Inilah 5 Cara Memperbaiki Modem Rusak Berdasarkan Penyebabnya

Modem adalah salah satu perangkat keras komputer atau laptop yang biasa kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Fungsi modem adalah untuk menghubungkan komputer atau laptop dengan internet. Dahulu, modem identik dengan saluran telepon, karena metode komunikasi jarak jauh saat itu adalah menggunakan telepon. Kini, seiring perkembangan zaman, modem sudah menggunakan jaringan tanpa kabel dalam operasionalnya.

ads

Jenis-jenis modem ada beberapa macam. Ada yang berupa flash disk dengan port USB, ada juga yang seperti router dengan colokan kabel telepon (RJ11) untuk modem analog. Untuk saat ini, bentuk fisik seperti flash disk lebih populer karena pengguna cukup mencolokkan perangkat dan langsung bisa dipakai. Eitsss, Anda harus tahu dulu yah perbedaan modem dan router hehehe

Sebagai salah satu perangkat keras jaringan komputer, bisa dibilang modem adalah salah satu perangkat vital untuk menghubungkan Anda dengan dunia luar melalui internet. Apalagi di zaman serba maju ini, kebutuhan akan internet semakin terasa penting. Oleh karena itu, modem harus selalu dalam kondisi baik dan prima agar bisa digunakan setiap saat. Namun, namanya juga perangkat elektronik, suatu saat Anda akan mengalami dimana modem Anda tiba-tiba bermasalah atau rusak. Hal ini ditandai dengan tidak bisanya modem untuk terhubung ke internet.

Kerusakan modem biasanya terjadi dari segi software atau malah hardwarenya. Untuk masalah software, biasanya cukup diatur ulang saja. Sedangkan untuk masalah hardware, biasanya terjadi karena faktor usia dari perangkat modem tersebut.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai cara memperbaiki modem rusak. Cara-cara yang akan kami bahas cukup mudah dilakukan kok. Baiklah, mari kita simak cara-caranya:

1. Setting Profile Modem

Salah satu penyebab modem tidak mau terhubung ke internet adalah terdapat kesalahan atau tidak adanya profil dari penyedia layanan internet yang digunakan. Profil ini memuat beberapa pengaturan teknis agar modem tersambung dengan internet, mulai dari nomor akses, DNS Server, Proxy, Port yang digunakan, dan lainnya. Untuk memperbaiki hal tersebut, Anda harus melakukan beberapa langkah di bawah ini:

  • Buka software atau aplikasi bawaan (default) dari modem Anda. Biasanya ketika Anda mencolokkan modem ke komputer atau laptop, aplikasi tersebut sudah otomatis akan terbuka sendiri. Jika tidak terbuka, buka saja secara manual.
  • Pilih Options atau Setting
  • Pilih Profile Management
  • Tambahkan profil baru, dengan cara klik Add, lalu isi kolom yang tersedia sesuai data yang diberikan oleh provider internet Anda. Apabila anda tidak tahu, Anda bisa mencari informasinya melalui internet atau menghubungi call center dari provider internet Anda.
  • Klik Save untuk menyimpan profil yang baru saja dibuat.
  • Terakhir, gunakan profil yang baru Anda buat tadi untuk dial up modem Anda

2. Masalah Sinyal

Masalah kedua yang menyebabkan modem tidak bisa terhubung dengna internet adalah sinyal yang tersebar di daerah tempat tinggal Anda cenderung lemah. Solusi dari masalah ini adalah, dengan membeli kabel USB panjang yang tersedia di toko komputer. Lalu, hubungkan modem ke komputer menggunakan kabel tersebut.

Letakkan modem Anda di tempat yang tinggi agar bisa menjangkau sinyal dengan baik. Sesuaikan juga panjang kabel USB dengan kebutuhan Anda. Atau jika perlu, pasang kaset bulat bekas pada ujungnya secara bersamaan dengan modem. Posisikan kaset yang berwarna silver menghadap ke atas. Fungsi dari kaset ini adalah agar penerimaan sinyal dari menara BTS ke modem bisa lebih optimal dan maksimal tertangkapnya. Karena mengandalkan antena pada modem saja tidak cukup untuk mendapatkan sinyal yang optimal. Apalagi jika daerah tempat tinggal Anda kurang terjangkau sinyal internet.


3. Disable Modem

Bisa jadi, penyebab modem Anda rusak dan tidak bisa terhubung ke internet adalah karena modem tersebut di-disable. Maksudnya, modem Anda dianggap “tidak difungsikan” oleh komputer atau laptop Anda. Sehingga, meskipun Anda sudah mencolokkan modem ke komputer atau laptop Anda, modem Anda tetap dianggap “tidak berfungsi”. Meskipun Anda sudah menggunakan modem 4G terbaik pun, jika modem tersebut tidak di-enable, maka tidak akan berfungsi.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda lakukan beberapa langkah berikut:

  • Buka Control Panel dari Windows Anda, dengan cara klik Start > Control Panel. Atau tekan ikon Windows + R untuk membuka jendela Run, lalu ketik “control” atau “control panel”.
  • Pada pilihan “Sort by”, pilih Category.
  • Pilih Network and Internet > Network and Sharing Center.
  • Pilih “Change adapter settings”
  • Klik kanan pada nama perangkat modem Anda. Biasanya, nama dari modem Anda adalah Mobile Broadband.
  • Pilih Enable
  • Tunggu hingga modem Anda sudah selesai di-enable.

4. Perbaiki Slot Kartu Provider Internet

Bisa jadi, salah satu penyebab mengapa modem Anda rusak dan tidak terbaca oleh komputer atau laptop Anda karena ada masalah pada hardware modem Anda. Salah satu komponen yang biasanya bermasalah adalah slot kartu provider internet. Berikut beberapa langkah perbaikan yang bisa Anda ikuti:

  • Siapkan modem yang rusak
  • Lepaskan baut modem pada bodi bagian belakang dari modem Anda
  • Lepaskan semua bodi pada modem
  • Siapkan karet gelang untuk kartu provider, lalu pasangkan karet tersebut pada bagian tengah modem.
  • Ikatlah kartu provider internet dengan karet gelang tadi di atas lempengan tembaga 6 titik sampai posisi kartu tepat mengenai lempengan tersebut.
  • Coba lihat pada layar monitor, apakah modem Anda sudah terbaca komputer atau belum. Jika belum perbaiki kembali posisinya. Jika posisi kartu sudah tepat dan modem sudah terbaca oleh komputer, selanjutnya kita beralih ke bagian penutup modem Anda

Selain cara di atas, ada cara lain untuk memperbaiki slot kartu provider internet pada modem Anda. Berikut cara-caranya:

  • Siapkan kertas 3 lapis atau bahan tipis yang berlapis lainnya sesuai kebutuhan. Tujuannya adalah untuk mengganjal posisi kartu provider internet
  • Siapkan juga lakban atau solasi.
  • Potong kertas dan selotip dengan panjang kurang lebih 3 (tiga) cm dan lebarnya kurang lebih 2 (dua) cm. Ukuran tersebut menyesuaikan dengan lebar dan panjang dari posisi kartu provider internet.
  • Pasang kertas dan selotip sebagai perekat pada slot kartu provider internet.
  • Pasang kembali semua bagian bawah dari modem Anda beserta bautnya.
  • Masukkan kartu provider internet pada slot kartu modem Anda. Lalu pasang kembali penutup modem.
  • Lihatlah hasilnya pada layar monitor komputer Anda.

5. Bersihkan Port USB Modem dan Komputer

Port USB yang kotor juga bisa menjadi salah satu penyebab modem Anda rusak dan tidak terbaca pada komputer Anda. Port USB yang kotor bisa mengakibatkan lempengan tembaga dari port USB komputer tidak bisa tersambung ke lempengan tembaga dari slot USB pada modem karena terhalang oleh debu yang menempel. Bisa jadi, kotornya port USB ini juga menjadi penyebab panasnya modem Anda ketika berfungsi. Jadi, dengan membersihkan port USB, anda telah melakukan salah satu cara mengatasi modem cepat panas.

Cara untuk membersihkan port USB pada komputer Anda adalah sebagai berikut:

  • Matikan komputer atau laptop Anda. Pastikan Anda telah mencabut kabel listrik komputer dari sumber listrik
  • Siapkan kuas kecil
  • Masukkan bulu-bulu kuas ke port USB pada komputer dan slot USB pada modem.
  • Usap-usap port dan slot USB secukupnya
  • Agar hasil pembersihan maksimal, gunakan juga Contact Cleaner. Cara penggunaannya, Anda cukup semprotkan saja pada port USB. Kemudian, tunggu hingga kering.

Gimana, mudah bukan cara memperbaiki modem rusak yang telah kami bahas di atas? Sekian dahulu artikel kami kali ini. Semoga artikel kami ini dapat membantu Anda untuk memperbaiki modem Anda yang rusak.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Sunday 03rd, December 2017 / 22:27 Oleh :
Kategori : Modem