5 Cara Mengatasi Modem Cepat Panas Dengan Mudah

Modem merupakan salah satu perangkat keras yang dibutuhkan komputer agar bisa mengakses internet. Pada era internet seperti saat ini rasanya penting untuk setidaknya mengetahui tentang perangkat untuk mengakses internet dan fungsinya. Dengan pengetahuan dasar tersebut setidaknya kita dapat membekali diri kita dengan pengetahuan untuk mengatasi permasalahan umum dalam koneksi internet.

ads

Modem seperti perangkat elektronik pada umumnya dapat menjadi sangat panas. Fungsi modem yang bertindak sebagai penghubung antara perangkat komputer dengan dunia internet tentu merupakan sesuatu yang penting agar kita bisa tetap terhubung dengan internet.

Sangat mudah untuk membuat modem cepat panas. Meletakan nya yang kurang baik, sirkulasi udara di sekitarnya yang buruk, ataupun kondisi udara sekitar yang berdebu dapat menjadi kontributor yang membuat modem menjadi cepat panas. Jenis – jenis modem pada umumnya pasti pernah mengalami ini.

Kebanyakan modem dan router yang dijual atau didistribusikan diselimuti oleh rangka plastik. Plastik merupakan bahan material yang murah dan mudah dibentuk. Tapi ada satu hal kekurangan yang sangat mempengaruhi modem, material ini merupakan konduktor panas yang sangat buruk. Ini menyebabkan panas yang ada didalam perangkat modem menjadi tidak bisa disebarkan dengan baik, dan semakin lama jika dalam kondisi yang sangat parah dapat melelehkan bagian dari rangka plastiknya.

Panas  ini disebabkan oleh radiasi chip, atau komponen sirkuit yang ada pada modem. Radiasi panas ini yang seringkali membuat modem menjadi sangat panas bahkan sampai tidak bisa disentuh. Tentu panas ini bukanlah hal yang baik karena panas merupakan salah satu penyebab yang dapat mengurangi usia dari suatu komponen elektronik, dan ini bukanlah hal yang baik.

Sinyal yang lemah, suhu lingkungan sekitar dan aktvitas browsing internet pengguna modem dapat juga menjadi pengaruh yang membuat modem cepat panas. Jika anda mendownload file yang sangat besar dengan waktu yang sangat lama ini akan berpengaruh terhadap panas yang dihasilkan oleh modem. Sebagai negara yang beriklim tropis juga bukan merupakan berita yang menyenangkan bagi pengguna modem. Iklim yang panas juga membantu memberikan kontribusi panas terhadap perangkat elektronik.

Jadi apa yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hal ini? Dengan memahami penyebab panas tersebut tentu merupakan langkah awal cara mengatasi modem cepat panas. Anda setidaknya harus bisa melihat perbedaan modem dan router.  Meskipun saat ini modem yang diberikan ISP sudah memiliki router dalam perangkat modem nya, dengan mengetahui hal ini dapat memberikan wawasan yang lebih lagi tentang perangkat yang menghubungkan komputer anda dengan internet.

Berikut merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi modem cepat panas:

  • Tempatkan modem di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik
  • Berikanlah sandaran kipas angin pendingin agar modemnya tidak mengalami overheated
  • Jangan letakkan modem di dekat perangkat elektronik lainnya yang dapat memberikan radiasi panas.
  • Jangan letakkan modem ditempat yang sempit yang membuat panas dari dalam modem tidak bisa terdistribusi dengan baik.
  • Ada beberapa modem yang melakukan reboot ataupun disconnect secara otomatis ketika perangkat tersebut mengalami overheated. Jika modem anda mengalami overheated berikanlah waktu setidaknya satu menit untuk mematikan modem tersebut agar bisa mendinginkan panas yang ada didalamnya. Setelah modem nya mendingin anda bisa menyalakan nya kembali.

Meskipun ada cara untuk menggunakan plastik air agar bisa menghilangkan panas dari modem dengan cepat. Tapi cara ini bukanlah hal yang baik karena seperti yang diketahui oleh banyak orang bahwa air adalah pasangan yang sangat tidak baik untuk perangkat elektronik. Jadi bukannya mendapat pendingin modem, anda bisa saja akan menemukan modem anda menjadi rusak akibat kebocoran yang bisa saja terjadi.

Cara mengatasi modem cepat panas tentu  dapat juga membantu cara mempercepat modem. Perlu diketahui bahwa modem yang panas kadang juga dapat mempengaruhi kecepatan performa dari modem. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 22nd, November 2017 / 02:38 Oleh :
Kategori : Modem