perangkat lunak Apple.

Swift terasa akrab bagi pengembang Objective-C. Mengadopsi pembacaan parameter bernama Objective-C dan kekuatan model objek dinamis Objective-C. Ini memberikan akses tanpa batas ke kerangka Kakao yang ada dan interoperabilitas mencampur-dan-pertandingan dengan kode Objective-C. Membangun dari kesamaan ini, Swift memperkenalkan banyak fitur baru dan menyatukan bagian-bagian prosedural dan berorientasi objek bahasa.

Kelebihan 

Swift ramah untuk programmer baru. Ini adalah sistem-kualitas industri bahasa pemrograman pertama yang ekspresif dan menyenangkan sebagai bahasa scripting. Mendukung bermain, fitur inovatif yang memungkinkan programmer untuk bereksperimen dengan kode Swift dan melihat hasil segera, tanpa overhead membangun dan menjalankan sebuah aplikasi.

Swift menggabungkan yang terbaik dalam pemikiran bahasa modern dengan kebijaksanaan dari budaya luas rekayasa Apple. Compiler dioptimalkan untuk kinerja, dan bahasa yang dioptimalkan untuk pengembangan, tanpa mengorbankan sisi baiknya. Ini dirancang untuk skala dari “halo, dunia” untuk keseluruhan sistem operasi. Semua ini membuat Swift investasi masa depan yang sehat untuk pengembang dan untuk Apple.

Swift adalah cara yang fantastis untuk menulis program di iOS, OS X, watchOS, dan aplikasi tvOS, dan akan terus berkembang dengan fitur dan kemampuan baru . Tujuan kami untuk Swift ambisius. Kita tidak bisa menunggu untuk melihat apa yang Anda kembangkan dengan SWITCh.

Selain ke – 16 bahasa pemrograman tersebut, masih ada puluhan bahasa pemrograman lainnya yang banyak digunakan oleh para programmer dalam mengembangkan sebuah program, aplikasi, sistem dan juga perintah kepada mesin, yaitu :

  1. ADA
  2. ALGOL
  3. Applescript
  4. Assembly
  5. BASIC:
  6. ASP
  7. COMAL
  8. BAIK
  9. Batch (MS-DOS)
  10. COBOL
  11. UNIX shell script:
  12. Bourne shell (sh) script
  13. Bourne-Again shell (bash) script
  14. Korn shell (ksh) script
  15. ColdFusion
  16. Clipper
  17. Foxbase
  18. Visual FoxPro
  19. Eiffel
  20. Fortran
  21. Go
  22. Haskell
  23. JSP
  24. Lisp
  25. Logo
  26. Delphi
  27. Perl
  28. Prolog
  29. Pike
  30. R
  31. REXX
  32. REBOL
  33. RPG
  34. Simula
  35. Smalltalk
  36. Scheme
  37. SQL

Jenis jenis  bahasa pemrograman komputer dan mesin memang sangat banyak sekali, jika kita totalkan mungkin bisa ada ratusan bahasa, namun yang paling populer hanya beberapa saja.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 02nd, November 2015 / 04:27 Oleh :
Kategori : Pemrograman