5 Kegunaan Basis Data Relasional

Dalam dunia teknologi informasi tentunya banyak hal yang baru muncul di setiap harinya, sehingga kita semua harus selalu mengikuti jalannya perkembangan dari teknologi informasi tersebut yang ada pada dunia bagaimana, agar diri anda sendiri tidak terlalu tertinggal jauh dari dunia luar yang mana sudah jauh di depan kita perkembangan dari teknologi informasinya.

ads

Teknologi informasi sendiri banyak sekali ilmu yang bisa anda pelajari dan ketahui tentunya, karena banyak komponen yang membantu dalam pekerjaan manusia itu sendiri. Salah satunya adalah basis data, yang mana kita akan membahas atau mengulas dari basis data itu sendiri. Mulai dari pengertian apakah basis data tersebut dan apa kegunaan bagi diri kita jika kita menggunakan basis data tersebut dalam dunia teknologi informasi maupun di dunia dalam kehidupan sehari – hari kita.

Pengertian Dari Basis Data

Untuk pengertiannya sendiri, basis data adalah suatu kumpulan yang mana kumpulan tersebut merupakan sebuah kumpulan data yang saling terhubung dengan satu sama lain. Dan untuk mengetahui hubungan dari antar data tersebut anda bisa melihatnya yang mana berupa sebuah kolom kunci yang ada pada di setiap tabel yang ada pada basis data tersebut.

Kemudian pada sebuah tabel ada data atau record yang isinya sama, bentuknya yang serupa, data yang sejenis, besar ukuran datanya sama, dimana data – data tersebut merupakan satu kumpulan entitas yang seragam atau sama. Dan perlu anda ketahui bahwa tabel sendiri artinya adalah merupakan kumpulan dari beberapa kolom dan baris yang kemudian berubah menjadi basis data karena sudah di isikan oleh beberapa data atau record kedalam tiap tiap kolom dan baris yang mana tiap field di setiap tabel tersebut saling terhubung satu sama lain.

Kegunaan Dalam Menggunakan Basis Data

Dari situ anda juga perlu mengetahui apa yang bisa anda dapat atau kegunaan dari penggunaan basis data di dalam dunia teknologi informasi ataupun dalam kehidupan sehari – hari anda. Karena mungkin ada yang berpikiran bahwa penggunaan basis data yang tidak begitu rumit ini tidak memiliki efektifitas dan fleksibilitas dalam penggunaannya dan akan useless apabila menggunakannya. Serta ada yang bilang tidak ada gunanya dan manfaat yang bisa anda peroleh dalam penggunaannya.

Mungkin yang mengatakan hal tersebut semuanya belum mengetahui dengan jelas dan detail apa saja manfaat dan kegunaan dalam penggunaan basis data itu sendiri bagi dirinya. Sebelum itu mari kita ulas bersama untuk kegunaan basis data yang harus anda ketahui tentunya.

1. Mengakses data dengan mudah

Dengan tersimpannya semua data mengenai apa yang sudah ada sebelumnya dan anda simpan ke dalam basis data, bisa membantu anda nantinya dengan menggunakan basis data. Serta dengan terbentuknya basis data yang telah terisi oleh sebuah data – data, nanti apabila anda ingin membuat sebuah aplikasi pastinya akan sangat mudah sekali dalam menampilkan dan melakukan hal lainnya dengan mudah dengan data tersebut apabila telah tersimpan di dalam basis data.


Tentunya akan lebih mudah apabila ada sebuah DBMS yang membantu pekerjaan anda lebih mudah nantinya dalam mengolah data yang ada pada sebuah basis data, dan dalam pengerjaan sebuah aplikasi yang melibatkan banyak data dalam pengerjaannya. Serta pengambilan data dari basis data sendiri relatif lebih mudah nantinya apabila di bantu oleh DBMS.

Baca juga :

2. Standarisasi dengan isolasi data

Menggunakan basis data bisa membantu anda dalam membuat sebuah aplikasi, dimana apabila terjadi suatu kondisi dimana ada beberapa data yang memiliki isi yang berupa file dengan format yang berbeda – beda, kemungkinan apabila tidak menggunakan basis data, dalam proses mengambil dan menginputkan data tersebut akan sangat kesusahan.

3. Redudansi data berlebih

Terjadinya redudansi data mungkin bisa terjadi apabila anda tidak menggunakan yang namanya basis data. Redudansi data sendiri merupakan terjadinya suatu kondisi dimana ada data yang sama tersimpan atau tercatat sebanyak lebih dari satu. Namun jika anda menggunakan basis data hal tersebut bisa teratasi tentunya.

Baca juga :

4. Keamanan data terjaga

Salah satu kegunaan dalam penggunaan basis data tidak hanya sampai di situ saja, tetapi juga masih ada lagi yaitu dalam proses mengamankan data – data yang menurut anda penting, bisa terjaga kerahasiaannya dan keamanannya apabila anda dalam menyimpan dan mengolah data tersebut menggunakan basis data dalam prosesnya.

Baca juga :

5. Adanya multiple user

Kemungkinan dalam bekerja akan membutuhkan dalam mengakses suatu data yang sama dengan pengguna atau orang yang mengaksesnya lebih dari satu, dan apabila dengan mengerjakannya tanpa basis data, mungkin akan terjadinya suatu kendala dan membutuhkan cara yang cukup rumit dalam penyelesaiannya. Namun apabila anda menggunakan basis data itu sendiri bisa menggunakan yang namanya fungsi multiple user yang mana bisa mengakses suatu data dalam waktu yang bersamaan dengan user atau orang yang mengaksesnya lebih dari satu.

Baca juga :

Basis data sangatlah sangat di butuhkan dan merupakan hal yang penting dalam dunia teknologi informasi tentunya, karena menyangkut segala hal dalam proses mengolah data dan juga bisa membantu dalam memudahkan suatu permasalahan dan pekerjaan dalam proses mengolah suatu data. Di suatu perusahaan juga pastinya sangatlah butuh untuk memakai sebuah basis data, karena pastinya ada banyak sekali data – data yang perlu di bantu dengan basis data dengan berbagai manfaat yang telah kita ulas bersama seperti diatas. Dengan adanya basis data pastinya bisa sangat membantu semua orang yang sedang berkecimpung di dalam dunia teknologi informasi ataupun di dunia ini.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 12th, September 2017 / 06:34 Oleh :
Kategori : Database