Home » Hardware » Cara Mengatasi Laptop Yang Terkena Air Hujan Saat Berkendara

Cara Mengatasi Laptop Yang Terkena Air Hujan Saat Berkendara

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Indonesia negeri kita tercinta ini letaknya berada di garis khatulistiwa sehingga negeri ini memiliki iklim tropis. Karena negara tropis Indonesia hanya memilki dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Dimana ke dua musim itu memiliki periodenya masing-masing.

Saat musim hujan seperti sekarang ini hal yang di takutkan para pengendara khususnya pengendara motor di tengah perjalanan adalah kehujanan. Bila hanya badan saja yang kehujanan mungkin dampak yang kita rasakan hanyalah dingin saja.

Ini bisa jadi penyebab laptop cepat rusak dan tidak bisa digunakan. Namun bagaimana jadinya bila yang terkena air hujan adalah peralatan elektonik penting yang tidak kedap air seperti laptop.

Yang bisa rusak karena konsleting listrik pada komponen. Untuk mencegah itu di sini kami akan memberitahu cara pertama mengatasi laptop kehujanan untuk mencegah terjadinya kerusakan dan hal yang tidak di inginkan. Sebelum itu tentu siapkan dulu alat alatnya.

Alat – Alat yang di gunakan untuk mengatasi Laptop yang terkena air hujan :

  1. Kuas kecil untuk menyapu kotoran di laptop
  2. Obeng +/- untuk membuka casing laptop
  3. Kain Lap/ kain Mikrofiber Untuk mengeringkan komponen
  4. Penghapus Pensil untuk membersihkan RAM
  5. Hair dryer (Bila Ada)Untuk mengeringkan komponen yang tidak terjangkau tangan
  6. Penyedot debu untuk menyedot debu baik debu kering maupun basah.

Ke 6 komponen diatas adalah alat alat yang masih familiar dan sering kita jumpai di dalam rumah. Andai pun tidak lengkap cukup pakailah yang ada saja.

Setelah semua di siapkan maka ikutilah langkah langkah di bawah ini :

  1. Sesampainya di rumah segera cabut baterai laptop dan segera lap bagian body laptop, layar, casing dan keyboard dengan kain lap.
  2. Gunakan Handuk sebagai Alas di permukaan agar cairan yang ada di serap oleh handuk. Handuk ini juga bisa terus di gunakan sebagai alas untuk beberapa hari agar laptop semakin kering.
  3. Sapu cairan yang ada pada casing, layar dan keyboard dengan kuas agar semua bagian yang sempit kering merata.
  4. Bila anda merasa air hujan juga masuk kedalam komponen buka casing laptop dengan obeng +/- lalu lepaskan beberapa komponen vital seperti Hardisk dan Ram bila anda memang mampu.
  5. Setelah RAM terlepas bersihkan bagian bawah RAM dengan penghapus pensil agar debu dan air menghilang dan RAM bisa terus terbaca.
  6. Lalu saat casing masih terbuka keringkan beberapa bagian komponen dengan kain Lap/ mikro fiber
  7. Hilangkan kotoran kering pada bagian sempit komponen dengan kuas dan penyedot debu
  8. Keringkan komponen dengan hairdyer agar komponen dapat cepat kering merata.
  9. Lalu bila semua sudah kering pasang kembali komponen dan tutup casing.

Semua langkah langkah di atas tentunya sangat berguna untuk mengatasi laptop yang terkena air hujan. Meski begitu langkah yang paling bijak tentunya mengedepankan upaya pencegahan. Baca juga : Cara mengatasi laptop blank dan penyebab keyboard laptop rusak.

Sebelum terjebak hujan di tengah jalan bungkuslah laptop dengan double plastik saat akan berpergian. Atau segera menepi saat terjadi hujan. Dengan mahalnya harga komponen laptop di pasaran maka tentunya mencegah lebih baik dari pada mereparasi.

You may also like