2 Cara Membuat Sound Card External yang Mudah Dilakukan

Perangkat komputer atau laptop pasti memiliki komponen yang berfungsi untuk menerima masukan atau input suara dan mengeluarkan suara. Komponen tersebut bernama sound card. Soundcard adalah perangkat keras yang menghimpun data berupa suara dari luar komputer untuk kemudian dikeluarkan melalui perangkat lain berupa speaker.

ads

Spesifikasi yang dimiliki oleh sound card bisa bermacam-macam. Ada soundcard yang hanya mengeluarkan suara biasa, sampai ada soundcard yang kualitas suaranya bisa diatur menggunakan equalizer yang terdapat di media player ataupun menggunakan software bawaan (default) dari sound card itu sendiri. Sound card ini biasanya memiliki dua port jack 3,5 mm. Satu jack berfungsi sebagai masukan dan satu jack lagi berfungsi sebagai keluaran.

Komponen ini seringkali luput dari perawatan karena fungsi soundcard yang jarang digunakan, khususnya pada laptop (karena untuk kebutuhan output suara, laptop menyediakan speaker internal). Sehingga, kadangkala ketika hendak digunakan kembali, tiba-tiba sound card pada komputer atau laptop tidak bisa beroperasi sebagaimana mestinya atau tidak mengeluarkan bunyi / suara.

Jika sound card internal pada laptop atau komputer Anda sudah terindikasi rusak, maka artinya Anda harus siap-siap untuk mengatasinya. Nah, bagaimana cara mengatasi sound PC tidak bunyi ini?

Daripada Anda membeli sound card internal asli dari produsen komputer atau laptop Anda, lebih baik Anda menggunakan sound card external. Yup, sound card external ini fungsinya sama dengan sound card internal yang terdapat pada komputer atau laptop. Bedanya, sound card ini harus dihubungkan pada port yang ada di komputer atau laptop Anda. Port tersebut bisa port PCMCIA / Express Card atau port Universal Serial Bus (USB). Fungsi port pada komputer yang berguna untuk menghubungkan komponen lain di luar komputer dan laptop sangat berpengaruh di sini.

Karena sekarang ini banyak produsen laptop dan komputer yang tidak menyertakan port PCMCIA pada produk-produknya, maka sound card external saat ini banyak yang dihubungkan ke port USB. Keunggulan dari sound card external menggunakan port USB adalah fitur “Plug and play”, dimana Anda tak perlu menginstal driver sound card secara manual menggunakan CD. Hal tersebut karena biasanya sound card external tersebut sudah tertanam software driver yang akan otomatis terinstal saat sound card external dihubungkan untuk pertama kalinya ke laptop atau komputer Anda. Selain itu, Anda juga tak butuh software pencari driver otomatis tanpa koneksi internet, karena sound card ini sudah memiliki drivernya sendiri.

Nah, pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai cara membuat sound card external untuk laptop atau komputer Anda. Meskipun cara-cara yang akan kami sampaikan di bawah ini sama-sama memakan biaya, namun kami jamin hasilnya memuaskan dan bisa Anda gunakan sebagai pengganti sound card internal Anda yang rusak. Baiklah, berikut ini pembahasannya:


1. Sound Card External Buatan Sendiri

Iya, Anda tidak sedang salah baca. Kami akan menunjukkan pada Anda cara membuat sound card external yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Anda hanya membutuhkan keterampilan menyolder dan beberapa komponen elektronika yang mudah didapatkan di toko komponen elektronik.

Komponen elektronik yang Anda butuhkan untuk membuat rangkaian sound card external adalah sebagai berikut:

  • IC PCM 2702
  • IC LDO TPS 7633Q
  • Kapasitor Non Polar 1uF, 470uF, 100nF, 100pF, 330pF, 10uF, 1.8nF, 33pF
  • Kapasitor Polar 10uF
  • Resistor 600 Ohm, 56k Ohm, 150k Ohm, 10k Ohm, 50k Ohm, 12k Ohm, 3.9k Ohm, 1 MOhm, 22 Ohm,
  • Transistor PNP
  • Lampu LED
  • IC Comparator OPA 2353
  • Kristal 12MHz

Sound card yang akan dibuat ini berfungsi untuk mengeluarkan sinyal audio yang berasal dari komputer atau laptop melewati port USB. Jadi, rangkaian sound car ini tidak bisa digunakan untuk menerima suara dari luar komputer atua laptop menggunakan microphone. Komponen utama yang digunakan pada rangkaian sound card external via port USB ini adalah IC PCM 2702. IC PCM 2702 adalah Integreted Circuit (IC) yang erfungsi sebagai Digital To Analog Converter (DAC), yang artinya IC ini mengubah sinyal digital dari komputer atau laptop menjadi sinyal analog yang dikeluarkan melalui port jack 3,5 mm. Kelebihan dari IC ini adalah adanya antarmuka untuk port USB.

Untuk membuat sound card external ini, maka rangkaian sound card ini harus dibantu dengan beberapa komponen pendukung. Output atau keluaran dari rangkaian sound card ini mempunyai output stereo untuk channel R (Right) dan L (Kiri). Sehingga sound card ini bisa langsung dihubungkan ke perangkat keras audio seperti headphone, earphone, ataupun speaker. Keluaran dari sound card ini juga bisa dihubungkan ke suatu amplifier.

Sebagai informasi, IC PCM 2702 membutuhkan dua sumber tegangan DC, yaitu +3, 3 Volt dan +5 Volt. Untuk mendapatkan sumber tegangan DC sebesar +3,3 Volt, maka Anda membutuhkan komponen IC regulator tegangan fix 3, 3 Volt, yaitu IC LDO TPS76733Q. Sedangkan untuk mendapatkan sumber tegangan DC sebesar +5,5 Volt, maka Anda membutuhkan komponen IC TPS 76701.

Pemasangan komponen sound card external ini dipasang di dua permukaan PCB. Pemasangan komponen tipe SMD di sisi layout PCB, sedangkan komponen berukuran besar dipasang di sisi atas PCB (dibaliknya. Rangkaian sound card external ini bisa mendapatkan sumber tegangan dari port USB komputer yang biasanya memiliki tegangan +5 VDC, atau dari power supply external +5 Volt DC.

Untuk gambar rangkaian, penjelasan lengkap, dan desain permukaan PCB, Anda bisa melihatnya dari sumber kami di link ini.

2. Beli Sound Card External

Jika Anda tidak mau repot-repot untuk membuat sound card external menggunakan rangkaian elektronik, Anda bisa membelinya kok. Saat ini, sudah banyak toko online yang menjual sound card external yang bisa dihubungkan ke komputer atau laptop menggunakan port USB. Cara ini merupakan salah satu cara memperbaiki laptop tidak ada suara yang mudah untuk dilakukan.

Harganya bervariasi, tergantung dari fitur yang ditawarkan oleh masing-masing sound card external. Ada sound card external yang memiliki fitur “mute” untuk mematikan suara atau memutus suara dari komputer atau microphone (input audio), ada juga yang tidak memiliki fitur tersebut. Ada juga yang memiliki fitur untuk mengeluarkan audio yang bass, halus, dan jernih. Tentu saja, fitur-fitur tersebut menentukan harga jual dari sound card external tersebut.


Sebuah sound card external yang kami lirik di pasaran bahkan memiliki fitur amplifier headphone yang terintegrasi. Artinya kualitas suara yang dikeluarkan dari sound card ini akan disaring dan diatur secara otomatis oleh sound card ini. Sehingga, suara yang dihasilkan cukup baik. Pada sound card external ini juga terdapat fitur Bass Booster, yang memberikan kualitas suara dengan bass yang lebih halus, lembut dan nyaring ketimbang suara bass yang dikeluarkan oleh perangkat audio internal laptop. Dan harganya pun lebih mahal ketimbang sound card external biasa.

Jika ditanya manakah yang lebih mengeluarkan biaya, apakah cara pertama atau cara kedua? Jawabannya tergantung. Tergantung dari komponen elektronik yang Anda beli jika mengikuti cara pertama, dan tergantung dari sound card external yang Anda beli di pasaran. Harga rata-rata komponen elektronik antara Rp 100,- sampai Rp 25.000,-. Harga tersebut belum termasuk komponen modul port USB dan jack 3,5 mm. Sedangkan harga dari sound card external yang ada di pasaran berkisar antara Rp 24.000,- sampai Rp 300.000,-. Jadi Anda mau pilih cara yang mana? Itu semua tergantung dari Anda.

Sekian artikel kami kali ini mengenai cara membuat sound card external. Semoga artikel kami ini bisa menjadi referensi Anda, khususnya yang hendak mengganti sound card internalnya dengan sound card external.

, , ,
Oleh :