8 Fungsi Pemrograman Dasar C++

Dalam dunia programmer, banyak macam-macam bahasa program yang dapat dipelajari. Meskipun bahasa program itu banyak, akan tetapi, tetap memiliki tujuan akhir yang sama yakni, membuat suatu aplikasi maupun software. Setiap bahasa program memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

ads

Diantara bahasa program yang sudah dikenal saat ini, ada beberapa contoh pemrograman terstruktur yang wajib diketahui. Namun, ada satu bahasa program yang memiliki keunikan sendiri, yakni C++ . C++ merupakan salah satu bahasa program yang sudah lama dibuat sejak komputer generasi kedua berjalan.

Keunikan yang ada pada bahasa program C++ adalah pada bagian fungsinya. Fungsi yang terdapat pada bahasa program C++ mempunyai tujuan sebagai berikut.

1. Memudahkan Pembuatan Aplikasi

Tentu saja hal yang paling penting dalam pembuatan sebuah aplikasi adalah mudah dan juga cepat. Dengan adanya fitur fungsi pada C++ ini, programmer dapat lebih mudah untuk membuat program. Selain mudah, proses coding pun bisa lebih cepat dilakukan.

2. Ukuran Sebuah Program Bisa Lebih Kecil

Dengan adanya fungsi pada C++, ukuran sebuah aplikasi atau software yang dibuat bisa dikompres menjadi lebih kecil. Meskipun pengecilannya tidak begitu signifikan, akan tetapi cukup untuk mengurangi ukurannya sehingga tidak memakan banyak memori.

3. Menguraikan Perintah Menjadi Lebih Sederhana

Terkadang ada sebuah kode perintah yang harus ditulis dengan kode yang sanga panjang. selain rumt, hal itu juga dapat memakan waktu yang lama. Nah, dengan menggunakan fungsi ini, kode yang rumit dan panjang dapat disederhanakan, Selain hemat tenaga, fungsi pada C++ ini juga memudahkan para programmer.

4. MencegahTerjadinya Perulangan

Biasanya para programmer pasti pernah membuat kesalahan yang terbilang kecil. Contohnya adalah pengulangan kode yang sama. Dengan menggunakan fungsi pada C++, kode pengulangan dapat dicegah. Dengan begitu, tidak perlu lagi melakukan pekerjaan yang sia-sia.

5. Dapat Menggunakan Kode yang Sama Meskipun Berbeda Aplikasi

Buat para programmer, biasanya dia akan membuat aplikasi yang sesuai dengan gaya programmingnya masing-masing. Jika aplikasi yang buatnya tidak berbeda jauh dengan sebelumnya, maka kode yang digunakan pun harusnya tidak berbeda jauh. Nah, fungsi yang ada pada C++ ini dapat membantu programmer dalam mempercepat hal itu. Jika menggunakan fungsi, para programmer dapat menulis kode yang sama dalam aplikasi yang berbeda.

6. Dapat Memecah Bagian-bagian Aaplikasi

Di dalam sebuah aplikasi yang dibuat, banyak fitur-fitur yang harus dibuat. Pembuatan aplikasi tersebut juga memerlukan kode yang banyak meskipun hasil nantinya hanya untuk satu kali perintah. Oleh sebab itu, apabila programmer membuat aplikasi yang cukup detail dan kompleks, pastinya code yang dibuthkan juga banyak.

Dengan adanya fungsi pada C++, proses pembuatan dapat dibagi menjadi lebih kecil. Dengan begitu, programer dapat lebih fokus untuk menyelesaikan apliaksi secara terpisah. Hal ini tentunya dapat mengurangi kesalahan dalam aplikasi yang dibuat.

7. Dapat Menyembunyikan Fitur-fitur Dari Sisi Pengguna

Keuntungan lain menggunakan fungsi dari C++ ini adalah dapat menyembunyikan fitur yang tidak boleh diakses oleh pengguna. Contohnya saja, fitur yang hanya khusus dibuat dari sisi admin tidak boleh dimunculkan pada sisi pengguna. Maka dari itu, fungsi dari C++ ini sangat terbantu. Selain itu, Dengan fungsi ini juga mencegah pengguna dapat leluasa memodifikasi sebuah aplikasi. Dengan begitu, suatu aplikasi dapat aman dari tangan-tangan hacker.

8. Dapat Melacak Kesalahan Dengan Mudah

Ketika terdapat kesalahan saat membuat sebuah aplikasi atau software, biasanya programmer harus mengecek semua kode yang telah dibuat. Namun, ketika menggunakan fungsi pada C++, kesalahan dalam kode dapat ditemukan dengan lebih mudah. Sebab, kelasahan kode dapat dicari pada fungsi yang digunakan sehingga tidak perlu sampai mengesek semua kode.


Akan tetapi, terdapat kelebihan dan kekurangan bahasa pemrograman c yang juga harus kamu pahami. Berikut ada beberapa jenis Fungsi Pada C++:

  • Fungsi Void

Fungsi dengan tipikal void ini memiliki tujuan dalam menjalankan sebuah program yang sering digunakan hampir setiap hari. maka dari itu, jika programmer membuat aplikasi yang sifatnya rutin dilakukan, fungsi void perlu dimasukan.

  • Fungsi Overload

Dengan fungsi overload ini, maka saat akan ada panggilan dari user, aplikasi sudah dapat mengetahui perintah apa yang akan dimunculkan meskipun kode yang dipanggil sama. Jika programmer menggunakan kode yang sama meskipun perintah yang digunakan berbeda, maka penambahan fungsi overload ini perlu dilakukan.

  • Fungsi Prototype

Manfaat utama dengan adanya fungsi prototype ini adalah dapat menyamakan nama, jenis, dan juga parameter fungsi yang digunakan sebelum fungsi utama diketahui oleh aplikasi utama. Setelah itu, programmer dapat membuat isi apa saja yang diinginkan olehnya.

  • Fungsi Inline

Fungsi inline ini dapat mempercepat pemanggilan fungsi yang telah dibuat oleh programmer. Pada umumnya fungsi yang dipanggil oleh fungsi inline ini adalah panggilan yang sifatnya berulang-ulang.

Itulah fungsi pemrograman dasar C++ untuk para programmer. Dengan fungsi yang terdapat pada bahasa program C++, para developer aplikasi maupun software komputer menjadi lebih mudah dalam pembuatannya. Jika kamu ingin mempelajari lebih lanjut mengenai bahasa program C++, kamu bisa baca artikel mengenai contoh bahasa pemrograman C++, dan juga contoh program array C++ sederhana. Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk kamu semua.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pemrograman