10 Cara Merekam Game di PC Paling Mudah

Bagi kamu yang sering bermain game dan ingin menunjukkan tutorial menyelesaikan permainan tertentu, atau kamu hanya sekedar penasaran bagaimana caranya sih orang-orang di Youtube merekam permainan yang mereka mainkan di komputer mereka, maka kamu harus membaca artikel ini sampai tuntas! Mengapa demikian? Tentu saja jawabannya karena dalam artikel ini akan kita bahas bagaimana cara merekam game di PC. Dengan cara merekam game yang akan kami sampaikan berikut ini, maka kamu akan mengetahui bagaimana cara merekam game di PC ataupun laptop dengan mudah dan tepat.

ads

Memangnya seperti apa saja caranya merekam game di komputer atau laptop yang kamu miliki? Berikut ini adalah beberapa software yang bisa kamu gunakan sebagai cara merekam game di PC.

1. Open Broadcaster Software

OBS atau Open Broadcaster Software adalah salah satu software perekam layar komputer gratis yang dilengkapi berbagai macam pilihan kustomisasi. Antarmuka aplikasi yang satu ini sangat sederhana dan mudah dipahami apabila dibandingkan dengan aplikasi yang lain. Kamu tidak perlu mengubah pengaturan apa pun untuk memulai merekam dengan menggunakan aplikasi ini karena kamu hanya tinggal memulai dengan pengaturan default saja.

Lewat OBS kamu bisa melakukan live streaming langsung ke berbagai macam situs streaming video seperti YouTube, HitBox, dan lain sebagainya atau memilih untuk menyimpan video yang telah kamu rekam di PC lalu diupload secara manual. Dengan OBS, kamu bisa menyimpan hasil rekaman dalam bentuk MP4 atau FLV sehingga kamu bisa menikmatinya kapan saja dengan kualitas yang baik. Apabila saat main game kamu nge-lag, maka kamu bisa menggunakan cara mengatasi laptop ngelag saat main game.

2. Action!

Action! merupakan aplikasi perekam game berbayar yang memiliki banyak fitur apabila dibandingkan dengan software perekam video yang lain. Aplikasi yang satu ini akan menggunakan GPU untuk meningkatkan kecepatan merekam sehingga mengurangi beban kerja pada CPU. Dengan Action!, kamu bisa merekam video berkualitas tinggi yang memiliki resolusi hingga 4K, dengan frame rate yang tinggi dan juga memberikan komentar langsung lewat aplikasi ini.

3. D3DGear

Cara merekam game di PC berikutnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi bernama D3DGear. Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi perekam game yang sangat sederhana dan juga tidak memerlukan suatu pengaturan khusus untuk digunakan. D3DGear sangat ringan, tidak memakai banyak sumber daya komputer atau laptopmu yang akan digunakan untuk bermain game. Tidak hanya itu, D3DGear juga memiliki sistem kompresi video built-in yang akan mengompres semua hasil video yang telah direkam sehingga akan menghemat banyak ruang pada hardiskmu.

4. PlayClaw

PlayClaw adalah salah satu aplikasi perekam game di PC lainnya yang bisa merekam game atau layar komputermu dengan kualitas frame-rate yang cukup baik. Hasilnya adalah kamu bisa merekam permainanmu secara real-time dengan mudah tanpa mengurangi kenyamananmu bermain game.

Sayangnya PlayClaw tidak bisa digunakan untuk melakukan livestreaming, sehingga bagi kamu yang ingin langsung melakukan streaming permainan videogame, sebaiknya menggunakan aplikasi lainnya. Walaupun demikian, untuk pekerjaan atau aktivitas merekam game secara offline, kamu bisa mengandalkan aplikasi yang satu ini karena sebagian besar fitur yang dimiliki sudah cukup untuk menghasilkan sebuah rekaman video game yang baik. Apabila laptopmu jadi panas saat bermain game, maka kamu bisa menggunaan cara mengatasi laptop cepat panas saat main game.

5. ShadowPlay

ShadowPlay merupakan suatu aplikasi yang beradal dari Geforce. Aplikasi yang satu ini merupakan suatu software perekam game yang bisa digunakan untuk melakukan streaming atau sekedar merekam video game yang kamu mainkan secara offline.

Aplikasi ShadowPlay, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dibuat oleh Nvidia Geforce, salah satu produsen GPU yang paling besar di dunia komputer. Layaknya aplikasi perekam screen komputer lainnya, ShadowPlay juga menggunakan GPU untuk melakukan rekaman, sehingga mengurangi beban kerja CPU. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa kamu hanya bisa menjalankan aplikasi ShadowPlay apabila kamu memiliki perangkat Geforce GTX 600 ke atas. Artinya, aplikasi ini ekslusif hanya untuk perangkat GPU dari Nvidia.

6. Bandicam

Aplikasi lain yang bisa kamu gunakan untuk merekam layar PC termasuk juga merekam aktivitasmu saat bermain game adalah aplikasi yang bernama Bandicam. Aplikasi Bandicam termasuk salah satu aplikasi yang cukup terkenal dan sering digunakan untuk merekam layar komputermu baik ketika bermain game ataupun tidak.

Bandicam memang mudah digunakan dan memiliki cukup opsi yang bisa diuji coba oleh pemula ataupun profesional sekalipun. Lewat Bandicam kamu bahkan bisa video pada frame rate tinggi dengan resolusi mencapai HD Ultra 4k. Walaupun tidak menawarkan fitur live streaming, akan tetapi hal itu tertutupi dengan kemampuan Bandicam dalam merekam video yang bisa kamu upload secara online kapan saja. Akan tetapi perlu kamu ingat bahwa terdapat bahaya main game online di laptop khususnya apabila kamu tidak memiliki perangkat yang mendukung.

7. FRAPS

Aplikasi perekam video game yang kamu mainkan di PC berikutnya adalah suatu aplikasi yang bernama FRAPS. Aplikasi yang satu ini juga cukup terkenal dan banyak digunakan untuk merekam video game oleh banyak orang. Selain bisa digunakan untuk merekam video, FRAPS juga bisa digunakan untuk menampilkan berapa rate FPS pada tiap game yang kamu mainkan, sehingga kamu juga bisa menggunakan FRAPS untuk melakukan benchmark sederhana terhadap aplikasi yang sedang kamu mainkan.

8. XSplit Gamecaster

Selain beberapa aplikasi di atas, kamu juga bisa menggunakan aplikasi Xsplit Gamecaster untuk merekam game di PC dengan kemampuan streaming yang baik. XSplit menyediakan fitur penyimpanan video rekaman, akan tetapi fitur streaminglah yang menjadi kelebihannya.

Kamu bisa menggunakan Xsplit untuk melakukan rekaman dengan kualitas tinggi, streaming pada situs-situs populer dan juga merekam dengan menggunakan dukungan GPU. Perlu kamu ingat bahwa sering menggunakan VGA di luar batas bisa menjadi salah satu penyebab VGA rusak.

9. Windows Game Bar

Buat kamu yang hobi bermain game di sistem operasi Windows, pasti telah menemui aplikasi yang satu ini ketika sedang bermain game. Yup, Windows Game Bar adalah perangkat bawaan Windows yang bisa kamu gunakan untuk merekam game yang sedang kamu mainkan. Caranya cukup sederhana, kamu hanya perlu menekan shortcut untuk merekam game, setelah itu Windows Game Bar akan merekamnya untukmu.

10. CamStudio

Selain beberapa software di atas, kamu juga bisa menggunakan aplikasi CamStudio untuk melakukan rekaman layar komputer atau laptopmu saat bermain game. Dengan aplikasi yang berukuran kecil dan cukup ringan ini, kamu bisa merekam game di PC tanpa melalui kesulitan. Caranya cukup diinstall, pilih region full screen dan kamu bisa memulai rekaman. Jangan lupa untuk mengupdate driver VGA mu seperti misalnya cara update driver VGA Intel supaya kamu bisa mendapatkan hasil akhir yang terbaik.

Itulah beberapa cara merekam game di PC dengan beberapa aplikasi perekam layar PC yang bisa kamu coba. Jadi, mana yang kamu pilih? Semoga kamu bisa merekam dengan nyaman!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Software