6 Jenis Perangkat Lunak Audio Digital Gratis

Dulu saat kita ingin sekali mendengarkan musik dan satu-satunya benda yang menjadi alat hiburan dalam bentuk suara adalah radio dan walkman. Kini, untuk bisa mendengarkan musik, tidak hanya melalui radio ataupun walkman. Sebab saat ini sudah banyak macam-macam software multimedia yang didapatkan hanya menggunakan smartphone maupun komputer. Dengan aplikasi tersebut, kita bisa mendengarkan musik apapun dengan format audio digital.

ads

Mungkin sebagian dari kamu masih belum mengenal apa itu audio digital. Audio digital sendiri merupakan format suara yang berbentuk sebuah file sehingga media penyimpanannya tidak menggunakan kaset lagi. Dengan perkembangan komputer yang sudah semakin maju, saat ini pun sudah ada software yang dapat mengedit audio digital.

Ada juga beberapa alternatif cara memotong lagu online yang disediakan diinternet. Akan tetapi, akan lebih baik jika bisa menambahkan beberapa kreasi menarik lainnya. Nah pada kesempatan ini akan dibahas mengenai jenis perangkat lunak audio digital gratis yang dapat digunakan oleh siapapun.

1. Auda City

Untuk orang-orang yang ingin menggunakan software yang sudah teruji pengalamannya dan sudah dikenal oleh banyak pengguna. Auda City adalah pilihanmu. Software ini mempunyai berbagai fitur yang dapat membuatmu  lihai dalam mengolah audio. Contohnya saja, aplikasi ini mampu digunakan untuk merekam suara. Selain itu fitur lainnya adalah dapat memberikan efek pada suara, dan juga mampu mengedit suara sesuai keinginan. Maka dari itu, Auda City masuk kategori software gratis yang cukup lengkap dalam mengolah suara.

2. Studio One Prime

Apabila kamu sangat ingin memberikan efek yang lebih banyak pada audio yang digunakan, maka Software Studio One Prime mungkin cocok untukmu. Software ini memiliki keunggulam dala memberikan sebuah efek yang kaya pada audio sehingga hasilnya bisa lebih menarik dan juga penuh seni. Hal tersebut disebabkan software ini sudah ada fitur FX channel, Virtual Instrument serta multi track yang mendukung kereasimu dalam mengolah audio.

Hanya saja, jika kamu menginginkan fitur yang jauh lebih banyak lagi, maka kamu harus membayar Studio One Prime versi premium. Sebab, pada versi gratisnya, ada beberapa fitur tidak dapat digunakan selalin versi premiumnya. Akan tetapi, jika kamu sudah puas dengan versi gratis itu tidak menjadi masalah.

3. Podium

Jika kamu merasa kurang dengan Studio One Prime, maka kamu bisa melirik Podium. Podium sendiri merupakan alternatif yang tepat bagimu yang ingin sebuah software yang kecanggihannya tidak jauh berbeda dengan Software Studio One Prime. Dari sisi fitur yang ditawarkan pada software ini memang tidak terlalu jauh dengan Stuido One Prime. Sama halnya dengan Studio One Prime, Podium juga memiliki dua versi yakni versi gratis dan juga versi berbayar. Untuk dapat menikmati fitur yang jauh lebih lengkap, maka kamu harus menggunakan software yang versi berbayar.

4. Oceanaudio

Jika kamu merasa ketiga software dia atas cukup rumit dan membingungkan. Oceanaudio bisa kamu coba. Software ini lebih fokus kepada kemudahan kepada pengguna. Namun, meskipun begitu, software ini tetap mengoptimalkan kinerja yang tetap maksimal. Contoh yang paling diperhatikan detilnya adalah fitur minimizenya. Dengan fitur ini kamu tetap dapat melakukan aktivitas lain sambil menunggu proses olah suara selesai.

Selain itu, fitur unggulan dari Oceanaudio ini adalah mempunyai preview secara langsung. Jadi, pada saat kita sudah selesai mengolah audio, kita dapat langsung mendengarkan hasil kerja kita tanpa harus menutup aplikasinya terlebih dulu.

5. HyaWave

Apabila memori di komputer sudah penuh dan sudah tidak bisa menginstal software secara offline, cobalah HyaWave ini. HyaWave merupakan software yang formatnya merupakan sebuah web. Meskipun begitu, software ini tetap memberikan fitur yang maksimal dalam mengolah audio. Contohnya seperti penggunaan efek, merekam suara, dan kontrol audio.

Hebatnya lagi, karena formatnya web, hasil dari olah audio yang kita buat dapat langsung kita kirimkan ke media sosial seperti Facebook dan Twitter. Selain itu kamu juga dapat membuka software ini kapanpun, di manapun dan dalam perangkat apapun selama terdapat jaringan internet.

6. Xwaxx

Bagaimana jika ingin membuat musik yang mirip seperti DJ?. Xwaxx bisa menjadi solusi bagimu. Xwaxx adalah software yang memungkinkan pengguna dapat mengolah audio yang mirip dengan sebuah DJ. Selain itu, dengan menggunakan software ini, kita dapat mengolah audio yang seolah-olah mirip dengan audio dari sebuah piringan hitam.

Fitur-fitur unggulan dalam software ini meliputi manipulasi audio, mixing audio, serta dapat mendukung needle drop dalam sebuah audio.

Itulah jenis – jenis perangkat lunak audio digital yang dapat digunakan secara gratis. Dengan adanya software-software ini, kita dapat membuat atau mengkreasikan sebuah audio menjadi suatu karya yang kita inginkan. Jika ingin mendapatkan referensi yang lebih lengkap, kamu bisa baca artikel mengenai aplikasi edit suara rekaman video, aplikasi karaoke tanpa kuota, dan cara memotong lagu di laptop tanpa aplikasi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk semua

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Software