Inilah 6 Cara Mempercepat Koneksi Internet Modem

Saat ini, internet sudah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat yang sangat penting. Hampir semua kegiatan sehari-hari saat ini sudah menggunakan jaringan internet. Mulai dari ketika bekerja, belajar, berkomunikasi, bahkan berbelanja. Sehingga, tak heran jika banyak orang membutuhkan koneksi internet untuk menunjang kehidupannya.

ads

Untuk mendapatkan koneksi internet, Anda bisa menggunakan beberapa cara. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menggunakan modem. Modem adalah sebuah perangkat yang mengubah sinyal analog dari telepon menjadi sinyal digital untuk komunikasi data. Dahulu, modem identik sebagai perangkat tambahan untuk telepon rumah. Namun saat ini, modem sudah beralih bentuk seperti flashdisk dan bisa langsung dihubungkan ke komputer atau laptop. Fungsi modem adalah untuk menghubungkan komputer atau laptop dengan jaringan internet melalui jaringan telepon atau seluler. Perangkat ini termasuk perangkat yang dipasang secara eksternal dan tidak terpasang secara langsung dengan komputer.

Namun, saat ini koneksi internet sudah didukung oleh jaringan seluler, baik oleh jaringan 4G ataupun jaringan kabel fiber optik. Selain itu, beberapa tempat umum menyediakan fasilitas hotspot bagi masyarakat. Hal tersebut membuat banyak orang yang sudah tidak menggunakan modem sebagai cara untuk terkoneksi ke jaringan internet.

Meskipun begitu, beberapa orang masih membutuhkan modem sebagai sambungan internet pribadi di rumah. Oleh karena itu, peran modem sebagai cara untuk mendapatkan koneksi internet masih diperlukan. Dengan modem, Anda bisa mendapatkan sambungan internet yang lebih cepat karena sambungan internet dari modem hanya digunakan oleh Anda sendiri saja.

Meskipun begitu, masih banyak orang yang belum puas akan kecepatan internet yang didapatkan dari modem. Nah, untuk mengatasinya, Anda perlu mengetahui cara mempercepat koneksi internet modem.

Mungkin Anda pernah bertanya dalam hati, kenapa sih sambungan internet Anda terasa lambat? Pertanyaan tersebut biasanya tercetus jika Anda ingin mendapatkan kepuasan dan tingginya efisiensi ketika bekerja, atau jika Anda sering mengunggah dan mengunduh file yang berukuran besar, atau mungkin Anda seorang gamer yang membutuhkan koneksi internet cepat.

Cara mempercepat koneksi internet modem yang akan kami bahas di artikel ini tidak melanggar hukum kok, jadi Anda tak perlu khawatir. Kegiatan Anda ini pun tidak bisa diganggu gugat oleh operator jaringan internet, karena sudah menjadi hak Anda sebagai konsumen untuk mendapatkan koneksi internet yang cepat.

Baiklah, berikut ini beberapa cara mempercepat koneksi internet modem yang bisa Anda coba sendiri di rumah:


1. Maksimalkan bandwidth modem

Cara ini bisa dilakukan oleh Anda sendiri dan cukup mudah. Buka software driver bawaan dari modem, lalu buka menu Tools > Network > dan pilih “WCDMA Only” atau “4G Only”. Cara ini dapat memaksimalkan kecepatan download dan upload pada modem karena modem akan bekerja pada koneksi tertinggi (tergantung dari kemampuan modemnya itu sendiri).

Untuk memastikan, periksa spesifikasi modem Anda pada kardus atau kemasan modemnya, karena setiap varian modem memiliki maksimal kecepatan download dan upload tertentu. Hal tersebut tentu saja akan menentukan maksimal kecepatan yang bisa Anda dapatkan dari modem tersebut. Nilai kecepatan yang tercantum sudah tidak bisa dimaksimalkan kembali dengan cara apapun.

2. Pilih provider internet yang kualitas jaringannya bagus

Anda sudah memaksimalkan bandwidth di modem namun Anda masih belum puas dengan kecepatan internet yang Anda terima? Mungkin Anda harus memeriksa kualitas jaringan provider internet yang Anda gunakan. Kecepatan internet dari setiap provider bisa berbeda-beda dan dipengaruhi oleh banyak hal, mulai dari banyaknya gedung bertingkat, hingga jauhnya lokasi BTS (Base Transceiver Station) provider yang Anda gunakan. Oleh karena itu, cari tahu provider internet mana yang cocok Anda gunakan di daerah tempat tinggal Anda.

Selain itu, pertimbangkan juga teknologi yang digunakan. Jika Anda menggunakan jaringan telepon seluler, Anda harus mengetahui kelebihan dan kekurangan jaringan GSM dan CDMA, kedua teknologi jaringan seluler yang umum digunakan oleh semua provider internet di Indonesia. Sedangkan jika Anda menggunakan jaringan kabel, apakah provider Anda masih menggunakan kabel tembaga atau sudah menggunakan kabel fiber optik.

3. Jangan berada di ruangan “tertutup”

Untuk Anda yang menggunakan modem namun berada di ruangan yang kedap atau tertutup, biasanya akan sulit untuk mendapatkan sinyal dari provider internet Anda, khususnya bagi Anda yang menggunakan jaringan seluler. Kok bisa? Alasannya simpel, karena sinyal seluler tidak akan bisa masuk pada ruangan yang kedap atau tertutup bahan yang tebal. Contohnya seperti di dalam lift, ruang dengan sistem beton tertutup, atau di bawah gedung besar (tempat parkir basement misalnya). Oleh karena itu, jika Anda ingin menggunakan internet yang lebih cepat, pergilah ke ruangan terbuka.

Jika Anda mau tak mau menggunakan modem di dalam bangunan yang strukturnya tertutup, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan koneksi internet dari router. Tentu saja, router Anda harus tersambung dahulu dengan jaringan provider internet. Coba deh Anda kenali dulu perbedaan modem dan router.

4. Upgrade modem Anda

Masih belum puas juga dengan kecepatan internet yang didapatkan modem Anda saat ini? Anda sudah memaksimalkan bandwidthnya? Sudah memilih provider internet terbaik di daerah Anda? Mungkin Anda harus mencoba teknologi jaringan internet terbaru saat ini, yaitu 4G. Teknologi 4G bisa memberikan kecepatan internet 10 kali lebih cepat dibandingkan teknologi generasi 3G. Begitupun dengan jaringan kabel, yang sudah menggunakan jaringan fiber optik. Fiber optik bisa mentransfer data lebih cepat ketimbang kabel tembaga.

Hampir semua provider internet sekarang ini sudah menggunakan teknologi 4G dan fiber optik. Jika modem Anda tidak mendukung koneksi 4G, mau tak mau Anda harus membeli lagi modem baru yang mendukung jaringan 4G. Sudah banyak kok modem 4G terbaik yang bisa Anda beli.

Eitsss, ketika Anda membeli modem 4G baru, ada yang harus Anda perhatikan. Banyak modem yang katanya sudah bisa 4G/ LTE tetapi faktanya tidak bisa beroperasi di jaringan 4G. Hal tersebut karena tidak semua operator di Indonesia melayani jaringan 4G di frekuensi yang sama. Ada provider internet yang menggunakan frekuensi 2300 MHz, 850 MHz, atau 1800 MHz untuk jaringan 4G. Oleh karena itu, cek kembali spesifikasi modem 4G yang Anda beli tersebut. Khususnya pada bagian frekuensi jaringan berapa saja modem tersebut bekerja.

Lalu jika Anda memilih modem yang mendukung jaringan fiber optik, pastikan jangkauan provider internet yang Anda pilih menjangkau daerah tempat tinggal Anda, atau setidaknya dekat dengan area yang sudah tercover. Alasannya lebih ke biaya pemasangan yang harus Anda tanggung akan lebih besar jika di daerah tempat tinggal Anda belum sama sekali terjamah oleh provider internet Anda.

5. Pilih modem universal

Ada banyak jenis-jenis modem yang dijual di pasaran. Bahkan, beberapa modem di-bundling dengan kartu perdana provider tertentu. Walaupun harganya lebih murah, tetapi biasanya Anda tidak bisa menggunakan modem tersebut untuk kartu dari provider lain. Apalagi jika ternyata jaringan internet provider yang mem-bundling modem tersebut ternyata memiliki kualitas jaringan yang cukup buruk di daerah Anda. Hal tersebut karena produsen modem tersebut mengunci modem tersebut agar hanya bisa menerima jaringan dari provider yang jadi rekanan.

Oleh karena itu, pilihlah modem yang universal agar modem tersebut bisa dipakai oleh kartu semua provider. Meskipun harganya memang agak sedikit mahal,. Dengan modem universal, Anda bisa membandingkan satu provider dengan provider lainnya.


6. Ada harga, ada kualitas

Seringkali provider internet yang memberikan harga murah untuk paket internet, ternyata memiliki kualitas jaringan internet yang buruk. Jika masalah Anda adalah kecepatan internet, sebaiknya Anda mengabaikan harga paket internet. Jika ternyata provider internet pilihan Anda memiliki harga paket internet yang murah dan kualitas jaringan yang cukup baik. Anda patut bersyukur.

Sekian artikel kami kali ini mengenai cara mempercepat koneksi internet modem. Semoga artikel kami dapat membantu Anda untuk dapat memaksimalkan koneksi modem Anda.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Modem