6 Cara Restart Laptop dengan Keyboard Tercepat

Laptop adalah perangkat pengganti komputer yang kini sudah banyak digunakan oleh banyak orang untunk menunjang aktifitasnya. Mulai dari bekerja, belajar, dan kegiatan sehari-hari lainnya. Tak salah jika laptop bisa dibilang sebagai pengganti komputer. Mobilitas laptop yang bisa dibawa kemana saja dengan fungsi yang hampir sama dengan komputer, membuat laptop banyak dilirik oleh banyak orang.

ads

Terkadang, saat kita sedang menggunakan laptop, timbul masalah yang membuat pekerjaan Anda di laptop harus tertunda. Masalah yang dimaksud mulai dari laptop yang nge-hang, software yang crash, driver yang corrupt, dan masalah-masalah lainnya. Biasanya, masalah-masalah tersebut bisa diselesaikan dengan langsung menekan tombol power dan menahannya selama beberapa detik sampai laptop padam.

Namun, mematikan laptop dengan cara tersebut adalah tindakan yang salah, apalagi jika sering dilakukan. Banyak resiko yang akan terjadi jika anda mematikan laptop dengan cara ini. Mematikan laptop dengan menekan tombol power bisa berakibat kerusakan pada komponen laptop, mulai dari motherboard yang rusak, sampai software yang corrupt.

Oleh karena itu, cara yang lebih aman jika laptop Anda bermasalah adalah melakukan restart. Pada beberapa kasus, contohnya ketika laptop mengalami BSOD (Blue Screen of Death), laptop akan memunculkan pesan error sebelum me-restart dirinya sendiri. Namun, jika masalah yang terjadi muncul saat Anda sedang menggunakan laptop dan tidak muncul pesan error BSOD, Anda masih beruntung karena Anda masih bisa mengakses menu lainnya di sistem operasi yang terinstal di laptop Anda. Walaupun, fungsi mouse Anda menjadi terbatas karena terkadang masalah di laptop bisa menyebabkan arah gerak kursor terbata-bata.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara restart laptop dengan keyboard. Cara ini pun bisa Anda lakukan jika mouse Anda tiba-tiba macet atau rusak.

Memang, apa sih keuntungan me-restart laptop dengan keyboard? Ini dia keuntungannya:

  • Tidak ribet. Me-restart laptop dengan keyboard mempersingkat waktu anda untuk mengklik ini itu. Untuk yang sudah paham komputer, bahkan bisa mengerjakannya hanya dengan sekali tekan saja.
  • Sebagai solusi jika mouse Anda macet rusak, atau terdampak dari hang-nya laptop.

Pada kesempatan kali ini, kami memberikan informasi seputar cara restart laptop dengan keyboard. Cara ini bisa anda pakai pada berbagai merk laptop, mulai dari HP, Sony, Asus, Toshiba, Acer, Lenovo, Compaq, Dell, dan merk lainnya. Berikut ini informasinya untuk Anda:

1. Tekan Alt+F4

Cara restart laptop dengan keyboard yang pertama sebenarnya hampir sama dengan cara mematikan laptop dengan keyboard. Yaitu, Anda cukup menekan ALT+F4 bersamaan, Lalu akan muncul pilihan. Nah, perbedannya Anda tidak memilih shut down, melainkan Restart. Terakhir, tekan ENTER, maka laptop anda akan me-restart sendiri secara otomatis.


2. Tekan Ctrl + Alt + Del

Cara pertama yang kami sebutkan di atas sebenarnya cukup cepat untuk dilakukan. Namun, jika Anda sedang membuka banyak software, kombinasi tombol tersebut malah akan menutup dahulu software yang terbuka sebelum beralih kepilihan shutdown. Nah, cara kedua ini membutuhkan waktu lebih singkat daripada cara pertama. Anda cukup menekan CTRL+ALT+DEL, kemudian akan muncul pilihan pada pojok kanan bawah. Pilih “Restart”, dan selanjtunya laptop anda akan restart dengan sendirinya.

3. Start Menu

Cara restart laptop dengan keyboard satu ini sebenarnya adalah cara yang paling umum. Anda akan me-restart laptop dari Start Menu. Namun, kali ini Anda menggunakan keyboard untuk melakukan navigasi. Untuk Windows 7, caranya tekan tombol “Windows” pada keyboard, lalu tekan tombol arah kanan 2 kali, pilih Restart dengan cara menekan tombol arah atas. Sedangkan untuk Windows 8, tekan Windows+C, lalu navigasikan kursor ke ikon “Power”, lalu pilih Restart.

4. Kombinasi Tombol Lainnya

Selain ketiga cara di atas, Anda bisa me-restart laptop Anda dengan menekan kombinasi tombol keyboard untuk masing-masing OS. Untuk laptop yang menggunakan Windows XP, gunakan kombinasi tombol berikut:

  • Start + R
  • Alt + F4 + R

Sedangkan, untuk laptop yang terinstal Windows 7, bisa menggunakan kombinasi tombol berikut:

  • Start > Arah Kanan 2 kali > R
  • Alt + F4 > R > Enter

5. Windows Run

Cara satu ini bisa diaplikasikan di seluruh varian Windows, baik Windows Xp, 7, hingga Windows 10. Anda bisa memanfaatkan fitur Windows Run untuk merestart laptop dengan keyboard. Caranya, tekan tombol Windows + R, lalu ketik “shutdown -r” (tanpa tanda kutip), dan akhir dengan menekan tombol Enter. Selanjutnya, laptop Anda akan merestart sendiri.

6. Command Prompt

Cara ini juga bisa diaplikasikan di seluruh varian Windows, mulai Windows XP hingga Windows 10, karena kita akan memanfaatkan fitur Command Prompt sebagai cara restart laptop dengan keyboard. Caranya, tekan tombol Windows + R, ketik “cmd” (tanpa tanda kutip, dan tekan tombol Enter. Selanjutnya pada jendela Command Prompt, ketik “shutdown -r” (tanpa tanda kutip) dan akhiri dengan menekan tombol Enter.

Eitss, sebelum melakukan cara-cara yang telah kami sebutkan di atas, perhatikan dulu hal-hal di bawah ini sebelum me-restart laptop:

  1. Pastikan seluruh software yang berjalan di laptop Anda sudah ditutup. Jika tidak ditutup, ada resiko kehilangan data yang Anda olah pada software tersebut jika memaksakan ‘force restart’ pada saat me-restart laptop. Karena me-restart laptop kondisinya sama dengan mematikan laptop, yaitu menonaktifkan semua proses pengolahan data di sistem operasi.
  2. Jangan meninggalkan flashdisk, USB atau apapun yang tersambung di laptop sebelum dimatikan. Termasuk mengeluarkan keping CD di CD Drive laptop.
  3. Jika sebelumnya Anda mengakses internet, kami sarankan untuk membersihkan riwayat atau cache aktivitas surfing Anda. Cache yang menumpuk bisa membuat laptop lama kelamaan menjadi lemot. Cara menghapus cache internet sudah kami bahas sebelumnya di situs ini.
  4. Usahakan jangan langsung mematikan laptop dengan menekan tombol power, jika dirasa tidak terlalu genting.
  5. Saat sedang loading untuk restart, tunggulah dengan sabar.
  6. Jika laptop Anda benar-benar nge-hang dan tidak merespon input apapun, sebaiknya Anda melakukan cara mematikan laptop hang.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas sebelum me-restart laptop, Anda bisa menghemat waktu ketika melakukan restart laptop. Pada intinya, hampir semua cara restart laptop dengan keyboard yang kami bahas di atas merupakan cara alternatif dari cara biasa yang menggunakan navigasi mouse. Untungnya lagi, semua cara di atas bisa diterapkan oleh semua orang karena kemudahannya. Cara alternatif ini bisa diterapkan khususnya bagi Anda yang sudah paham komputer ataupun mouse yang Anda hubungkan ke laptop sedang bermasalah. Jika keyboard Anda error, simak cara memperbaiki keyboard komputer yang error di situs kami ini, atau jika keyboard laptop Anda masih tidak bisa merespon ketikan jari Anda, Anda mungkin harus mengenali jenis kerusakan keyboard laptop.


Demikian semua informasi yang bsia kami sampaikan seputar cara merestart laptop dengan keyboard. Untuk Anda yang biasa bekerja dengan laptop dengan tingkat mobilitas yang tinggi, me-restart laptop dengan keyboard dapat membantu pekerjaan Anda. Selain untuk efektifitas waktu dan fleksibiltas, Anda yang cukup “malas” untuk bergerak pun tak perlu menggerakkan mouse Anda untuk me-restart laptop melalui sistem operasi. Selamat mencoba dan semoga sukses.

, , , ,
Oleh :