Inilah Cara Menggunakan GoPro Tanpa WiFi (Kendali Manual)

Anak muda masa kini pasti mengenal perangkat yang namanya GoPro. Yup, GoPro adalah salah satu kategori kamera yang memiliki banyak peminat di kalangan orang-orang dengan hobi olahraga aksi. GoPro masuk ke dalam kategori action camera karena memiliki ciri-ciri khas berupa bentuknya yang kecil namun tangguh di segala macam kondisi. Itu mengapa, kamera GoPro banyak digunakan untuk aktivitas yang ringan hingga ekstrem, seperti bersepeda, touring dengan motor, hingga dibawa menyelam sekalipun.

ads

Kelebihan lainnya dari action camera ini adalah banyaknya aksesoris pelengkap yang membuat kamera ini dapat ditempel di hampir semua permukaan benda lain. Contohnya seperti papan selancar, stang motor, atau kemudi kendaraan, ditempelkan di dada dengan strap, dan diikatkan ke drone sehingga bisa merekam video dari ketinggian.

Bagi Anda yang berminat untuk membeli kamera GoPro, sebaiknya sebelum membeli, pastikan Anda lihat dulu spesifikasi jenis kamera dengan jelas. Hal tersebut karena ada model GoPro yang tidak dilengkapi dengan koneksi WiFi, diantaranya seperti:

  • Gopro Hero
  • GoPro Digital Hero
  • GoPro Digital Hero3
  • GoPro HD Hero 960
  • GoPro HD Hero
  • Kamera sejenis GoPro lainnya

Kelebihan dari kamera GoPro yang memiliki fitur WiFi adalah Anda dapat menggunakan smartphone sebagai media user interface saat merekam atau untuk mengendalikan kamera GoPro Anda. Nah, tanpa adanya koneksi WiFi, Anda tidak bisa melakukan hal tersebut.

Untuk menggunakan kamera GoPro tanpa WiFi, Anda hanya bisa melakukan perekaman atau memotret melalui layar yang sudah dibekali pada GoPro tersebut. Sehingga, Anda perlu memperhatikan metode pengambilan gambar yang benar-benar baik, khususnya untuk sudut pengambilan yang sulit. Selain itu, setiap mentrasfer hasil video atau foto yang direkam, Anda harus menghubungkan kamera GoPro tersebut dengan laptop atau komputer.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi kepada Anda gimana cara menggunakan GoPro tanpa wifi agar tetap menghasilkan kualitas gambar yang bagus. Cara-cara yang akan kami sampaikan ini juga berlaku untuk model kamera GoPro yang sudah dilengkapi dengan WiFi namun ada masalah konektifitas saat menyambungkan kamera dengan smartphone.

Untuk menghasilkan sebuah foto atau video yang menarik dari kamera GoPro, Anda membutuhkan beberapa pengaturan dan juga teknik pengambilan gambar yang baik. Sehingga hasil yang didapatkan akan memuaskan, tidak hanya bagi Anda saja, tetapi juga bagi orang lain yang melihatnya. Untuk mendapatkan hasil foto dan video yang baik, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda ikuti:


1. Pastikan lensa tetap bersih

Yang pertama kali harus diperhatikan adalah memastikan lensa kamera GoPro Anda sudah dalam keadaan bersih, baik dari debu atau sidik jari yang menempel. Kotornya lensa akan berpengaruh pada hasil video secara keseluruhan. Khususnya ketika merekam video di dalam air, usahakan untuk membersihkan lensa dan tunggu hingga kering. Baru setelah itu, Anda bisa mulai merekam.

2. Manfaatkan pencahayaan alami

Cahaya merupakan unsur paling utama dalam dunia fotografi dan videografi. Untuk mendapatkan pencahayaan alami, ada dua waktu yang cukup ideal untuk menghasilkan foto dan video terbaik, yaitu pada pagi dan sore hari. Alasannya karena saat matahari berada di titik rendah, bayangan yang tajam tentu berkurang, sehingga lebih banyak momen sinematik yang bisa didapatkan. Hindari pengambilan gambar saat hari sedang berawan, karena kurangnya sinar matahari bisa membuat foto dan video Anda terlihat datar dan tidak menarik.

3. Membuat cerita untuk video Anda

Layaknya sebuah film, sebuah video yang ingin direkam haruslah memiliki cerita yang bisa dipahami. Jadi, sebelum mulai merekam video, pikirkan sebuah cerita yang ingin Anda sampaikan. Mulai dari awal, pertengahan, hingga akhir vide. Tujuannya selain untuk menghasilkan cerita video yang baik, Anda juga akan menghemat banyak waktu saat mengedit video yang telah Anda ambil. Selain itu, durasi video yang singkat juga bisa mempercepat lamanya render video di berbagai macam software editing video.

4. Gunakan sudut pengambilan yang unik

Salah satu kelebihan dari action camera adalah bentuknya yang kecil. Sehingga memudahkan Anda untuk menempatkannya dimana saja. Oleh karena itu, jangan mengambil gambar dari sudut yang biasa. Anda bisa gunakan imajinasi untuk pengambilan sudut yang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh orang lain.

5. Durasi video jangan terlalu panjang

Saat menggunakan GoPro atau kamera sejenis lainnya, hindari merekam video dalam durasi yang lama. Sebaiknya Anda tetap fokus pada poin yang ingin direkam. Hal ini bertujuan agar orang yang melihat video Anda mengerti apa objek utama yang ingin Anda tuju. Untuk durasi yang direkomendasikan adalah sekitar 3 sampai 5 menit.

Nah, setelah tadi Anda menyimak tips-tips dalam menggunakan kamera GoPro, berikut ini adalah cara menggunakan GoPro tanpa WiFi. Cara-cara di bawah ini juga berlaku untuk action camera lainnya selain GoPro.

Cara Menggunakan Tombol Mode / Power

Tombol Mode atau Power berfungsi untuk mengaktifkan kamera GoPro Anda. Selain berfungsi untuk mengaktifkan kamera, tombol ini memiliki fungsi lain, yaitu untuk berpindah mode pengambilan gambar. Penjelasannya bisa dilihat di bawah ini:

  • Saat Anda menghidupkan kamera, maka kamera akan secara otomatis posisinya berada di dalam mode perekam video. Jika Anda hendak mengubah modenya menjadi pengambil foto, Anda hanya perlu menekan tombol Mode sekali saja. Selanjutnya, mode kamera akan berubah menjadi kamera foto.
  • Jika Anda yang ingin melihat foto atau video yang tersimpan di kamera, pada mode perekam video atau pengambil foto, tekan tombol Mode. Selanjutnya, pada layar kamera akan muncul menu “Galeri”. Pada menu tersebut, Anda bisa melihat foto dan video yang tersimpan di kamera GoPro Anda.
  • Untuk masuk ke menu “Pengaturan”, tekan tombol Mode ketika Anda berada di menu “Galeri”. Selanjutnya, layar di kamera GoPro Anda akan memunculkan menu pengaturan kamera. Jika Anda sudah selesai mengatur kamera dan ingin kembali ke mode perekam, tekan tombol Mode satu kali. Oh iya, pastikan Anda sudah memasukkan kartu memori ke kamera GoPro Anda. Jika kartu memori sudah masuk tetapi tidak terbaca, mungkin Anda harus menyimak cara format SD card di PC yang pernah kami bahas di situs ini.
  • Jika Anda menekan tombol mode lalu menahannya selama beberapa detik, maka kamera GoPro Anda akan nonaktif.

Cara Menggunakan Tombol Navigasi

Pada kamera aksi GoPro, Anda bisa menemukan tombol Navigasi di bagian kanan kamera, dimana tombol ini memiliki fungsi untuk memudahkan Anda dalam navigasi menu di dalam kamera. Tombol ini juga berfungsi untuk melakukan Zoom In ataupun Zoom Out ketika Anda ingin melihat hasil pengambilan foto. Tombol navigasi ini terdapat 2 fungsi, yaitu navigasi atas dan navigasi bawah.

Cara Menggunakan Tombol OK

Tombol OK digunakan sebagai tombol “shoot” dan “Pilih” dalam navigasi menu. Fungsi lainnya dari tombol ini adalah untuk mengambil foto, merekam video, memilih sebuah menu, tombol Play dan Pause ketika Anda memutar video di menu “Galeri”.


Meskipun tanpa Wifi, Anda masih bisa melakukan transfer foto dan video dari kamera GoPro non-Wifi ke komputer melalui kabel data. Baru deh, Anda bisa mengedit video hasil rekaman kamera Anda menggunakan beberapa software gratis untuk edit video. Jika Anda kebetulan menggunakan Movie Maker, Anda bisa menyimak artikel kami seputar cara edit video dengan Movie Maker di situs kami ini.

Bisa dibilang, cara-cara menggunakan GoPro tanpa Wifi agak ribet. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menggunakan fitur WiFi pada kamera GoPro Anda. Jika kamera GoPro Anda tidak punya fitur tersebut, segera upgrade kamera Anda ke model kamera GoPro berfitur WiFi agar Anda dapat leluasa mengambil gambar dan video menggunakan GoPro. Simak cara menyambungkan GoPro ke HP yang sudah kami bahas sebelumnya di situs ini.

Sekian artikel kami kali ini. Semoga informasi yang kami bagikan saat ini bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba.

, , , ,
Oleh :