5 Cara Sharing Data Menggunakan Kabel LAN Lengkap dan Mudah

Seiring perkembangan teknologi, orang-orang kini semakin dimudahkan untuk melakukan sharing data. Berbagai teknologi bisa digunakan untuk melakukan sharing data, mulai dari teknologi menggunakan kabel, hingga tanpa menggunakan kabel (dikenal dengan nirkabel / wireless).

ads

Meskipun teknologi jaringan tanpa kabel sudah berkembang, namun masih banyak orang yang menggunakan jaringan kabel untuk melakukan sharing data. Meskipun kecepatannya hanya segitu-gitu aja karena tidak ada perkembangan dalam teknologi jaringan kabel. Contohnya pada beberapa perusahaan yang mengggunakan jaringan berbasis Local Area Network (LAN) untuk kegiatan usahanya. Fungsi LAN sebagai penghubung antar komputer dalam satu lokasi menjadi keunggulan yang dipakai pada contoh ini.

Apapaun medianya, manfaat jaringan komputer dalam kemudahan sharing data menjadi keunggulan. Sharing data melalui jaringan komputer dinilai lebih efektif daripada menggunakan media penyimpanan fisik seperti flash disk, harddisk eksternal, atau sejenisnya untuk meminta file kepada pemilik file secara langsung. Memang, mendatangi secara langsung adalah cara efektif untuk jarak dekat. Tetapi untuk jarak jauh, menggunakan jaringan komputer jauh lebih efektif.

Pada kesempatan kali ini, kami akan menyajikan artikel yang berisi cara sharing data menggunakan kabel LAN untuk OS Windows Vista ke atas. Artikel ini terbatas hanya membahas sharing data menggunakan kabel pada jaringan LAN saja. Kami tidak membahas sharing data dalam jaringan komputer yang lebih besar dan juga tidak membahas mengenai sharing data menggunakan perangkat lunak jaringan komputer seperti Windows Server. Tanpa berlama-lama, berikut cara-caranya:

1. Pastikan Komputer Anda Terkoneksi dalam Jaringan LAN

Hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan sharing data menggunakan kabel LAN adalah pastikan kabel LAN pada komputer atau laptop Anda telah terhubung. Caranya, cek port LAN pada komputer atau laptop Anda.

Jika kabel LAN telah tersambung, Anda cek lampu indikatornya. Ada dua lampu indikator yang berada di bawah port LAN. Jika kedua lampu tersebut menyala (meskipun ada yang redup), tandanya komputer atau laptop Anda telah terhubung pada jaringan LAN. Namun jika tidak menyala, ada kemungkinan hub atau switch (untuk jaringan lebih dari dua komputer) tidak dinyalakan. Atau mungkin, kabel LAN pada komputer lainnya (untuk jaringan antara dua komputer) tidak tersambung. Bisa juga, komputer atau laptop Anda mengalami masalah yang sering terjadi pada jaringan LAN. Segera perbaiki masalah tersebut agar Anda bisa melakukan sharing data.

2. Pastikan Komputer Anda Terdapat Fitur Sharing Folder

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk sharing folder adalah memeriksa apakah layanan “Share Folder” sudah terinstal pada Windows Anda. Caranya:

  • Klik kanan pada logo Network di tray icon di sudut kanan bawah layar komputer Anda. Lalu, pilih “Network and Sharing Center”
  • Cara lainnya, tekan Windows + R pada keyboard, lalu ketik “control panel” (tanpa tanda kutip). Lalu, pilih “Network and Sharing Center”.
  • Selanjutnya, Anda akan menemukan jendela berisi jaringan yang tersedia pada komputer Anda. Pilih “Local Area Conection” jika Anda menggunakan jaringan LAN, atau “Wireless Network Connection” jika Anda menggunakan wi-fi hotspot. Lalu pilih “Properties”.

  • Periksa apakah pada tulisan “File dan Printer Sharing for Microsoft Networks” sudah diceklis atau belum. Jika sudah ada ceklis, tandanya fitur tersebut sudah diaktifkan.
  • Jika ternyata tidak terceklis, Anda perlu menginstal fitur ini, dengan pilih “File dan Printer Sharing untuk Microsoft Networks”, lalu klik Install.
  • Ikuti petunjuk berikutnya pada layar komputer Anda.

3. Atur IP Address Komputer Anda

Untuk melakukan sharing data menggunakan kabel LAN, Anda atau komputer lainnya harus berada dalam satu jaringan yang sama. Meskipun secara fisik, komputer Anda telah terhubung dengan kabel LAN, namun belum tentu komputer Anda benar-benar terhubung dengan jaringan. Hal tersebut karena adanya IP Address.

IP Address atau Internet Protocol Address adalah alamat internet yang menandakan alamat dari komputer Anda di dalam jaringan komputer. Untuk keperluan sharing data, Anda perlu mengatur IP address agar data yang dikirimkan bisa sampai ke komputer Anda dengan lancar.

Cara mengatur IP address adalah sebagai berikut:

  • Klik kanan pada logo Network di tray icon di sudut kanan bawah layar komputer Anda. Lalu, pilih “Network and Sharing Center”
  • Cara lainnya, Anda tekan ikon Windows + R pada keyboard, lalu ketik “control panel” atau “control” (tanpa tanda kutip). Lalu, pilih “Network and Sharing Center”.
  • Selanjutnya, Anda akan menemukan jendela berisi jaringan yang tersedia pada komputer Anda. Pilih “Local Area Conection” > “Properties”.
  • Dobel klik pada Internet Protocol version 4 (IPv4).
  • Pilih radio button “Use the following IP address”
  • Ketik IP address dari jaringan Anda di bawah tulisan tersebut. IP address yang biasa digunakan untuk jaringan lokal adalah 192.168.xx.yy. “192.168.xx” adalah alamat jaringan Anda dengan “xx” yang ditentukan oleh jaringan, sedangkan “yy” adalah alamat komputer Anda pada jaringan. Jadi, jika jaringan Anda menggunakan IP address “192.168.34.0”, maka Anda harus menggunakan angka mulai 1 sampai 254 untuk mengganti angka 0 di IP address tersebut. Pastikan, tidak ada komputer lain yang menggunakan angka akhir IP address yang sama. Contoh, Anda menggunakan IP Address “192.168.34.8”, maka komputer lain tidak boleh menggunakan IP address tersebut.
  • Selanjutnya, ketik Subnet Mask. Biasanya, Windows secara otomatis akan mengisi bagian ini dengan “255.255.255.0”. Sebaiknya, Anda abaikan bagian ini untuk terisi secara default.
  • Atur Default Gateway. Jika Anda menggunakan jaringan yang terdiri lebih dari dua komputer, biasanya alamat dari router diisi pada bagian ini. Namun jika Anda hanya melakukan sharing data antara dua komputer, Anda bisa mengabaikan bagian ini atau isi dengan IP address yang sama dengan IP address komputer Anda.
  • Klik OK.
  • Klik OK sekali lagi.

4. Share data yang ingin dibagikan

Selanjutnya, Anda bisa melakukan sharing data di komputer Anda. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka Windows Explorer
  • Pilih file atau folder yang ingin Anda share. Kemudian klik kanan pada file / folder tersebut. Lalu pilih “Share with” > “Specific people”
  • Tambahkan user “Everyone”, lalu klik Add. Setelah ditambahkan, klik “Share”.
  • Khusus Windows 10, akan muncul 2 pilihan, pilih “Yes, turn on discovery and file sharing for all public networks” untuk mengijinkan jaringan mengakses ke data yang Anda share.
  • Setelah itu akan dapat jendela konfirmasi bertuliskan “Your Folder is Shared”. Untuk menyelesaikan sharing data, klik “Done”.

5. Cek koneksi jaringan Anda

Untuk mengecek apakah Anda sudah bisa melakukan sharing data dengan komputer lain, ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan, diantaranya:


  • Mengetikkan IP address dari komputer yang ingin Anda akses datanya pada kolom alamat Windows Explorer. Cara cek IP Address dari komputer rekan Anda adalah menggunakan jendela Command Prompt, lalu ketik “ipconfig”. Contoh, alamat IP komputer rekan Anda adalah 192.168.40.34. Maka Anda ketikan “\\192.168.40.34” pada kolom alamat Windows Explorer Anda.
  • Melalui menu Network di Windows Explorer. Cari nama komputer rekan Anda, lalu klik pada nama komputer rekan Anda. Jika nama komputer rekan Anda tidak ada, tekan tombol F5 pada keyboard untuk me-refresh pencarian komputer rekan Anda pada jaringan.

Cara-cara yang kami sampaikan pada artikel kali ini bisa dibilang hampir sama dengan cara sharing folder atau file di semua versi Windows. Jadi, Anda tak perlu bingung jika menggunakan Windows versi lain. Sekian artikel kami kali ini mengenai cara sharing menggunakan kabel LAN. Semoga cara-cara yang telah kami bahas di atas dapat membantu Anda untuk melakukan sharing data dalam jaringan LAN.

, , ,
Oleh :