Home » HTML » Cara Memasang Widget Radio Streaming di Website dengan HTML5

Cara Memasang Widget Radio Streaming di Website dengan HTML5

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Perkembangan teknologi masa kini membuat semua menjadi lebih mudah untuk di gapai. Termasuk dalam hal layanan siaran broadcasting seperti Radio, TV, dan media sosial kini sudah memiliki fitur live streaming. Keuntungan dari live streaming adalah layanan Penyiarannya dapat diakses di manapun dan kapanpun selama masih ada sinyal internet.

Di sini kita akan menjelaskan cara membuat radio streaming diblog/website menggunakan coding HTML5 player. Kenapa harus menggunakan HTML5?Karena coding HTML5 bisa di buka di berbagai perangkat lunak baik itu desktop maupun mobile browser.

Apa Itu HTML5?

Menurut wikipedia HTML5 adalah bahasa markah untuk menampilkan dan menstrukturkan WWW(World Wide Web) sebuah inti dari teknologi Internet. HTML5 adalah revisi dari HTML versi pertama tahun 1990. Tujuan di kembangkannya HTML5 adalah untuk memperbaiki teknologi HTML, mendukung teknologi multimedia baru, mudah dibaca manusia dan di mengerti oleh bahasa mesin.


Kesulitan Membuat Radio Streaming di Masa Lalu

Di masa lalu membuat radio streaming di website, hasil output playernya tidak bisa bebas di buka di semua perangkat.

Bila di buka di dekstop pun PC harus sudah terinstal dengan software adobe flah player. Adapun cara lama menggunakan coding adobe flash kini sudah tidak berlaku lagi semenjak google chrome resmi memblokir fitur adobe flash tahun 2016 lalu.

Sehingga bila anda menggunakan coding adobe flah maka flash player tidak dapat di buka. Hal itu pula yang membuat google menghentikan adobe flash dan perusahaan raksasa Apple pun tak pernah mau memasang adobe flash di perangkatnya sejak dulu.

Langsung saja kita praktikan Langkah memasang radio streaming website di bawah ini:

  1. Login ke Dashboard website
  2. Pindah ke menu tata letak dan tentukan lokasi radio streaming berada
  3. Klik tambahkan widget
  4. Pilih add HTML/ Java script
  5. Lalu Copy Paste coding di bawah ini.
<html> 
  <head> 
  </head> 
  <body> 
    <audio controls= "controls"> <source src="http://streaming1.
      sim-indonesia.com:8000/jak"   type="audio/mpeg"> 
    </audio> 
  </body> 
</html>

6. Setelah selesai kemudian klik simpan.

Maka radio streaming player pun berhasil di buat dan di pasang di website kita. Coding di atas merupakan code radio streaming Jak Fm. bila kalian ingin mengubah saluran radio bisa di copy dan ganti code saluran dengan Link Daftar 24 Stasiun radio populer Indonesia di sini.

24 Link Code Embed Server hosting itu adalah link radio streaming yang sudah terbukti sukses untuk di jalankan di website. Bila kalian hanya mengganti link langsung dari website stasiun radio, maka radio player tidak bisa di jalankan.

Keunggulan HTML5 Code dibanding adobe flash:

  1. Mengurangi konsumsi daya baterai
  2. Meningkatkan keamanan website
  3. Bisa di buka di berbagai perangkat (dektop/mobile)
  4. Menambah kemampuan untuk tampilan web secara offline
  5. Membuat load halaman website jadi cepat
  6. Mendukung Multimedia baru
  7. Mudah di baca manusia
  8. Dapat di mengerti oleh bahasa mesin.

Setelah beberapa keunggulan HTML5 code di atas tak heran bila beberapa website raksasa di dunia seperti Facebook, Youtube dan Instagram kini menggunakan HTML5. Dan cara pembuatan radio streaming di atas akan bertahan lama manfaat dan eksitensinya.

You may also like