Home » Software » Cara Membuat Software Portable secara langsung (tanpa aplikasi)

Cara Membuat Software Portable secara langsung (tanpa aplikasi)

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Semakin meningkatnya kebutuhan manusia akan sesuatu di barengi dengan semakin canggihnya tekhnologi yang ada saat ini. Tekhnogi ini tidak hanya berupa perangkat keras (Hardware) tapi juga perangkat lunak (software). Karena secanggih apapun perangkat keras bila tanpa perangkat lunak alat itu tidak akan bisa dijalankan.

Selain di peralatan canggih, software pun hadir di kehidupan kita sehari-sehari seperti software pengolah data (Microsoft office).

Software Pengolah gambar ( Photoshop) dan software pengolah video (Total video converter). Kesemuanya baru bisa di jalankan bila sudah melalui proses instalasi (pemasangan) di sistem operasi Windows. Di mana software pada sistem windows sendiri memilki ekstensi (.exe) yang berarti (execute).

Setelah proses instalasi selesai biasanya semua komponen yang ada dalam suatu software yang sudah terinsall akan di simpan di sebuah media penyimpanan (Hardisk) pada partisi ( c:/).

Apa bila spec (spesikasi) Komputernya bagus tentu di install berapapun software di PC tidak akan bermasalah. Namun bagaimana bila kita hanya mempunyai komputer Jadul dengan spek Perangkat keras (Hardware) rendah dan kapasitas hardisk dan RAM terbatas?
Untuk itulah di butuhkan software Portable.

Apa itu software Portable?

Software Portable adalah perangkat lunak komputer yang dapat di bawa dalam peralatan portable seperti flashdisk.

Dapat langsung di gunakan tanpa harus melakukan proses instalasi pada sistem operasi layaknya software installer.

Kelebihan software portable di banding software Installer:

  1. Simple dan Flexible
  2. Dapat dengan cepat di copy ke komputer
  3. Meningkatkan keamanan data
  4. Sistem bersih dari Registry
  5. Ukuran kecil

Setelah kita mengetahui pengertian tentang apa itu software portable, Lalu bagaimana cara membuatnya? Cara membuat software portable sendiri ada 2 cara : Yang pertama secara langsung dan yang kedua menggunakan aplikasi.

Cara membuat software portable secara langsung:

  • Install Sotware yang akan kita buat menjadi portable
  • Bila sudah terinstal buat sebuah folder untuk menyimpan software portable nanti dengan nama (Portable1)
  • Bukalah Registry Editor pada Windows dengan cara menekan tombol windows+R secara berbarengan atau
Start-all program-accessories-run-ketik regedit
  • Setelah jendela registry terbuka arahkan kursor ke kiri atas lalu cari file registry
HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Program yang akan di jadikan portable
  • Lalu Klik kanan pada key name tersebut lalu pilih export dan simpan dengan nama (bebas) di lokasi folder yang sudah di buat di atas (Portable1).
  • Masih di menu yang sama Kemudian cari registry
HKEY_LOKAL_MACHINE\SOFTWARE\program yang akan di jadikan portable
  • Lalu Klik kanan pada key name tersebut lalu pilih export dan simpan dengan nama (bebas) di lokasi folder yang sudah di buat di atas (Portable1). Lalu 2 file registri (.reg) pun muncul.
  • Buka folder tempat file registry di simpan.
  • Buka direktori tempat software baru di install C:\program files\software\program yang akan di jadikan portable lalu copy semua file yang ada di folder tersebut.
  • Pastekan semua file tersebut ke dalam folder (Portable1) yang menyimpan 2 registri yang telah di buat tadi di atas .
  • Setelah semua terkumpul maka tinggal cari file berekstensi (.exe) maka software pun sudah bisa di jalankan secara langsung tanpa installasi (portable).

Dengan terciptanya software portable, kini kita pun bisa membawa dan menggunakannya ke manapun tanpa harus melakukan proses instalasi yang ribet.

Software portable pun tentunya memiliki ukuran yang lebih kecil sehingga tidak membebani kapasitas flashdisk yang ada dan juga data lebih aman dari peretasan saat kita sedang menggunakan browser portable di fasilitas umum seperti di warnet maupun fasilitas Wi-Fi kafe.

You may also like