6 Cara Mempercepat Modem Paling Simpel

Siapa sih masyarakat zaman sekarang yang tidak membutuhkan Internet? Internet seakan sudah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat yang sangat diperlukan sekarang ini. Alasannya hampir semua kegiatan sehari-hari saat ini menggunakan jaringan internet. Contohnya, Anda menggunakan internet untuk mengefisiensikan pekerjaan ketika bekerja, Anda bisa mendapatkan banyak materi dan ilmu tanpa harus membaca banyak buku ketika belajar, lalu Anda bisa berbelanja di rumah melalui online shop. Sehingga, tak heran jika banyak orang membutuhkan koneksi internet untuk menunjang kehiudpan sehari-hari.

ads

Salah satu cara untuk mendapatkan koneksi internet adalah menggunakan modem. Mungkin Anda ada yang belum familiar dengan modem. Jadi, modem adalah sebuah perangkat berukuran kecil yang hampir mirip dengan flash disk. Fungsi modem adalah untuk bisa menghubungkan komputer atau laptop dengan internet. Perangkat ini termasuk perangkat yang dipasang secara eksternal dan tidak terpasang secara langsung dengan komputer. Oleh karena itu, sering kali banyak orang yang kehilangan modem saking ukurannya yang terlalu kecil.

Selain itu, sering kali ditemui beberapa modem yang lelet, sehingga Anda harus pintar mencari cara mempercepat koneksi internet melalui modem, karena ada beberapa pengaturan modem memang diatur dengan pengaturan standar, akibatnya modem terkesan lelet saat hendak digunakan. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai cara mempercepat modem.

Namun, di zaman koneksi 4G dan fiber optik ini, sudah banyak yang sudah mulai tidak menggunakan modem di tempat umum, karena sudah banyak tempat Wi-Fi yang dipasang oleh provider internet hingga pemerintah daerah untuk menunjang komunikasi masyarakat. Bahkan, beberapa gadget smartphone saat ini sudah memiliki kecepatan internet yang lebih cepat ketimbang menggunakan modem. Selain itu, penggunaan modem yang kurang praktis jika dipakai untuk beramai-ramai menambah pengurangan minat masyarakat untuk menggunakan modem sebagai perangkat untuk mendapatkan akses internet.

Meskipun begitu, Anda sebenarnya masih bisa menggunakan modem ketika membutuhkan sambungan internet pribadi di rumah. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui cara mempercepat modem sehingga Anda bisa mendapatkan sambungan internet melalui modem yang lebih cepat karena memang sambungan internet dari modem hanya digunakan oleh Anda sendiri saja.

Anda tak perlu khawatir, karena cara-cara ini tidak menyalahi aturan yang bisa mengakibatkan Anda mendapatkan teguran atau hukuman. Cara mempercepat koneksi modem yang akan kami bahas berikut ini terbilang legal dan kegiatan Anda ini tidak bisa diganggu gugat oleh provider internet, karena hal tersebut sudah menjadi hak Anda sebagai konsumen. Sehingga, aman bagi Anda untuk meningkatkan koneksi modem hingga kecepatan yang maksimum sekalipun.

Mungkin Anda bertanya, mengapa sih harus bisa meningkatkan koneksi sambungan internet? Mungkin pertanyaan tersebut akan terjawab jika Anda ingin mendapatkan kepuasan dan tingginya efisiensi ketika bekerja, atau jika Anda sering mengunggah dan mengunduh file yang berukuran besar. Baiklah, tak perlu lama-lama, berikut beberapa cara mempercepat koneksi internet pada modem yang bisa Anda coba di rumah:

1. Maksimalkan bandwidth modem yang Anda punya

Cara ini bisa dilakukan sendiri oleh Anda dengan mudah. Caranya buka software sambungan internet, lebih baik menggunakan software bawaan dari modem agar Anda bisa lebih memaksimalkan kinerja modem Anda. Lalu buka menu Tools > Network > dan pilih “WCDMA Only”. Cara ini bisa memaksimalkan kecepatan download dan upload pada modem Anda karena modem akan bekerja pada koneksi tertinggi.

Tetapi Anda harus melihat kembali pada kardus atau kemasan modem Anda, karena setiap varian modem memiliki maksimal kecepatan download dan upload tertentu. Hal tersebut akan menentukan maksimal kecepatan yang bisa Anda dapatkan dari modem tersebut dan kecepatan tersebut sudah tidak bisa dimaksimalkan kembali dengan berbagai cara.


2. Pilih provider internet yang mempunyai sinyal dan jaringan kuat

Anda sudah memaksimalkan bandwidth di modem namun Anda masih belum puas dengan kecepatannya? Sebaiknya Anda periksa lagi provider internet apa yang Anda gunakan di modem Anda saat ini. Alasannya kecepatan internet dari setiap provider bisa berbeda-beda. Biasanya semakin mahal dan terkenal suatu provider internet, maka kualitas jaringannya akan semakin baik dan kekuatan sinyalnya juga semakin kuat.

Meskipun begitu, kualitas jaringan provider juga bergantung pada lokasi Anda berada, karena setiap provider internet memiliki keunggulan masing-masing. Oleh karena itu, cari tahu provider internet terbaik yang ada di daerah Anda.

Selain itu, pertimbangkan juga teknologi yang digunakan, apakah menggunakan GSM atau CDMA. Anda harus mengetahui kelebihan dan kekurangan jaringan GSM dan CDMA, kedua teknologi jaringan seluler yang umum digunakan oleh semua provider internet di Indonesia.

3. Jangan berada di ruangan “tertutup”

Untuk Anda yang menggunakan internet namun berada di ruangan yang kedap atau tertutup, biasabya akan sulit untuk mendapatkan sinyal dari provider internet Anda. Mengapa bisa begitu? Alasannya sinyal dari provider tidak akan bisa masuk pada ruangan yang kedap atau tertutup bahan yang tebal. Contohnya seperti di lift, ruang dengan sistem beton tertutup, atau berada di bawah gedung besar (tempat parkir basement misalnya). Oleh karena itu, jika Anda ingin menggunakan internet yang lebih cepat, beranjaklah ke ruangan terbuka.

Jika Anda sedang berada di basement atau lantai dasar, maka Anda sebaiknya naik ke tingkat atau lantai yang lebih tinggi, karena sinyal dari provider akan kesulitan untuk menjangkau area tersebut.

Namun, jika Anda bekerja pada bangunan yang memiliki struktur tertutup, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan router. Kenali lebih dulu perbedaan modem dan router untuk penggunaan pada ruangan tertutup.

4. Upgrade generasi jaringan internet modem Anda

Anda masih belum puas juga dengan kecepatan internet yang didapatkan modem Anda saat ini meskipun Anda sudah memaksimalkannya dan sudah memilih provider internet terbaik di daerah Anda? Sepertinya Anda harus mencoba generasi jaringan internet terbaru saat ini, yaitu 4G. Teknologi generasi 4G bisa memberikan kecepatan internet 10 kali lebih cepat ketimbang teknologi generasi 3G.

Beberapa provider internet sekarang ini sudah mulai mengembangkan jaringan generasi 4G. Nah, untuk menyesuaikan dengan teknologi 4G, modem Anda juga harus melakukan upgrade terlebih dulu. Jika modem Anda tidak mendukung koneksi 4G, mau tak mau Anda harus membeli lagi modem baru yang mendukung jaringan 4G. Tenang, banyak kok modem 4G terbaik yang bisa Anda pilih. Nah, ketika Anda membeli modem 4G baru, ada yang harus Anda perhatikan dahulu.

Sebagai informasi bagi Anda, banyak modem yang katanya sudah bisa 4G/ LTE tapi faktanya tidak bisa 4G. Oleh karena itu, Anda lihat kembali spesifikasi modem yang Anda beli tersebut. Khususnya pada bagian frekuensi jaringan berapa saja modem tersebut bekerja. Hal tersebut karena tidak semua operator melayani jaringan 4G di frekuensi yang sama. Ada provider internet yang menggunakan frekuensi 2300 MHz, 850 MHz, atau 1800 MHz untuk jaringan 4G.

Contohnya, jika ada modem 4G yang spesifikasinya tidak tertulis frekuensi 1800 MHz maka tidak bisa digunakan untuk mendapatkan jaringan internet provider yang menjalankan jaringan 4G di 1800 MHz. Dengan catatan, hanya jaringan 4G-nya saja, dan ada kemungkinan besar masih bisa digunakan untuk jaringan 3G.


5. Pilih modem broadband yang universal

Ada banyak jenis-jenis modem yang dijual di pasaran. Seringkali, beberapa modem di-bundling dengan kartu perdana provider tertentu. Walaupun harganya lebih murah, tetapi biasanya Anda tidak bisa menggunakan modem tersebut untuk kartu dari provider lain. Apalagi jika ternyata jaringan internet provider yang membundling modem tersebut ternyata memiliki kualitas jaringan yang cukup buruk di daerah Anda.

Oleh karena itu, pilihlah modem yang universal walaupun agak sedikit mahal, agar modem tersebut bisa dipakai oleh kartu semua provider. Sehingga Anda bisa membandingkan satu provider dengan provider lainnya. Di antara sekian banyak provider tersebut, pasti ada kok provider internet yang memiliki koneksi internet paling cepat.

6. Harga paket internet jangan dijadikan prioritas

Ada harga, ada kualitas. Begitu mungkin inti dari poin terakhir ini. Seringkali provider internet yang memberikan harga murah untuk paket internet, ternyata memiliki kualitas jaringan internet yang buruk. Jika masalah Anda adalah kecepatan internet, sebaiknya Anda mengabaikan harga paket internet. Kecuali, jika ternyata provider internet pilihan Anda memiliki harga paket internet yang murah dan kualitas jaringan yang cukup baik. Anda patut bersyukur jika mendapatkannya.

Sekian artikel kami kali ini mengenai cara mempercepat modem. Semoga artikel kami dapat membantu Anda untuk mendapatkan koneksi internet yang stabil dan baik.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Sunday 12th, November 2017 / 00:34 Oleh :
Kategori : Modem