Home » Jaringan Komputer » Internet » 2 Cara Ganti Password WiFi Indihome : Di Laptop dan HP

2 Cara Ganti Password WiFi Indihome : Di Laptop dan HP

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Dahulu untuk menghubungkan sebuah komputer dengan internet kita hanya bisa menggunakan kabel LAN sebagai alat perantaranya. Hingga di temukanlah tekhnologi jaringan komputer tanpa kabel bernama Wi-Fi pada tahun 1998 oleh perusahan australia bernama CSIRO.

Wi-Fi juga merupakan sinonim dari nama pendahulunya yang kurang populer yakni WLAN (Wireless Local Area Network). Tekhnologi ini memanfaatkan gelombang radio Untuk bisa terhubung di jaringan komputer.

Jaringan Wifi Sendiri kini menjadi hal yang biasa di pasang di tempat keramaian seperti di kampus, kafe, restoran dan tempat lainnya sebagai layanan tambahan bagi pengguna.

Lalu Apa itu Wi-Fi?
Wi-Fi adalah Tekhnologi yang memanfatkan gelombang radio untuk menghubungkan beberapa perangkat elektronik dengan jaringan komputer tanpa kabel (nirkabel) dimana berbagai perangkat mampu saling bertukar data dalam sebuah ruangan dengan jangkauan sinyal wifi hingga 20 meter.

Selain dipasang di tempat keramaian wifi juga kini sudah banyak di pasang di rumah warga agar bisa berbagi koneksi internet untuk para penghuni rumah.

Namun bagi pengguna wifi awam mereka biasanya hanya bisa menggunakannya tanpa melakukan pengamanan jaringan wifi mereka sendiri. Padahal ini penting guna menjaga keamanan data dan menghindari pencurian sinyal wifi kita dari orang lain.

Ada pun Cara Melakukan Pengamanan pada Jaringan Wi-Fi kita adalah :

Cara Mengamankan Jaringan Wi-Fi

  1. Mematikan WPS (Wifi Protected Setup). WPS adalah cara singkat untuk tersambung pada Wifi (bahkan tanpa password). Namun cara ini sangat berbahaya karena ada beberapa software yang mampu membobol password yang digunakan.
  2. Gunakan Password Kombinasi. Dengan kita mengunakan password rumit mengkombinasikannya antara huruf dan angka maka password kecil kemungkinan untuk di bobol.      
  3. Gunakan Password WPA 2. Dengan WPA 2 password yang kita gunakan di Enkripsi sehingga sulit untuk dibobol para hacker
  4. Gunakan Router Mikrotik. Dengan alat ini kita bisa melihat dan memblokir siapa saja yang sedang mengunakan jaringan wifi kita
  5. Blokir Pencuri Wifi. Bila kita sudah tahu siapa yang sedang menggunakan sinyal jaringan wifi kita segera blokir agar pencurian sinyal WiFi tidak terulang
  6. Ganti SSID (Service Set Identifer). SSID merupakan nama sebuah jaringan Wifi yang kita gunakan. Dengan mengganti nama SSID hal itu membuat si pencuri jaringan akan kebingungan bila ingin mengakses wifi secara ilegal lagi.

Adapun pada kali ini kita akan melakukan pengamanan jaringan wifi dengan cara ganti password langung dari Hp Android dan Laptop. Sedangkan Layanan Wifi yang kita gunakan bernama Indihome.

Layanan Indihome sendiri memiliki beberapa jenis modem seperti Huawei, Alcatel, ZTE, Fiberhome, TP-Link dll. Dimana untuk cara setting passwordnya, ke semua jenis modem tersebut hampir sama.

Lalu Bagaimana cara mengganti Password WiFi Indihome? Mengganti Password Wifi bisa dengan 2 cara. Yang pertama menggunakan HP Android, yang kedua menggunakan PC/Laptop. Semuanya akan kami jelaskan di bawah ini.

Cara Ganti Password Wi-fi Indihome dari HP Android

  1. Sambungkan HP Android dengan Jaringan Internet pada Wifi Kita
  2. Setelah itu kita Login Ke menu Wifi dengan cara Ketikan Alamat IP 192.168.1.1 pada browser HP Kita (Chrome)
  3. Lalu Masukan Username dan Password
  4. Setelah Berhasil Login ke menu Wifi masuk ke tab menu network dan WLAN
  5. Pilih menu Security
  6. Lalu Kita pilih menu Phaseprase untuk membuat Password Wifi baru
  7. Jika password baru sudah di masukan klik Submit
  8. Selesai. Password baru wifi pun berhasil diganti

Selain mengganti password menggunakan HP Android. Mengganti password wifi juga bisa dilakukan melalui komputer/laptop. Berikut caranya akan kami jelaskan di bawah ini.

Cara Mengganti Password Wi-Fi Indihome di Komputer/Laptop

  1. Sambungkan komputer dengan jaringan internet pada wifi kita
  2. Buka situs wifi dengan cara mengetik alamat IP 192.168.1.1 Pada web browser (Mozilla) dan tekan Enter
  3. Setelah masuk ke halaman situs wifi silahkan login dengan memasukan username dan password dengan huruf kecil semua, karena merupakan aturan default dari sistem wifi.
  4. Setelah masuk ke halaman utama pilih menu network dan WLAN
  5. Kemudian kita pilih menu security
  6. Pilih menu WPA Passphrase
  7. Lalu ganti password wifi yang lama menjadi yang baru
  8. Bila sudah kita klik tombol Submit
  9. Selesai. Password wifi kita sudah diganti menjadi yang baru

Demikianlah penjelasan cara mengganti password Wifi Indihome di HP android dan Komputer. Dengan menerapkan sistem keamanan jaringan WiFi yang kuat tentunya membuat jaringan wifi tetap stabil tidak di curi orang.

Selain itu data di komputer yang tersambung dengan internet pada jaringan wifi kita tidak di bobol oleh para hacker untuk di salah gunakan.

You may also like