Home » Software » Citrix Xenserver Vs Vmware vSphere

Citrix Xenserver Vs Vmware vSphere

by Wahyu Saputra S.Kom
by Wahyu Saputra S.Kom

Ketika membandingkan kelebihan dan kekurangan antara Citrix XenServer dengan VMware vSphere ESXi, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah bahwa kedua sistem perangkat lunak ini dikembangkan dan didukung oleh perusahaan yang berbeda. VMware vSphere ESXi dikembangkan oleh VMware Inc., sedangkan XenServer dikembangkan oleh Citrix.

Meskipun keduanya melakukan peran serupa, namun keduanya juga memiliki beberapa perbedaan yang unik. Perbedaan utama antara keduanya adalah pengaplikasian diantara kedua perangkat lunak tersebut. Citrix XenServer digunakan oleh pengguna pribadi dan bisnis kecil hingga menengah, sementara VMware vSphere ESXi hanya ditujukan untuk bisnis kecil hingga menengah dan tidak terstruktur untuk penggunaan pribadi.

Berikut beberapa perbandingan antara Citrix XenServer vs. VMware vSphere yaitu :

  • Spesifikasi Teknis

Kedua program perangkat lunak ini menjalankan jenis hypervisor Bare Metal (Tipe 1) dan mendukung arsitektur x86 dan x64. Meskipun keduanya mendukung berbagai jenis virtualisasi seperti virtualisasi dan paravirtualisasi yang dibantu perangkat keras, namun hanya VMware vSphere ESXi saja  yang mendukung full virtualisasi.

Kedua rangkaian perangkat lunak ini juga mendukung berbagai opsi penyimpanan. Perbedaan di antara keduanya, dalam hal virtualisasi, yaitu  VMware support FCoE dan SSD untuk Swap namun tidak support untuk USB, SATA, SAS, NFS, iSCSI sedangkan Citrix XenServer support untuk USB, SATA, SAS, NFS, iSCSI. Keduanya mendukung penyimpanan DAS, FC, dan NAS sementara keduanya tidak mendukung eSATA atau RDM. Kedua sistem tersebut juga banyak digunakan di bidang pendidikan, layanan keuangan, perawatan kesehatan, dan pemerintah.

  • Harga Citrix XenServer vs. VMware vSphere

Perbandingan harga antara Citrix XenServer dan VMware vSphere ESXi menawarkan beberapa insight yang menarik tentang berbagai model bisnis yang telah keduanya adopsi. XenServer bersifat open source dan gratis serta menyediakan lisensi per server. Di sisi lain VMware,, memerlukan lisensi kepemilikan dan dilisensikan per prosesor.

  • Limitasi Virtual Machine

Kedua program perangkat lunak ini memiliki ukuran disk virtual 2000 GB, tetapi kapasitas RAM per mesin virtual bervariasi dengan VMware yang memiliki kapasitas 1024 GB sementara Citrix XenServer menawarkan kapasitas 128 GB per mesin virtual.

XenServer memiliki total 16 CPU virtual per Mesin Virtual (VCPU) dan VMware memiliki dua kali lipat ini, pada 32 VCPU. XenServer menyediakan total 7 Virtual Network Interface Cards (NICs) per mesin virtual dan 16 disk virtual per mesin virtual. Di sisi lain, VMware vSphere ESXi memiliki total 10 NIC virtual per mesin virtual dan 62 disk virtual per mesin virtual.

  • Limitasi Host Server
  1. VMware vSphere memiliki total 120 (serratus dua puluh) mesin virtual per host dengan RAM per host berada di kapasitas 2048 GB serta total disk virtual 2048 per host.
  2. XenServer memiliki paket total mesin virtual 75 (tujuh puluh lima) per host dengan RAM 1024GB per host serta disk virtual 512 per host.
  3. Kedua sistem memiliki CPU logic 160 (seratus enam puluh) per host dengan VMware yang mampu memiliki total CPU virtual 2048 per host. Namun, XenServer tidak memiliki CPU virtual di host.
  • Fitur Manajemen Virtualisasi

Berikut perbedaan fitur manajemen virtualisasi antara Citrix XenServer dan VMware vSphere ESXi yaitu :

  1. Satu-satunya fitur manajemen utama yang didukung oleh kedua program perangkat lunak tersebut adalah Thin Provisioning.
  2. Meskipun VMware tidak mendukung Manajemen Aset dan Pemetaan Konfigurasi, XenServer memang mendukung kedua fitur manajemen ini selain Thin Provisioning tetapi tidak mendukung fitur utama seperti Dynamic Resource Allocation, Failover, dan Live Migration. Ketiga fitur penting ini ada di system dan disupport oleh VMware vSphere ESXi.
  3. Perlu dicatat bahwa jika Kita mencari fitur tambahan lainnya seperti Automated Workflows, High Availability (HA), Maintenance Mode, Shared Resource Pools dan VM Backup / Restore maka disarankan untuk mencoba program perangkat lunak lain seperti VMware vSphere Essentials.
  • Support Host Operating System

Fitur berikutnya yang membedakan antara Citrix XenServer dan VMware vSphere ESXi adalah support host operating system.

  1. VMware vSphere hanya mendukung MS-DOS dan Free BSD sebagai host.
  2. Di sisi lain, Citrix XenServer memang mendukung sejumlah besar sistem operasi host seperti Novell Linux Desktop, Red Hat Enterprise Linux AS, Linux ES, Linux WS, dan Red Hat Linux. OS lain yang didukung termasuk Windows 2000 Professional dan Server, Windows 98 dan 95, Windows Me, Windows NT Server, Windows NT Terminal Server, Windows NT Workstation, Windows Server 2003 Enterprise, Web and Stkitard Editions dan Windows XP Home and Professional edition.
  • Support Guest Operating System

Pada bagian fitur ini, antara Citrix XenServer dengan VMware vSphere ESXi memiliki support yang relative sama karena keduannya mendukung sistem operasi guest berikut : Novell Linux Desktop, Red Hat Enterprise Linux AS, Red Hat Linux ES, Red Hat Linux WS, Red Hat Linux, Windows 2000 Professional , Windows 2000 Server, Windows 98 , Windows 95, Windows Me, Windows NT Server, Windows NT , Windows NT Workstation, Windows Server 2003 Enterprise, Windows 2003 Web , Windows 2003 Stkitard, Windows XP Professional, dan Windows XP Home Edition.

Pengecualiannya bagaimanapun bahwa VMware mendukung MS-DOS, Sun Java Desktop System, dan Solaris x86 edisi platform sebagai sistem operasi guest, sementara Citrix XenServer tidak mendukung salah satu dari ketiga sistem operasi ini baik sebagai host atau sistem operasi guest.

  • Technical Support

Kedua paket perangkat lunak ini mendukung berbagai media dukungan teknis seperti forum, video instruksional, layanan mandiri online, basis pengetahuan, peningkatan sistem, telepon, dan white paper.

Namun keduanya juga berbeda di bidang ini karena VMware tidak memberikan dukungan teknis melalui blog, brosur, email, dan petunjuk manual tetapi yang paling penting VMware memiliki helpdesk yang dikelola dengan baik serta juga menawarkan opsi pelatihan jarak jauh.

Citrix XenServer, di sisi lain, memang memberikan dukungan teknis melalui blog, email, brosur, dan petunjuk manual  tetapi tidak memberikan dukungan ini melalui helpdesk atau melalui pelatihan jarak jauh.

You may also like