Home » Kuliah IT » Web » Cara Mengecek Nilai Domain Authority Website di Moz Rank

Cara Mengecek Nilai Domain Authority Website di Moz Rank

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Untuk melakukan sebuah pemasaran tentang Brand, Produk atau pun Identitas sebuah Perusahaan. Salah satu cara yang bisa di lakukan perusahaan adalah dengan cara membuat dan membangun suatu website.

Di dalam website ini perusahaan mampu memasukan segala info tentang perusahaan seperti Sejarah perusahaan, Produk Perusahaan, Info Kontak Perusahaan, Lowongan Pekerjaan Perusahaan dan lain lain Sehingga Perusahaan terjamin Kredibilitasnya di mata klien. Itulah sebabnya hampir semua perusahaan besar memiliki website Perusahaan sendiri.

Jenis – Jenis Website

Website sendiri terdiri beberapa jenis seperti yang ada di bawah ini :

  1. Web Pribadi : Web yang di gunakan perseorangan.
  2. Web Niche : Web yang hanya berfokus pada tema dan pokok bahasan sejenis.
  3. Web Bisnis  : Web yang membahas segala hal yang berhubungan dengan bisnis seperti marketing dan pemasaran.
  4. Web Citizen : Web yang dikelola banyak orang dalam satu wadah komunitas seperti kompasiana.
  5. Web Profesional : Web Resmi yang membahas tentang suatu bidang keahlian seperti Jurnalistik, otomotif , Sastra dll.
  6. Web Resmi : Web ini biasanya di buat secara resmi untuk memberikan informasi tentang identitas institusi seperti instistusi pendidikan dan pemerintah contohnya seperti website sekolah.

Setelah Perusahaan Memiliki sebuah website, Hal itu tentunya tidak cukup untuk Pemasaran. Khususnya bagi perusahaan yang menjual Produk dan Jasa. Agar produk dan jasa lebih di kenal masyarakat.

Tentunya Website Perusahaan / Pribadi harus menduduki peringkat pertama di hasil percarian  mesin pencari (contoh google). Agar menduduki posisi pertama di hasil pencarian google di perlukanlah tehnik SEO (Searh Engin Optimization) pada website kita.

Apa itu SEO?

SEO (Search Engin Optimization) adalah sebuah usaha pengoptimalan mesin telusur dengan beberapa tehnik yang di lakukan sehingga website kita memilki posisi yang baik dan di percaya oleh mesin telusur google dalam bentuk crawling google (robor.txt).

Setelah kita berhasil melakukan tehnik SEO dengan benar, tentu nya beberapa artikel kita berada di posisi yang lebih baik di mesin telusur google (Page One). Walau begitu posisi satu artikel di website belum bisa menjadi parameter nilai kesuluruhan suatu website.

Agar kita  dapat melihat nilai keseluruhan domain website, kita memerlukan layanan pihak ketiga untuk melakukan pengecekan nilai metrik seperti alexa rank dan moz rank.

Dahulu untuk menilai seberapa bagus SEO suatu website, Perusahaan lebih memilih Alexa Rank sebagai tolak ukur bagus atau tidaknya website Kolega. Namun sekarang walau pun alexa rank masih di gunakan dan menjadi salah satu tolak ukur, namun kini semua pihak lebih banyak beralih ke moz rank.

Perbedaan penilaian kedua layanan ini yaitu bila di alexa rank semakin ramping peringkat alexa semakin bagus. Sedangkan di Moz Rank semakin besar nilai moz rank maka semakin bagus nilai SEO website tersebut.
Lalu Bagimana cara meningkatkan tehnik SEO?

Cara  meningkatkan tehnik SEO pada Website:

  • Membuat Konten Berkualitas : Dengan cara melakukan riset kata kunci. Memberikan informasi sedetail mungkin dan memuat perangkat multi media seperti gambar dan video.
  • Menshare di media sosial : Ada banyak situs media sosial yang mampu menambah jumlah visitor dengan cara kita menshare link artikel web kita seperti Pinterest, Facebook Group dan twitter hastag.
  • Mengelola Link : Buanglah Link link yang tidak berkualitas seperti broken link dan masukan link link dari website populer agar anda mendapatkan backlink berkualitas.
  • Meningkatkan SEO Onpage : Buatlah Url artikel yang singkat. Buatlah konten yang panjang. Gunakan Meta description, Meta Tag, Meta Title dan Eksternal Link.
  • Gunakan Sitemap Google : Gunakanlah Sitemap Google yang ada pada situs Google search Console sehingga Google cepat melakukan crawling pada domain website kita dan kita pun bisa submit url artikel  kita sehingga artikel menempati posisi yang lebih baik di mesin telusur google.

Apa itu Moz Rank?
Moz Rank adalah Sebuah Tool yang di gunakan untuk menilai SEO dan Peringkat sebuah website menggunakan nilai DA ( Domain Authority) dan PA (Page Authority)

Apa itu DA?
DA (Domain Authority) adalah Nilai Metrik yang diberi oleh layanan Moz.com kepada Keseluruhan isi yang ada pada domain website kita dengan Score Nilai (0-100).

Apa itu PA?
PA (Page Authority) Adalah nilai metrik SEO yang di berikan oleh layanan moz.com hanya kepada halaman (Page) Tertentu pada website  kita dengan Score Nilai (0-100).

Bila diibaratkan  Sebuah Bangunan Gedung kantor maka Domain Authority adalah Isi keseluruhan yang ada pada gedung kantor tersebut sedangkan Page Authority adalah hanya salah satu ruangan ( contoh ruang rapat) saja pada gedung tersebut.

Cara Mengecek Nilai DA/PA pada Website
Lalu bagaimana cara melihat Nilai DA/ PA Di Moz Rank? 
Berikut akan kami jelaskan di bawah ini:

  1. Buka website Layanan Situs Moz di http://moz.com/researchtools/ose
  2. Masukan nama alamat situs anda di kolom url yang ada
  3. Klik Tombol “Search” yang ada  disamping kolom url
  4. Hasil DA dan PA website anda pun muncul.

Ada cara lebih lengkap lagi bila anda ingin mengecek nilai DA/PA, dan Moz Rank pada website.

  1. Buka website https://www.robingupta.com/bulk-domain-authority-checker.html
  2. Pada website Name ketikan Nama website kalian
  3. Pada kolom di bawah ceklis Domain Authority,  Page authority, Moz Rank, IP Address.
  4. Klik Get Result
  5. Lalu munculah nama website kalian, Nilai DA, Nilai PA, Moz Rank, dan IP address.

Kelebihan melihat nilai Moz Rank di situs ini adalah layanan ini bisa di gunakan tanpa harus daftar (Sign Up) dan bisa di lihat dengan berbagai browser seperti mozilla desktop, chrome android dan opera mini java.
Demikian lah cara melihat nilai DA/PA di Moz Rank.

Ada beberapa faktor  yang membuat google memberikan peringkat suatu website seperti berapa lama Usia domain itu telah ada, seberapa besar Popularitas domain website itu di kenal dan dikunjungi lalu seberapa besar ukuran domain kita dalam hal jumlah konten yang sudah di publikasikan.

Website website berita online popular di Indonesia tentunya memiliki nilai DA/PA lebih dari 80 karena memilki kualitas bagus dengan jumlah pengunjung jutaan per bulannya.
Bila nilai DA/PA website kita kecil jangan lah bersedih hati. Dengan terus selalu update postingan dan rutin menggunakan tehnik SEO, website kita pun perlahan nilai DA/PA nya akan beranjak naik.

You may also like