4 Cara Memotong Lagu Online Wajib Dicoba

Kadang kala kita ingin mengambil suatu bagian tertentu dari lagu yang kita dengarkan karena bagian tersebut terdengar sangat unik, atau karena bagian tersebut sangat cocok untuk dipakai nada dering atau mungkin karena alasan yang lain. Apa pun alasan yang kamu miliki, tentunya kamu perlu mengetahui bagaimana caranya memotong lagu yang kamu dengar pada bagian tertentu agar kamu bisa memakai bagian tersebut dengan tepat. Jangan lupa untuk mencoba mendownload aplikasi pemotong lagu di Android apabila kamu ingin memotong lagu di Android ya.

ads

Salah satu cara untuk memotong bagian lagu tertentu adalah dengan memanfaatkan aplikasi di komputermu. Akan tetapi, kita juga bisa memanfaatkan situs-situs online untuk memotong lagi yang kita punyai. Dalam artikel ini, akan kita bahas bagaimana cara memotong lagu online yang bisa kamu gunakan untuk memotong lagu yang kamu upload ataupun keperluan yang lainnya.

Bagaimana caranya? Simak di bawah ini ya!

1. CutMP3 Online

Salah satu situs yang menyediakan fitur untuk memotong lagu atau MP3 secara online adalah CutMP3 Online. Dengan menggunakan situs yang satu ini kita bisa melakukan pemotongan file MP3 dengan relatif mudah tanpa perlu melakukan berbagai macam hal yang bisa menyulitkan kita, walaupun kita masih pemula sekalipun.

Langkah pertama untuk menggunakan CutMP3 Online tentu saja adalah mengunjungi situs CutMP3 Online. Setelah situsnya terbuka, kamu bisa mendrag lagu yang terdapat pada komputermu agar loading selesai dan terlihat warna biru di tengah panel yang tersedia. Setelah itu akan muncul semacam player yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui pada bagian mana suara lagumu keluar. Setelah kamu mengetahui dari menit ke berapa sampai ke berapa, maka kamu bisa menarik tombol segitiga kecil (yang dilingkari dengan warna merah) ke bagian awal yang ingin kamu potong, sementara kamu bisa memberikan segitiga sebelah kiri untuk menentukan mana akhir potongan MP3 yang kamu miliki. Dengan aplikasi ini, kamu pasti bisa memakai hasil lagu dengan software untuk karaoke di laptop.

2. MP3Cutter.in

MP3Cutter.in merupakan situs pemotong file audio berikutnya yang bisa kamu gunakan sebagai salah satu cara memotong lagu online dengan cukup mudah. Layaknya CutMP3 Online, kamu juga bisa mengupload file mp3 lalu memotongnya sesuai dengan keinginanmu secara langsung atau real-time.

Langkah pertama untuk menggunakan situs ini tentunya adalah membuka situs tersebut terlebih dahulu, kemudian kamu bisa mengupload file mp3 atau lagu yang ingin kamu potong. Setelah lagu selesai terupload, akan muncul semacam player yang bisa kamu gunakan untuk memutar dan menyeleksi di mana awal dan akhir dari bagian lagu yang ingin kamu potong. Ada pula kontrol volume yang bisa digunakan untuk menyesuaikan volume audio yang sedang diputar.

Untuk memotong kamu bisa melakukannya dengan mudah, yaitu menggunakan fitur drag dari awal kamu ingin memotong lagu hingga akhir bagian lagu yang ingin kamu potong, setelah itu kamu hanya perlu mengcut atau memotong bagian lagu tersebut. Hasil akhirnya adalah sebuah file mp3 yang berisi potongan lagu sesuai dengan apa yang telah kamu potong sebelumnya. Kamu juga bisa mencoba memotong lagu dengan Adobe Premiere, walaupun kelebihan dan kekurangan Adobe Premiere sebenarnya lebih banyak pada masalah editing video.


3. MP3Cut.net

Selain dua situs di atas, masih ada lagu salah satu situs unggulan yang bisa kamu gunakan untuk memotong lagu secara online. Untuk menggunakan fitur dari MP3Cut.net, kamu perlu mengunjunginya terlebih dahulu melalui situs resminya yaitu mp3cut.net. Setelah itu, maka kamu akan disuguhkan pada tampilan yang cukup sederhana, dan mudah dimengerti meskipun kamu termasuk orang yang baru pertama kali ingin memotong lagu secara online.

Pada jendela atau halaman dari MP3Cut, kamu akan melihat adanya tombol open file, yang bisa kamu gunakan untuk mengupload lagi yang ingin kamu potong. Klik atau pilihlah tombol tersebut, maka kamu akan mendapatkan jendela baru yang berisi pilihan lagu yang mana yang ingin kamu pilih untuk dipotong. Setelah kamu selesai memilih lagu, klik kembali open maka file lagu yang kamu pilih akan ditransfer ke server MP3Cut.

Tunggulah hingga proses upload selesai, setelah proses upload selesai, maka akan muncul player virtual layaknya pada dua situs di atas. Pada player virtual yang muncul, maka kamu bisa mengatur pada bagian manakah yang ingin kamu potong, dengan cara menggunakan control markers para bagian bawah. Gunakanlah control markers dengan tepat, bahkan kalau perlu kamu bisa mengulang dan memastikan kembali apakah kamu sudah tepat dalam mengatur hal tersebut dengan cara mengulangi proses marking yang kamu lakukan.

Setelah sudah pasti, kamu bisa memulai untuk mengcut dengan cara menekan tombol cut pada player virtual yang muncul. Setelah proses cut selesai, maka akan muncul tombol download untuk mendownload file mp3 yang telah kamu potong dengan memanfaatkan fitur dari MP3Cut.net. Apabila kamu punya masalah laptop tidak ada suara, maka kamu harus mencoba cara memperbaiki laptop tidak ada suara.

4. Mp3cutter.toolur

Cara memotong lagu online berikutnya adalah dengan memanfaatkan situs yang bernama mp3cutter.toolur.com. Dengan situs ini kamu bisa memotong lagu atau file mp3 yang kamu upload dengan mudah karena tampilan yang diberikan cukup mudah untuk dipahami dan digunakan oleh orang yang masih pemula dalam memotong lagu sekalipun.

Ada beberapa fitur atau pilihan yang perlu untuk kamu isi, meliputi waktu manakah yang merupakan awal lagu yang ingin dipotong, atau berapa lama waktu lagu yang ingin dipotong, berapa lama fade in atau fade out hingga mengatur pilihan output yang kamu inginkan dari lagu yang akan kamu potong. Dengan menggunakan situs ini, kamu bisa memotong lagu yang kamu miliki dengan cara yang relatif sederhana, mudah, dan cepat. Sehingga kamu juga bisa menggunakan situs ini sebagai salah satu cara memotong lagu online yang bisa dipercaya.

Kesimpulan

Itulah beberapa situs online yang bisa kamu gunakan untuk memotong lagu atau file mp3/audio yang kamu miliki. Dengan menggunakan berbagai macam situs di atas, kamu pasti bisa memotong audio atau lagu yang kamu inginkan tanpa perlu menginstall aplikasi tertentu. Akan tetapi, perlu diingat bahwa memotong lagu secara online berarti kamu harus mengeluarkan kuota untuk melakukan upload ataupun download hasil dari potongan lagu yang kamu miliki tersebut lo ya. Selain menggunakan beberapa aplikasi di atas, kamu juga bisa menggunakan Adobe Audtion dengan segala kelebihan dan kekurangan Adobe Audition.

Selamat memotong lagu secara online!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Software