Home » Software » Mobile Software » Inilah 6 Cara Membuat Podcast di Instagram Viral, dikenal Banyak Orang

Inilah 6 Cara Membuat Podcast di Instagram Viral, dikenal Banyak Orang

by Elang Hendy Subrata

Beberapa tahun terakhir, di dunia maya cukup diramaikan dengan konten baru bernama podcast. Sepintas, kita mendengar podcast itu mirip dengan radio. Namun, podcast tentunya berbeda dengan radio secara harfiah. Perbedaan yang mencolok adalah podcast umumnya direkam dan biasanya tidak memiliki iklan maupun selingan lagu. Ditambah lagi, topik yang disajikan bisa lebih khusus dan memiliki episodenya sendiri-sendiri.

Instagram meupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan banyak orang di dunia. Beberapa orang pun banyak yang memanfaatkan Instagram untuk promosi podcast miliknya. Untuk cara membuat podcast bisa dikenal banyak warganet di Instagram, berikut ulasannya.

1. Menggunakan intsastory

Insta story merupakan salah satu fitur unggulan yang digunakan oleh Instagram. Fitur ini hampir sama dengan membuat status yang sering dipakai pada media sosial lainnya. Hanya saja, Instastories ini memiliki keunggulan dalam membuat status yang lebih variatif seperti penambahan video, foto, bahkan tautan.

Nah, untuk Anda yang ingin melakukan promosi mudah dan praktis, Anda bisa memanfaatkan intsastories ini untuk mempromosikan podcast milik Anda sendiri, bisa itu menggunakan media foto, video, atau menggunakan status yang terdapat link tempat Anda membuat podcast. Dengan begitu, orang lain akan mudah menemukan podcast yang dibuat atau bisa juga tertarik dengan isi podcast tersebut.

2. Menambahkan tautan pada biografi Instagram

Jika cara intsastories bisa dianggap melakukan spamming, maka cara selanjutnya bisa lebih aman digunakan, yakni memasukan link podcast pada profil Anda di Instagram. Perlu diketahui bahwa akun instagram yang Anda buat untuk pemasaran sangat penting untuk dilengkapi data-datanya. Sebab, data yang digunakan tersebut akan membantu calon konsumen dalam memperoleh data yang akurat. Oleh sebab itu, lengkapilah data Anda di dalam Instagram selengkap mungkin.

Begitu juga dengan bagian tautan. Masukanlah link yang nantinya akan terhubung dengan podcast yang Anda buat. Untuk caranya sendiri cukup mudah. Masuklah ke bagian profil Instagram milik Anda. Setelah itu, Anda tinggal mengedit profil yang anda buat. Termasuk menambahkan link podcast. Jika sudah selesai, selanjutnya tinggal simpan dan profil Anda sudah siap dipasarkan.

3. Tampilkan bintang tamu yang menarik perhatian

Tidak jauh berbeda dengan radio, podcast pun dapat digunakan sebagai media wawancara seseorang maupun kelompok yang terkenal lalu diajak diskusi maupun mengobrol santai. Tidak hanya orang terkenal, beberapa orang yang berpengaruh ataupun orang profesional pun dapat Anda ajak dalam podcast yang dibuat. Nah, salah satu cara untuk mengajak orang mau mendengarkan podcast milik Anda adalah dengan menampilkan bintang tamu. Anda bisa menggunakan cara seperti poin pertama, yakni dengan menggunakan instastories. Bisa dengan menggunakan kalimat-kalimat yang menarik maupun menggunakan foto bintang tamu. Dengan begitu, para pendengar bisa lebih tertarik dengan podcast yang dibuat.

4. Membuat tagar pada podcast

Tagar pada Instagram merupakan salah satu cara terbaik untuk memberikan promosi pada orang-orang warganet. Tagar atau hashtag ini bisa memberikan kemudahan dalam seseorang mencari topik sesuai dengan keinginan. Contohnya saja jika ingin mencari topik tentang asmara, maka bisa menambahkan tanda hashtag atau tagar, yakni tanda “#”.

Jika tagar ini diikuti dengan kalimat-kalimat yang sedang tren saat ini, maka orang-orang dapat tertarik mengikuti podcast yang dibuat. Cara lainnya adalah Anda bisa menambahkan tagar dengan bintang tamu yang Anda undang. Dengan begitu, peluang orang tertarik lebih besar.

5. Posting video

Sejatinya podcast lebih banyak yang menggunakan suara layaknya radio pada umumnya. Akan tetapi, beberapa orang banyak yang tertarik dengan podcast yang berbentuk video. Cara ini juga merupakan salah satu strategi pemasar dalam menarik calon pendengar. Apalagi jika bintang tamu yang dihadirkan sangat terkenal atau memiliki basis fans yang cukup besar, maka podcast menggunakan video akan lebih banyak ditonton.

Caranya sendiri Nada bisa menggunakan instastrories yang menggunakan format video atau Anda bisa simpan potongan video tersebut di dalam profil. Dengan begitu, orang lain bisa tertarik dengan podcast dan bisa mendatangkan pendengar yang lebih banyak lagi.

6. Menggunakan kata-kata yang menarik perhatian

Mungkin sebagian dari Anda pernah mendengar istilah clickbait di dunia maya. Clickbait ini bisa dikatakan kata-kata pancingan yang sengaja dibuat agar penonton atau pendengar penasaran dengan topik yang dibicarakan. Nah, Anda bisa gunakan trim tersebut pada instastories atau melalui status yang diposting. Cara lainnya bisa juga dengan membuat foto ataupun potongan adegan saat podcast (jika format yang digunakan adalah video). Dengan begitu, para calon pendengar akan penasran dan mencoba menonton atau mendengarkan podcast tersebut.

Itulah cara membuat podcast di Instagram lebih dikenal banyak orang. Anda bisa coba pelajari cara menghilangkan tautan yang tidak diizinkan di Instagram dengan mudah, keuntungan profil bisnis Instagram dan beberapa tips menarik lainnya. semoga bermanfaat.

You may also like