3 Cara Menghapus Virus Sality Paling Ampuh

Katakanlah kamu memiliki sebuah laptop atau komputer yang, yah, spesifikasinya lumayan lah dibuat untuk bekerja multitasking ataupun nge-game. Akan tetapi pada suatu ketika, tiba-tiba laptop atau komputermu itu kok berjalan lebih lambat, bahkan sangat lambat apabila dibandingkan dengan yang biasa terjadi. Tidak hanya itu, tiba-tiba ukuran suatu file tertentu menjadi kian besar tiap kali kamu menyalakan laptop atau komputer. Apabila gejala-gejala tersebut terjadi pada laptop atau komputer yang kamu miliki besar kemungkinan komputermu itu sedang terjangkit virus Sality!

ads

Virus Sality adalah salah satu jenis virus yang menjadi perhatian banyak pihak karena kemampuan dan tingkat infeksinya yang cukup merepotkan. Kurang lebih, virus ini setara dengan Conficker, yang membuat banyak perusahaan ahli antivirus bahkan mengembangkan aplikasi khusus untuk menangani virus ini. Ada banyak jenis virus Sality, dari virus Sality A, Sality B, Sality E, dan lain sebagainya. Kemampuan utama dari virus ini adalah kemampuan menduplikasi dirinya sendiri lalu menyebarkan duplikatnya ke berbagai program komputer secara otomatis sehingga apabila sudah sampai pada tingkat yang parah, menginstall ulang Windows adalah satu-satunya jalan untuk menyelamatkan komputer yang kamu miliki. Tentunya hal ini akan sangat mengganggu para pengguna komputer termasuk dirimu kan?

Oleh karena itu, apabila kamu ingin laptopmu kembali sehat dan segar seperti biasanya, maka mengetahui cara untuk menghapus virus ini adalah sebuah keharusan. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghapus virus Sality.

Baca juga:

1. Scan dengan aplikasi SMADAV/PCMAV, hapus manual

Pada kondisi apabila virus Sality sudah menginfeksi laptop atau komputermu dan sebelumnya belum terdapat antivirus yang kamu install, maka cara untuk mengatasi Sality salah satunya adalah dengan menghapusnya secara manual. Untuk melakukan hal ini, maka setidaknya kita perlu melakukan dua hal, yaitu mengenali file virus Sality dan kemudian memiliki akses untuk menghapusnya. Untuk melakukan hal tersebut kita bisa memanfaatkan aplikasi antivirus lokal seperti SMADAV. Begini langkah-langkahnya.

  1. Pastikan bahwa akses internet ke komputer telah terputus, cabut kabel LAN, matikan wifi dan seterusnya agar koneksi internet benar-benar terputus dari komputer.
  2. Nonaktifkan fitur Autorun atau Autoplay pada Windows.
  3. Kill semua proses aneh yang sedang dijalankan melalui pintu Task Manager. Tekan Ctrl+Alt+Delete pada keyboard untuk masuk ke Task Manager Windows. Klik pilih seluruh program aktif misterius kemudian klik End Task.
  4. Bukalah Windows Explorer, masuk ke partisi yang sudah terinfeksi Sality, kemudian cari file yang bernama inf lalu hapus.
  5. Carilah file-file virus Sality yang bersemayam di komputermu. Untuk melakukan hal inilah antivirus lokal seperti SMADAV atau PCMAV dapat membantumu;
  6. Jika sudah ditemukan, rename nama file tersebut sesuai dengan keinginanmu. Kamu juga bisa mengubah ekstensinya menjadi .doc, .jpg, .png, .gif, dan sebagainya dari yang semula berekstensi .exe atau .pif.
  7. Setelah itu, hapus semua file yang berkaitan dengan Sality dan kamu dapat merestart komputermu dengan santai.

Baca juga:

2. Install ulang Windows

Cara kedua ini mungkin adalah opsi terakhir yang dapat kamu lakukan untuk dapat memastikan bahwa virus Sality yang ada di komputer benar-benar sudah terhapus semuanya tanpa menyisakan satu pun jejak baik di partisi tertentu ataupun pada registry tertentu. Dengan melakukan install ulang, maka otomatis semua file yang ada di partisi C:atau partisi yang lain tempatmu menginstall Windows, sudah pasti akan dihapus. Dengan demikian, kamu dapat melakukan install ulang Windows, apabila cara-cara yang lain sudah tidak dapat lagi kamu lakukan karena satu dan lain hal.

Baca juga:

3. Memanfaatkan tools khusus penghapus Sality

Oleh karena tingkat kerusakan yang dibuat oleh Sality, para perusahaan keamanan tingkat dunia telah berusaha untuk membuat berbagai macam aplikasi khusus untuk menangani Sality. Aplikasi khusus ini dibuat dengan target yang spesifik, yaitu untuk menghapus Sality dan membuat komputer menjadi sehat kembali. Oleh karena itu, menggunakan tools-tools khusus dari perusahaan tersebut dapat menjadi salah satu pilihan yang dapat kamu coba.

Biasanya, kamu hanya perlu untuk mengunduh aplikasi yang mereka sediakan tersebut di halaman web ofisial dari perusahaan keamanan tersebut. Kamu tidak perlu membayar karena biasanya memang gratis. Setelah selesai mengunduh, kamu dapat menginstallnya kemudian menjalankan aplikasi tersebut untuk memulai proses scanning dan penghapusan file-file virus Sality. Beberapa tools khusus tersebut misalnya rmsality dari AVG, Sality Killer dari Kaspersky, Norman Malware Cleaner, dan lain sebagainya.

Setelah melakukan scanning dan mungkin juga melakukan proses pelemahan virus Sality dengan tools tersebut, maka kamu dapat melakukan scanning tambahan dengan melakukan antivirus lain untuk memperkuat hasil dari scanning yang sebelumnya sudah dilakukan dengan tools khusus tersebut.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghapus virus Sality selamanya dari komputer yang kamu menjangkit komputer atau laptop kesayanganmu. Akan tetapi tidak ada salahnya apabila kamu juga melakukan tindakan-tindakan pencegahan sebelum benar-benar terkena serangan virus ini. Bagaimana cara untuk mencegah virus ini dari menyerang laptop atau komputermu? Secara ringkas, kamu dapat melakukan beberapa hal di bawah ini.

  • Senantiasa melakukan update database antivirus yang kamu miliki. Tentu saja hal ini juga berarti kamu harus memiliki antivirus yang tanggung dan ampuh terinstall di komputermu.
  • Menonaktifkan fitur autorun USB atau perangkat-perangkat removable lainnya.
  • Senantiasa menscan tiap USB atau flashdisk yang masuk ke laptopmu karena penyebaran virus Sality sangat mudah terjadi melalui flashdisk yang terinfeksi atau memiliki file induk virus Sality.
  • Tidak mendownload-download file-file yang mencurigakan dari situs internet untuk mencegah penyebaran Sality dari tindakan install yang tidak disengaja.

Itulah beberapa cara untuk mencegah dan cara menghapus virus Sality yang bisa kamu lakukan dengan mudah tanpa harus meminta bantuan tukang reparasi komputer dan tidak perlu mengeluarkan biaya dengan banyak. Virus Sality adalah salah satu jenis virus yang berbahaya dan membutuhkan penanganan dan pencegahan yang serius, oleh karena itu kamu tidak bisa main-main begitu saja menghadapi Sality, meskipun masa booming-nya sudah usai, tetapi apabila virus ini sampai menyerang laptop kesayanganmu, sudah pasti dibutuhkan usaha yang jauh lebih besar daripada sekedar mencegahnya.

Semoga dengan membaca artikel ini kamu dapat mengatasi permasalahan virus Sality ya. Jangan lupa untuk terus membaca DosenIT agar kamu tidak ketinggalan tips, trik, dan informasi menarik seputar gadget lainnya!

Baca juga:

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 04th, October 2017 / 03:12 Oleh :