7 Cara Menghapus Aplikasi Komputer Tergampang

Aplikasi komputer merupakan salah satu komponen utama dalam sebuah komputer. Karena aplikasi komputer memiliki kemampuan untuk menerima dan menampilkan proses data dari dan ke manusia selaku pengelola komputer. Aplikasi juga yang membuat fungsi komputer menjadi semakin banyak untuk kehidupan sehari-hari.

ads

Saat ini, sudah banyak perusahaan yang mengeluarkan berbagai aplikasi komputer untuk berbagai fungsi, ada macam-macam software akuntansi, desain grafis, edit video, dan lainnya. Semua tergantung dari pemakai komputer itu sendiri, apakah untuk kebutuhan pribadi atau kebutuhan korporasi.

Namun, kadang kita akan mengalami saat dimana aplikasi komputer yang akan digunakan bermasalah. Entah karena aplikasi tersebut corrupt, hang, atau memang ada bug ketika proses pembuatannya. Meskipun sebenarnya masalah tersebut bisa diatasi oleh orang-orang yang mengerti soal IT, namun seringkali solusi termudah untuk menghilangkan masalah yang dialami oleh sebuah aplikasi komputer adalah menghapus aplikasi tersebut. Bisa jadi, banyaknya aplikasi pada komputer Anda adalah salah satu penyebab RAM PC penuh.

Kadang juga, ada beberapa aplikasi komputer yang tidak dikenal oleh kita, namun ternyata selama ini sudah terinstal di komputer kita. Bisa jadi, aplikasi tersebut adalah virus komputer yang patut Anda waspadai. Lebih baik, aplikasi tidak dikenal tersebut dihapus dari komputer Anda. Menghapus aplikasi komputer yang tidak perlu juga menjadi salah satu cara mempercepat startup komputer yang paling mudah dilakukan.

Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai cara menghapus aplikasi komputer yang mudah dilakukan oleh Anda sendiri. Anda tidak perlu meminta bantuan orang lain untuk menghapus aplikasi komputer, karena Anda sendiri bisa kok melakukannya. Baiklah, mari kita bahas cara-caranya:

1. Menuju ke Control Panel

Untuk menghapus aplikasi pada komputer Anda, Anda bisa melakukannya melalui fitur “Programs and Features” yang disediakan oleh Microsoft di semua varian Windows. Berikut adalah beberapa cara untuk menuju ke Control Panel:

  • Klik tombol Windows + R pada keyboard, lalu ketik “control” atau “control panel”, terakhir tekan Enter pada keyboard. Cara ini berlaku untuk semua varian Windows.
  • Klik Start, lalu pilih Control Panel. Cara ini berlaku untuk Windows XP,Windows 7, dan Windows 10.
  • Sedangkan untuk varian Windows 8 dan 8.1, caranya adalah arahkan pointer mouse ke pojok kanan atas. Setelah muncul tampilan pencarian, ketik “Control Panel” di kolom pencarian. Lalu tekan Control Panel setelah muncul pilihan hasil pencariannya.

2. PIlih “Programs and Features”

Selanjutnya, Anda akan melihat jendela Control Panel pada layar komputer Anda. Pada tahap ini, ada beberapa cara untuk menghapus aplikasi komputer Anda:

  • Jika Control Panel Anda menampilkan pilihan berdasarkan kategori (cara mengetahuinya, Anda lihat tulisan di sebelah tulisan “View by”. Cara ini berlaku jika tulisannya “Category”), pilih “Uninstall a Program”
  • Sedangkan jika Control Panel menampilkan pilihan berdasarkan besar ikon (cara mengetahuinya, Anda lihat tulisan di sebelah tulisan “View by”. Cara ini berlaku jika tulisannya “Large icons” atau “Small Icons”), pilih “Programs and Features”

3. Pilih Aplikasi yang Akan Dihapus

Pada jendela “Programs and Features”, layar komputer Anda akan memunculkan daftar aplikasi yang terinstal di komputer Anda. Cari aplikasi yang hendak Anda hapus. Jika ketemu, pilih aplikasi tersebut.

Untuk memilih aplikasi yang hendak dihapus, ada beberapa cara. Pertama, double klik pada aplikasi yang hendak Anda hapus. Kedua, pilih aplikasi yang hendak Anda hapus, lalu tekan Uninstall / Change.

4. Ikuti Petunjuk Selanjutnya

Selanjutnya, Windows Anda akan menampilkan program uninstaller yang sudah tersedia secara default dari aplikasi yang hendak Anda hapus. Pada tahap ini, Anda ikuti petunjuk selanjutnya yang muncul dari program uninstaller tersebut.

Setiap aplikasi memiliki konfigurasi penghapusan yang berbeda-beda. Meskipun begitu, intinya adalah aplikasi komputer tersebut akan dihapus setelah selesai. Nah, berikut biasanya beberapa konfigurasi penghapusan yang ada di program uninstaller sebuah aplikasi komputer: 

  • Ada program yang meminta Anda untuk memilih apakah Anda hendak memperbaiki aplikasi yang hendak Anda hapus (Repair / Change) atau hendak menghapus aplikasi. Pilihan memperbaiki ini bisa Anda gunakan jika memang aplikasi yang hendak Anda hapus memiliki masalah. Namun, jika Anda benar-benar ingin menghapus aplikasi tersebut, pilihlah untuk menghapus aplikasi (Uninstall)
  • Ada program yang menanyakan mengenai beberapa file default dari aplikasi tersebut yang dipertahankan jika Anda sewaktu-waktu hendak menginstal kembali aplikasi tersebut. Pilih ini jika Anda memang hendak menginstal kembali aplikasi yang akan Anda hapus tersebut suatu saat nanti.
  • Ada juga program uninstaller yang tidak meminta Anda untuk memilih hal yang macam-macam. Anda cukup mengklik Next saja.

5. Pilih OK Untuk Konfirmasi Penghapusan

Saat program tersebut menanyakan kesediaan Anda untuk menyetujui permintaan penghapusan aplikasi, klik tombol OK atau Next pada layar komputer Anda. Jika aplikasi sudah terhapus, segera keluar dari program uninstaller tersebut.

6. Hapus Beberapa File Sisa Aplikasi

Kadang, ada beberapa aplikasi komputer yang tidak menghapus beberapa file di dalam sistem komputer Anda. Biasanya, hal tersebut terjadi karena memang aplikasi tersebut tidak sengaja tidak menghapus file tersebut, atau memang karena file-file tersebut dipertahankan oleh Anda ketika membuka program uninstaller aplikasi yang Anda hapus.

File-file yang tidak terhapus ini akan membuat kapasitas penyimpanan komputer Anda menjadi penuh dan tidak berguna karena tidak terpakai untuk aplikasi apapun. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghapus file-file dan folder peninggalan aplikasi komputer yang Anda hapus tersebut. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka Windows Explorer. Cara mengaksesnya adalah tekan tombol Windows + E pada keyboard. Atau Anda juga bisa menekan tombol Windows + R pad akeyboard untuk membuka Run, lalu ketik “explorer” dan tekan Enter pada keyboard.
  • Pilih partisi C (partisi sistem Windows)
  • Pilih folder “Program Files” atau “Program Files (x64)”
  • Cari nama folder yang memuat nama perusahaan pembuat atau nama aplikasi yang Anda hapus
  • Jika ketemu, hapus folder tersebut. Jangan lupa untuk menghapusnya secara permanen di Recycle Bin.
  • Jika tidak ketemu, berarti aplikasi yang Anda hapus sudah benar-benar terhapus dari komputer Anda.

7. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan fitur yang tersedia di internal Windows, Anda juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menghapus aplikasi komputer. Kelebihan jika Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menghapus aplikasi komputer adalah aplikasi pihak ketiga memiliki fitur untuk menghapus beberapa file yang tersisa dan tidak terhapus saat proses penghapusan aplikasi komputer. Tetapi, pastikan Anda tidak menggunakan aplikasi atau software bajakan, karena bahaya menggunakan software bajakan bisa mengintai Anda.

Aplikasi pihak ketiga ini juga merupakan salah satu dari macam-macam software utility untuk Windows. Beberapa aplikasi pihak ketiga untuk menghapus aplikasi yang bisa Anda gunakan adalah sebagai berikut:


  1. Revo Uninstaller. Aplikasi ini memiliki versi gratis dan versi berbayar. Yang jelas, semua fitur lengkapnya bisa Anda nikmati jika Anda memilih versi berbayar. Aplikasi ini memiliki fitur dimana Anda dapat menghapus sebuah aplikasi komputer yang tidak bisa dihapus secara normal. Fitur ini bernama Forced Uninstall. Kekurangan aplikasi ini adalah, kadang aplikasi ini malah menghapus file-file sistem yang tidak berhubungan dengan aplikasi yang akan dihapus. Oleh karena itu, pastikan Anda mengecek file-file sisa aplikasi yang hendak dihapus oleh aplikasi ini.
  2. iObit Uninstaller. Aplikasi ini biasanya sudah tersedia dalam satu paket jika Anda menginstal Advanced System Care pada komputer Anda. Aplikasi ini juga memiliki fitur “Forced Uninstall”, dimana Anda dapat “memaksa” sebuah aplikasi untuk dihapus dari komputer Anda.

Jika Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menghapus sebuah aplikasi pada komputer Anda, sebaiknya Anda membuat sebuah cek poin System Restore. Cek poin ini berfungsi untuk menandakan kondisi sistem terakhir sebelum Anda menghapus aplikasi pada komputer Anda. Hal ini penting jika sewaktu-waktu, sistem komputer Anda tiba-tiba tidak stabil dan bermasalah setelah menghapus sebuah aplikasi komputer Anda. Bisa dibilang, cara ini sebagai salah satu cara backup aplikasi komputer yang bermasalah.

Sekian artikel kami kali ini mengenai cara menghapus aplikasi komputer. Semoga artikel kami kali ini dapat membantu Anda untuk menghapus aplikasi pada komputer Anda.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 21st, November 2017 / 22:59 Oleh :
Kategori : Software