10 Cara Membuat Lagu Jadi Karaoke Paling Mudah

Memiliki lagu favorit yang ingin kamu nyanyikan tapi tidak ada versi karaoke yang tersedia di luar sana? Sudah mencari ke mana-mana tetapi tidak ketemu juga? Tenang saja, kamu bisa membuat lagu favoritmu tersebut menjadi versi karaoke dengan memanfaatkan beberapa aplikasi dan cara membuat lagi jadi karaoke menggunakan komputermu. Rata-rata hasil akhirnya memang tidak sesempurna lagu versi karaoke asli sih, akan tetapi tidak ada salahnya bagimu untuk mencoba cara membuat lagi jadi karaoke yang akan kita bahas di bawah ini. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi pemotong lagu di Android apabila kamu ingin mencoba membuat karaoke dari hasil potongan file tersebut.

ads

Jadi, bagaimana saja cara untuk menghasilkan sebuah lagu versi karaoke dengan menggunakan laptop atau komputer yang kamu miliki? Biar kamu tidak penasaran, berikut ini adalah beberapa cara di antaranya.

1. Audacity

Cara membuat lagu jadi karaoke yang pertama adalah dengan menggunakan Audacity. Aplikasi Audacity adalah salah satu aplikasi pengolah audio yang cukup populer dan banyak digunakan oleh banyak orang untuk mengolah audio. Oleh karena itulah, kamu pasti bakal sering menemui aplikasi ini direkomendasikan di forum internet karena selain mudah dipelajari, aplikasi ini juga bisa digunakan di Windows, MacOS, dan juga GNU/Linux. Tidak hanya itu, aplikasi ini pun open source alias memiliki sumber kode terbuka.

Ada banyak cara untuk mengubah lagu denga Audacity. Sebagai permulaan, salah satu cara untuk mengubah lagu menjadi lagu karaoke adalah dengan cara menggunakan efek Vocal Remover yang dimiliki Audacity. Setelah mengaplikasikan format Vocal Remover, kamu juga perlu mengekspor hasil lagu tersebut agar bisa kamu nikmati layaknya lagu biasa. Setelah hasil lagu keluar, kamu bisa memakainya dengan software untuk karaoke di laptop.

2. MP3 Karaoke

Aplikasi berikutnya yang bisa digunakan untuk membuat lagu jadi karaoke adalah MP3 Karaoke. Aplikasi yang satu ini, sesuai dengan namanya, adalah sebuah aplikasi yang sengaja digunakan untuk menghilangkan sebuah suara vokal yang terdapat pada suatu file lagu atau audio tertentu. Dengan menggunakan aplikasi yang satu ini, kamu bisa menghilangkan suara vokal pada banyak lagu sekaligus tanpa perlu bersusah-susah lagi meload file satu persatu.

Cara untuk menggunakannya juga cukup mudah, kamu hanya perlu membuka sebanyak mungkin file yang kamu inginkan ke dalam aplikasi ini, dan setelah itu kamu hanya perlu menekan ikon K dan juga F3 untuk memulai menghilangkan suara dari file-file tersebut.

3. Wavosaur

Seperti MP3 Karaoke, Wavosaur merupakan suatu aplikasi editing suara gratis untuk sistem operasi Windows yang bisa digunakan untuk menghilangkan suara vokal dari sebuah file audio sehingga bisa digunakan untuk membuat lagu-lagu karaoke. Aplikasi yang satu ini bisa digunakan untuk mengedit banyak suara sekaligus, dan juga bisa digunakan untuk merekam suara.

Untuk menggunakan Wavosaur, caranya juga cukup sederhana. Kamu hanya perlu meload lagu atau file audio yang ingin kamu edit sebanyak mungkin, setelah itu bukalah pada tab Process lalu klik Vocal Remover. Hal ini akan menginstruksikan Wavosaur untuk mengedit file-file audio yang kamu buka agar suara vokalnya bisa dihilangkan. Setelah proses ini selesai, maka kamu bisa menyimpan hasil output ke tempat atau folder yang kamu inginkan, bahkan kamu bisa memutarnya secara langsung lewat Wavosaur.

Kamu bisa memakai hasil edit Wavosaur dengan memadukan kelebihan dan kekurangan Adobe Premiere ketika ingin mengedit video dengan backsound lagu yang telah kamu edit.


4. WavePad

Selain beberapa aplikasi di atas, aplikasi selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan suara vokal pada sebuah lagu adalah WavePad. WavePad adalah aplikasi editor suara selain beberapa aplikasi di atas yang bisa digunakan untuk banyak hal, termasuk mengedit file audio tidak ada suara vokalnya. WavePad datang dengan dua versi, yaitu yang gratis dan yang berbayar. Tentunya kamu bisa mencoba yang gratis terlebih dahulu sebelum mencoba yang berbayar.

5. Ocenaudio

Selain aplikasi di atas, kamu juga bisa menggunakan Ocenaudio untuk menghilangkan suara vokal pada laku yang kamu miliki. Untuk membuat lagu jadi karaoke dengan aplikasi ini, kamu perlu melakukan proses editing lewat equalizer audio yang cukup rumit tetapi bisa digunakan untuk membuat suara vokal jadi berkurang atau hilang.

6. Nero WaveEditor

Aplikasi berikutnya yang bisa digunakan untuk membuat lagu jadi karaoke adalah aplikasi Nero WaveEditor. Aplikasi yang satu ini bisa digunakan untuk membuat lagu menjadi karaoke dengan cara memberikan efek filter karaoke pada lagu yang ingin diedit. Kamu hanya perlu membuka aplikasi ini kemudian aktifkan filter Karaoke untuk membuat lagu yang kamu masukkan diedit secara otomatis menjadi lagu karaoke (dengan preset yang bisa diatur).

7. LMMS

Cara membuat lagu jadi karaoke berikutnya adalah dengan memanfaatkan sebuah audio workstation yang bernama LMMS. Aplikasi yang satu ini bisa kamu gunakan untuk banyak hal, karna merupakan salah satu aplikasi editing high-end. Salah satu fungsi yang bisa kamu gunakan adalah untuk membuat lagu yang kamu edit menjadi sebuah lagu karaoke dengan cara mengaplikasikan Vocal Remover pada LMMS.

8. GOM Player

Selain beberapa langkah di atas, kamu juga bisa menggunakan sebuah aplikasi pemutar media yang bernama GOM Player untuk membuat lagu yang kamu putar di GOM tidak mengeluarkan suara vokal. Memang sih, hal ini tidak akan menghilangkan suara secara permanen, akan tetapi hal ini cukup apabila kamu ingin karaokean dengan mudah dan cepat kan? Caranya juga cukup sederhana, kamu hanya perlu mengaktifkan Voice Filter pada tab Audio agar file audio yang diputar lewat GOM tidak akan menghasilkan suara vokal. Selain menggunakan beberapa aplikasi di atas, kamu juga bisa menggunakan Adobe Audtion dengan kelebihan dan kekurangan Adobe Audition untuk mengedit audio.

9. KMPlayer

Sama seperti GOM Player, KMPlayer juga merupakan sebuah aplikasi pemutar file media yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan suara vokal pada sebuah file lagu ketika diputar. Caranya adalah dengan mengaktifkan filter Voice Removal yang terdapat pada menu Audio > Rare Filters> Voice Removal. Layaknya GOM, lewat aplikasi ini kita juga tidak bisa menghapus suara secara permanen, akan tetap hal itu sudah cukup untuk membuat file audio yang diputar jadi karaoke.

10. Menggunakan fitur Voice Cancellation Windows

Buat kamu yang menggunakan Windows, salah satu cara membuat lagu jadi karaoke yang tidak ribet dan bisa dilakukan kapan saja adalah dengan cara mengaktifkan Voice Cancellation. Caranya adalah buke Control Panel, buka setting Sound, pilihlah perangkat keluaran audio default pada komputermu, kemudian klik properties. Di jendela properties, bukalh tab Enhancements, kemudian centang opsi Voice Cancellation. Setelah ini, ketika kamu memutar file lagu, maka suara vokal akan berkurang sehingga bisa digunakan untuk karaoke. Akan tetapi, apabila kamu mengalami masalah laptop tidak ada suara, kamu harus mencoba cara memperbaiki laptop tidak ada suara terlebih.

Itulah beberapa cara membuat lagu jadi karaoke yang bisa kamu coba. Semoga dengan beberapa cara di atas bisa membantumu untuk menghasilkan karaoke sendiri ya!

, , ,
Oleh :
Kategori : Software