Home » Software » 7 Aplikasi Jual Beli Pertanian & Penyuluhan Petani Terbaik

7 Aplikasi Jual Beli Pertanian & Penyuluhan Petani Terbaik

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Pertanian merupakan salah satu sektor andalan yang menjadi penunjang bagi perekonomian suatu bangsa melalui jumlah PDB (Produk Domestik Bruto) yang di terima. Baik itu hasil pertanian dari produksi besar milik perusahaan maupun produksi kecil dari para petani lokal.

Pertanian sendiri memiliki banyak jenisnya seperti pertanian kelapa sawit, kakao, kopi, teh, singkong, beras, rempah, karet alam, cengkeh, kayu manis, lada dan lainnya dimana semua hasil pertanian tersebut bisa di pasarkan secara merata ke seluruh wilayah di suatu negara atau bisa juga di pasarkan ke luar negeri (Ekspor) bila memang stok hasil pertanian dalam negeri mencukupi.

Dahulu para petani melaksanakan usaha pertanian hanya secara otodidak, turun menurun atau melalui penyuluhan yang di lakukan oleh pemerintah daerah sehingga mereka mampu dan mengetahui ilmu bercocok tanam yang baik dan bisa menghasilkan rupiah dan keuntungan bila waktu panen tiba.

Namun dengan semakin majunya teknologi dan internet kini para petani juga bisa mendapatkan informasi lebih melalui aplikasi pada smartphonenya. Dengan begitu para petani kini semakin bertambah wawasannya tentang pertanian, seperti informasi mengenai ilmu tanah, tehnik pertanian, meteorologi, biokimia dan statistika dimana ke semua cabang ilmu tersebut saling terkait dengan proses pertanian.

Sehingga dengan membaca informasi pada aplikasi pertanian, nantinya hasil yang di dapatkan semakin besar saat panen tiba karena para petani mempraktekan ilmu yang di pelajarinya. Namun sebelum menjelaskan aplikasi pertanian apa saja yang bisa di gunakan petani. Pada kali ini kami akan menjelaskan apa itu aplikasi pertanian beserta manfaatnya.

Lalu Apa itu Aplikasi Pertanian?

Aplikasi Pertanian adalah aplikasi yang memberikan informasi terbaru tentang segala hal yang berkaitan dengan dunia pertanian seperti Produk pertanian, Kegiatan Urban Farming, Tehnik Pertanian dan juga Distribusi hasil pertanian sehingga dapat membantu para petani dalam melakukan kegiatan cocok tanam dan juga memasarkan hasil panennya secara langsung ke konsumen.

Setelah kita mengetahui apa itu aplikasi pertanian. Pada kali ini kami akan membahas beberapa aplikasi pertanian yang bisa di gunakan para petani untuk mengembangkan usaha pertaniannya sehingga menjadi lebih baik lagi. Adapun daftar aplikasi pertanian akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

7 Aplikasi Jual Beli Pertanian & Penyuluhan Petani Terbaik

Aplikasi PETANI

Aplikasi pertama yang akan kami jelaskan untuk Jual Beli Hasil Pertanian dan Penyuluhan Petani adalah menggunakan aplikasi bernama PETANI. Aplikasi PETANI merupakan aplikasi yang di kembangkan oleh perusahaan bernama PT. 8Villages Indonesia yang bertujuan untuk memudahkan kegiatan para petani.

Dengan aplikasi ini para petani bisa bertanya kepada para pakar dan ahli pertanian tentang segala hal dan masalah yang biasa terjadi pada bidang pertanian seperti cara budidaya tanaman yang baik, komposisi pupuk tanaman yang bagus hingga cara mengatasi berbagai penyakit pada tanaman.

Caranya sangat mudah yakni para petani cukup lampirkan foto tanaman mereka ke aplikasi dan nantinya para pakar akan menjawab kondisi tanaman tersebut. Tentunya aplikasi ini juga bermanfaat bagi para pakar dan ahli pertanian karena bisa melakukan penyuluhan secara online melalui gadget yang di gunakan tanpa harus turun langsung ke lapangan terlebih di kondisi pandemi seperti sekarang.

Selain itu dengan aplikasi PETANI, para pengguna bisa menginformasikan hasil panennya secara langsung kepada para konsumen tanpa lewat perantara (tengkulak). Sehingga semua keuntungan dari hasil panen yang di peroleh jadi lebih besar tanpa ada potongan lagi.

Aplikasi PETANI memiliki nilai rating 4.0 di layanan Google Playstore. Untuk menggunakan aplikasi ini pengguna harus memiliki smartphone android versi 4.1 keatas. Aplikasi PETANI memiliki ukuran file sebesar 20 MB (Mega Byte) dan telah di unduh oleh lebih 50 ribu pengguna. Adapun bagi pengguna yang ingin memasang aplikasi ini di smartphone nya bisa mengunduhnya melalui link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.eightvillages.petani.android.

Aplikasi Agromaret

Aplikasi ke dua yang akan kami jelaskan untuk Jual Beli Hasil Pertanian dan Penyuluhan Petani adalah menggunakan aplikasi bernama Agromaret. Aplikasi ini di kembangkan oleh perusahaan bernama PT. Agromaret Digital Indonesia yang merupakan sebuah martketplace pertanian, perternakan dan perikanan terbesar no.1 di Indonesia.

Agromaret merupakan aplikasi yang di rintis pada tahun 2009 oleh komunitas dan para alumni Institute Pertanian Bogor. Tujuan awalnya saat itu sederhana yaitu memudahkan penjual dan pembeli untuk bertransaksi dalam komoditas pertanian tertentu.

Dengan Aplikasi Agromaret maka pemasok dari petani, peternak, pekebun hingga pengusaha alat-alat pertanian dapat tergabung dalam agromaret sehingga mampu meningkatkan jumlah konsumen dan meraih keuntungan. Adapun beberapa fitur yang di miliki aplikasi Agromaret akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Fitur Aplikasi Agromaret

  1. Penjualan. Dengan fitur penjualan maka pengguna bisa dengan bebas menjual hasil pertanian nya seperti beras, kopi, cengkeh dan lainnya di halaman aplikasi agromaret. Namun sebelum hasil panen tampil di halaman aplikasi, maka harus melewati tahap ulasan oleh tim agromaret hingga berhasil lolos uji kelayakan. Selain itu dengan fitur ini penjual bebas menentukan harga yang di pasang, diskon dan minimum pembelian
  2. Pembelian. Dengan fitur pembelian maka para calon konsumen bisa memasang iklan permintaan terhadap barang atau komoditas tertentu yang jarang ada di pasaran dan mencari harga yang ideal pada aplikasi agromaret. Caranya cukup mudah dengan memasukan detail barang yang di inginkan dan mengisi data formulir yang di sediakan. Sehingga dengan fitur ini maka para petani mampu dengan mudah menyediakan komoditas yang di minta oleh konsumen
  3. Kerja Sama. Dengan fitur kerja sama maka produsen hasil pertanian bisa mencari distributor atau investor untuk di lakukannya kerja sama sehingga terciptanya relasi bisnis yang sehat antara produsen, investor dan distributor dan usaha pertanian bisa jadi lebih berkembang dan maju
  4. Transaksi. Dengan fitur ini maka pengguna bisa melihat daftar transaksi yang telah di lakukan pada aplikasi agromaret sehingga bisa menjadi bukti bagi para konsumen terkait proses pembayaran
  5. Survey. Dengan fitur ini para pengguna bisa melakukan survey yang di minta oleh pihak agromaret dan nantinya bisa mendapatkan reward yang menarik

Apiikasi Agromaret memiliki nilai rating 3.5 di layanan google playstore. Untuk menggunakan aplikasi ini pengguna harus memiliki smartphone android versi 4.1 ke atas. Aplikasi ini terakhir di update di playstore pada 23 agustus 2018 dengan penambahan fitur fix eror saat membeli barang dan fix minor bug & crash. Aplikasi Agromaret memiliki ukuran file sebesar 5.8 MB. Adapun bagi pengguna yang ingin memasang aplkasi ini bisa mendownloadnya melalui link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.agromaret.android.app.

Aplikasi TaniHub

Aplikasi ke tiga yang akan kami jelaskan untuk Jual Beli Hasil Pertanian dan Penyuluhan Petani adalah menggunakan aplikasi bernama Tanihub. Aplikasi Tanihub merupakan aplikasi yamg dimiliki perusahaan bernama PT. Tani Hub Indonesia yang didirikan pada tahun 2006.

Tani Hub sendiri adalah e-commerce dan marketplace pertanian yang tersedia dalam bentuk aplikasi dan situs web (websites) yang menyediakan hasil produk tani terbaik. Sehingga dengan menggunakan layanan TaniHub (web dan aplikasi) memudahkan para petani menjual barang-barang hasil panennya seperti beras, jagung, kopi, teh dan lainnya secara langsung ke konsumen baik B2B (Business-to-Business) maupun B2C (Business to Consumer).

Selain itu dengan aplikasi Tanihub para Petani juga bisa bekerja sama dengan UMKM di wilayahnya sehingga mampu ikut membantu memajukan perekonomian tiap daerah dan juga hasil panen dari para petani mampu di olah lagi oleh kreatifitas para pelaku UMKM. Adapun beberapa fitur yang bisa di gunakan oleh pengguna aplikasi Tanihub akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Fitur Aplikasi Tanihub

  1. Kategori Produk. Pada aplikasi Tanihub terdapat beberapa kategori produk hasil pertanian yang bisa kita pilih seperti kategori Buah (semua jenis buah-buahan), Sayur (segala macam sayur sayuran), Unggas dan Telur (Fillet dada ayam, karkas ayam, telur ayam negeri dll), Beras dan Biji-bijian ( beras hitam, beras putih, beras merah, lada hitam, biji adas, ketumbar), Ikan dan Udang ( patin, gurame, nila, dori), Horeka ( produk pertanian random / acak)
  2. Produk Pilihan. Dengan fitur ini maka pengguna bisa melihat daftar list produk yang sedang mengadakan promo harga pada waktu dan periode tertentu sehingga biaya yang dikeluarkan untuk membeli produk pertanian jadi lebih murah
  3. Set Lokasi. Dengan fitur ini maka pengguna bisa menentukan wilayah tempat kita ingin membeli produk hasil pertanian di aplikasi sehingga biaya ongkos kirimnya lebih murah dan barang cepat sampai
  4. Metode Pembayaran. Dengan fitur ini maka pengguna bisa menentukan motode pembayaran saat ingin membeli produk pertanian di aplikasi Tanihub seperti membayar melalui kartu debit, kartu kredit, OVO, internet banking, dan bisa juga melakukan pembayaran melalui minimarket (indomaret & alfamart)
  5. Search. Dengan fitur ini kita bisa mencari produk pertanian yang ingin di beli dengan cara mengetikannya pada kolom search
  6. Contactles Delivery. Dengan menggunakan fitur ini maka kita bisa mendapatkan layanan tambahan seperti pengiriman tanpa kontak langsung dengan kurir, meletakan pesanan di depan rumah dan lainnya sehingga mampu memberikan keamanan dan kenyamanan konsumen
  7. Reorder. Dengan fitur ini pengguna bisa membeli kembali produk pertanian yang sudah pernah di beli

Aplikasi TaniHub memiliki nilai rating sebesar 4.6 di layanan Google Playstore. Untuk menggunakan aplikasi ini pengguna harus memiliki smartphone android versi 4.1 ke atas.

Aplikasi TaniHub terakhir kali di Playstore pada 13 Januari 2021 dengan pembaharuan fitur reorder dan bahan masakan. Aplikasi TaniHub memiliki ukuran file sebesar 13 MB (Mega Byte) dan telah di unduh oleh lebih 100 ribu pengguna. Adapun bagi pengguna yang ingin memasang aplikasi ini bisa mengunduhnya melalui link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tanihub.vaesdothrak.

4.Aplikasi Paktani Digital

Aplikasi ke empat yang akan kami jelaskan untuk Jual Beli Hasil Pertanian dan Penyuluhan Petani adalah menggunakan aplikasi bernama Paktani Digital. Aplikasi ini merupakan aplikasi pertanian yang di kembangkan oleh perusahaan PT. Hagatekno Mediata Indonesia yang bisa mempertemukan para petani dan konsumen hasil pertanian lewat sebuah aplikasi. Sehingga pertanian di Indonesia semakin maju. Adapun beberapa fitur yang dimiliki aplikasi Paktani Digital akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Fitur Aplikasi Paktani Digital

  1. Cek Harga. Fitur ini berisi informasi tentang harga jual-beli komoditi pertanian seperti harga cabe, tomat, bawang, kentang, kol, wortel dan sebagainya yang tentunya sangat bermanfaaat bagi para pelaku usaha, petani, konsumen, pemerintah dan pihak terkait dimana daftar harganya bersifat variatif tergantung dengan kondisi ekonomi suatu wilayah. Dimana daftar harganya bisa di telusuri berdasarkan Jenis Komoditi, Daerah, dan Rentang Waktu
  2. Transporter. Fitur ini digunakan untuk menghubungkan para petani, konsumen, pelaku usaha, dan jasa ekspedisi terkait dengan pengiriman barang komoditi dan non komoditi baik menuju pedesaan maupun menuju perkotaan
  3. Pasar Online. Fitur ini disediakan untuk menjembatani proses jual beli antara petani, koperasi, pedagang dengan konsumen yang menggunakan hasil pertanian seperti restoran, toko sayur, toko buah, supermarket, catering, rumah sakit, pengecer dan lainnya
  4. Lelang Komoditi. Fitur ini di gunakan untuk melakukan pelelangan terkait komoditi hasil pertanian antara petani dan konsumen baik dalam jumlah sedang maupun besar
  5. Petani Berbagi. Fitur ini di gunakan untuk mewadahi komunitas para petani sebagai media komunikasi antara para petani. Selain itu dengan fitur ini para petani juga bisa saling sharing tentang ilmu dan pengalaman terkait usaha pertanian sehingga nantinya juga bisa belanja bersama
  6. Kolaborasi. Fitur ini di gunakan untuk menjembatani kerja sama antara pemangku kepentingan terkait seperti petani, konsumen, supplier, perguruan tinggi, pemerintah, pemodal dan pihak lainnya sehingga terjalin kerja sama yang harmonis
  7. Vendor / Supplier. Fitur ini digunakan untuk mempertemukan antara petani dengan para supplier, baik itu supplier alat, bahan, mesin, pupuk dan lainnya yang berhubungan dengan usaha pertanian
  8. Mapping Harga. Fitur ini di gunakan untuk memetakan harga komoditi hasil pertanian di setiap wilayah, sehingga para petani bisa memprediksi kenaikan harga pada periode tertentu

Aplikasi Paktani Digital memiliki nilai rating sebesar 4.2 di layanan Google Playstore. Untuk menggunakan aplikasi ini pengguna harus memiliki smartphone android versi 4.4 ke atas. Aplikasi Paktani Digital memiliki ukuran file sebesar 5.7 MB (Mega Byte) dan telah di unduh oleh lebih 50 ribu pengguna. Adapun bagi pengguna yang ingin memasang aplikasi ini bisa mengunduhnya melalui link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.hagatekno.ptd

Aplikasi Simbah E-Tani Digital

Aplikasi ke lima yang akan kami jelaskan untuk Jual Beli Hasil Pertanian dan Penyuluhan Petani adalah menggunakan aplikasi bernama Simbah Digital Tani. Aplikasi ini di kembangkan oleh perusahaan bernama PT. Simbah Digital Tani. Dimana aplikasi ini adalah sosial enterprise yang berfokus pada produktifitas dan pemasaran B2B (Business-to-Business) di bidang pertanian berbasis aplikasi. Dimana fitur pada aplikasi sudah di sesuaikan dengan kebutuhan para petani dan konsumen Indonesia. Adapun beberapa fitur yang di miliki pada aplikasi Simbah E-Tani Digital akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Fitur Aplikasi Simbah E-Tani Digital

  1. One Click Solution. Dengan fitur ini maka pengguna aplikasi baik itu dari petani maupun konsumen merasa di mudahkan karena caranya hanya dengan satu klik pada menu yang ada di aplikasi dan transaksi pun bisa berjalan
  2. Jual Beli. Dengan fitur ini maka para petani bisa menjual hasil panen pertaniannya secara langsung ke konsumen sehingga mampu memangkas panjangnya rantai distribusi bisnis sehingga kedua belak pihak baik petani maupun konsumen di untungkan dengan harga yang sesuai
  3. Sistem Cerdas AI (Artificial Intellegence). Dengan fitur ini maka para petani bisa bertanya ke para pakar dan penyuluh di bidang pertanian melalui aplikasi. Terkait segala masalah tentang usaha pertanian seperti kondisi tanaman, komposisi pupuk yang pas, hingga mengatasi tanaman yang terserang hama. Dimana semua pertanyaan secara otomatis di jawab oleh para pakar pertanian dengan pengetahuan yang kredible
  4. Big Data Analis. Fitur ini memberikan data analisis terkait pertanian modern yang ada di Indonesia. Dimana data yang di dapatkan bisa di manfaat kan untuk penelitian oleh pihak terkait seperti petani, konsumen, perguruan tinggi, pemerintah dan pihak lainnya. Sehingga bisa menerapkan tehnik pertanian secara modern
  5. Pendamping Digital Pertanian. Dengan fitur ini maka para petani akan di dampingi terkait usaha pertaniannya menggunakan sistem cerdas pada aplikasi. Sehingga tehnik pertanian yang dilakukan petani bisa efektif dan hasil panennya pun memuaskan

Aplikasi Simbah E-Tani Digital memiliki nilai rating 4.0 di layanan Google Playstore. Untuk menggunakan aplikasi ini pengguna di haruskan memiliki smartphone android versi 4.0.3 ke atas. Aplikasi E-Tani Digital memiliki ukuran file sebesar 5.6 MB ( Mega Byte) dan telah di unduh oleh seribu pengguna. Adapun bagi pengguna yang ingin memasang aplikasi ini bisa mengunduhnya melalui link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.developer.simbah.app.

Aplikasi Dokter Tania

Cara ke enam yang akan kami jelaskan untuk Jual Beli Hasil Pertanian dan Penyuluhan Petani adalah menggunakan aplikasi bernama Dokter Tania. Aplikasi ini di kembangkan oleh PT. Neura Cipta Nusantara yang di buat untuk menawarkan solusi kepada para petani terkait segala masalah pertanian, baik pertanian skala perorangan maupun pertanian skala industri. 

Dengan bantuan dari para pakar pertanian dan teknologi kecerdasan buatan pada aplikasi mampu memberikan solusi bagi para pelaku usaha pertanian di Indonesia dengan 80 jenis tanaman dan 1000 penyakit tanaman. Sehingga aplikasi ini sangat membantu para individu yang baru mulai bercocok tanam baik urban farming maupun pertanian di desa. Adapun beberapa fitur pada aplikasi ini akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Fitur Aplikasi Dokter Tania

  1. Identifikasi Penyakit. Dengan teknologi kecerdasan buatan yang terdapat pada aplikasi maka aplikasi dapat mendiagnosa penyakit tanaman yang kita miliki dan juga memberi solusi terkait pengobatan / penanganan yang akurat dan rinci melalui foto tanaman kita sehingga tanaman kita kembali sehat dan tidak mati
  2. Interaksi Petani. Dengan fitur ini maka para pengguna aplikasi bisa berinteraksi secara langsung dengan sesama pegiat pertanian seperti petani profesional, supplier, maupun yang hanya sekedar hobi di bidang agrikultur
  3. Tanya Ahli. Dengan fitur ini maka pengguna bisa bertanya terkait masalah tanaman yang kita punya secara spesifik kepada para pakar dan penyuluh pertanian melalui aplikasi
  4. Radar. Dengan fitur ini maka para petani bisa terus memantau sebaran wabah penyakit pada tanaman sehingga penyakit tanaman tidak menular ke tanaman lain dan juga kita bisa melakukan langkah selanjutnya sebagai antisipasi seperti melakukan penyemprotan desinfektan pada tanaman
  5. Pupuk Kalkulator. Dengan fitur ini maka petani bisa menentukan jenis, takaran dan waktu pemberian pupuk secara akurat. Sehingga tanaman kita tumbuh sehat dan tidak membusuk
  6. Prakiraan Cuaca. Dengan fitur ini maka petani akan di berikan ramalan cuaca terbaru di lokasi tempat dia tinggal. Selain itu dengan prakitaan cuaca petani juga akan mendapatkan rekomendasi kegiatan yang cocok dengan kondisi cuaca yang ada secara real time
  7. Budidaya dan Info Tania. Dengan fitur ini maka para petani dapat mempelajari tehnik pembenihan dan pemeliharaan dengan lebih dari 80 jenis tanaman. Selain itu dengan fitur ini petani akan di beri informasi mengenai penanganan terhadap lebih dari 1000 jenis tanaman secara mudah

Aplikasi Dokter Tania memiliki nilai rating sebesar 4.4 di layanan Google Playstore. Untuk mengggunakan aplikasi ini pengguna harus memiliki Hp Android versi 5.0 ke atas. Aplikasi Dokter Tania memiliki ukuran file sebesar 14 MB (Mega Byte) dan telah di unduh oleh lebih 10 ribu pengguna. Untuk memasang aplikasi ini pengguna bisa mendownloadnya melalui link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.taleus.drtania

Aplikasi Tani Link

Aplikasi terakhir yang akan kami jelaskan untuk Jual Beli Hasil Pertanian dan Penyuluhan Petani adalah menggunakan aplikasi bernama Tani Link. Aplikasi ini di kembangkan oleh PT. Kertabhumi yang dibuat untuk menjawab kebutuhan informasi pertanian bagi para petani dan masyarakat luas. Adapun beberapa fitur pada aplikasi ini akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Fitur Aplikasi Tani Link

  1. Berita & Artikel. Dengan fitur ini maka petani dan konsumen dapat membaca informasi terbaru terkait pertanian seperti harga komoditas nasional, informasi cuaca, kebijakan pasar dan info lainnya
  2. Forum Tanya Jawab. Dengan menggunakan fitur ini maka petani akan mendapatkan jawaban dari para pakar terkait masalah pertanian
  3. Pasar Tani. Dengan fitur ini maka para petani bisa memasarkan hasil panen pertanian ke aplikasi yang nantinya bisa di lihat dan di beli oleh konsumen
  4. GAP (Good Agricultural Practice) & GHP (Good Handling Practice). Dengan fitur ini petani akan mendapatkan panduan penerapan pertanian sesuai standar GAP dan GHP Score
  5. Simulasi Sertifikasi Organik & ISO 2200. Dengan fitur ini maka petani akan mengetahui sejauh mana dirinya siap menuju sertifikasi produk yang berkelanjutan pada usaha pertaniannya
  6. Managemen Keuangan. Dengan fitur ini maka petani bisa mendokumentasikan, menyimpan dan melihat semua catatan transaksi baik itu pemasukan maupun pengeluaran
  7. Analisa Usaha pertanian. Dengan fitur ini maka petani bisa mengetahui biaya apa saja yang harus di keluarkan pada usaha petanian miliknya
  8. Info Tani. Dengan fitur ini maka petani mendapatkan informasi terkait kegiatan para petani di berbagai daerah
  9. Message Board. Dengan fitur ini maka para petani bisa mengirimkan pengumuman terkait dengan informasi pertanian

Aplikasi Tani Link memiliki nilai rating 4.0 di layanan Google Playstore. Untuk menggunakan aplikasi ini pengguna di haruskan memiliki smartphone android versi 5.0 ke atas. Aplikasi Tani Link memiliki ukuran file sebesar 41 MB (Mega Byte) dan telah di unduh oleh lebih 5000 pengguna. Bagi pengguna yang ingin memasang aplikasi ini bisa mengunduhnya melalui link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tanilink.TaniLink

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan kami mengenai apa itu aplikasi pertanian beserta 7 aplikasi pertanian yang bisa membantu para petani dalam melaksanakan usaha pertaniannya. Seperti aplikasi PETANI, Agromaret, Tani Hub, Pak Tani Digital, Simbah E-Tani Digital, Dokter Tania dan Tani Link.

Dengan membaca penjelasan di atas tentunya kita kini mengetahui apa itu aplikasi pertanian dan beberapa fitur yang di miliki. Selain itu dengan membaca penjelasan di atas kini kita tak bingung lagi bila ingin memulai bergelut di dunia cocok tanam. Dengan menerapkan beberapa tehnik dari fitur yang ada pada aplikasi maka usaha pertanian kita bisa berjalan dengan sukses.

You may also like