5 Cara Memperbaiki Memory Card yang Tidak Terbaca Sama Sekali Wajib Dicoba

Memory card adalah salah satu media penyimpanan data yang penting dan sering kali digunakan oleh berbagai orang untuk melakukan penyimpanan data. Dewasa ini, kapasitas memory car sudah semakin besar dan bisa menyaingi kapasitas yang dimiliki oleh flashdisk. Oleh karena itulah, sebagian besar orang mulai menggunakan memory card untuk menjadi salah satu media penyimpanan data utama di samping flashdisk. Dengan demikian, cara memperbaiki memory card yang tidak terbaca sama sekali harus diketahui sebagai bentuk antisipasi agar apabila memory card yang dimiliki tiba-tiba tidak terbaca sama sekali, kita bisa mengatasinya.

ads

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memperbaiki memory card yang tidak terbaca sama sekali. Pertama adalah berkaitan dengan penyebab errornya memory card itu sendiri. Kadang kala ada memory card yang mengalami error dan tidak bisa lagi diperbaiki karena memang secara fisik memory card tersebut telah mengalami kerusakan. Apabila hal itu terjadi, maka cara memperbaiki memory card yang tidak terbaca sama sekali tidak bisa dilakukan. Memory card juga berbeda dengan SSD lo ya, sebagaimana perbedaan RAM dan Hardisk.

Kedua adalah berkaitan dengan kemungkinan data diselamatkan. Probabilitas data bisa diselamatkan dengan sempurna adalah cenderung lebih kecil seiring dengan semakin parahnya kerusakan yang dialami oleh memory card yang kamu miliki. Oleh karena itulah, alangkah baiknya selain mengetahui cara untuk mengatasi memory card yang tiba-tiba eror, kamu juga rutin melakukan backup pada memory card yang kamu miliki sebagai bentuk antisipasi apabila data yang ada di dalam memory cardmu tidak lagi bisa direcover.

Lalu, bagaimana saja cara untuk memperbaiki memory card yang tidak terbaca sama sekali? Buat kamu yang sudah penasaran dan segera ingin tahu, berikut ini adalah beberapa cara di antaranya.

1. Mencoba di komputer lain

Langkah pertama untuk memperbaiki memory card yang tidak terbaca sama sekali adalah dengan memastikan bahwa memory card yang kamu miliki masih berfungsi. Caranya sangat sederhana, yaitu dengan melihat apakah memory card yang kamu miliki bisa terbaca di komputer lain selain dari komputer atau laptop yang kamu gunakan untuk mengakses memory card tersebut. Apabila memory card tersebut masih terbaca, maka besar kemungkinan memory card yang kamu miliki tidak memiliki masalah berarti.

Namun demikian, apabila memory card tersebut tidak terbaca hanya pada komputer yang lain juga, maka ada baiknya untuk memastikan apakah kondisi fisik memory cardmu bermasalah. Cobalah untuk mencabut dan memasukkan kembali memory card yang kamu miliki ke port memory card di komputermu dan beberapa komputer yang lain untuk memastikan dengan betul bahwa komputermu tidak bermasalah.

2. Memastikan format partisi bisa dibaca oleh sistem operasi yang kamu miliki

Langkah kedua dalam memperbaiki memory card yang tidak terbaca sama sekali adalah dengan cara memastikan bahwa memory card yang kamu gunakan memiliki format partisi yang bisa dibaca oleh komputer yang kamu gunakan. Misalnya apabila memory cardmu memiliki format partisi ext4, maka pastikan bahwa partisi tersebut bisa dibaca oleh sistem operasi yang kamu install di laptopmu. Tidak semua sistem operasi mendukung semua jenis file partisi. Oleh karena itu kemungkinan besar yang akan terjadi apabila kamu membuka memory cardmu pada laptop atau sistem operasi yang tidak mendukung file partisi memory card tersebut, maka yang terjadi adalah memory card yang kamu miliki bisa tidak akan terbaca sama sekali.


Ketika memory cardmu tidak terbaca sama sekali karena masalah file partisi, maka kamu bisa memindahkan data-data yang ada di dalam laptopmu melalui komputer atau sistem operasi lain yang mendukung partisi dari memory card yang kamu miliki, kemudian memformat ulang memory cardmu agar memiliki jenis partisi yang bisa didukung oleh sistem operasi yang kamu gunakan. Apabila ternyata gangguan partisi ini disebabkan karena virus, maka kamu bisa mencoba cara menghilangkan virus di laptop Windows 7 yang juga bisa diterapkan di Windows yang lain.

3. Membersihkan dengan karet penghapus

Ada kalanya memory cardmu tidak bisa terbaca sama sekali disebabkan karena masalah kotoran yang menempel di bagian perangkat keras untuk menghubungkan antara memory card dengan pembaca memory card di laptopmu. Oleh karena itulah, salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki memory card yang tidak bisa terbaca sama sekali adalah dengan membersihkan bagian perangkat keras di memory cardmu sekaligus di komputer atau laptop yang kamu gunakan untuk membaca memory card tersebut.

Apabila penyebab tidak terbacanya memory card yang kamu miliki adalah benar-benar karena masalah kotor dan semacamnya, maka memory cardmu akan bisa terbaca kembali apabila telah dibersihkan dengan menggunakan penghapus karet yang bisa dibeli dengan murah di toko alat tulis, ataupun dengan menggunakan karet gelang.

4. Mengganti card reader

Apabila kamu telah berhasil memastikan bahwa memory card yang kamu miliki sebenarnya baik-baik saja alias tidak memiliki masalah tertentu, maka ada baiknya untuk mengganti pembaca kartu atau card reader yang kamu gunakan di laptop ataupun komputer yang kamu miliki. Apabila dalam hal ini memory card tersebut tidak bisa terbaca di telepon genggam yang kamu miliki, dan kamu telah memastikan bahwa file partisi yang dimiliki oleh memory cardmu tersebut bisa terbaca oleh sistem operasi yang digunakan dalam handphonemu, maka kamu bisa memulai berpikir untuk mengganti card reader di telepon genggammu.

Card reader yang rusak bisa menyebabkan memory card yang kamu miliki jadi tidak terbaca dengan baik, dan oleh sebab itulah kadang kala memory card yang kamu miliki malah tidak terbaca sama sekali. Tentunya mengganti card reader membutuhkan uang dan waktu yang tidak sedikit, olah karena itu ada baiknya apabila kamu mempertimbangkan hal ini dengan baik. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan class SD card yang kamu miliki agar bisa dimanfaatkan dengan optimal. Salah satu caranya adalah dengan cara mengetahui class pada SD Card.

5. Melakukan format ulang

Cara yang satu ini cukup beresiko, karena apabila kamu tidak memiliki backup data penting yang terdapat di memory card yang kamu miliki, besar kemungkinan data yang ada di dalam memory card tersebut tidak bisa direcover dengan sempurna. Melakukan format ulang terhadap memory cardmu bisa digunakan untuk mengatasi masalah memory card yang tidak terbaca sama sekali disebabkan karena adanya master partisi yang rusak pada partisi memory card yang kamu miliki.

Dengan melakukan format ulang, maka kamu bisa memperbaiki master partisi tersebut, tentunya dengan risiko data yang kamu miliki akan hilang karena dengan melakukan format ulang, itu juga berarti data partisi yang lama akan terhapus. Apabila kamu tidak ingin melakukan hal ini, maka kamu bisa melakukan cara memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat.


Kamu bisa menggunakan software untuk melakukan recover data, akan tetapi tingkat pengembalian data pun belum tentu bisa sempurna. Dengan demikian, lakukanlah cara ini apabila kamu yakin data yang ada di dalam memory card tersebut telah kamu back-up ataupun tidak terlalu penting apabila hilang dan tidak bisa direcover kembali. Apabila kamu menggunakan Android, kamu bisa memakai cara format memory card di Android.

Itulah beberapa cara memperbaiki memory card yang tidak terbaca sama sekali. Semoga dengan beberapa cara di atas kamu bisa mengatasi masalah memory cardmu yang tidak terbaca sama sekali ya. Jangan lupa untuk membaca artikel keren dari DosenIT yang lain ya!

, , , ,