Apa Itu Sampling Keyboard dan Cara Melakukannya pada PC dan Android

Perkembangan dunia musik di zaman sekarang tidak jauh berbeda dengan perkembangan dunia teknologi dan informasi. Dulu, sebuah musik harus dimainkan dengan menghadirkan beberapa alat musik. Sekarang, memainkan musik juga dapat dilakukan melalui komputer ataupun gadget lainnya. Bahkan ada juga yang cukup satu keyboard sudah dapat memainkan berbagai alat musik. Mengapa bisa begitu?

ads

Mungkin kamu pernah mendengar ada sebuah musik seperti kendang, seruling, piano, atau bebrapa alat musik lainnya hanya dilakukan pada keyboard. Nah, keluarnya suara-suara dari keyboard tersebut dinamakan sampling keyboard. Nah, pasti yang ada dibenakmu, mengapa keyboard bisa melakukan ha tersebut dan apa itu sampling keyboard?

Pengertian Sampling

Sampling sendiri adalah suatu proses pengambilan sampel atau bisa juga contoh sebuah bunyi maupun suara melalui rekaman. Setelah contoh bunyi maupun suara itu sudah diambil, kemudian diedit menggunakan sebuah software. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengedit bunyi atau suara ini disebut Software Sampler.

Contohnya saja kamu mau mengambil suara seruling. Kemudian, kamu mainkan beberapa suara seruling yang kamu butuhkan menggunakan midi controlller. Midi controller sendiri bisa berupa keyboard (komputer) atau keyboard (piano). Setelah itu, akan muncul hasil sampel seruling yang telah kamu rekam tadi.

Jika kamu kesulitan dalam membuat sampel suaranya, kamu bisa mengambil sampel suara yang sudah jadi di internet dan mengunduhnya. Akan tetapi, perlu kamu perhatikan bahwa setiap sampel suara ada yang berkualitas bagus dan juga tidak. Oleh karena itu, kamu harus lebih teliti.

Jika kamu masih penasaran dengan bagaimana cara melakukan sampling, berikut ada dua cara melakukan sampling, yakni menggunakan versi PC dan juga versi Android

Versi PC

Untuk versi PC ini, media yang digunakan adalah keyboard (piano). Maka dari itu, pastikan kalau keyboard (piano) yang kamu gunakan ada port kabel midi ini dan juga midi out. Pada umumnya, keyboard keluaran terbaru mempunyai port sampling seperti colokan printer. Oleh sebab itu, cukup beli kabel printer saja.

Jika sudah ada, maka langkah-langkah selanjutnya adalah sebagai berikut

  1. Pertama kamu unduh terlebih dahulu sebuah aplikasi (pada kasus ini, gunakan aplikasi bernama One Man Band dan Coolsoft).
  2. Setelah itu, instal dua aplikasi tersebut
  3. Jangan lupa untuk unduh kit sf2, pilihannya sudah banyak tersedia, bisa dari unduh secara gratis atau juga membelinya
  4. Jika sudah, pertama buka aplikasi Coolsoft, lalu tekan tanda plus. Kemudian pilih kit sf2 yang sudah diunduh sebelumnya dan klik apply
  5. Setelah itu, buka aplikasi One Man Band lalu klik option->Midi Out->Pilih All pada bagian coolsoft virtual midi synth. Kemudian klik OK
  6. Jika sudah, hubungkan keyboard (piano) pada PC dengan menggunakan kabel midi. Caranya colokan midi out pada kabel midi in.
  7. Kemudian, setting bagian One Man Band pada midi in dan pilih USB Midi.
  8. Lalu, setting juga pada keyboard yakni bagian accomp out dihidupkan atau “ON”-kan
  9. Jika semua perangkat sudah terhubung dan aplikasi sudah siap dijalankan, selanjutnya tinggal memainkan keyboardnya.

Perlu untuk diperhatikan untuk gaya dimainkan menggunakan software One Man Band tadi. Jadi, pada bagian One Man Band harus di load. Setelah itu, chord dan juga tonenya dapat dimainkan pada keyboard.

Selain itu, hal yang perlu kamu ketahui ada pada bagian kit sf2nya. Sebab, tidak semua sf2 gratis dapat kompetibel dengan aplikasinya sehingga kamu lebih baik membeli paket sf2 berserta stylenya.


Versi Android

Selain versi PC, versi android juga bisa digunakan untuk melakukan sampling. Cara melakukannya adalah sebagai berikut.

  • Pertama, persiapkan keyboard yang memiliki eksternal midi.
  • Smarphone atau juga tablet yang menggunakan Sistem Operasi Android (perlu diperhatikan untuk smartphone harus yang sudah mendukung OTG, minimal Ram 512Mb dan 1Ghz, Processor Dual Core ).
  • Kabel OTG
  • Kabel Printer atau juga kabel midi.
  • Aplikasi Midi Voyager
  • Aplikasi Sounfont

Setelah semuanya sudah siap, langsung saja ikuti langkah dibawah ini.

  1. Pertama hidupkan dulu keyboardnya lalu hubungkan kabel printer ke ITG dan juga ke smartphone.
  2. Setelah itu, buka aplikasi Midi Voager yang sudah diunduh melalui Play Store (Jika belum mempunyai akun Play Store, silakan cari tahu cara membuat akun Google Play Store)  lalu tekan Option yang letaknya ada di bagian pojok kanan bawah.
  3. Kemudian, pilih setting lalu pilih usb. Lalu, centang pada bagian “Enable USB Midi In”.
  4. Setelah itu, ubah bagian “Midi in Velocity” menjadi “127(fixed). Hal itu dilakukan untuk mengurangi waktu jeda.
  5. Nantinya akan muncul pesan yang berbunyi “Izinkan apl MIDI Voyager Free mengakses perangkat USB?” lalu klik OK.
  6. Setelah itu, pilih soundfont yang memiliki ekstensi file sf2 dari SD card.
  7. Jika sudah, cobalah tekan tut keyboard. Pada saat tut keyboard ditekan maka tut pada smartphone akan berwarna serta mengeluarkan sampel suara yang kamu pilih.

Itulah cara melakukan sampling pada PC dan juga Android. Jika kamu memiliki lagu yang kemudian ingin diambil contoh musiknya, cobalah untuk cara memotong lagu online, atau juga aplikasi pemotong lagu di Android. Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk kamu semua.

, , , ,