Inilah Aplikasi dan Cara Remote PC dengan Android

Seiring dengan perkembangan sistem operasi smartphone, kini Anda bisa menggunakan smartphone untuk menunjang pekerjaan dan aktifitas sehari-hari lainnya. Mulai dari belajar hingga berbelanja. Meskipun begitu, soal produktivitas, smartphone masih belum dapat mengalahkan komputer ataupun laptop.

ads

Seringkali Anda harus mengerjakan sesuatu di komputer atau laptop tapi Anda lupa membawanya ketika diperlukan. Atau, Anda memang malas untuk membawa laptop karena tas Anda sudah penuh dengan barang lainnya. Mungkin, Anda bisa mencoba cara remote PC dengan Android. Remote ini menggunakan jaringan ekstranet. Kegunaan ekstranet sangat dibutuhkan dalam pengaplikasian teknologi remote ini, khususnya bagi perusahaan.

Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi yang akan kami jabarkan di bawah ini. Oh iya, semua aplikasi yang kami bahas kali ini sudah tersedia di Google Play Store. Jadi, Anda harus melakukan cara mengaktifkan Play Store. Ini dia aplikasinya:

1. Remote Control Collection

Remote Control Collection adalah salah satu aplikasi remote yang memiliki rating tertinggi dan terpopuler di Google Play Store. Menariknya, aplikasi ini tersedia gratis untuk smartphone dan tablet Android.

Cara menggunakannya, pertama Anda harus menginstal dulu aplikasi “Remote Control” di smartphone dan “Remote Control Server” pada komputer atau laptop untuk mengidentifikasi alamat IP dari masing-masing perangkat. Cara cek IP address perangkat Anda bisa dilihat di situs kami. Selanjutnya, buka aplikasi Remote Control dan pilih “Devices” untuk menghubungkan smartphone ke komputer kamu. Oh iya, smartphone dan komputer harus berada di jaringan Wi-Fi yang sama yah.

Dan voila, sekarang Anda bisa menggunakan smartphone Android Anda sebagai remote untuk mengontrol komputer atau laptop dari jarak jauh. Anda dapat menggunakan smartphone yang sudah terhubung ini sebagai mouse, keyboard, media, presentasi, dan lainnya.

2. Remote Link (PC Remote)

Remote link adalah aplikasi buatan Asus, dan awalnya memang disediakan khusus untuk smartphone seri Zenfone. Namun sekarang aplikasi ini sudah bisa digunakan untuk smartphone selain Asus loh. Aplikasi ini memiliki banyak sekali fitur untuk mengontrol komputer atau laptop Anda, mulai dari dukungan touchpad dengan multi-touch gesture hingga mendukung perangkat Android Wear. Jadi, jika Anda punya Asus ZenWatch, Anda dapat mengontrol presentasi cukup dari smartwatch Anda saja.

Pertama, instal dulu aplikasi “Remote Link” di smartphone dan komputer. Untuk konektifitasnya, Anda dapat menggunakan WiFi ataupun Bluetooth. Lalu, pilih “search device” dan pasangkan dengan perangkat Anda. Nah, sekarang Anda sudah bisa menggunakan smartphone Android Anda untuk mengontrol komputer.

Oh iya, pada aplikasi Remote Link terdapat fitur remote presentasi, yang memungkinkan Anda dapat mengendalikan slide presentasi menggunakan smartphone, dan juga fitur remote media, yang kompatibel dengan software Windows Media Player.

3. Unified Remote

Aplikasi satu ini bisa dibilang adalah aplikasi remote untuk mengontrol komputer dari smartphone Android dengan fitur yang paling lengkap. Jelas saja, aplikasi ini mempunyai lebih dari 90 fitur, mulai dari fitur menjadikan smartphone sebagai mouse, keyboard, kontrol media player, presentasi, screen mirroring, kontrol daya, file manager, terminal, dan lainnya.

Selain lengkap, Unified juga merupakan aplikasi universal yang mendukung semua OS yang terinstal di komputer dan laptop, mulai dari Windows, Mac, dan Linux. Pilihan konektifitasnya pun bisa menggunakan WiFi dan Bluetooth.

Untuk menggunakannya, Anda harus menginstal aplikasi Unified Remote di perangkat Android dan komputer Anda. Setelah terinstal, pilih server yang terdeteksi secara otomatis. Yup, aplikasi ini akan mempermudah Anda untuk menemukan server di jaringan yang Anda gunakan. Menariknya lagi, Anda dapat melindungi remote Anda dengan password dan mengenkripsi server untuk keamanan tambahan.

Ada lagi satu kelebihan Unified yang menarik, yaitu dukungan untuk mengontrol berbagai aplikasi musik, termasuk Spotify, iTunes, Google Music, Netflix, bahkan YouTube.

4. Chrome Remote Desktop

Sebagai developer Android, Google menyediakan banyak sekali aplikasi Android, bahkan beberapa diantaranya sudah terinstal di setiap smartphone Android. Yah memang kesannya memaksa sih, tapi harap maklum. Mau bagaimanapun, Android kan memang punya Google dan disediakan gratis. Nah, Google pun ternyata punya aplikasi remote komputer, yaitu Chrome Remote Desktop.

Cara menggunakannya, Anda cukup menggunakan Chrome Browser di komputer atau laptop, baik yang menggunakan OS Windows, Mac, ataupun Linux. Lalu, di browser Chrome tersebut Anda harus menginstal ekstensi Chrome Remote Desktop di Chrome Web Store.

Selanjutnya, Anda tinggal login ke akun Google yang sama pada browser Chrome di smartphone dan komputer / laptop. Dan voila, Anda sudah bisa mengontrol komputer dari layar smartphone Anda.

5. TeamViewer for Remote Control

Aplikasi TeamViever ini adalah aplikasi remote komputer yang powerful. Aplikasi ini memang dikenal sebagai aplikasi remote komputer ke komputer yang sering digunakan. Meskipun begitu, ternyata TeamViewer sudah merilis aplikasi smartphonenya loh. Fungsinya sih memang tidak terlalu berbeda dengan aplikasi yang kami bahas sebelumnya. Anda cukup menginstal TeamViewer di komputer, lalu masukkan ID dan kata sandi TeamViewer di komputer Anda.

Nah, yang membedakan TeamViewer dengan aplikasi yang kami bahas sebelumnya adalah Anda bisa mengendalikan komputer atau laptop Anda dari jarak jauh tanpa perlu terhubung ke Wi-Fi atau Bluetooth, asalkan komputer atau laptop tersebut terhubung ke internet. Loh kok bisa? Jadi, nantinya aplikasi ini akan membuat Virtual Private Network (VPN), yaitu semacam terowongan yang menghubungkan komputer yang Anda tuju dengan perangkat smartphone Anda secara langsung via Internet. Meskipun menggunakan koneksi internet umum, tetapi dengan adanya terowongan ini, komunikasi Anda akan terjamin keamanannya.

Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengendalikan komputer dari jarak jauh seolah-olah Anda sedang duduk di depannya. Anda juga dapat mengakses semua dokumen dan software yang terpasang di dalam komputer, transfer file dalam dua arah, dukungan multi-display, dan lainnya.

Oh iya, hampir semua aplikasi yang kami bahas di atas menggunakan konektifitas WiFi sebagai jalur komunikasinya. Jika Anda terkendala dalam mengendalikan komputer Anda menggunakan jaringan WiFi, mungkin Anda harus melakukan cara mempercepat koneksi WiFi di Android dengan cepat.


Setelah tadi Anda menyimak beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mengendalikan komputer dari Android, kali ini kami akan memberikan informasi seputar cara remote PC dengan Android. Sebagai contoh, kami menggunakan Chrome Remote Desktop. Jika Anda menggunakan aplikasi lain, Anda tinggal menyesuaikan saja, karena intinya sama. Yuk disimak bersama-sama.

Berikut ini hal-hal yang harus Anda siapkan:

  • Sebuah akun Google
  • Sebuah komputer PC atau Laptop
  • Sebuah smartphone yang terinstal OS Android minimal 4.0 Ice Cream Sandwich

Berikut ini cara-caranya:

  • Download dan instal Google Chrome versi terbaru di lomputer atau laptop Anda
  • Login di Google Chrome menggunakan akun Google Anda
  • Instal “Chrome Remote Desktop Extension” untuk Google Chrome Anda
  • Setelah diinstal, jalankan ekstensi tersebut. Selanjutnya akan muncul sebuah halaman, cari dan klik tombol yang bertuliskan “Enable remote connections”.
  • Lalu, masukan PIN berupa angka dan terdiri dari 6 karakter.
  • Jika diminta masukan PIN lagi, ketik saja PIN yang tadi Anda buat
  • Selanjutnya, instal software “Chrome Desktop Remote Host” di komputer atau laptop Anda. Software ini berfungsi untuk menghubungkan komputer atau laptop Anda dengan smartphone Android.
  • Instal aplikasi Androidnya, yaitu “Chrome Remote Desktop”
  • Nah, jika tahap-tahap di atas sudah Anda lakukan dengan benar, selanjutnya akan muncul nama komputer yang bisa Anda remote. Jika nama komputer Anda belum muncul, coba refresh.
  • Jika Anda sudah berhasil tersambung, coba aktifkan mode “Auto rotate”, agar Anda dapat menggunakan mode Landscape.
  • Jeng jeng, Anda kini sudah tersambung dengan komputer Anda.

Oh iya, pastikan pada komputer yang Anda kendalikan firewallnya sudah dinonaktifkan. Alasannya, fungsi firewall sebagia penghalau koneksi tidak dikenal yang masuk ke dalam komputer dapat menghalangi proses komunikasi dari remote di smartphone Anda ke komputer atau laptop. Atau cara lainnya, atur firewall Anda agar dapat meloloskan koneksi dari software remote di komputer Anda.

Sekian artikel kami kali ini seputar cara remote PC dengan Android. Semoga artikel kami kali ini bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba.

 

, , , ,
Oleh :