Sponsors Link

7 Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli

Sistem Informasi Manajemen pad dasarnya merupakan sebuah aplikasi dari sistem informasi yang digunakan dalam ruang lingkup manajemen. BIasanya, kebanyakan sistem informasi manajemen tersebut digunakan di perusahaan atau organisasi tertentu yang memiliki banyak jajaran manajemen.

ads

Sebelum mendalami mengenai pengertian dari sistem informasi manajemen, kita dapat membagi konsep sistem informasi manajemen dengan dua konsep, yaitu konsep sistem informasi dan juga konsep manajemen.

Sistem Informasi

Ada beberapa pengertian dari sistem informasi dari beberapa tokoh dan juga pakar dari sistem informasi. Berikut ini adalah beberapa pengertian dari sistem informasi.

Pengertian Sistem Informasi


1. O’Brien

O’Brien mengatakan bahwa sistem informasi merupakan suatu kombinasi dari setiap unit yang dikelola oleh user atau manusia, hardware (perangkat keras komputer), software (perangkat lunak), jaringan komputer dan jaringan komunikasi data (komunikasi), dan juga database (basis data) yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi tentang suatu organisasi. Jadi, pada dasarnya, sistem informasi memang harus memiliki elemen – elemen tersebut aga dapat berguna dan juga bekerja dengan optimal.


2. John Nash & Robert (1988)

Nash dan Robert (dalam Sudaya) mengatakan bahwa sistem informasi merupakan kombinasi dari user atau orang, teknologi, media, prosedur, dan juga pengendalian, yang memiliki tujuan tertentu. Tujuan tersebut adalah untuk mendapatkan atau memperoleh jalur komunikasi, memproses tipe transaksi, dan memberi sinyal kepada manajemen terhadap kejadian internal di dalam suatu organisasi.


3. Robert A. Leitch dan K. Roscoe Davis

Leitch & Davis juga mengemukakan pendapat mereka mengenai sistem informasi. Sistem informasi adalah sebuah sistem yang terdapat di dalam suatu organisasi yang berfungsi untuk mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, kegiatan manajerial dan strategis dari suatu organisasi dan memberikan hasilnya dalam bentuk laporan bagi pihak – pihak luar.


4. Gordon B. Davis (1991)

Davis (1991) mengatakan bahwa suatu sistem informasi adalah sebuah sistem yang menerima input data dan instruksi, mengolah data sesuai dengan instruksi dan mengeluarkan hasilnya. Dengan begitu, mka abisa disimplkan bahwa suatu sistem informasi memilki alur tertentu, mulai dari input hingga menjadi output yang bermanfaat.


5. Stair & Reynolds (2010)

Tokoh lainnya, yaitu Stair & Reynolds (2010) mengatakan bahwa sistem informasi merupakan suatu perangkat elemen atau komponen yang saling terkait satu sama lain, yang dapat mengumpulkan, mengolah, menyimpan dan juga menyebarkan data dan juga informasi, serta mampu untuk memberikan feedback untuk memenuhi tujuan suatu organisasi.


6. Kenneth C.Laudon and Jane Laudon (2010)

Laudon mengatakan bahwa yang dimaksud dengan sistem informasi adalah suatu komponen yang saling bekerja satu sama lain untuk mengumpulkan, mengolah, menyimpan dan juga menyebarkan informasi untuk mendukung kegiatan suatu organisasi, seperti pengambilan keputusan, koordinasi, pengendalian, analisis masalah, dan juga visualisasi dari organisasi.


Untuk pengertian dan juga pemahaman lebih dalam lagi mengenai pengertian dari sistem informasi, anda bisa membaca pengertian sistem informasi menurut para ahli.


Manajemen

Apabila berbisara mengenai manajemen, maka anda akan membutuhkan pemahaman mengenai arti dari manajemen itu sendiri. Manajemen itu sendiri pada dasarnya berasal dari kata to – manage, yang dalam bahasa Indonesia berarti untuk mengurus, mengatur, ataupun mengelola.

Agar lebih memahami mengenai konsep dasar manajemen, berikut ini adalah beberapa pengertian dari manajemen menurut para ahli, tokoh dan juga pakar manajemen :


1. Budi Sutedjo (2002)

Sutedjo (2002) dalam Mu’alimah mengatakan bahwa manajemen merupakan sebuah proses kegiatan yang dilakukan oleh pengelola perusahaan, dengan cara melakukan perencanaan, pengorganisasian, prakarsa, koordinir, dan juga mengendalikan operasi untuk mencapai tujuan dari sebuah organisasi yang sudah ditetapkan.


2. Goerge R. Terry

Terry (dalam Mu’alimah) mengatakan bahwa pada dasarnya, manajemen merupakan suatu tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya melalui usaha orang lain.


3. James A.F. Stoner

Stoner juga memberikan pernyataan mengenai apa yang disebut dengan manajemen. Menurutnya, manajemen merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan sumua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.


4. Belfrik (2004)

Belfrik (2005:45) menjelaskan bahwa manajemen adalah proses social dan proses teknis yang memanfaatkan sumber-sumber yang mempengaruhi aktifitas-aktifitas individu dan memfasilitasi usaha-usaha pencapaian tujuan.


5. Sagala (2007)

Sagala (2007) mengemukakan bahwa manajemen merupakan suatu proses yaitu sumber-sumber yang semula tidak berhubungansatu sama lainnya, lalu diintegrasikan menjadi suatu yang menyeluruh untuk mencapai tujuan organisasi.

Dikemukakan juga oleh Sagala bahwa konsep manajemen adalah menjalankan fungsi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian menjadi suatu rangkaian kegiatan pengambilan keputusan yang bersifat mendasar dan menyeluruh dalam proses pendayagunaan segala sumber daya secara efisien disertai penetapan cara pelaksanaannya oleh seluruh jajaran dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan organisasi.


Sistem Informasi Manajemen

Dari beberapa pendapat tokoh dan juga ahli mengenai konsep dasar dari sistem informasi dan juga manajemen, maka barulah diperoleh intisari mengenai konsep dasar dari sistem informasi manajemen. Beberapa tokoh pun ikut mengemukakan pengertian dan juga definisi mengenai sistem informasi manajemen. Berikut ini adalah beberapa pendapat dan juga pengertian dari tokoh dan juga ahli mengenai sistem informasi manajemen :

1. Danu Wira Pangestu (2007)

SIM (sistem informasi manajemen) dapat didefenisikan sebagai kumpulan dari interaksi sistem-sistem informasi yang bertanggung jawab mengumpulkan dan mengolah data untuk menyediakan informasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen di dalam kegiatan perencanaan dan pengendalian.

2. Raymond McLeod Jr (1995)

Raymond McLeod Jr mendefinisikan Sistem Informasi Manajemen sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai yang mempunyai kebutuhan yang serupa. Informasi menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem utamanya mengenai apa yang telah terjadi di masa lalu, apa yang sedang terjadi sekarang dan apa yang mungkin terjadi di masa depan

3. James. A.F. Stoner

James. A.F. Stoner (dalam Mu’alimah), system informasi manajemen yaitu metode yang formal yang menyediakan bagi pihak manajemen sebuah informasi yang tepat waktu, dapat dipercaya, untuk mendukung proses pengambilan keputusan bagi perencanaan, pengawasan, dan fungsi oprasi sebuah organisasi yang lebih efektif.

4. Gordon. B. Davis (1984)

Menurut Davis Sistem Informasi Manajemen adalah sebuah sistem yang terintegrasi antara manusia dan mesin yang mampu memberikan informasi sedemikian rupa untuk menunjang jalannya operasi, jalannya manajemen dan fungsi pengambilan keputusan di dalam sebuah organisasi

5. Encyclopedia of Management

sistem informasi manajemen adalah pendekatan yang direncanakan dan disusun untuk memberikan bantuan piawai yang memudahkan proses manajerial kepada pejabat pimpinan.

6. Joel.D. Aron (1969)

Aron (dalam Margianti) menyebutkan bahwa sistem informasi manajemen merupakan sebuah sistem informasi yang memberikan informasi yang dibutuhkan oleh seorang manajer dalam membuat keputusan

7. E.S Margianti & Suryadi H.S

Margianti dan Suryadi mendefinisikan sistem informasi manajemen sebagai suatu sistem berdasarkan komputer yang menjadikan sebuah informasi dapat digunakan oleh para manajer untuk kebutuhan yang sama. Informasi yang terdapat pada sistem informasi manajemen biasanya berisi tentang segala bentuk kejadian di dalam perusahaan, yang merupakan kejadian pada masa lalu, saat ini, hingga prediksi.

Lebih lanjut disebutkan pula bahwa biasanya informasi dibuat dalam bentuk laporan khusus, laporan berkala, dan juga merupakan sebuah output dari simulasi matematis.


Referensi

  • Pangestu, D.W. (2007). Teori Dasar Sistem Informasi Manajemen. IlmuKomputer.com
  • Raymon Mc.Leod. Jr. (1995). Sistem informasi manajemen, ed I. Jakarta: Prenhallindo
  • Mu’alimah / D03205017 / Kependidikan Islam (Manajemen Pendidikan) Peran Sistem Informasi Manajemen Dalam Peningkatan Layanan Pendidikan Di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT – RSBI Jombang.
  • http://digilib.uinsby.ac.id/6999/3/bab%202.pdf
  • Gordon B. Davis. (1984). Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajmemen, Bag II, (Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo
  • Margianti,E.S. Suryadi, H.S. Sistem Informasi Manajemen. Penerbit Gunadarma.


*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 23rd, September 2015 / 05:47 Oleh :
Kategori : Sistem Informasi