Home » Software » Mobile Software » Inilah 3 Cara Memasukkan Podcast ke Spotify Paling Mudah

Inilah 3 Cara Memasukkan Podcast ke Spotify Paling Mudah

by Elang Hendy Subrata

Spotify merupakan salah satu aplikasi musik streaming yang cukup banyak digunakan banyak orang saat ini. Aplikasi khusus untuk pemutar musik ini begitu booming sejak dua tahun terakhir ini. saat ini, spotify tidak hanya digunakan untuk streaming musik saja. Bahkan spotify juga sering digunakan untuk mendengarkan straeming podcast.

Kepopuleran podcast di Indonesia sendiri memang tidak terlepas dari menjamurnya aplikasi streaming. Dengan jumlah penggemarnya yang mencapai ratusan juta di seluruh dunia membuat Spotify begitu digemari oleh hampir semua pecinta musik. Untuk Anda yang ingin mencoba upload podcast ke spotify. Cobalah perhatikan hal-hal berikut ini.

Pastikan penuhi persyaratannya terlebih dahulu

Sebelum memasukan hasil podcast yang Anda buat, pastikan Anda sudah memahami apa saja persyaratan dari Spotify. Beberapa peraturan yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut.

1. Format audio dalam bentuk MP3

Format audio yang diunggah harus dalam format MP3 dan bukan jenis format audio lainnya. Selain itu, bitrate yang digunakan harus menggunakan jenis bitrate 96 dan juga ukuran maksimal 320 kbps. Untuk dapat mengatur hal-hal semacam itu, Anda harus menguasai software audio. Anda bisa coba berbagai jenis perangkat lunak audio digital gratis yang bisa Anda dapatkan di situ-situs online.

2. Durasi maksimal sekitar 83 menit

Dalam setiap episodenya, maksimal ukuran audio yang diunggah adalah 200 MB. Jika kita kalkulasikan dalam durasi, maka maksimal podcast tayang selama 83 menit atau satu jam lebih dua puluh menit saja.

3. Image dalam bentuk JPEG atau PNG

Image yang digunakan sebagai sampul podcast harus dalam bentuk JPEG atau dalam bentuk PNG. Silakan Anda pelajari cara merubah JPG ke JPEG dan juga perbedaan JPG dan PNG dalam format gambar.

4. Menggunakan karakter spesial dalam feed

Ketika melakukan feed values podcast, Anda harus memperhatikan karakter-karakter khusus yang disetujui oleh pihak Spotify. Jika melanggar, maka pihak spotify akan langsung menghapus podcast yang Anda buat.

5. Judul jangan terlalu panjang

Pemberian judul pun harus diperhatikan. Maksimal, Spotify hanya memberikan batas hingga 20 karrakter saja. Lebih dari itu, maka podcast buatan Anda tidak akan dipublikasikan.

6. Konten podcast tidak melanggar norma aturan yang berlaku

Tentunya peraturan yang paling penting adalah isi podcast tidak mengandung SARA,  pelecehan, atau melanggar hak cipta.  Untuk peraturan ini bisa dikatakan peraturan umum yang sering digunakan pada jenis konten manapun.

Setelah Anda memahami peraturan yang sudah dibuat, kini kita akan membahas bagaimana cara memasukan podcast yang telah kita buat. Berikut hal-hal yang harus Anda perhatikan.

  • Buat akun baru untuk podcast

Jika sebelumnya anda sudah mendaftar akun spotify, hal tersebut tidak berlaku jika Anda menjadi seorang podcaster atau orang yang membuat konten podcast. Anda haru membuat akun baru lagi sebagai podcaster. Caranya pun sama dengan saat Anda daftar untuk membuat akun Spotify, yakni membuat akun baru.

Setelah Anda membuat akun baru, Anda juga diharuskan mengisi berbagai halaman pribadi di podcast yang akan dibuat. Halaman pribadi ini lebih bersifat infomasi mengenai apa saja isi dari podcast yang dibuat dan bertujuan untuk apa dibuat podcast. Jika sudah selesai, Anda tinggal menyimpannya.

  • Pilih Artists di dalam Spotify

Perlu diketahui bahwa setelah halaman podcast telah dibuat, bukan berarti podcast Anda langsung tiba-tiba mendapatkan penonton begitu saja. Akun Podcast yang telah dibuat tetap harus dipromosikan dan Spotify dapat membantu mempromosikan podcast yang telah Anda buat.

Spotify memberikan pihak ketiga untuk Anda agar dapat bekerjasama dalam melakuka pomosi podcast. Di sana akan ada artists-artists yang bisa dipilih. Artists tersebut dipanggil sebagai aggregator podcast yang memang telah melakukan kerja sama dengan Spotify.

Anda harus cermat dalam memilih aggregator ini karena sifatnya bisa menguntungkan atau bisa merugikan Anda. Dari sisi keuntungannya, podcast yang Anda buat dapat ditemukan denga mudah oleh orang lain. Akan tetapi, dari sisi kerugiannya adalah bersaing dengan podcast lannya. Dengan kata lain, menggunakan aggregator ini seperti untung-untungan.

  • Promosikan ke media sosial

Setelah podcast yang dibuat telah selesai, maka Anda juga sebaiknya mulai melakukan promosi ke media sosial. Anda bisa melakukan promosi secara gratis melalui media sosial yang populer saat ini seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan media sosial lainnya. Pada bagian ini, Spotify hanya berfungsi sebagai fasilitator saja agar proses sharing bisa lebih mudah.

Itulah cara memasukkan podcast ke spotify dengan mudah. Bisa dikatakan membuat podcast di Spotify cukup mudah. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah melihat isi dari podcast yang dibuat. Jangan sampai konten yang telah Anda buat justru melanggar peraturan yang telah dibuat oleh pihak Spotify.  Semoga artikel ini bisa memberikan banyak manfaat untuk pembaca semuanya.

You may also like