11 Cara Menghilangkan Goresan pada HP Terampuh

Saat ini, sudah banyak ragam dari smartphone. Mulai yang harganya murah, hingga yang harganya mahal. Mulai dari yang fiturnya standar, hingga yang spesifikasinya gahar. Namun, ada satu hal yang akan selalu ada di tiap smartphone, yaitu layar. Saat ini, perkembangan layar di smartphone sudah semakin canggih saja. Sekarang saja, sudah mulai ngetren smartphone dengan layar yang ada “poni” di atasnya juga layar yang juga tertanam sensor sidik jari.

ads

Namun seiring waktu, Anda mungkin akan menjumpai adanya goresan yang timbul pada smartphone Anda. Penyebab timbulnya goresan tersebut bisa bermacam-macam, mulai dari tidak sengaja tergores benda yang agak kasar, tergores kunci motor/mobil ketika memasukkan smartphone ke saku, atau hal-hal lainnya yang tidak bisa diprediksi oleh kita. Bekas goresan pun akan semakin kentara jika bahan dari casing HP Anda adalah plastik.

Jika ada “sesuatu” yang ganjil pada smartphone, mungkin Anda merasa antara kesel bercampur panik. Sehingga, Anda akan langsung mencari tahu bagaimana cara menghilangkan goresan pada HP Anda. Yah, mungkin artikel yang sedang Anda baca ini adalah salah satu hasil pencariannya.

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan informasi seputar cara menghilangkan goresan pada HP. Cara-cara yang kami akan bahas kali ini agak sama persis dengan cara menghilangkan casing lecet yang pernah kami bahas sebelumnya di situs ini.

Sebelum Anda mencoba cara-cara yang akan kami sampaikan di bawah, jangan lupa untuk mematikan terlebih dahulu HP Anda. Kami sarankan sekalian juga baterainya dilepas dulu. Jangan lupa untuk menutup bagian-bagian yang rawan seperti port untuk charge atau lubang jack 3,5 untuk headphone, dengan isolasi atau bahan sejenis lainnya. Hal tersebut mengingat ada beberapa bahan yang bersifat cairan dan bisa menimbulkan konsleting listrik jika HP masih dalam keadaan aktif.

Oh iya, siapkan juga beberapa alat sederhana yang bisa Anda cari dengan mudah, diantaranya dua helai kain bersih dan berserat halus, atau gunakan kain mikrofiber (kain untuk membersihkan kacamata) jika ada. Siapkan juga wadah kecil sebagai tempat mencampur bahan-bahan tertentu. Baiklah, berikut ini bahan-bahan beserta caranya.

1. Pasta Gigi atau Odol

Bahan pertama yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan goresan pada HP adalah pasta gigi atau odol. Bahan ini sama kok dengan cara membersihkan casing HP putih yang menguning. Oh iya, pastikan pasta gigi yang digunakan bukan yang berbahan gel yah. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama, oleskan sedikit pasta gigi di kain bersih.
  • Lalu, usapkan kain tersebut ke bagian HP yang terdapat goresan secara perlahan. Arah mengusapnya harus melingkar.
  • Jika goresan sudah hilang, bersihkan sisa pasta gigi dengan kain bersih yang tidak terkena pasta gigi.

2. Krim Penghilang Goresan Mobil

Krim ini cukup umum dijual di pasaran. Namun, Anda harus berhati-hati ketika menggunakannya pada HP Anda. Langkah pertama, oleskan sedikit krim tersebut ke bagian HP yang tergores. Lalu, usapkan kain secara perlahan dengan gerakan melingkar pada HP. Saat goresannya sudah menghilang, segera bersihkan HP Anda dari sisa krim dengan kain bersih yang tidak terkena krim.

3. Baking Soda

Langkah pertama, campurkan sedikit baking soda dengan air di wadah kecil. Kemudian, aduk sampai terbentuk pasta. Nah, pasta inilah yang akan Anda gunakan untuk menghilangkan goresan pada HP Anda. Usapkan pasta tersebut pada bagian HP yang tergores menggunakan kain bersih secara perlahan. Usapkan dengan gerakan melingkar. Setelah goresan hilang, segera bersihkan sisa pasta dengan kain bersih. Jika perlu, Anda bisa membasahkan kainnya terlebih dahulu dengan sedikit air agar sisa pastanya bisa cepat hilang.

Jika Anda sebelumnya membaca artikel kami seputar cara membersihkan tempered glass, mungkin Anda akan familiar dengan cara-caranya.

4. Gunakan Brasso dan Silvo

Jika Anda ada yang belum tahu, Brasso atau Silvo adalah cairan yang biasa dipakai untuk memoles besi dan kaca. Nah, kedua bahan ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan goresan pada HP Anda. Caranya, tuangkan cairan secukupnya pada kain. Lalu, gosok perlahan kain tersebut pada bagian HP yang tergores sampai goresannya menghilang. Namun, Anda perlu berhati-hati ketika menggunakan kedua jenis cairan ini.

5. Gunakan Minyak Kayu Putih atau Minyak Telon

Minyak kayu putih atau minyak telon yang biasa dipakai untuk menghangatkan diri juga dapat bermanfaat sebagai cara menghilangkan goresan pada HP. Caranya, teteskan minyak tersebut secukupnya ke kapas atau kain bersih. Lalu, gosok bagian HP yang tergores secara pelan. Jika layar kaca sudah tidak tampak goresannya, segera bersihkan sisa minyak dengan kapas atau kain bersih.

6. Bedak Bayi

Cara menggunakan bedak bayi untuk menghilangkan goresan di HP hampir sama dengan cara menggunakan baking soda yang telah dibahas sebelumnya. Hanya saja, Anda ganti baking soda dengan bedak bayi. Untuk langkah-langkahnya, sama persis kok. Anda tinggal ikuti.

7. Gunakan Amplas Halus

Walau keliatannya ga mungkin, tetapi amplas juga bisa dijadikan sebagai bahan penghilang goresan pada HP. Untuk meminimalisir dampak dari amplas, gunakan amplas yang memiliki tingkat kekasaran yang rendah atau agak halus. Gosokan amplas pada bagian HP yang tergores. Lakukan cara ini dengan hati-hati agar bagian lainnya di HP Anda tidak ikut teramplas.

8. Minyak Sayur

Minyak sayur pun ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan goresan di HP Anda. Caranya, Anda cukup menuangkan satu tetes minyak sayur ke kain bersih. Lalu, usapkan pada bagian HP Anda yang tergores. Ingat, setelah diusapkan dan goresan menghilang, segera bersihkan sisa minyak menggunakan kain bersih.

9. Telur dan Potassium Sulfat

Khusus kedua bahan ini, Anda perlu menyiapkan alat dan bahan pembersih layar HP lainnya seperti kain microfiber, panci, oven, kompor, dan aluminium foil. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pisahkan bagian putih pada satu butir telur dari bagian kuningnya.
  • Campurkan putih telur dengan sesendok potassium ke dalam panci. Panaskan panci pada suhu 65 derajat Celcius.
  • Setelah bahan-bahan tercampur, rendam kain microfiber ke dalam campuran tersebut.
  • Bungkus kain microfiber tersebut dengan aluminium foil. Lalu masukkan ke dalam oven dengan suhu 300 derajat Celsius.
  • Setelah kain kering, keluarkan dari oven.
  • Bilas kain microfiber dengan air dingin sekitar 20 sampai 30 detik.
  • Ulangi cara di atas sampai 3 kali. Jika sudah, biarkan kain kering sendiri dan diamkan selama 2 hari.
  • Setelah 2 hari, gunakan kain microfiber tersebut untuk digosokkan ke bagian HP yang tergores.

10. Gunakan Krim Pelembab Wajah

Krim pelembab wajah juga bisa Anda gunakan sebagai cara menghilangkan goresan pada layar HP atau casing HP. Langkah-langkahnya, ambil krim secukupnya dan oleskan pada bagian HP yang tergores. Lalu, gosok perlahan menggunakan kain bersih atau kapas sampai krim mengering. Jangan lupa untuk membersihkan sisa krim pada HP Anda.


11. Gunakan Casing Silikon atau Tempered Glass

Sebenarnya, langkah ini adalah langkah pencegahan agar HP Anda tidak tergores. Sebelum Anda membeli handphone di toko atau outlet, mintalah kepada penjual untuk memasangkan anti gores pada layar HP Anda. Belilah casing silikon untuk melindungi HP Anda dari goresan. Hal ini berlaku setiap Anda membeli ponsel baik baru ataupun bekas. Meskipun Anda mungkin akan mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli anti gores atau casing silikon.

Sekian artikel kami seputar cara menghilangkan goresan pada HP untuk segala merek. Jika Anda hendak menghilangkan retak pada HP, simak artikel cara menghilangkan retak pada HP yang pernah kami bahas di situs ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

, , , ,
Oleh :