8 Kelebihan dan Kekurangan Adobe Audition Bagi Para Penggunanya

Software pengolah audio tentunya bukanlah hal yang asing bagi khalayak orang banyak terutama bagi mereka yang sering bersentuhan dengan dunia audio visual, entah itu video, musik, ataupun perfilman. Salah satu dari banyaknya software pengolah audio profesional yang sudah tidak asing bagi sebagian besar orang adalah Adobe Audition. Adobe Audition merupakan salah satu software yang bisa dikategorikan sebagai macam – macam software multimedia.

ads

Dulu Adobe Audition dikenal dengan nama Cool Edit Pro, yang pada waktu itu dikembangkan oleh Syntrillium. Syntrillium Software dibentuk  pada tahun 1990-an oleh Robert Ellison dan David Johnston yang keduanya merupakan mantan karyawan yang pernah bekerja di pengembang software ternama yakni Microsoft. Awalnya software ini dikembangkan oleh Syntrillium dengan nama Cool Edit, yang didistribusikan sebagai crippleware (salah satu bentuk dari perangkat lunak shareware dengan fitur terbatas) untuk komputer jenis Windows.

Versi berbayarnya memiliki fitur yang lebih berguna dan fleksibel untuk software jenis ini di masanya. Seiring dengan pengembangan software ini, Cool Edit pada akhirnya dirilis dengan nama Cool Edit Pro. Pada versi ini Syntrillium menambahkan kemampuan untuk bekerja dengan berbagai track dan penambahan fitur – fitur lainnya.

Pemrosesan audio pada awal perilisannya memberikan beban yang berat bagi komputer pada waktu itu. Mengingat waktu di awal perilisan, kebanyakan komputer pada masa itu belum memiliki performa prosesor dan kapasitas memori seperti saat ini. Akan tetapi permasalahan ini akan diperbaiki seiring dengan berjalannya waktu. Dengan munculnya versi yang lebih baru software ini menambahkan fitur -fitur yang nantinya  dapat mengurangi beban dari pemrosesan audio.

Penggunaan dari software ini juga dapat membantu anda dalam melakukan pengeditan terhadap rekaman audio termasuk hasil dari rekaman software untuk karaoke di laptop. Nantinya pada tahun 2003 software Cool Edit Pro dari Syntrillium dibeli oleh Adobe seharga 16,5 Juta USD. Pada waktu itu juga software ini berubah dari nama Cool Edit Pro menjadi Adobe Audition.

Banyak update yang dilakukan oleh Adobe Audition, dan dalam beberapa tahun belakangan. Bagi siapa saja yang mengikuti perkembangan dunia software audio dan video, maupun dalam dunia grafis, pastinya menyadari kebijakan baru dari Adobe.

Kebijakan ini membuat semua aplikasi terbaru dari Adobe hanya bisa dibeli lewat langganan dari program yang disebut Creative Cloud. Pada waktu ini semua program yang dilisensi oleh Adobe termasuk Adobe Audition hanya bisa diperoleh secara resmi melalui pelangganan Adobe Creative Cloud. Dengan kata lain anda tidak membeli software tersebut melainkan anda hanya melakukan penyewaan yang bisa dibayar dalam waktu bulanan ataupun tahunan.

Adobe Creative Cloud memliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, tapi disini kita tidak akan membahas lebih lanjut jauh tentang hal itu. Sebagai salah satu software yang memproses audio keberadaan dari Adobe Audition juga tidak bisa dilepaskan dari software keluarga Adobe yang lainnya. Keberadaan Adobe Audition telah mendukung eksistensi dari kelebihan dan kekurangan Adobe Premiere .

Setelah pengenalan tentang Adobe Audition, disini saya ingin berbagi tentang kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh software ini. Jadi langsung saja berikut merupakan kelebihan dan kekurangan Adobe Audition.

Kelebihan

  • Interface (Tampilan Layar Pengguna)

Pada awalnya, interface dari Adobe Audition tidak seperti saat ini. Dengan tampilan yang terkesan kaku, dan cukup rumit membuat orang – orang kebanyakan pada waktu itu belum memilih untuk menggunakan software ini.

Akan tetapi dengan dirilisnya versi terbaru dari Adobe Audition tampilan layar pengguna Adobe Audition semakin menjadi ramah pengguna (User-friendly) dan pada Adobe Audition Creative Cloud tampilan layar dari software ini hadir dengan lebih intuitif dan lebih mudah untuk disesuaikan.

Salah satu hal yang membuat tampilan interface dari Adobe Audition menarik adalah kemampuannya untuk mengubah layout tampilan layar sesuai dengan versi sebelumnya atau versi terbarunya.

  • Performa

Adobe Audition adalah salah satu software pengedit audio profesional yang memungkinkan anda untuk merekam lebih banyak sumber audio secara bersamaan. Perlu diingat bahwa tidak banyak software audio profesional yang dapat melakukan hal ini.

Pada versi Adobe Creative Cloud, software ini telah mengalami peningkatan dalam hal performa dimana terjadinya peningkatan untuk pengolahan audio, tampilan yang lebih responsif, dan alur kerja yang lebih meningkat. Dengan performa yang baik tentu ini merupakan berita yang baik bagi fungsi soundcard.

Software ini juga memiliki mixer full digital yang dapat membantu anda mengatur levels, dan parameter lainnya dari berbagai audio track secara bersamaan. Karakteristik – karakteristik ini merupakan ciri dari DAW (Digital Audio Workstation) yang membuat Adobe Audition sangat berguna dalam pemrosesan audio.

  • Kemampuan Restorasi Audio.

Salah satu kemampuan paling menarik dari program Adobe Audio adalah software ini memungkinkan anda untuk memperbaiki track audio yang memiliki suara kurang jernih. Seperti suara – suara  yang ada pada musik piringan hitam. Dengan menggunakan software ini, anda dapat menghilangkan suara kurang jernih dari musik yang anda inginkan.

  • Sound Effects yang beragam dan Keberadaan Batch Processing.

Software pengeditan ini memungkinkan anda untuk membuat efek suara yang beragam. Efek suara yang dimaksud merupakan efek perlambatan suara, pembalikan suara, distorsi, dan masih banyak lagi. Semua efek suara ini dapat diaplikasikan pada audio anda termasuk beberapa pengaturan yang memudahkan anda untuk mendapatkan suara seperti yang anda inginkan.

Anda juga dapat menggunakan software ini untuk menggabungkan berbagai efek suara ini secara bersama. Ini merupakan karakteristik performa yang sering ditemukan pada software yang memiliki DAW.

Jika anda memiliki banyak file audio yang ingin anda proses, anda juga dapat melakukan batch processing yang tentu merupakan nilai tambah untuk performa Adobe Audition.

  • Rekam Jejak yang baik

Software ini memiliki rekam jejak yang baik dalam hal kapabilitas pemrosesan audio. Dengan update yang sering dilakukan tentunya, kita bisa menemukan fitur – fitur yang lebih menarik lagi ke depannya.

Kelebihan – kelebihan ini yang membuat Adobe Audition salah satu software pengolah audio yang banyak digunakan oleh banyak orang. Penggunaan dari Adobe Audition juga tidak bisa dilepaskan dari software pengeditan video termasuk software gratis untuk edit video.

Kekurangan

Dibalik kelebihan yang dimiliki oleh Adobe Audition, software ini juga memiliki beberapa kekurangan yang tidak dapat dipungkiri. Berikut merupakan kekurangan yang dimiliki oleh Adobe Audition.

  • Tidak tersedianya fasilitas preview file audio saat melaksanakan perintah Open File.
  • Tidak tersedianya fasilitas rewire untuk software pengolah audio ataupun perangkat tambahan (plugin) yang dapat membantu untuk membuat koneksi dengan program lainnya yang ada.
  • Adobe merupakan perusahan pertama yang melakukan pengimplementasian sistem kerja langganan berbasiskan cloud bagi para penggunanya. Sayangnya pengimplementasian ini belum sepenuhnya memberikan kepuasan bagi para penggunanya.

Itu tadi pembahasan tentang kelebihan dan kekurangan Adobe Audition. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 04th, December 2017 / 06:38 Oleh :
Kategori : Software