Cara Lengkap Format SD Card di PC (Windows dan Mac)

Seiring kemajuan teknologi, teknologi kartu SD semakin sering diaplikasikan dalam perangkat elektronik. Mulai dari smartphone, kamera DSLR, kamera digital, hingga audio player di mobil Anda. Fungsi dari kartu SD sendiri adalah sebagai perangkat penyimpan data yang bisa dibawa kemana saja selain USB Flash Disk dan bisa dihubungkan langsung ke perangkat yang bersifat portable. Berbeda dengan USB Flash Disk yang hanya bisa dihubungkan ke komputer, laptop, dan smartphone yang memiliki fitur USB On The Go (OTG).

ads

Karena manfaatnya yang vital, maka kartu SD harus berada dalam kondisi baik. Namun, terkadang ada saat dimana kartu SD tidak bisa terbaca. Apakah class dari kartu SD Anda sudah paling tinggi? (Cara mengetahui class pada SD Card ada di situs kami)

Penyebab dari kerusakan pada kartu SD bisa diakibatkan oleh banyak hal. Mulai dari kotornya lempengan tembaga pada kartu SD, hingga data-data yang tersimpan di kartu SD sudah corrupt. Jika kartu SD Anda sudah sampai tidak bisa diakses, maka solusi untuk mengatasinya adalah dengan memformat kartu SD.

Untuk melakukan format pada kartu SD, maka Anda bisa melakukannya di komputer (PC) dan smartphone berbasis Android. Nah, setelah kami memberikan informasi kepada Anda seputar cara format Memory Card di Android, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi kepada Anda seputar cara format sd card di PC. Baiklah, berikut ini cara-caranya:

Format di komputer Windows

  1. Tancapkan kartu SD ke PC

Jika komputer Anda memiliki slot khusus untuk kartu SD, masukkan kartu SD ke dalam slot tersbeut, dengan posisi sisi yang miring masuk terlebih dahulu dengan bagian label menghadap ke atas. Namun, jika di komputer Anda tidak ada slot untuk kartu SD, belilah adaptor kartu SD ke USB agar Anda bisa menghubungkan kartu SD ke komputer melalui port USB yang pastinya ada di komputer Anda. Harga adaptornya sendiri murah kok, mulai dari Rp 10.000,- hingga Rp 25.000,-.

  1. Backup data di kartu SD

Sebelum melakukan format, backup dulu semua data yang tersimpan pada kartu SD Anda. Hal tersebut karena proses format ini akan menghapus semua data yang tersimpan di dalam kartu SD dan menambahkan pengaturan baru pada kartu SD tersebut.

  1. Buka Start Menu pada Windows

Caranya? Pasti Anda sudah tau dongg? Cukup klik logo Windows yang ada di sudut kiri bawah. atau  menekan tombol Windows pada keyboard.

  1. Klik ikon Windows Explorer

Selanjutnya, jendela Windows Explorer akan muncul pada layar.

  1. Klik My Computer atau This PC

Ikon berbentuk monitor ini biasanya berada di sisi kiri jendela Windows Explorer.


  1. Klik nama kartu SD

Nama dari kartu SD akan ditampilkan di bawah heading “Devices with Removable Storage” yang ada di tengah jendela This PC atau My Computer. Pada nama kartu SD, biasanya tertulis “SDHC”.

  1. Klik kanan pada nama Kartu SD

Selanjutnya, akan muncul beberapa pilihan terkait dengan kartu SD.

  1. Klik Format

Pilihan Format berada di pilihan yang muncul saat Anda klik kanan pada nama kartu SD. Selanjutnya, jendela Format akan muncul pada layar.

  1. Klik kotak “File System”

Pada jendela Format, ada beberapa pengaturan yang harus dilakukan. Pertama adalah mengatur file system yang akan digunakan setelah kartu SD diformat. Sebuah kolom dropdown akan ditampilkan dengan beberapa pilihan, diantaranya:

  • NTFS – Ini merupakan file system default untuk sistem operasi Windows. Kelebihan dari format ini adalah dapat menyimpan data lebih dari 32GB. Kelemahan dari file system ini yaitu hanya dapat digunakan di komputer atau laptop yang diinstal OS Windows.
  • FAT32 – Ini adalah file system yang paling kompatibel untuk kartu SD. Anda dapat menggunakannya di komputer dengan OS Windows atau Mac. Tetapi, kelemahan dari file system ini adalah mempunyai batas penyimpanan sebesar 32 GB.
  • exFAT – File system ini bisa digunakan pada komputer dengan OS Mac dan Windows, dan tidak mempunyai batas penyimpanan. Namun, file system ini kurang populer ketimbang FAT32 dan NTFS.
  1. Pilih format yang diinginkan

Apabila Anda pernah memformat kartu SD yang bermasalah sebelumnya, centang kotak Quick Format.

  1. Klik Start > OK.

Kartu SD tersebut akan mulai diformat oleh Windows. Ketika proses ini berjalan, semua data pada kartu SD Anda akan dihapus.

  1. Klik OK ketika diminta.

Jika setelah proses format muncul jendela dengan tombol OK, klik tombol tersebut. Hal ini menandakan bahwa kartu SD Anda telah berhasil diformat dan diubah untuk mendukung format yang Anda pilih sebelumnya.

Format di Command Prompt

Selain menggunakan Windows Explorer, Anda bisa melakukan format kartu SD di PC menggunakan software bawaan Windows lainnya, yaitu Command Prompt. Yup, software ini bisa digunakan untuk berbagai macam hal, contohnya untuk melakukan beberapa cara menghapus virus dengan command prompt. Cara ini juga termasuk dari beberapa cara memperbaiki memori yang tidak terbaca sama sekali yang pernah kami bahas di situs ini. Berikut ini cara-caranya:

  1. Ketik CMD di kotak search, atau pencet logo windows di keyboard + R, ketik CMD, klik OK
  2. Jika direktori penyimpanan kartu memori kamu di PC tsb di H, maka ketik: “format h:/FS:FAT atau format h:/FS:FAT32” (tanpa tanda kutip. Lalu tekan tombol Enter pada keyboard. Oh iya, sesuaikan huruf h pada contoh format sebelumnya dengan direktori penyimpanan kartu SD di PC Anda.
  3. Tunggu hingga proses format selesai.

Cara format di komputer Mac

Bagi Anda pengguna komputer (PC) Mac, Anda juga bisa melakukan format pada kartu SD Anda. Berikut ini cara-caranya:

  1. Tancapkan kartu SD ke PC

Jika komputer Anda memiliki slot khusus untuk kartu SD, masukkan kartu SD ke dalam slot tersbeut, dengan posisi sisi yang miring masuk terlebih dahulu dengan bagian label menghadap ke atas. Namun, jika di komputer Anda tidak ada slot untuk kartu SD, belilah adaptor kartu SD ke USB agar Anda bisa menghubungkan kartu SD ke komputer melalui port USB yang pastinya ada di komputer Anda. Harga adaptornya sendiri murah kok, mulai dari Rp 10.000,- hingga Rp 25.000,-.

  1. Backup data di kartu SD

Sebelum melakukan format, backup dulu semua data yang tersimpan pada kartu SD Anda. Hal tersebut karena proses format ini akan menghapus semua data yang tersimpan di dalam kartu SD dan menambahkan pengaturan baru pada kartu SD tersebut.

  1. Jalankan Finder

Bingung mencarinya? Cari ikon berbentuk wajah berwarna biru yang ada di Dock.

  1. Klik tombol Go

Tombol ini berada di sisi kiri menu bar komputer Mac, yang terletak di bagian atas layar.

  1. Klik Utilities yang terdapat di pilihan dropdown dari Go
  2. Klik ganda Disk Utility yang ada di tengah halaman Utilities
  3. Klik nama kartu SD

Nama dari kartu SD Anda akan ditampilkan di jendela yang terdapat di sisi kiri halaman Disk Utility.


  1. Klik tab Erase

Tab ini berada di bagian atas dari jendela Disk Utility

  1. Klik kotak yang ada di bawah kolom “Format”

Sebuah menu dropdown akan muncul dengan beberapa opsi format, diantaranya:

  • Mac OS Extended (Journaled) – File system default untuk komputer Mac, dan hanya bisa digunakan di komputer Mac.
  • Mac OS Extended (Journaled, Encrypted) – File system default untuk Mac. Bedanya, file system ini sudah mendukung enkripsi data.
  • Mac OS Extended (Case-sensitive, Journaled) – file system ini juga adalah file system default untuk Mac, dimana file system ini memperlakukan berkas secara berbeda ketika ada berkas yang memiliki nama yang sama, tetapi menggunakan huruf besar dan kecil yang berbeda, atau istilahnya case-sensitive. Contohnya antara “file.txt” dengan “Files.txt”.
  • Mac OS Extended (Case-sensitive, Journaled, Encrypted) – Format ini adalah gabungan dari 3 opsi format yang telah disebutkan di atas.
  • MS-DOS (FAT) – File system ini dapat digunakan pada komputer Mac dan Windows, tetapi ukuran berkas dibatasi hingga maksimal 4 GB.
  • ExFAT (Recommended) – Ini bisa digunakan pada Mac dan Windows, tanpa membatasi ukuran berkas.
  1. Klik Erase, kemudian klik Erase kembali jika diminta

Komputer Mac akan mulai melakuka proses format ulang kartu SD. Jika prosesnya telah selesai, kartu SD tersebut akan mendukung format yang telah Anda atur sebelumnya.

Sekian artikel kami kali ini mengenai cara format kartu SD di PC. Sebelum memformat kartu SD, alangkah baiknya Anda tahu cara memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat. Semoga artikel kami ini dapat membantu Anda untuk memformat kartu SD di PC kesayangan Anda.

,
Oleh :
Kategori : Troubleshooting