Home » Software » Microsoft » Office » 2 Cara Download File Slideshare : Login dan Tanpa Login

2 Cara Download File Slideshare : Login dan Tanpa Login

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Untuk para akademisi seperti pelajar dan mahasiswa. Tugas kuliah dan tugas sekolah merupakan hal yang lumrah, yang sering di bagikan oleh guru dan dosen di dalam kelas. Adapun tugasnya meliputi beberapa jenis seperti tugas PR (pekerjaan rumah) tugas membuat makalah, dan tugas presentasi.

Dahulu untuk membuat sebuah tugas presentasi biasanya para pelajar dan mahasiswa membuat desainnya sendiri dengan software Microsoft power point. Dimana sumber bahan presentasinya bisa mereka ambil dari buku di perpustakaan.

Namun kini zaman telah berubah. Semenjak mulai populernya jaringan internet di Indonesia di awal 2000’an. Kini semuanya jadi serba online (daring). Termasuk dalam hal membuat tugas sekolah terutama tugas presentasi. Ada pun situs yang menyediakan layanan hosting untuk tugas dan konten presentasi salah satunya adalah Slideshare.

Lalu Apa itu Slideshare?
Slideshare adalah sebuah situs layanan hosting yang didirikan oleh Rashmi Sinha pada 4 oktober 2006. Situs ini melayani hosting konten professional seperti presentasi, infografik, dokumen dan video. Pengguna dapat menggungah file yang bersifat privasi maupun public dengan format word, pdf, dan open document. Konten yang telah di unggah bisa di lihat di website tersebut maupun di pasang di website lain melalui code embedded.

Lalu bagaimana sejarah Slideshare hingga bisa tercipta dan banyak di pakai oleh pengguna hingga kini?

Sejarah Slideshare

  1. Pada 4 Oktober 2006 Slide Share di rilis Rashmi Sinha. Dirinya merupakan CEO sekaligus pendiri Slide Share yang bertanggung jawab dalam hal kerja sama dan  mengembangkan strategi produk. Sedangkan Jonathan Boutelle merupakan CTO (Chief Technologi Officer) Slideshare yang hadir dengan ide awal di balik pembuatan website
  2. Pada 3 Mei 2012 Slideshare di beli oleh Linkedin dengan nilai mencapai $118.75 Juta
  3. Pada bulan December 2013 Slideshare merubah tampilan websitenya dengan tampilan yang lebih bagus dan memasang gambar yang lebih besar.
  4. Pada tahun 2016 Linkedin di akuisisi oleh Microsoft dengan nilai USD 26.2 miliar atau setara Rp. 349 Triliun. Yang berarti Slideshare juga dimiliki oleh Microsoft.
  5. Pada Bulan Oktober 2017 Slideshare menghapus fitur Reupload sebagai jawaban dan tanggapan dari protes komunitas pengguna.
  6. Pada 11 Agsutus 2020 Microsoft di kabarkan menjual Slideshare kepada Layanan hosting lainnya bernama Scribd

Setelah kita mengetahui Sejarah Slideshare lalu apa kelebihan dan manfaat Slideshare bagi pengguna?

Kelebihan dan Manfaat Slideshare

  1. Gratis. Slideshare dapat digunakan secara gratis dengan bermacam keunggulan fiturnya. Tentu sangat berguna bagi para akademisi maupun profesional untuk menyampaikan materi atau memasarkan produk tanpa biaya sepeserpun.
  2. Jangkauan Luas. Karena layanan Slideshare sudah di gunakan oleh puluhan juta pengguna di seluruh dunia tentunya membuat jangkauan audiennya luas yang mampu membantu pebisnis dalam memasarkan produknya.
  3. Mudah Digunakan. Untuk membuat file dokumen atau presentasi cukup mudah digunakan dan dipelajari. Terlebih ada bantuan dari tutorial pihak ke tiga sehingga pengguna dapat menjalankannya dengan baik.
  4. Fitur Analisa. Dengan fitur ini kita bisa melihat seberapa populer file presentasi yang telah kita unggah seperti berapa file milik kita dilihat, dikomentari, disukai dan dibagikan oleh pengguna lain.
  5. Membangun Profil Pribadi. Dengan sering mengupload file dokumen yang berkaitan dengan keahlian kita, tentu membuat pengguna lain juga menemukan referensi yang pas. Sehingga pengguna lain memberi applause dengan cara mengomentari, menyukai, dan membagikan file dokumen kita sehingga perusahaan profesional berpeluang menawarkan pekerjaan kepada kita.

Setelah kita mengetahui Manfaat dari slideshare lalu siapa saja yang bisa menggunakan layanan Slideshare?

Daftar Pengguna Layanan Slideshare

  1. Akademisi. Akademisi disini berarti pelajar dan mahasiswa yang menggunakan slideshare untuk mempresentasikan tugas yang mereka buat atau bisa juga dosen yang menggunakan slideshare untuk mempresentasi materi ajaran saat di dalam kelas.
  2. Pemilik Usaha. Agar pemilik usaha mampu bekerja sama dengan pengusaha lain bisa menggunakan slide share untuk menjelaskan produk yang dimiliki secara profesional dalam bentuk presentasi.
  3. Profesional Marketing. Untuk menerangkan produk yang ingin ditawarkan kepada pelanggan, bagian marketing (pemasaran) sebuah perusahaan bisa menggunakan slide share dalam bentuk presentasi. Sehingga pelanggan bisa mengerti dan percaya dengan produk yang ditawarkan.
  4. Pelobi bisnis. Saat diadakannya tender pencarian mitra dalam sebuah proyek tentu berbagai pebisinis bersaing untuk mendapatkan proyek tersebut. Dengan menggunakan tehnik presentasi yang baik oleh pelobi melalui slide share tentunya dapat memperbesar peluang untuk memenangkan tender. 

Lalu fitur apa saja yang dimiliki oleh layanan hosting Slideshare?

Fitur Situs Layanan Slideshare

  1. Upload. Dengan fitur ini kita bisa mengupload (mengunggah) file dokumen yang kita buat seperti presentasi yang bisa dibagikan secara private maupun public
  2. Share. Dengan menggunakan layanan Slideshare kita mampu memasarkan produk berupa tulisan kita sehingga jumlah audiens dan pelanggan semakin banyak
  3. Embedded. Dengan menggunakan layanan Slideshare kita bisa memasang file presentasi yang kita buat ke situs web lain atau milik kita dengan menggunakan code embedded yang terpasang pada file.
  4. Download. Dengan menggunakan Slide Share kita bisa melihat dan mendownload file dokumen pengguna lain sebagai bahan referensi tambahan dalam pembuatan tugas presentasi kita. Baik untuk akademisi maupun profesional.

Setelah kita mengetahui tentan fitur apa saja yang ada pada Slideshare. Pada kali ini kami akan menjelaskan tentang fitur download. Lalu bagaimana cara mendownload file presentasi ppt di Slideshare?

Download File presentasi ppt di Slideshare sendiri ada 2 cara. Yakni melalui login dan tanpa login yang akan kami jelaskan keduanya di bawah ini.

Cara Download file di Slideshare Melalui Login

  1. Buka Situs https://www.slideshare.net
  2. Setelah kita di halaman utama Slide Share. Klik tombol Signup yang ada di pojok kanan atas layar
  3. Kemudian layar Signup Slide Share muncul. Bila kita memiliki Akun LinkedIn pilih signin Linkedin. Bila tidak punya gunakan akun facebook untuk masuk ke akun slide share
  4. Setelah kita berhasil masuk ke akun Slide Share. Klik tombol search untuk mencari file yang ingin kita download.
  5. Kemudian klik icon Slide Share yang ada di bawah File presentasi
  6. Lalu file presentasi berubah jadi tampilan layar penuh (Full Screen)
  7. Lalu kita klik tombol save yang ada di atas layar presentasi
  8. Kemudian muncul layar download beserta nama file yang akan di download
  9. Centang kolom save file setelah itu klik tombol OK
  10. Maka Proses pengunduhan (download) pun sedang berjalan hingga selesai.
  11. Selesai. Kini File Presentasi dengan format .pdf bisa kita buka secara offline

Setelah kita mengetahui cara download file di Slide Share melalui Login. Ternyata download file presentasi Slide Share bisa dilakukan tanpa harus Login. Adapun caranya akan kami jelaskan di bawah ini.

Cara Download File Slideshare Tanpa Login

  1. Pertama-tama Buka situs https://www.slideshare.net
  2. Kemudian cari file presentasi yang ingin di download
  3. Setelah ketemu buka file presentasinya dan copy link url nya yang berada di atas layar (kolom url)
  4. Setelah itu buka situs https://docdownloader.com
  5. Lalu kita pilih menu Doc Downloader
  6. Kemudian klik kanan mouse lalu pilih paste (tempel) link tadi di kolom url yang tersedia
  7. Selanjutnya kita klik tombol Get Link
  8. Apabila muncul captcha selesaikan dengan benar
  9. Setelah itu kita klik pdf
  10. Kemudian proses pengunduhan (Download) file pdf berjalan hingga selesai.
  11. Selesai. Kini file presentasi yang telah di download bisa dibuka secara offline di hp atau komputer kita.

Demikianlah penjelasan tentang sejarah, daftar pengguna, kelebihan, fitur pada layanan Slideshare. Selain itu juga telah di jelaskan 2 cara mendownload file presentasi baik melalui Login maupun Tanpa login.

Dengan banyaknya fitur yang ada pada Slide Share. Tentunya sangat bermanfaat bagi para pengguna baik dari kalangan akademisi maupun profesional. Karena bisa membantu dalam pembuatan file presentasi, mengunggahnya ke website online dan mempromosikan file yang telah di unggah secara gratis. Sehingga secara otomatis memangkas biaya operasional dan biaya pemasaran.

You may also like