7 Aplikasi Remote Komputer Terpopuler

Seiring dengan perkembangan teknologi, Anda sekarang bisa menggunakan smartphone untuk menunjang pekerjaan dan aktifitas sehari-hari. Meskipun begitu, soal produktivitas, smartphone masih belum dapat mengalahkan komputer ataupun laptop, mengingat banyaknya software komputer atau laptop yang lebih mumpuni ketimbang aplikasi smartphone yang beredar saat ini.

ads

Bicara soal komputer, pernah ga Anda harus memonitor komputer klien di sebuah tempat yang jauh? Atau Anda ingin memonitor kinerja sistem di tempat yang banyak? Apa Anda harus mengunjungi satu-satu tempat komputer itu berada? Mungkin, Anda bisa mencoba aplikasi remote komputer. Aplikasi ini menggunakan jaringan ekstranet. Kegunaan ekstranet sangat dibutuhkan dalam pengaplikasian teknologi remote ini, khususnya bagi perusahaan yang memiliki banyak cabang.

Aplikasi remote desktop atau sebutan lainnya remote access software atau remote control software adalah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mengontrol komputer lain dari jarak jauh. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengambil alih kendali komputer lain yang terhubung menggunakan mouse dan keyboard yang ada di komputer di hadapan Anda.

Secara umum, agar bisa mengakses komputer yang berada jauh dari tempat Anda sekarang, Anda harus menginstal aplikasi yang disebut host di komputer yang akan dikendalikan. Setelah itu dilakukan, komputer atau perangkat lain dengan hak akses yang valid, atau sebutannya klien, dapat terhubung ke host dan mengendalikannya.

Tenang, walaupun keliatannya teknis banget, Anda ga bakal kesusahan kok dalam menggunakan aplikasi remote komputer. Apalagi, aplikasi remote komputer  gratis yang akan kami sampaikan di bawah ini hanya memerlukan beberapa klik untuk memulai dan tak perlu pengetahuan komputer khusus. Berikut ini daftar aplikasi-aplikasinya:

1. TeamViewer

TeamViewer adalah aplikasi remote yang sangat bisa diandalkan. Banyak fitur yang bisa digunakan pada aplikasi ini. Meskipun begitu, Anda tidak akan kesulitan saat menginstal dan menggunakan TeamViewer, karena Anda tidak perlu mengubah konfigurasi router atau firewall yang digunakan pada jaringan internet Anda.

TeamViewer mendukung video, panggilan suara, chatting, transfer file, wake-on-LAN (WOL), dan bahkan bisa melakukan reboot PC secara remote dan kemudian terkoneksi kembali secara otomatis.

Dari sisi host atau komputer yang ingin dikendalikan, OS yang terinstal bisa Windows, Mac, atau Linux. Ada tiga pilihan installer yang bisa Anda pilih. Versi full dengan installer untuk versi lengkapnya, versi portable atau disebut TeamViewer QuickSupport jika Anda ingin melakukan remote hanya sekali atau jika ada kondisi tidak memungkinkan menginstal TeamViewer pada komputer host, atau TeamViewer Host untuk Anda yang akan melakukan remote pada komputer host secara berkelanjutan.


Sedangkan dari sisi klien, TeamViewer memiliki sejumlah pilihan untuk terhubung ke komputer yang ingin Anda kendalikan. Ada aplikasi yang dapat diinstal ataupun versi portable-nya untuk komputer ber-OS Windows, Mac, dan Linux, juga ada aplikasi mobilenya untuk smartphone iOS, BlackBerry, Android, dan Windows Phone. Untuk tahu cara remote PC dengan Android, Anda bisa simak bahasannya di situs kami ini.

2. Remote Utilities

Remote Utilities bekerja dengan menghubungkan dua komputer dengan apa yang disebut oleh mereka sebagai “Internet ID“. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengontrol hingga 10 komputer.

Dari sisi host, instal bagian dari Remote Utilities yang disebut host pada komputer ber-OS Windows. Anda juga dapat memilih untuk menjalankan Agent yang menyediakan dukungan secara kilat tanpa harus menginstal apapun, bahkan Anda dapat menjalankannya dari flash disk. Komputer host nantinya akan diberikan sebuah Internet ID yang bisa digunakan klien untuk berkomunikasi ke komputer tersebut.

Sedangkan dari sisi klien, instal bagian dari Remote Utilities yang disebut Viewer yang berfungsi untuk terhubung ke komputer Host atau Agent. Viewer dapat didownload secara terpisah atau dikombinasikan dengan Host. Anda juga dapat mendownload versi portable-nya jika Anda lebih suka untuk tidak menginstal apapun.

Kelebihan aplikasi ini adalah Anda tak perlu melakukan perubahan pengaturan router seperti port forwarding. Sebagai klien, Anda cukup memasukkan nomor Internet ID dan password. Aplikasi kliennya juga bisa didownload di smartphone iOS dan Android. Jika Anda menggunakan smartphone Android, pastikan Anda sudah melakukan cara mengaktifkan Play Store.

Fitur-fitur yang didukung Remote Utilities adalah sebagai berikut:

  • remote task manager
  • transfer file
  • wake-on-LAN (WOL)
  • remote terminal atau Command Prompt
  • remote file launcher
  • text chat
  • remote registry access
  • system information manager
  • remote webcam viewing
  • print dari jarak jauh
  • multi monitor.

Kekurangan dari aplikasi ini adalah konfigurasi yang membingungkan pada komputer host, saking banyaknya pilihan yang berbeda.

3. Ammyy Admin

Ammyy Admin adalah aplikasi remote desktop yang benar-benar portable dan pengaturannya sangat sederhana. Aplikasi ini bekerja dengan menghubungkan satu komputer ke komputer lain melalui ID yang disediakan oleh aplikasi.

Dari sisi host, Anda cukup menjalankan aplikasi Ammyy Admin pada komputer yang ingin diakses. Anda tak perlu menginstal aplikasi ini kok, cukup dijalankan aja. Dari menu yang disebut Ammyy, kamu dapat memilih Service dan menginstal Service Ammyy Admin. Sehingga Anda dapat mengakses komputer lain tanpa harus menjalankan programnya secara manual.

Dari sisi klien, Anda cukup perlu menjalankan aplikasi portablenya dan memasukkan ID dari komputer host. Setelah terhubung, Anda bisa melakukan hal-hal seperti menggunakan clipboard pada komputer host, voice chat, serta mentransfer file dari dan ke komputer host.

4. UltraVNC

Sebenarnya, aplikasi UltraVNC ini hampir sama dengan Remote Utilities, di mana server dan viewer diinstal pada kedua PC, dan viewer sendiri digunakan untuk mengontrol server.

Dari sisi host, Anda bisa memilih apakah mau menginstal Server, Viewer, atau keduanya. Anda harus menginstal Server pada komputer yang ingin Anda kendalikan. Anda dapat menginstal Server UltraVNC sebagai service pada sistem sehingga agar komunikasi bisa selalu berjalan.

Dari sisi klien, Anda harus menginstal Viewer pada saat setup installer. Lalu, setelah Anda mengkonfigurasi port forwarding di router, Anda dapat mengakses server UltraVNC dari mana saja dengan koneksi internet, baik melalui perangkat mobile yang mendukung koneksi VNC, komputer yang terinstal Viewer, atau melalui browser. Yang penting, Anda memasukkan alamat IP Server (Host) agar bisa terkoneksi.

Kelebihan UltraVNC diantaranya adalah dukungan transfer file, chat, share clipboard, dan dapat melakukan boot dan terhubung ke server pada saat Safe Mode.

5. AeroAdmin

AeroAdmin mungkin bisa dibilang adalah aplikasi remote desktop termudah saat ini. Alasannya, hampir ada tidak pengaturan yang diperlukan, serta semuanya dilakukan secara cepat dan langsung to the point untuk digunakan sebagai support dadakan.

Dari sisi host, AeroAdmin akan terlihat seperti TeamViewer. Anda hanya perlu menjalankan program portablenya dan berbagi alamat IP Anda atau share ID dengan komputer lain.

Sedangkan dari sisi klien, Anda hanya perlu menjalankan program AeroAdmin yang sama dan masukkan ID atau alamat IP yang dibagikan oleh host. Anda dapat memilih mode “View Only” atau “Remote Control” sebelum Anda menghubungkan komputer Anda dengan komputer host, lalu klik “Connect” untuk memulai remote.

Aplikasi AeroAdmin benar-benar gratis untuk penggunaan pribadi dan komersial, tetapi sayangnya tidak ada fitur chatting. AeroAdmin dapat diinstal pada Windows 10, 8, 7, dan XP, baik tipe 32-bit dan 64-bit.

6. Windows Remote Desktop

Windows Remote Desktop merupakan aplikasi remote desktop yang terintegrasi dengan sistem operasi Windows, alias sudah terinstal secara default ketika Anda melakukan cara instal Windows. Jadi, Anda tak perlu download apa-apa jika menggunakan aplikasi ini.

Dari sisi host, untuk mengaktifkan koneksi ke komputer, Anda harus membuka pengaturan “System Properties”, lalu mengaktifkan pengaturan “Allow remote connections”. Anda juga harus mengatur port forwarding pada router agar komputer lain dari luar jaringan bisa terhubung dengan komputer host. Jangan lupa untuk mengatur fungsi firewall agar komunikasi Anda tidak terganggu.

Sementara itu dari sisi klien, komputer lain yang ingin terhubung ke komputer host hanya perlu membuka software Remote Desktop Connection dan tinggal memasukkan alamat IP dari host tersebut. Cara cek IP address perangkat Anda bisa dilihat di situs kami. Setelah Anda terhubung, Anda bisa melakukan transfer file, print ke printer lokal, mendengarkan audio dari PC remote, serta transfer clipboard konten.

7. RemotePC

RemotePC merupakan aplikasi remote komputer sederhana yang tersedia secara gratis. Bedanya dengan aplikasi remote lainnya, aplikasi ini hanya memperbolehkan satu koneksi remote.

Dari sisi host, download dan instal aplikasi RemotePC pada komputer yang akan diakses dari jauh. Aplikasi ini bisa diinstal pada komputer ber-OS Windows dan Mac. Lalu bagikan Access ID dan Key dengan komputer lain. Cara lainnya, Anda dapat membuat account dengan RemotePC, lalu login pada komputer host untuk menambahkan komputer ke akun Anda untuk kemudahan akses nantinya.


Sementara dari sisi klien, ada dua cara untuk mengakses host RemotePC dari komputer yang berbeda. Pertama, dengan aplikasi RemotePC yang terinstal di komputer Anda. Masukkan Access ID dan Key dari komputer host untuk terhubung. Kedua, dengan aplikasi RemotePC di smartphone iOS atau Android.

Dengan aplikasi ini, Anda dapat menerima suara dari remote PC, merekam apa yang Anda lakukan sebagai file video, mengakses beberapa monitor, mentransfer file, dan teks chat. Beberapa fitur akan tidak tersedia jika host dan klien memiliki sistem operasi komputer yang berbeda.

Sekian artikel kami kali ini seputar aplikasi remote komputer. Semoga aplikasi-aplikasi yang telah kami sebutkan di atas bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Software