Home » Kuliah IT » Web » Cara Membuat Template Blogger Responsive, SEO Friendly dan Gratis

Cara Membuat Template Blogger Responsive, SEO Friendly dan Gratis

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Sejak di adakannya Acara akbar Pesta Blogger tahun 2007 untuk pertama kalinya di Indonesia hingga ke masa sekarang yang semuanya serba mobile, ternyata dunia tulis menulis di internet ( Blogging) masih banyak di minati.

Walau kini kalah pamor karena semua orang berlomba lomba membuat konten video di Youtube (Youtuber) karena penghasilan yang lebih menggiurkan. Namun para blogger masih bertahan dan terus bertambah jumlahnya

Karena tidak semua informasi dapat di sajikan lewat video. Tulisan tulisan masih sangat penting di gunakan. Baik itu untuk akademisi maupun professional seperti berita online dan penulisan ilmiah. yang masih bertengger nomor satu di hasil pencarian google.

Agar Artikel website menjadi nomor satu di hasil pencarian google tentunya kita harus memahami tehnik SEO pada website. Salah satunya adalah menggunakan template website seo friendly dan responsive

Apa itu SEO?

SEO (Search Engine Optimization) adalah sebuah usaha untuk mengoptimalkan artikel website agar mendapatkan peringkat  teratas di hasil pencarian google dengan menggunakan beberapa cara dan tehnik sehingga berpotensi meningkatkan traffic organic pengunjung website.

Apa itu Responsive web design?

RWD (Responsive Web Design) adalah sebuah upaya pendekatan web design yang bertujuan agar tampilan layar menjadi optimal, mudah di baca  dan tampilan navigasi yang minimal sehingga bisa di buka dengan mudah di berbagai perangkat dan browser seperti mozilla desktop dan chrome android.

Untuk mengecek apakah website kita sudah terpasang template responsive atau belum kita bisa memanfaatkan beberapa tool online di berbagai situs website Seperti di https://www.websiteplanet.com

Caranya Cek Template Website Responsif:

  1. Buka https://www.websiteplanet.com/webtools/responsive-checker/
  2. Lalu masukan alamat website kita di kotak url
  3. Lalu klik tombol Test My site maka keluarlah hasilnya dengan beberapa tampilan website kita di beberapa perangkat (device) seperti pada : Mobile, Tablet dan Dekstop
  4. Dari situ di ketahuilah apakah template website kita bisa dapat di lihat dengan baik di beberapa perangkat atau tidak (responsive)

Lalu bagaimana cara membuat Template Blog SEO Friendly dan responsive? Sebenarnya ada beberapa cara untuk membuat template blog responsive. Ada yang membuat template dan desain webnya sendiri dari nol atau juga kita bisa download template yang sudah ada di internet, baik gratis maupun premium. Adapun kita disini akan menjelaskan cara membuat template blog responsive secara gratis.

Kelebihan Template Design Web Gratis :

  1. Dapatkan di unduh dengan Cuma-Cuma dan bebas biaya
  2. Dapat naik kelas menjadi premium bila sang pemilik mampu mengerti setiap elemen di dalamnya seperti CSS, Struktur SEO, HTML, Kemanan dll
  3. Dengan beberapa penambahan widget dan coding javascript Blog gratisan pun bisa memiliki tampilan yang indah dan luar biasa

Bila kita ingin membuat template sendiri dari nol kita harus paham coding java script html dan css. Sedangkan dengan cara download kita hanya cukup pasang template di web kita dan sedikit mengubah beberapa penyesuaian struktur elemen dengan link web kita.

Untuk itu disini kita akan menjelaskan cara mudah membuat template website seo friendly responsive secara gratis.

Cara Membuat Template Blog Responsive dan SEO Friendly

  1. Pertama tama kita buka situs penyedia template gratis contohnya disini.
  2. Lalu munculah beberapa pilihan template, pilih templatenya
  3. Setelah itu klik download
  4. Setelah Template selesai di download, extrak file (.zip) dan munculah banyak file dimana template yang di gunakan berekstensi (.xml)
  5. Setelah itu Kita Login ke Blog kita
  6. Pada menu sebelah kiri pilih menu Template
  7. Klik tombol Cadangkan / Pulihkan.
  8. Cari lokasi file template (.xml) yang sudah di download tadi lalu klik Open
  9. Klik upload dan tunggu proses loading
  10. Setelah proses selesai pilih menu lihat blog di sebelah kiri
  11. Blog kita pun sudah berubah templatenya.
  12. Namun Saat selesai tema kita masih memiliki foto, Icon dan internal link milik orang lain.
  13. Maka Dari itu kita harus ubah dan pilih Sesuaikan pada tombol template
  14. Setelah itu gantilah elemen design nya seperti header, favicon, pagelist, footer dan beberapa internal link widget lain sesuai keinginan kita.
  15. Setelah selesai klik simpan.
  16. Maka Template kita pun sudah berubah menjadi SEO Friendly Responsive.

Demikianlah cara membuat Template Design SEO Friendly Responsive pada website kita. Setelah mengerti cara mudah membuat dan melakukannya tentu kita bisa ganti beberapa template yang ada di internet dengan bebas mendownloadnya (bila gratis). Namun bila kita memiliki uang kita membeli template blog premium agar memiliki keamanan yang lebih.

      

You may also like